WOW! INI 10 PUNCAK PEGUNUNGAN ALPEN YANG PALING SULIT DITAKLUKKAN

Pegunungan Alpen

Asal mula aktivitas mountaineering adalah dari Pegunungan Alpen di Eropa. Di wilayah ini, membentang teritori pegunungan yang sangat memukau untuk dijelajahi. Dari Pegunungan Alpen Swiss hingga pegunungan Slovenia, kamu yang berkesempatan mengunjunginya, akan menemukan sejumlah puncak gunung yang perkasa.

Nah, apa sajakah puncak gunung Pegunungan Alpen yang dianggap perkasa dan paling sulit untuk didaki?

Berikut ulasan lengkapnya versi Akasaka Journal.

10 Puncak Pegunungan Alpen yang Dianggap Paling Sulit untuk Didaki di Dunia

Pegunungan Alpen

Pegunungan Alpen berada di benua Eropa dan menjadi salah satu landscape pegunungan paling mengagumkan di dunia. Selain itu, dari wilayah pegunungan ini pula asal muasal aktivitas pendakian gunung dipopulerkan. Secara spesifik untuk kepentingan aktivitas olahraga dan gaya hidup seperti sekarang, dapat disimpulkan bahwa dari Alpen Mountains-lah mountaineering berasal.

Luas keseluruhan Pegunungan Alpen mencapai 200.000 kilometer persegi dan menempati setidaknya delapan negara di Eropa. Negara-negara yang kemudian menjadi rumah bagi bentangan Pegunungan Alpen adalah Austria, Jerman, Perancis, Italia, Swiss, Slovenia, Monaco dan Liechtenstein yang terletak antara Austria dan Swiss.

Di antara banyak negara yang menjadi rumah rantai gunung ini, Pegunungan Alpen yang terletak di negara Swiss mungkin adalah yang paling terkenal. Salah satu alasan yang mendasarinya adalah karena di negara inilah puncak Alpen yang paling terkenal seperti Eiger, Jungfrau, Monch dan Matterhorn berada.

Akan tetapi jika berbicara mengenai mana saja puncak di Pegunungan Alpen yang paling menantang untuk didaki, maka setidaknya ada 10 nama yang bisa disebutkan.

Nah, di bawah ini adalah daftarnya.

BACA PULA:

Mont Blanc

Pegunungan Alpen

Dibandingkan ketinggian pegunungan Himalaya, Mont Blanc memang hanya setengahnya. Namun jika ditarik garis ke belakang untuk melihat sumber utama dimana arus pendakian gunung ke Himalaya itu bermula, maka Mont Blanc inilah tempatnya.

Mont Blanc adalah gunung tertinggi di Eropa dengan ketinggian 4.809 meter. Dalam bahasa Italia, Mont Blanc disebut dengan Monte Bianco yang artinya Gunung Putih. Sementara bagi orang-orang Perancis, gunung ini disebut dengan istilah La Dame Blanche yang artinya kurang lebih sama.

Secara teknis Mont Blanc bukan gunung yang paling sulit di Pegunungan Alpen. Gunung ini telah dikunjungi oleh puluhan ribu orang setiap tahunnya. Meskipun demikian, Mont Blanc tetap menjadi salah satu puncak gunung Pegunungan Alpen yang paling mempesona karena ketinggian dan keindahannya.

Puncak gunung ini berhasil dicapai untuk pertamakalinya pada tahun 1786 oleh Jacques Balmat dan Michel Gabriel Paccard. Dalam dunia mountaineering modern, dua nama inilah yang dianggap sebagai pelopornya.

Matterhorn

Pegunungan Alpen

Nah, kamu pasti sering melihat gunung ini pada banyak wallpaper komputer, kan?

Matterhorn adalah salah satu gunung tercantik di dunia. Bentuknya yang berupa piramida sempurna seolah melengkung di atasnya, membentuk lekukan laksana tanduk banteng. Musim apa pun yang sedang berlangsung di Pegunungan Alpen, Matterhorn akan selalu menjadi background yang membuat keindahan Pegunungan Alpen semakin istimewa.

Ketinggian Matterhorn adalah 4.478 meter dan terletak pada wilayah perbatasan antara Italia dan Swiss. Sebelum puncaknya berhasil ditaklukkan oleh tim Edward Whymper pada tahun 1865, Matterhorn pernah dijuluki sebagai The Last Problem of the Alps yang menunjukkan bahwa ia adalah gunung terakhir di Pegunungan Alpen yang puncaknya belum bisa diraih.

Pendakian Matterhorn yang mencapai puncak pun sebenarnya berakhir tragedi pada saat itu. Dari 7 orang pendaki, empat berakhir dengan kematian karena terjatuh ke jurang. Bahkan, kematian ini masih sering dianggap sebagai kejadian penuh kontroversi hingga hari ini.

Eiger

Pegunungan Alpen

Kamu sudah pasti sangat akrab dengan nama yang satu ini, bukan?

Alih-alih sebagai merk outdoor ternama di Indonesia, Eiger sebenarnya adalah nama untuk sebuah gunung di Pegunungan Alpen Swiss yang dianggap paling menantang untuk didaki manusia. Selain sulit untuk didaki, Eiger juga memiliki pemandangan yang sangat memukau dan menjadi salah satu landmark negara Swiss.

Ketinggian gunung Eiger adalah 3.970 meter dan masih cukup jauh tertinggal dari teman-temannya seperti Mont Blanc, Piz Bernina, Jungfrau dan lain sebagainya. Jadi secara ketinggian, Eiger dapat dibilang tidaklah begitu istimewa dalam jajaran gunung-gunung di Pegunungan Alpen.

Namun, keistimewaan Eiger ternyata bukanlah pada ketinggiannya, melainkan pada salah satu sisi tebingnya yang dikenal dengan nama Eiger North Face atau Nordwand. Tebing ini menjulang tegak lurus sejauh hampir dua kilometer dan didaulat sebagai tebing paling sulit untuk didaki di seluruh Pegunungan Alpen.

Finsteraarhorn

Pegunungan Alpen

Puncak gunung paling menantang selanjutnya bagi para pendaki di Pegunungan Alpen Swiss adalah Finsteraarhorn.

Gunung ini menjulang setinggi 4.274 meter dan menjadi puncak gunung paling signifikan di negara Swiss. Di samping itu, Finsteraarhorn juga adalah gunung tertinggi kesembilan dari keseluruhan gunung di Pegunungan Alpen.

Letak gunung Finsteraarhorn adalah di perbatasan antara Bern dan Valais di Swiss. Puncak gunung ini sendiri berhasil dipuncaki pada tahun 1829 oleh Jakob Leuthold dan Johann Wahren.

Jungfrau

Pegunungan Alpen

Wilayah tempat  berdirinya gunung Jungfrau adalah sama dengan wilayah dimana gunung Fizteraarhorn berdiri. Namun, Jungfrau lebih dekat bertetangga dengan gunung Eiger yang merupakan gunung paling populer di Swiss, bahkan Eropa.

Dalam banyak gambar yang menunjukkan gunung Jungfrau, kamu akan menemukan dengan mudah bahwa gunung ini dirangkai dalam satu frame bersama dengan gunung Eiger dan gunung Moch.

Ketinggian gunung Jungfrau adalah 4.158 meter. Cukup tinggi jika dibandingkan tetangga dekatnya yang justru lebih terkenal dan iconic.

Jungfrau sendiri berhasil dicapai puncaknya untuk pertamakali pada tahun 1811, jauh lebih dulu dibandingkan gunung Eiger apalagi Matterhorn. Para pendaki yang mencapai puncak Jungfrau pada saat itu adalah; Johann Rudolf Meyer, Joseph Bortis, Alois Volken dan Hieronymus Meyer yang merupakan saudara Johann Rudolf sendiri.

Piz Badile

Pegunungan Alpen

Piz Badile terletak di dua wilayah beda negara anatara Italia dan Swiss. Di Italia, gunung Piz Badile menempati wilayah Lombardy, sementara di wilayah Swiss, gunung ini berdiri pada areal administratif propinsi Graubunden.

Meskipun hanya memiliki ketinggian 3.308 meter yang artinya jauh lebih rendah daripada Eiger atau Mont Blanc, tetapi tantangan yang dimiliki Piz Badile juga tak terkalahkan. Bahkan salah satu sisi utara gunung ini didaulat sebagai salah satu dari enam tebing paling tidak mudah untuk didaki di seluruh Pegunungan Alpen.

Puncak tertinggi gunung Piz Badile berhasil dicapai pada tahun 1867 oleh dua bersaudara; Francois Devouassoud dan Henry Devouassoud yang bertindak sebagai guide. Ada pun pendaki utama yang menjadi bintang dalam peristiwa first ascent tersebut adalah William Augustus Brevoort Coolidge atau yang lebih dikenal dengan W. A. B. Coolidge.

Tre Cima di Lavaredo

Pegunungan Alpen

Di samping memiliki nama Tre Cima di Lavaredo yang lebih populer dan mendunia, tiga gunung yang sangat menarik ini juga dinamakan Drei Zinnen dalam bahasa Jerman. Gunung yang memiliki panorama sangat cantik ini terletak di timur laut negara Italia.

Bentuk Tre Cima di Lavaredo mirip seperti benteng pertahanan yang tangguh dan megah. Selain bentuknya, gunung ini juga pernah menjadi saksi sejarah kekejaman perang dunia. Bahkan karena nilai sejarahnya ini, Tre Cima di Lavaredo juga pernah beberapa kali menjadi lokasi syuting film Hollywood berbiaya besar.

Tre Cima di Lavaredo memiliki tiga puncak paling signifikan. Puncak yang tertinggi adalah Cima Grande yang terletak paling tengah dan memiliki ketinggian 2.999 meter. Ketiga puncak ini berhasil didaki untuk pertamakalinya pada tahun 1869 oleh para pendaki Jerman.

Grandes Jorasses

Pegunungan Alpen

Bersama dengan puncak-puncak populer lain di Pegunungan Alpen Swiss seperti Eiger dan Matterhorn, Grandes Jorasses juga adalah salah satu gunung yang istimewa sebagai tujuan pendakian. Dan tebing sisi utara gunung ini adalah bagian yang paling spesial mempopulerkan namanya.

Ketinggian Grandes Jorasses adalah 4.208 meter dan terletak di antara dua wilayah perbatasan antara Perancis dan Italia. Di Perancis, kaki gunung ini berdiri di atas teritorial propinsi Haute Savoie, sementara di sisi Italia, Grandes Jorasses berdiri di aras propinsi Aosta Valley.

Pendakian pertama ke puncak Grandes Jorasses terjadi pada tahun 1868. Para pendaki yang mencapai puncak saat itu adalah Horace Walker, Melchior Anderegg, Johann Jaun dan Julien Grange.

Triglav

Pegunungan Alpen

Ada banyak pendaki gunung kaliber dunia yang sangat tangguh berasal dari Slovenia. Tapi tahukah kamu bahwa di negara mereka sendiri gunung yang paling tinggi pun tidak mencapai ketinggian 3.000 meter?

Yap, gunung Triglav di Slovenia adalah puncak tertinggi yang ada diseluruh bagian Slovenia.

Ketinggian gunung ini adalah 2.864 meter dan merupakan bagian paling tinggi dari Pegunungan Alpen Julian. Gunung ini juga yang menjadi pusat dari Taman Nasional Triglav yang merupakan satu-satunya taman nasional di Slovenia.

Meskipun puncak gunung yang mereka miliki hanya setinggi itu, tapi di Pegunungan Himalaya para pendaki Slovenia cukup disegani, lho. Salah satu di antara mereka misalnya adalah; Tomaz Humar.

Aiguille du Midi

Pegunungan Alpen

Gunung terakhir yang populer dan menantang dalam pendakian di Pegunungan Alpen adalah Aiguille du Midi. Gunung ini sendiri terletak di Pegunungan Alpen Perancis, tepatnya di propinsi Haute Savoie dan Rhone Alpes.

Ketinggian Aiguille di Midi adalah 4.842 meter dan menjadi salah satu spot wisata Pegunungan Alpen yang paling terkenal di Perancis.

Di samping menjadi tujuan pendakian gunung, gunung ini juga menyediakan kereta gantung yang dapat menjadi alternatif mudah menikmati keindahan Pegunungan Alpen Perancis.

BACA JUGA:

Pegunungan Alpen

Nah, itu adalah 10 puncak Pegunungan Alpen yang paling populer dan memiliki tantangan menarik untuk ditaklukkan. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya juga?

Supaya perjalanan kamu ke puncak-puncak gunung paling populer semakin menyenangkan, gunakan selalu produk Akasaka Outdoor, ya. Dengan mengutamakan kenyamanan, desain yang super asyik dan ketangguhan yang telah terbukti, Akasaka Outdoor adalah pilihan paling istimewa dalam setiap petualanganmu.

DAPATKAN PRODUK AKASAKA DISINI SEKARANG

Baca Ini Juga Yuk!

INI DAFTAR 10 FILM TERBAIK SEPANJANG MASA TEMA SURVIVAL DI ATAS GUNUNG
INI DAFTAR 10 FILM TERBAIK SEPANJANG MASA TEMA SURVIVAL DI ATAS GUNUNG
Film tentang bertahan hidup di atas keganasan gunung-gunung selalu menawarkan kisah yang menarik untuk ditonton. Film dengan tema seperti ini selalu saja menarik untuk disaksikan karena pesona alam...
Read More
8 DANAU DI PEGUNUNGAN DENGAN PEMANDANGAN PALING MEMUKAU
8 DANAU DI PEGUNUNGAN DENGAN PEMANDANGAN PALING MEMUKAU
Menurut kamu, apa danau di pegunungan Indonesia yang paling cantik untuk dikunjungi? Danau Gunung Tujuh di Kerinci, Danau Segara Anak di gunung Rinjani, atau danau Ranu Kumbolo di gunung Semeru? Ap...
Read More
INI DAFTAR LENGKAP PEGUNUNGAN DI INDONESIA DARI SUMATERA HINGGA PAPUA
INI DAFTAR LENGKAP PEGUNUNGAN DI INDONESIA DARI SUMATERA HINGGA PAPUA
Sebagai negara kepulauan dan berdiri di atas rangkaian cincin api, Indonesia tentu saja memiliki banyak keistimewaan. Salah satu keistimewaan Indonesia yang mungkin tidak banyak dimiliki negara lai...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published