TERTARIK DENGAN ORIENTEERING? YUK, KENALI JENIS-JENISNYA

Olahraga Orienteering

Mungkin bagi sebagian orang, orienteering merupakan hal yang asing. Lain halnya dengan penggiat kegiatan alam. Orienteering tak ubahnya kegiatan yang dapat mengasah kepekaan terhadap alam sekaligus meningkatkan kebugaran tubuh.

Kegiatan outdoor yang mulanya dirancang khusus untuk anggota militer ini pada dasarnya merupakan kegiatan eksplorasi di wilayah alam yang belum terjamah. Peserta orienteering akan beradu cepat dan tepat dalam menemukan objek atau titik tertentu di sebuah daerah asing hanya dengan berbekal peta dan kompas.

Kini, penggemar orienteering tampaknya kian banyak. Jika Sobat Akasaka menaruh minat besar pada kegiatan outdoor seperti orienteering, sudah saatnya mengenal olahraga satu ini lebih dekat. Selain dikenal sebagai kegiatan olahraga-nya para penggiat alam, orienteering juga memiliki beberapa jenis yang berbeda, lo. Mau tahu? Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Traditional Orienteering

Traditional Orienteering

Jenis orienteering ini juga dikenal dengan nama foot orienteering. Kegiatan ini biasanya dilakukan di area hutan, pedesaan, atau pegunungan. Peserta traditional orienteering akan diberikan peta yang berisi berbagai simbol dan check-point yang harus dilalui untuk sampai pada tujuan akhir. Namun, peta tersebut tidak memuat informasi detil mengenai rute mana yang paling cepat untuk dilalui.

Biasanya, para peserta yang kompetitif akan beradu cepat dengan cara berlari kecil (joging). Sebaliknya, para pencinta keindahan alam memilih untuk berjalan santai sembari menikmati pemandangan yang belum pernah disambangi sebelumnya.

Score-Orienteering (Score-O)

Score-Orienteering (Score-O)

Berbeda dari traditional orienteering, di Score-O Sobat Akasaka dapat mengasah kemampuan navigasi selama berkompetisi antar-regu. Peserta akan diberikan kebebasan untuk mengeksplorasi beberapa control location sekaligus selama masih berada dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Semakin banyak control location yang berhasil dikunjungi, semakin tinggi pula skor yang dihasilkan.

String-Orienteering (String-O)

String-Orienteering (String-O)

String-O biasanya diperuntukkan bagi pemula dan anak-anak. Metodenya pun tidak serumit orienteering pada umumnya, peserta hanya perlu mengikuti petunjuk yang sudah diberikan panitia menuju lokasi-lokasi khusus. Meski tergolong mudah, peserta akan tetap diberikan peta yang lebih mudah dibaca.

Urban Orienteering

Urban Orienteering

Sesuai dengan namanya, jenis orienteering ini diadakan di kawasan perkotaan. Jenis tantangan yang harus dihadapi peserta urban orienteering pun jelas berbeda dengan kegiatan yang dilakukan di alam terbuka. Peserta harus mampu mengantisipasi tantangan yang berbeda, seperti laju kendaraan, kepadatan di titik tertentu, ramainya kawasan pejalan kaki, hingga kondisi jalanan yang kurang baik.

Cycle Orienteering

Cycle Orienteering

Cycle orienteering biasanya dilakukan dengan mengendarai sepeda gunung. Sepeda gunung dipilih berkat kemampuannya yang mumpuni dalam melintasi medan yang tidak rata. Biasanya, jangka waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tantangan dalam cycle orienteering lebih lama dibanding orienteering tradisional.

Untuk peserta dewasa, cycle orienteering memiliki dua kategori berbeda, yakni Mountain Bike Orienteering Score dan Multi-Terrain Bike Orienteering. Medan alam yang liar seperti hutan atau pegunungan sering dijadikan tempat diadakannya cycle orienteering.

Night Orienteering

Night Orienteering

Bagi penyuka tantangan lebih, night orienteering dapat menjadi ajang yang tepat untuk menguji nyali. Sesuai dengan namanya, kegiatan outdoor satu ini dilakukan pada malam hari. Peserta dapat menggunakan senter untuk menerangi jalan selama melintasi rute orienteering. Karena diadakan pada malam hari, peserta tentu akan kesulitan dalam mengenali objek atau landmark di sekitar. Karenanya, dibutuhkan kejelian serta kepekaan dalam mengenali gejala alam dan objek-objek di sekitarnya.

Nah, Sobat Akasaka, itulah beberapa jenis orienteering yang cukup populer di kalangan penggiat aktivitas alam.

Meskipun terdiri dari beberapa jenis, kegiatan orienteering sama-sama menawarkan pengalaman petualangan yang berbeda sekaligus mengasah kemampuan fisik dan mental. Agar kegiatan makin aman dan nyaman, jangan lupa untuk menggunakan perlengkapan kegiatan outdoor seperti sepatu mendaki, sandal gunung, dan ransel yang sesuai dengan medan yang akan dilalui.

Jangan ragu untuk selalu mempercayakan kebutuhan kegiatan outdoor pada Akasaka yang mampu menjamin kualitas serta kenyamanan produknya. Selamat berpetualang!

Leave a comment

All comments are moderated before being published