TERNYATA INI PERBEDAAN JAKET PARKA DAN JAKET GUNUNG BIASA

jaket parka

Dalam petualangan seperti mendaki gunung, camping, hiking atau pun memancing, kamu pasti sering melihat jaket parka, bukan? Pemahaman yang awam menganggap bahwa antara parka dan jaket adalah sesuatu yang sama, atau parka merupakan salah satu jenis jaket untuk kegiatan outdoor.

Namun, tahukah kamu kalau kenyataan sebenarnya tidak demikian lho, Sobat Akasaka?

Nah, dalam artikel kali Akasaka Journal akan mengajak kamu untuk melihat apa sih yang dimaksud dengan parka dan apa pula perbedaannya dengan jaket outdoor biasa?

Jadi, pastikan untuk dibaca sampai tuntas Sobat, ya.

BACA JUGA:

Perbedaan Jaket Parka dan Jaket Outdoor Biasa

jaket parka

Seperti halnya istilah jaket denim, jaket bomber, jaket down, jaket hoodie, dan juga coat, sebenarnya parka juga merupakan satu istilah dari jacket factory. Namun dalam perkembangannya, jenis ini secara spesifik menggambarkan sebuah jaket dengan desain, teknologi dan kemampuan yang spesifik pula.

Di Indonesia, ini semakin membingungkan karena tidak ada klasifikasi khusus yang membedakan misalnya antara jaket parka wanita dan jaket parka untuk pria. Style ini hanya dibedakan berdasarkan warna dan bentuknya saja, dan mungkin sedikit penambahan aksesoris pada kantongnya.

Namun, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan jaket parka itu?

Pengertian Jaket Parka

jaket parka

Secara mudah, jaket parka memiliki bentuk yang lebih panjang daripada jaket pada umumnya. Parka secara khusus dibuat untuk melindungi keseluruhan bagian belakang punggung penggunanya, dari kepala hingga ke paha, atau bahkan kadangkala hingga ke lutut.

Namun dilansir daro situs Uniqlo, parka diartikan sebagai sebuah mantel panjang yang memiliki perlindungan isolasi dengan baik dan bagian tudungnya (hoodie) dilengkapi dengan bulu. Entah apakah menggunakan bulu asli atau pun sintetis, namun tudung parka secara spesifik dilengkapi dengan bulu.

Spesifikasi lain dari style jaket parka pria atau wanita yang benar adalah ia mimiliki bantalan bulu untuk membuat proteksi dan isolasinya semakin sempurna.

Kembali lagi, baik ia menggunakan bantalan bulu sintetis atau bulu dengan bahan down asli, parka dilengkapi dengan bantalan untuk extra protection.

Nah. dengan spesifikasi seperti ini, kamu mungkin berpikir jika parka adalah jaket anorak, kan?

Namun berbeda, anorak dengan segala detailnya dan spesifikasinya dapat digolongkan sebagai jaket. Dibandingkan dengan parka, panjang dan keterbukaan bagian depan adalah ciri utama dari jaket dengan jenis anorak.

Pengertian Jaket Umum

jaket parka

Hal pertama yang perlu kamu ketahui tentang jaket adalah produk ini dibuat bukan hanya untuk perlindungan dan insulasi terhadap cuaca saja. Beberapa jaket bahkan dibuat ‘hanya’ untuk tujuan fashion atau gaya semata.

Jenis jaket berdasarkan materialnya pun sangat beragam. Kamu mungkin pernah mendengar istilah jaket kulit, jaket bulu angsa, jaket denim, jaket wol dan lain sebagainya. Dengan beragam material dasarnya ini, jaket juga dibedakan berdasarkan tujuan pembuatannya sendiri.

Sobat Akasaka pasti pernah mengenakan beberapa jenis jaket yang berbeda dengan beragam model dan material, bukan?

Di atas gunung atau dalam kegiatan alam bebas, jaket yang umum digunakan menggunakan bahan yang lebih kuat sebagai proteksi dan insulasi. Kamu mungkin akan menemukan kombinasi polyester, nylon, down, polar, taslan, dan canvas sebagai bahan utama jaketnya.

Dengan melihat beberapa informasi ini, definisi jaket dapat diartikan secara sederhana sebagai pakaian pelindung terhadap cuaca dengan kemampuan insulasi tertentu. Jaket umumnya lebih pendek dari parka dan jaket juga bisa dilengkapi hoodie atau tanpa menggunakan hoodie.

5 Perbedaan Penting Antara Parka dan Jaket

Berdasarkan pengertiannya masing-masing, Sobat Akasaka tentunya sudah bisa melihat beberapa perbedaan paling penting antara jaket parka dengan jaket pada umumnya, kan?

Nah, supaya pemahaman Sobat Akasaka semakin sempurna tentang perbedaan antara jaket parka dan jaket gunung secara lebih spesifik, berikut Akasaka Journal merangkum 5 poin yang paling penting.

Cakupan Proteksi pada Tubuh

jaket parka

Dengan bentuknya yang lebih panjang daripada jaket pada umumnya, parka sudah jelas memiliki cakupan proteksi yang lebih luas daripada jaket biasa.

Dengan konstruksi hoodie atau tudung yang dilengkapi bulu, panjang jaket yang menutupi hingga lutut, parka mampu melindungi tubuhmu dengan sangat maksimul. Perlindungan optimal ini tidak hanya akan membuat bagian vital tubuh terlindungi dengan baik, namun juga bagian kaki atasmu pula.

Walau dibandingkan dengan jaket gunung yang berbahan down, jaket parka tetap memiliki kelebihan dari sisi cakupan proteksi.

Jaket gunung down berbahan bulu sintetis atau pun yang menggunakan material down asli, akan memproteksi maksimum hingga pinggang penggunanya. Di bawah pinggang hingga lutut, kamu membuituhkan proteksi tambahan jika memang sedang beraktivitas dalam cuaca dingin yang ekstrim.

Hal terakhir terkait cakupan proteksi parka juga sangat menguntungkan bagi kamu yang bertubuh jangkung misalnya. Dengan tubuh yang tinggi, kamu tentu membutuhkan proteksi menyeluruh saat beraktivitas di alam bebas.

Dan jaket parka bisa menjadi jawabannya.

Konstruksi Bagian Depan

jaket parka

Ciri khas kedua yang menjadi pembeda antara jaket gunung dan parka adalah konstruksi bagian depannya. Meskipun demikian tidak semua perbedaan ini terlihat pada jaket yang umum, hanya pada model jaket anorak dan hoodie saja yang umumnya memiliki perbedaan seperti ini.

Jaket parka army atau jaket parka model apa pun selalu memiliki resleting atau kancing pada bagian depannya. Hal ini tentu saja dimaksudkan untuk memudahkan penggunaan dan melepaskan jaket. Atau pada kondisi tertentu ini juga memudahkan kamu untuk menghilangkan kegerahan saat cuaca panas.

Di samping menggunakan resleting atau kancing, parka juga umumnya dilengkapi dengan cover zipper atau penutup resleting. Hal ini menjadi perlindungan tambahan untuk memastikan perlindungan yang lebih sempurna pada pemakainya.

Sementara jaket seperti halnya hoodie atau anorak, memiliki konstruksi yang tertutup pada bagian depan. Kamu bisa melihat contohnya misalnya pada model jaket outdoor Napapijri yang populer sebagai salah satu aplikasi anorak dalam industri jaket petualangan.

Perlindungan Terhadap Cuaca

jaket parka

Jika kamu bertualang di Kutub Utara atau Alaska yang dingin dengan suhu melorot hingga dibawah 0 derajat celcius, pilihan bijaksana yang dapat kamu pilih adalah parka.

Untuk perlindungan terhadap cuaca, parka memiliki tingkat proteksi yang lebih maksimum. Biasanya jaket parka dilengkapi dengan material water resistant yang solid, kuat dan juga tangguh. Tidak heran dengan kapabilitasnya ini, harga jaket parka bahkan bisa dilabeli hingga jutaan rupiah untuk spesifikasi Antartika.

Hal ini tentu saja berbeda misalnya ketika kamu menggunakan jaket dengan kategori yang biasa.

Akan tetapi sekali lagi, jaket juga sangat bergantung dengan tujuan pembuatannya sendiri. Beberapa jaket dengan proteksi maksimum untuk dingin dan suhu ekstrim juga memiliki harga fantastis dan perlindungan istimewa.

Namun, cakupan proteksi berdasarkan panjang jaket juga perlu kamu perhitungkan sebelum memilih di antara keduanya; jaket atau parka.

Fleksibilitas

jaket parka

Perbedaan keempat antara parka dan jaket adalah fleksibiltas saat kamu menggunakannya. Harus diakui untuk kamu yang mendambakan perlindungan tubuh yang membuat kamu tetap leluasa dalam bergerak, jaket lebih direkomendasikan untuk kamu gunakan.

Tudung jaket parka dapat mengganggu kenyamananmu berjalan jika kamu menggunakannya saat misalnya menggendong ransel yang tinggi. Dengan kontruksi bahan yang tebal dan dilengkapi bulu sintetis atau down asli, melipat tudung parka akan membuatnya justru terasa lebih membebani tengkuk.

Pertimbangan selanjutnya terkait fleksibilitas adalah karena panjangnya sendiri.

Dengan panjang hingga ke paha atau lutut, kamu mungkin tidak akan leluasa dalam bergerak ketika menggunakan parka.

Ketika duduk, berjongkok, atau bergerak lincah membetulkan posisi kayu bakar api unggun, jaket parka yang kamu gunakan bisa saja akan terasa merepotkan.

Berat dan Pertimbangan Packing

jaket parka

Perbedaan terakhir sekaligus pertimbangan yang perlu kamu pikirkan sebelum memilih parka atau jaket adalah berat dan kemasan saat packing-nya sendiri. Ukuran yang besar, bahan yang tebal dan proteksi maksimum berkorelasi pula dengan bobot jaket yang cukup memakan banyak tempat dan berat dalam ransel.

Untuk kamu yang memilih aktivitas backpacking atau pun pendakian bergaya ultralight, parka tentu bukan pilihan yang ideal.

Dengan ukuran yang besar saat di-packing dan cukup berat saat dibawa, parka tentu memaksa kamu untuk mengeluarkan ekstra tenaga untuk membawanya dalam ransel.

Saat digunakan dalam cuaca yang cerah juga demikian, parka cenderung tidak senyaman menggunakan jaket lantaran membuat tubuh lebih cepat merasa gerah dan berat dalam beraktivitas.

BACA JUGA:

jaket parka

Nah, itu adalah beberapa informasi yang perlu kamu ketahui mengenai perbedaan antara jaket parka dan jaket secara umum.

Di Indonesia, harga jaket parka pria dan wanita sangat bervariasi dan dapat dengan mudah kamu bandingkan secara real-time melalui marketplace. Variasi ini tentu saja dipengaruhi oleh material yang digunakan, desain, kualitas insulasi, dan merek jaket parka itu sendiri.

Dengan pengetahuan yang cukup, sekarang kamu bisa memilih dengan nyaman apakah akan menggunakan jaket biasa atau jaket parka dalam aktivitas di alam bebas yang kamu lakukan.

Jadi selamat memilih, Sobat Akasaka!

BUKTIKAN KENYAMANAN JAKET AKASAKA OUTDOOR DISINI

Baca Ini Juga Yuk!

10 FAKTA FILM 14 PEAKS NOTHING IS IMPOSSIBLE YANG TIAP PENDAKI HARUS TAHU
10 FAKTA FILM 14 PEAKS NOTHING IS IMPOSSIBLE YANG TIAP PENDAKI HARUS TAHU
Halo, Sobat Akasaka! Kamu pastinya sudah nonton film 14 Peaks Nothing Is Impossible yang lagi ramai diperbincangkan itu, kan? Bagaimana filmnya? keren dan inspiratif benget, bukan? Nah, ternyata da...
Read More
INI 9 TEMPAT DENGAN AURA CAMP VIBES PALING TERKENAL DI INDONESIA
INI 9 TEMPAT DENGAN AURA CAMP VIBES PALING TERKENAL DI INDONESIA
Istilah camp vibes beberapa tahun terakhir semakin populer di Indonesia. Istilah ini tidak hanya diartikan sebagai suasana camping dengan segala unsurnya. Namun, camp vibes juga kadang diperluas la...
Read More
INI 7 FAKTA GUNUNG LEMBU SUPER MENARIK UNTUK KAMU KETAHUI
INI 7 FAKTA GUNUNG LEMBU SUPER MENARIK UNTUK KAMU KETAHUI
Di antara Gunung Parang dan Gunung Bongkok di kabupaten Purwakarta, terdapat sebuah gunung lain yang tidak kalah menarik bernama gunung Lembu. Gunung dengan nama unik ini merupakan salah satu desti...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published