TERNYATA INI 7 KISAH DI PEGUNUNGAN MOUNT EVEREST YANG JARANG DIKETAHUI

Pegunungan Mount Everest

Pegunungan Mount Everest adalah pegunungan tertinggi di dunia dan mungkin juga yang paling menarik bagi banyak orang. Puncak-puncak di pegunungan Himalaya menjulang hingga ketinggian delapan kilometer di atas permukaan laut. Di samping ketinggiannya yang signifikan, kisah-kisah dari pegunungan yang luar biasa ini pun sangat menarik untuk diketahui.

Gunung Everest sendiri memiliki banyak kisah menarik, menginspirasi dan penuh hikmah, yang sayangnya masih jarang diketahui, bahkan oleh kalangan para pendaki sekali pun. Padahal muatan kisah-kisah ini juga mencerminkan banyak hal yang dapat dipelajari.

Lantas, apa sajakah kisah-kisah menarik yang pernah terjadi di Mount Everest?

Berikut Akasaka Journal telah merangkumnya 7 di antaranya yang paling populer dan jarang diketahui

7 Kisah Menarik dari Pegunungan Mount Everest yang Tidak Banyak Diketahui Dunia

Pegunungan Mount Everest

Kamu mungkin masih mengingat dengan baik kapan puncak tertinggi gunung Everest berhasil ditaklukkan. Kamu mungkin juga dapat menghapal dengan sangat mahir siapa nama pendaki gunung yang berhasil mencapai puncak tertinggi dunia ini untuk pertamakalinya.

Namun, bagaimana dengan kisah kontroversi yang terjadi prihal siapa di antara dua pendaki pertama Everest itu yang benar-benar menjadi yang pertama menjejakkan kakinya di puncak. Apakah kamu juga mengetahui kisahnya?

Pada banyak kasus, hanya ada segelintir orang yang mengetahui kontroversi  dari misteri gunung Everest satu ini.

Kemudian, jika ditanyakan lagi; mengapa gunung Everest dinamakan Everest yang terdengar sangat kebarat-baratan, sedangkan gunung-gunung di sekelilingnya memiliki nama lokal yang tak kalah menarik? Kanchenjunga, Annapurna, Makalu, Manaslu, Lhoste, Nuptse, adalah nama lokal Nepal dan Tibet yang mempesona, mengapa Everest tidak dinamakan demikian?

Nah, pertanyaan-pertanyaan menarik seperti ini akan mendapatkan jawabannya dalam 7 kisah dari pegunungan mount Everest berikut ini.

BACA PULA:

Asal Usul Nama Gunung Everest

Pegunungan Mount Everest

Kisah pertama dari pegunungan Everest yang jarang diketahui adalah mengenai asal usul namanya sendiri.

Everest adalah nama seorang surveyor awal Himalaya yang dianggap sebagai pionir dalam eksplorasi pegunungan tertinggi di dunia. Nama lengkap surveyor ini adalah Sir George Everest. Untuk menghormati jasanya dalam merintis upaya eksplorasi gunung tertinggi di Himalaya, nama Everest diusulkan untuk menjadi nama gunung tertinggi di dunia.

Mulanya Sir George Everest tidak setuju dengan alasan nama itu tidak cocok dan sulit untuk diucapkan oleh lidah orang Nepal, India dan juga Tibet. Alasan lain penolakan ini adalah gunung itu sendiri sudah memiliki nama asli yakni Deodungga, Chomolungma dan Sagarmatha.

Namun nama asli gunung ini sendiri memiliki kontroversi untuk digunakan. Nama Chomolungma yang merupakan bahasa Tibet, tidak disetujui oleh orang-orang Nepal. Sebaliknya nama Sagarmatha yang merupakan nama Nepal, juga mendapat pertentangan dari orang-orang Tibet.

Akhirnya jalan tengah memutuskan bahwa nama Everest lebih cocok untuk disematkan sebagai nama raja pegunungan Himalaya ini.

Dilema Cinta Segitiga Pendaki Pertama Everest

Pegunungan Mount Everest

Kisah selanjutnya adalah tentang cinta segitiga antara seorang pemuda bernama George Leigh Mallory, seorang gadis cantik bernama Ruth Turner dan, gunung Everest itu sendiri.

Sewaktu menggelar ekspedisi Everest pada tahun 1921, 1922 dan 1924, George Mallory telah memiliki seorang isteri di Inggris yang bernama Ruth Turner. Cinta Mallory kepada Ruth, sama besar dengan cintanya kepada Everest. Cinta itu telah membawa Mallory untuk berlayar dalam kebimbangan dalam menentukan pilihan untuk diambilnya.

Gunung Everest terletak di benua Asia Selatan ini kemudian memanggil Mallory untuk melakukan pendakian sebagai upaya terakhir. Tahun 1924, Mallory berjanji kepada Ruth dan kepada Everest bahwa ia tidak akan kembali ke gunung itu lagi jika gagal mencapai puncaknya pada tahun tersebut.

Ending kisah ini kamu sudah tahu, kan?

George Mallory dan rekannya yang bernama Andrew Irvine menghilang di gunung Everest dan tidak pernah kembali pada pelukan Ruth lagi.

Kontroversi Politik Pencapaian Puncak Everest

Pegunungan Mount Everest

Nah, kamu masih ingat kan, nama dua orang pendaki gunung yang legendaris berhasil mencapai puncak Everest dan turun kembali dengan selamat?

Yap, benar banget!

Pendaki yang pertama bernama Sir Edmund Hillary dari Selandia Baru dan pendaki yang kedua bernama Tenzing Norgay dari Nepal. Mereka mencapai puncak Everest pada bulan Mei tahun 1953. Dalam pencapaian itu, disepakati bahwa kesuksesan sebagai buah dari upaya dan kerjasama tim, bukan keunggulan individu.

Akan tetapi ketika gunung Everest ketinggian-nya sudah berhasil ditaklukkan, India dan Inggris masih terlibat dan konflik politik imperialisme. Inggris masih menguasai India yang pada zaman itu sedang bertiup angin perjuangan untuk merdeka bagi setiap negara terjajah, termasuk juga India.

Kondisi politik ini kemudian merembet pula ke dalam dunia mountaineering, khususnya terkait pencapaian first ascent Everest. Muncul berbagai berita dan opini yang mengadu domba antara Edmund Hillary dan Tenzing Norgay terkait siapa di antara kedua pendaki itu yang sebenarnya menjejakkan kaki mereka di puncak Everest terlebih dahulu.

Ending kisah ini cukup menyentuh, lho. Kamu bisa membacanya dalam buku 9 Puncak Seven Summit, atau buku Dunia Batas Langit karya Anton Sujarwo disini.

Kematian Dua Pujangga di Punggungan Tenggara Everest

Pegunungan Mount Everest

Selain dua rute normal yang paling banyak digunakan dalam pendakian Everest, ada juga beberapa rute lain yang secara teknis jauh lebih sulit dan lebih menantang. Nah, salah satu dari rute tersebut adalah Rute Punggungan Tenggara di mana Three Pinnacle berada.

Three Pinnacle adalah sebutan untuk tiga bukit kecil yang terletak persis di atas punggungan tenggara gunung Everest. Tiga bukit ini sebenarnya bukan hal yang hal yang benar-benar menantang jika saja letaknya di atas ketinggian wajar. Tetapi di atas 8.000 meter dengan zona kematian, Three Pinnacle adalah tantangan serius untuk pendaki gunung terbaik di dunia sekali pun.

Sebuah ekspedisi Ingris tahun 1982 menjawab tantangan ini dengan merencanakan ekspedisi membuka jalur di punggungan tenggara. Hadir dalam ekspedisi itu dua penulis ternama sekaligus pendaki gunung kebanggaan Inggris; Joe Tasker dan Peter Boardman.

Sayangnya dua pujangga gunung itu kemudian tak mampu bertahan saat mencoba melewati Three Pinnacle yang legendaris. Mereka menghilang dan dinyatakan tewas di lokasi itu.

Dua Wanita Pertama dalam Satu Bulan di Everest

Pegunungan Mount Everest

Kisah selanjutnya dari pegunungan Himalaya khususnya Everest adalah terkait dengan kehadiran perempuan di atasnya.

Tahun 1975, Junko Tabei dari Jepang berhasil mencapai puncak tertinggi gunung Everest dengan didampingi oleh seorang sherpa bernama Ang Tsering. Rute yang diambil oleh tim Junko saat itu adalah rute selatan atau rute Nepal (South Col).

Dua belas hari berselang sejak kehadiran Junko di atas puncak Everest, puncak tertinggi di muka bumi itu kedatangan tamu lagi berjenis kelamin perempuan. Tamu itu adalah Pan Duo atau Phanthog, seorang pendaki China (Tibet) yang berhasil mencapai puncak Everest melalu rute utara (North Col) yang lebih sulit dan menantang.

Walaupun hanya selisih 12 hari, kamu pasti setuju kan, bahwa nama Junko Tabei jauh lebih populer dibandingkan Pan Duo?

Walau tentu saja jika dilihat dari sisi pencapaian, keduanya bisa dibilang berimbang di Everest.

Mitos Oksigen di Gunung Everest

Pegunungan Mount Everest

Nama Reinhold Messner dari Italia adalah legenda dalam dunia mountaineering. Ia dianggap sebagai salah satu pendaki gunung terbesar di dunia. Dan tahukah kamu prestasi apa dari Messner yang paling signifikan dan luar biasa?

Ya, prestasi terbesar dari Reinhold Messner dan dianggap sangat bepengaruh adalah keberhasilannya mencapai puncak gunung Everest tanpa menggunakan tabung oksigen dan secara solo!

Sebelumnya ilmuwan dan ahli medis mengatakan adalah sesuatu yang mustahil dapat mendaki Everest tanpa tabung oksigen. Kondisi fisik manusia tidak dirancang untuk bertahan pada ketinggian itu. Dan siapa pun yang berusaha melakukannya akan berakhir dengan kematian dan kesengsaraan.

Namun, seperti yang kamu tahu, Messner sukses mengubah persepsi itu.

Hingga sekarang, mendaki ke puncak Everest tanpa tabung oksigen adalah sesuatu yang umum. Meskipun tentu saja hal ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu saja.

Hantu-Hantu di Pegunungan Everest

Pegunungan Mount Everest

Sebenarnya kata yang paling tepat disini bukanlah hantu-hantu dari pegunungan mount Everest, melainkan mayat-mayat pendaki gunung Everest yang ditinggalkan begitu saja dan menjadi monumen pendakian gunung tertinggi di dunia.

Hingga saat ini, statistik kematian di Everest telah mencapai hampir 300 orang. Kematian menimpa banyak orang, pendaki, porter, sherpa dan lain sebagainya. Mereka juga meninggal dengan cara yang beragam, mulai dari dihantam longsoran, terjatuh, hilang ditelan badai, atau penyakit ketinggian seperti HAPE dan HACE.

Jumlah kematian yang besar ini dan jasad mereka yang kadang dibiarkan saja tergeletak tak jauh dari jalur pendakian, telah menerbitkan sebuah mitos menyeramkan tentang hantu-hantu dari Mount Everest.

BACA JUGA:

Pegunungan Mount Everest

Nah, itu adalah beberapa kisah dari pegunungan Mount Everest yang sangat jarang diketahui oleh masyarakat luas, bahkan oleh para pendaki sendiri. Pada banyak kejadian, kisah-kisah ini justru semakin membuat pesona Everest semakin tak terbendung untuk didatangi.

Oh ya, jika kamu juga tertarik untuk mengunjungi Everest, jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, ya. Supaya kamu tampil penuh percaya diri dimana pun nanti kamu bertualang, yuk, gunakan selalu produk dari Akasaka Outdoor yang telah terbukti tangguh dan nyaman dalam berbagai ragam medan pendakian.

KLIK DISINI DAN DAPATKAN PRODUK AKASAKA SEKARANG

Baca Ini Juga Yuk!

WOW! INI 10 PUNCAK PEGUNUNGAN ALPEN YANG PALING SULIT DITAKLUKKAN
WOW! INI 10 PUNCAK PEGUNUNGAN ALPEN YANG PALING SULIT DITAKLUKKAN
Asal mula aktivitas mountaineering adalah dari Pegunungan Alpen di Eropa. Di wilayah ini, membentang teritori pegunungan yang sangat memukau untuk dijelajahi. Dari Pegunungan Alpen Swiss hingga peg...
Read More
TERNYATA INI 5 FAKTA PENYEBAB TEWASNYA 3 PENDAKI GUNUNG BAWAKARAENG
TERNYATA INI 5 FAKTA PENYEBAB TEWASNYA 3 PENDAKI GUNUNG BAWAKARAENG
Rundung kabar duka kembali menyelimuti dunia pendakian gunung tanah air. Tiga hari yang lalu, bersamaan dengan perayaan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2021, tiga orang...
Read More
AMAZING! INI 11 PUNCAK PEGUNUNGAN ANDES YANG PALING TERKENAL DI DUNIA
AMAZING! INI 11 PUNCAK PEGUNUNGAN ANDES YANG PALING TERKENAL DI DUNIA
Dengan reputasinya sebagai pegunungan terpanjang di dunia, Pegunungan Andes memang layak menjadi rumah bagi banyak puncak gunung yang paling menakjubkan. Kamu akan menemukan kombinasi ketinggian ya...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published