TERNYATA INI 10 MISTERI GUNUNG PADANG YANG MENGGUNCANG DUNIA

gunung padang

Dengan potensi yang dimilikinya, situs Gunung Padang adalah satu-satunya situs megalitikum terbesar di dunia yang pernah ada. Artinya, situs megalitikum raksasa dunia seperti piramida di Giza dan juga istana batu di Petra, masih tetap akan kalah jika dibandingkan dengan situs Gunung Padang.

Bagaimana bisa demikian?

Lantas, bagaimana sih, misteri gunung Padang yang sebenarnya sehingga dianggap memiliki potensi sebagai situs batuan raksasa paling super di dunia?

Yuk, simak ulasan lengkapnya versi Akasaka Journal berikut ini.

BACA PULA:

10 Fakta dan Misteri Tentang Gunung Padang yang Mengguncang Dunia

gunung padang

Situs gunung Padang yang terletak di kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini, telah menarik perhatian sejak pertama kali dipublikasikan pada tahun 2014 silam. Gunung Padang Cianjur tidak hanya memberikan begitu banyak kejutan mengenai ilmu pengetahuan dan arkeologi. Namun, situs ini pun heboh dengan adanya persepsi beberapa golongan yang menganggap jika situs ini berupakan bentuk lain dari konspirasi alien di muka bumi.

Ada cukup banyak spekulasi yang berkembang terkait dengan kemunculan situs gunung Padang. Selain dikaitkan dengan eksistensi alien di bumi, spekulasi lain menyebutkan jika sebenarnya situs gunung Padang adalah bagian dari benua Atlantis yang tenggelam. Atau pada lain pihak, situs ini pun dinisbahkan sebagai induk dari kebudayaan yang paling tua di dunia.

Lantas, apa saja sih, fakta menarik mengenai situs gunung Padang Indonesia yang telah mengguncang dunia tersebut?

Berikut adalah beberapa di antaranya;

Situs Gunung Padang Lebih Tua daripada Piramida Giza di Mesir

gunung padang

Fakta pertama dari situs gunung Padang adalah kuat dugaan bahwa situs ini memiliki usia yang sudah sangat tua. Perbandingannya dengan piramida Giza di Mesir yang masuk dalam salah satu keajaiban dunia itu, semakin memantapkan gunung Padang Pyramid sebagai situs yang jauh lebih tua.

Usia piramida Giza di Mesir diperkirakan adalah 2.560 SM. Sementara piramida gunung Padang yang terletak di Cianjur, Jawa Barat, diketahui memiliki usia 25.000 SM atau hampir 10 x lipat dari usia piramida Giza itu sendiri.

Hasil Riset Gunung Padang Berpotensi Mampu Mengubah Sejarah Dunia

gunung padang

Berdasarkan penelitian dan hasil penggalian arkeologi dunia, beberapa kebudayaan yang dianggap paling tua di dunia adalah di Mesir, Mesopatamia, Mohenjo Daro, dan peradapan sungai Indus dan Nil. Usia peradapan-peradaban purba ini diperkirakan ada pada rentang 10.000 – 7.000 SM.

Nah, jika kamudian diketahui bahwa usia peradaban pada gunung Padang Megalithic Site benar-benar 25.000 SM, maka sudah dapat dipastikan bahwa peradaban tertua di dunia sebenarnya terlelak di Indonesia. Bukan di lembah sungai Indus, Mesopotamia dan juga Mohenjo Daro.

Situs Gunung Padang Menarik Perhatian Ilmuwan dan Arkeolog Dunia

gunung padang

Kemunculan gunung Padang dan kontroversi yang dimilikinya, telah menarik banyak sekali imuwan dan arkeolog dunia untuk ikut pula melalukan riset dan penelitian di dalamnya.

Spekulasi mengenai usia megalitikum, spekulasi mengenai peradaban jenis apa yang mendiaminya, dan berbagai hal lainnya, telah menerbitkan rasa ingin tahu yang besar dari para ahli arkeologi dan imuwan dunia.

Para ilmuwan ini kemudian berdatangan ke Indonesia dan mendaftarkan diri untuk ikut dalam penelitian gunung Padang Chamber excavation. Namun sejauh ini, proses penelitian gunung Padang masih dilakukan sepenuhnya oleh ilmuwan dalam negeri.

Penggunaan Teknologi Semen Purba pada Perekatan Batu di Gunung Padang

gunung padang

Pada banyak gambar situs gunung Padang, kamu akan menjumpai beberapa batuan yang seolah direkatkan dengan semen. Nah, penggunaan semen ini sendiri merupakan bagian dari hal yang menunjukkan tingginya ilmu pengetahuan dan teknologi yang digunakan pada saat itu.

Tidak seperti pada situs peradaban dunia yang lainnya, semen yang dipergunakan pada situs gunung padang terlihat sudah sangat modern. Semen ini menggunakan campuran tanah liat, silika dan juga besi. Bahkan pada banyak temuan diketahui bahwa kandungan besi pada semen yang dipergunakan di situs gunung Padang mencapai 45%.

Mampu Mendeskripsikan Peradaban Tertinggi pada Masanya

gunung padang

Situs gunung Padang dengan perkiraan usianya yang telah mencapai 25.000 SM, telah menunjukkan kepada sejarah bahwa dengan kebudayaan yang paling tua, mereka juga adalah peradaban yang paling maju di zamannya. Dengan kata lain, gunung Padang adalah peradaban paling kuno sekaligus pula paling maju.

Lho, bagaimana bisa?

Hal ini dapat dilihat dari formasi-formasi bebatuan yang disusun pada bukit dengan ketinggian 885 Mdpl, penggunaan teknologi semen yang sudah mengadaptasikan campuran silika, tanah liat dan juga besi. Kontsruksi semacam ini dengan jumlah batuan yang mencapai ribuah, tidak mungkin dapat dilakukan tanpa menggunakan alat teknologi yang terbaik pada masanya saat itu.

Diduga Ada Bangunan Super Besar Tertimbun Di bawah Situs Gunung Padang

gunung padang

Tahun 1814, Thomas Stamford Rafless yang menjadi gubernur Hindia Belanda di Jawa mengerahkan sekitar 200 orang untuk melakukan penggalian situs purbakala di Borobudur, Jawa Tengah. Candi budha terbesar di dunia ini juga pada mulanya tertutup oleh bentuknya sebagai sebuah bukit.

Setelah penggalian yang memakan waktu tidak sebentar, akhirnya dapatlah dilihat bahwa ada bangunan luar biasa megah di bawahnya. Candi Borobudur yang megah dan besar saat ini, mulanya adalah sebuah bukit yang kemudian digali dan dikembalikan formasinya.

Entah siapa penghuni gunung Padang dan berasal dari jenis kepercayaan yang bagaimana, namun ada dugaan kuat bahwa situs ini memiliki hal yang sama dengan sejarah penggalian candi borobudur. Diyakini di bawah gunung Pandang, terdapat bangunan yang besarnya bisa saja 3 kali lipat candi Borobudur itu sendiri.

Wow, besar banget, kan?

Riset Gunung Padang Pernah Ditawar Hingga 12 Triliun

gunung padang

Hal menarik selanjutnya dari situs gunung Padang adalah bahwa riset tempat ini pernah menarik  sebuah konsorsium untuk menawarkan uang senilai 12 Triliun!

Banyak banget, ya?

Penawaran ini diberikan oleh salah satu pengusaha pribumi yang mewakiliki konsorsium yang terdiri dari beberapa perusahaan, perbankan, dan juga lembaga keuangan lainnya. Ketentuan yang ditawarkan oleh konsorsium itu adalah uang 12 T yang mereka berikan dapat ditukarkan dengan 60% saham riset di gunung Padang.

Dengan angka sedemikian fantastis, bisakah kamu tebak apa sebenarnya yang menjadi misteri gunung Padang itu sendiri? Mungkinkah ada gunung emas dan intan yang terkandung di baliknya?

Peradaban Manusia Tertua di Bumi dengan Usia Mencapai 25.000 Tahun Sebelum Masehi

gunung padang

Berdasarkan pengujian karbon yang diambil dari berbagai titik, diketahui bahwa usia situs gunung Padang lebih tua dari 11.000 tahun. Penemuan ini sekaligus juga mengeliminir pernyataan yang mengatakan jika peradaban piramida Giza, Mesopotamia dan Mohenjo Daro sebagai yang tertua di dunia.

Bahkan lebih daripada itu, pengujian karbon pada kedalaman 5 -12 meter di gunung Padang memberikan hasil yang lebih mencengangkan. Hasil uji karbon menunjukkan bahwa setidaknya usia situs gunung Padang adalah 25.000 SM yang menempatkan ia sebagai situs megalitikum paling tua di dunia.

Situs Megalitikum Terbesar di Asia Tenggara bahkan Dunia

gunung padang

Kompleks utama permukaan situs gunung Padang memiliki luas 900 meter persegi. Sebagian besar pembentuk komplek utama dari situs ini adalah batuan alami vulkanik yang berbentuk persegi dan tersusun bertingkat atau populer dengan istilah punden berundak.

Disebutkan bahwa gunung Padang adalah situs punden berundak terbesar di Asia Tenggara bahkan dunia. Dengan demikian, dapat dikatakan gunung Padang juga adalah situs megalitikum paling besar yang ada di dunia.

Dipercaya Menjadi Konspirasi banyak Hal Menarik dari Alien hingga Atlantis

gunung padang

Bagian terakhir dari gunung Padang yang juga tidak dapat diacuhkan adalah mitos yang mengelilingi tempat ini. Gunung Padang dikaitkan dengan banyak hal yang legendaris dan penuh kisah hebat seperti Atlantis, UFO, Alien dan juga kisah-kisah manusia super zaman lampau.

Mengkaitkan gunung Padang alien atau memiliki korelasi dengan tenggelamnya atlantis, semuanya tidak dapat lepas dari kekaguman pada teknologi yang dimilikinya. Dengan kemajuan peradaban, struktur batu-batu raksasa yang demikian megah, rasanya sulit mempercayai bahwa hal ini memang murni dilakukan oleh manusia biasa.

BACA JUGA:

gunung padang

Nah, itu adalah 10 fakta dan misteri tentang gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat, yang telah mengguncang dunia. Dengan segala daya tarik yang dimilikinya ini, sangat membanggakan bahwa gunung Padang juga menjadi kekayaan unik dari Indonesia yang lainnya.

Oh ya, meskipun situs gunung Padang ditutup untuk sementara waktu terkait Covid-19, kamu tetap bisa mengunjunginya jika kondisi sudah normal kembali. Nah, supaya perjalananmu di gunung Padang semakin asyik nantinya, jangan lupa untuk menggunakan produk-produk terbaik dari Akasaka Outdoor, ya.

KLIK DISINI DAN DAPATKAN PRODUK-PRODUK TERBAIK AKASAKA OUTDOOR

Leave a comment

All comments are moderated before being published