TERNYATA INI 7 MANFAAT TREKKING POLE  DALAM KEGIATAN HIKING

manfaat trekking pole

Trekking pole  sama sekali bukan accessories belaka dalam kegiatan hiking atau pendakian gunung. Ada demikian banyak manfaat trekking pole  yang justru belum banyak disadari oleh para petualang. Sejauh ini, penggunaan trekking pole  hanya dianggap sebagai peralatan tambahan yang fungsinya tidak begitu signifikan.

Lantas, kira-kira apa saja sih, manfaat trekking poles atau hiking poles dalam aktivitas hiking  atau mendaki gunung itu?

Yuk, baca ulasan lengkapnya berikut ini.                                                              

LENGKAPI KEBUTUHAN BERTUALANGMU DENGAN BEBERAPA ACCESSORIES OUTDOOR TERBAIK DARI AKASAKA BERIKUT INI

7 Manfaat Trekking pole  dalam Aktivitas Hiking  dan Mendaki Gunung

manfaat trekking pole

Sebagai salah satu peralatan mendaki yang esensial, trekking pole  sebaiknya tidak kamu abaikan. Benda ini akan secara signifikan berpengaruh bagi aktivitas hiking  yang kamu lakukan. Penggunaan trekking pole  pada waktu yang lama dalam hiking, juga akan berimbas pada tingkat ketahahan, stabilitas, dan juga performa seorang hiker.

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menggunakan trekking pole  yang benar dalam perjalanan hiking, kamu tentu saja ingin tahu kan, apa manfaat benda ini untuk kamu sebenarnya. Sepasang tongkat yang dibawa berjalan mendaki gunung dan menuruni tebing, bagi sebagian orang tak lebih dari sekedar pelengkap style seorang hiker saja.

Setidaknya ada beberapa manfaat yang paling penting terkait penggunaan trekking pole  atau hiking  pole. Dalam artikel kali ini, Akasaka Journal setidaknya akan menguraikan 7 manfaat dari trekking poles yang paling penting.

Dan berikut poin-poinnya;

BACA JUGA:

Sebagai Penopang Tubuh di Tanjakan atau Turunan

manfaat trekking pole

Kamu yang sudah pernah menggunakan trekking pole  saat mendaki gunung sebelumnya pasti tahu betapa bermanfaatnya alat ini di tanjakan atau turunan, bukan?

Sepasang trekking pole  yang kamu gunakan pada kiri dan kanan dapat menjadi penopang tubuhmu ketika mendaki atau pun menurun. Dengan menjejakkan ujung hiking pole sebagai penahan, kamu dapat melangkah lebih stabil dan aman. Tidak peduli berapa pun harga trekking pole  yang kamu miliki, manfaatnya akan terasa dua kali lipat lebih banyak ketika di tanjakan atau pun turunan.

Saat menanjak, kamu dapat menjejakkan ujung hiking pole di rute dan memegang bagian tengahnya untuk mendapat daya topang yang lebih baik. Sementara pada jalanan yang menurun, kamu dapat memindahkan pegangan trekking pole  pada bagian yang lebih tinggi untuk mendapat pijakan yang lebih kuat.

Pada lintasan turunan yang curam dan licin, trekking pole  akan memberikan kestabilan yang ekstra. Tentu saja hal ini memberikan kamu perasaan mantap saat melangkah pada medan-medan sulit tersebut.

Mengurangi Bobot Beban yang Dibawa

manfaat trekking pole

 

Apakah kamu percaya jika sepasang hiking pole yang digunakan dengan benar bahkan dapat mengurangi berat hingga 7 kilogram?

Menurut salah satu penelitian yang secara khusus meneliti aktivitas di alam bebas, penggunaan Trekking pole di jalur yang rata setidaknya dapat mengurangi beban hingga 4 kilogram. Sementara pada medan menanjak, hiking pole juga secara signifikan mampu mengurangi beban hingga 7 kilogram.

Mengapa bisa demikian?

Hal ini dikarenakan menggunakan trekking pole  terbaik mampu mentrasnfer beban dari punggung ke tongkat yang ada di kedua tangan. Ransel atau carrier yang berat, secara signifikan akan terasa lebih ringan. Pada perkembanganya ini akan sangat berpengaruh pula pada ketahanan dan kekuatan seorang hiker seperti kamu.

Mengurangi Impact Beban pada Kaki

manfaat trekking pole

Berjalan di lintasan menurun tanpa membawa ransel sekali pun, dapat memberikan rasa yang tidak nyaman pada bagian paha dan betis. Terutama jika kamu belum terbiasa, atau sudah lama tidak mendaki gunung. Benar, kan?

Nah, jika tanpa beban ransel yang berat saja impact pada kaki sudah demikian terasa, lantas bagaimana jika kamu melakukannya dalam kondisi ransel yang berat?

Tentu saja akan lebih terasa lagi, kan?

Penggunaan sepasang trekking pole  energia atau merk apa saja yang kamu gunakan, akan membantu mereduksi hal ini. Tumpuan beban tubuh dan beban ransel yang kamu bawa tidak lagi sepenuhnya ada di kaki, melainkan juga di trekking pole . Dengan demikian, impact pada kaki akan dapat dikurangi secara signifikan.

Memberikan Keseimbangan Lebih Baik di Jalur Pendakian

manfaat trekking pole

Sebagai seorang pendaki gunung atau hiker yang telah terbiasa melintasi berbagi rute yang tidak rata, licin, curam atau berbatu-batu, kamu pasti sudah tahu kan, betapa susahnya untuk tetap melangkah seimbang di medan-medan tersebut?

Pada lintasan yang licin setelah disiram hujan, pijakan seringkali dengan mudahnya terpeleset meskipun sepatumu dilengkapi grip yang bagus. Sementara di medan yang berbatu atau sempit, melangkah dengan stabil dan seimbang juga bisa menjadi persoalan.

Nah, dengan trekking pole eiger atau pun merk lain dengan spesifikasi yang sama, kamu dapat lebih percaya diri dalam melewati medan semacam ini. Dua pegangan yang kuat pada sepasang trekking pole, memberi kamu tumpuan ekstra untuk dapat melewati lintasan-lintasan semacam itu dengan lebih aman.

Mambantu Meningkatkan Speed dan Endurance

manfaat trekking pole

Ketika stabilitasmu terjaga, ketahanan kamu dalam melangkah juga lebih baik. Hasilnya adalah; kamu tentu saja dapat bergerak dengan cepat dan mungkin saja bisa kuat berjalan lebih lama.

Dengan kemampuan trekking pole yang mampu mereduksi impact pada kaki, mentransfer bobot ransel yang dibawa bahkan hingga 7 kilogram, dan juga memberikan tumpuan yang kuat di medan sulit, kamu akan mendapatkan lebih banyak manfaat selama hiking. Performance puncaknya adalah, kamu bisa lebih cepat bergerak dan tidak mudah merasa lelah.

Jika sebelumnya kamu membutuhkan waktu ekstra misalnya saat melewati medan berlumpur atau licin. Dengan trekking pole, kamu dapat melibas medan semacam itu dengan lebih cepat dan efisien.

Membakar Lebih Banyak Kalori

manfaat trekking pole

Jika alasan kamu mendaki gunung adalah untuk menjaga tubuh tetap bugar atau menurunkan berat badan, maka trekking pole sangat dianjurkan untuk kamu gunakan.

Manfaat trekking pole  yang paling sederhana mungkin adalah untuk keperluan ini, yakni sebagai cara untuk membakar lebih banyak kalori. Dengan trekking pole kamu akan memaksa kedua lenganmu untuk bergerak lebih aktif, bahkan saat di medan yang rata sekali pun.

Pemakaiannya yang membutuhkan gerakan yang aktif dan dinamis, memungkinkan kamu untuk lebih banyak bergerak. Otot-otot lengan atas dan pergelangan tanganmu akan dituntut lebih fleksibel yang pada perkembangannya akan membuat kalorimu lebih banyak direduksi.

Sebagai Gear Multi Guna dalam Situasi Tidak Terduga

manfaat trekking pole

Nah, ini adalah manfaat lain dari trekking pole  yang mungkin terasa lebih asyik.

Kamu pasti pernah kan, menemukan tumbuhan yang yang merangsek menutupi jalan setapak sewaktu hiking?

Atau, mungkin berpapasan dengan binatang-binatang yang tiba-tiba saja melintas di hadapan kamu?

Untuk keperluan seperti ini, kamu tentu saja dapat menggunakan trekking pole dan memanfaatkannya untuk menepikan tumbuhan yang menghalangi jalan. Atau pada kasus yang lain, membantumu mengusir binatang seperti ular, kalajengking, atau kelabang yang tiba-tiba muncul di jalanan.

Di samping itu, bagian bagian Trekking pole  juga dapat kamu manfaatkan misalnya untuk tiang tenda, memasang flysheet, menopang tas saat istirahat, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:

manfaat trekking pole

Nah, itu adalah 7 manfaat trekking pole  yang paling penting dalam aktivitas hiking atau mendaki gunung. Dengan banyaknya manfaat hiking pole yang bisa kamu dapatkan, kamu yang belum pernah menggunakan benda ini saat hiking, ada baiknya mulai melengkapi petualanganmu dengan sepasang gear ini.

Tetapi, apakah penggunaan Trekking pole  memang harus sepasang?

Yap, benar. Jika kamu ingin mendapatkan manfaat yang lebih maksimal dari trekking pole, maka kamu harus menggunakan secara lengkap saat hiking. Satu trekking pole  mungkin memang membantu, namun dengan sepasang, kamu akan merasakan manfaat yang lebih baik.

manfaat trekking pole

Oh ya, supaya acara hiking dan mendaki gunung semakin menyenangkan bersama sepasang trekking pole, yuk, lengkapi pula dengan produk-produk paling dari Akasaka Outdoor, ya.

Ransel Akasaka Ceeta 50 + 5 dengan bobot tidak sampai 1 kilogram, apparels super keren dengan desain yang nyaman, atau footwear yang tangguh dengan garansi full selama satu tahun, semua akan membuat penampilan kamu semakin istimewa dalam setiap lintasan pendakian.

Jadi, selamat bertualang, Sobat Akasaka!

KLIK DISINI SEKARANG DAN DAPATKAN PRODUK-PRODUK PALING ASYIK DARI AKASAKA DENGAN HARGA PALING ISTIMEWA

Baca Ini Juga Yuk!

FATAL!10 KASUS AKLIMATISASI MANUSIA BERUJUNG MAUT DI ATAS GUNUNG
FATAL!10 KASUS AKLIMATISASI MANUSIA BERUJUNG MAUT DI ATAS GUNUNG
Dalam dunia pendakian gunung, aklimatisasi bukan sekedar kata untuk memperkaya literasi mountaineering semata. Aklimatisasi manusia di atas gunung adalah kebutuhan mutlak bagi para pendaki yang ber...
Read More
TIPS LENGKAP MEMILIH HAMMOCK YANG BAGUS UNTUK CAMPING DAN BERTUALANG
TIPS LENGKAP MEMILIH HAMMOCK YANG BAGUS UNTUK CAMPING DAN BERTUALANG
Hammock telah menjadi rumah yang menarik bagi para petualang dan peminat aktivitas outdoor saat ini. Dengan hammock yang bagus dan nyaman, kamu bisa menikmati camping atau sekedar ber-leyeh-leyeh d...
Read More
DAFTAR 39 TOKO OUTDOOR TERDEKAT DI PULAU JAWA, SUMATERA, KALIMANTAN DAN SULAWESI
DAFTAR 39 TOKO OUTDOOR TERDEKAT DI PULAU JAWA, SUMATERA, KALIMANTAN DAN SULAWESI
Selain dengan cara online, memilih perlengkapan outdoor secara langsung juga lebih menyenangkan. Dengan mengunjungi toko outdoor terdekat di daerahmu, kamu mungkin juga bisa menambah kawan baru yan...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published