TERNYATA INI 10 FAKTA MENGEJUTKAN TENTANG ANACONDA YANG JARANG DIKETAHUI

anaconda

Apakah kamu tahu bahwa dalam dunia nyata ular anaconda belum pernah memakan manusia? Setidaknya belum ada laporan yang terverifikasi benar yang mengatakan kalau ular anaconda raksasa seperti yang ada di film-film Hollywood pernah memangsa manusia. Meskipun tidak diragukan lagi bahwa ular yang satu ini sangat mampu untuk melakukannya.

Nah fakta ini sangat menarik, bukan?

Untuk itu, kali ini Akasaka Journal akan mengajak kamu untuk melihat 10 hal paling mengejutkan tentang ular paling legendaris dari hutan Amazon ini.

BACA JUGA:

10 Fakta Paling Mengejutkan Tentang Ular Anaconda

anaconda

Anaconda Amazon yang besarnya mengalahkan batang kelapa dan mampu memakan dua manusia sekaligus seperti yang digambarkan dalam film-film, ternyata memiliki banyak hal menarik yang jarang diketahui manusia.

Berapa banyak dari kamu yang melihat kengerian binatang satu ini ketika ia digambarkan dalam film-film anaconda sebagai mesin pembunuh yang mengerikan. Anaconda digambarkan masuk ke kapal-kapal, atau tiba-tiba menyambar orang yang sedang ada di anjungan perahu.

Dari data Wikipedia, anaconda yang disebut juga sebagai green anaconda adalah sejenis ular besar yang hidup di sekitar perairan. Ular terkenal satu ini berasal dari wilayah Amerika Selatan di mana hutan Amazon dan Sungai Amazon menjadi habitat utamanya.

Lalu dengan reputasinya yang mengerikan itu, apakah anaconda berbisa? Seperti halnya ular king cobra atau ular mamba hitam yang mematikan?

Menariknya, ternyata anaconda sebagai ular dengan jenis boa atau piton, tidak memiliki bisa sama sekali. Ular ini membunuh mangsa mereka dengan membelit dan menelannya.

Nah, selain tidak memiliki bisa, ternyata anaconda memiliki lebih banyak fakta menarik lainnya. Berikut adalah sepuluh di antaranya.

Anaconda Memiliki Empat Jenis

anaconda

Meskipun demikian terkenal dengan reputasi dan namanya sendiri, ternyata anaconda juga bagian dari anggota keluarga ular boa, lho.

Nah, ular boa atau dalam bahasa latin disebut dengan boinae adalah jenis ular besar namun tidak memiliki bisa yang secara kolektif disebut sebagai boa. Jenis-jenisnya sendiri ternyata juga tidak hanya satu, melainkan empat, yaitu;

  • Anaconda Hijau
  • Anaconda Bintik Hitam
  • Anaconda Kuning dan,
  • Anaconda Bolivia

Di antara empat jenis ini, yang paling besar dan paling kuat reputasinya adalah anconda hijau atau yang lebih dikenal dengan the green anaconda.

Habitat anaconda hijau adalah di lahan basah, wilayah sungai dan rawa-rawa. Secara administratif, jenis ini menjadi raja untuk daerh perairan Amerika Latin meliputi Brazil. Colombia, Venezuela, Guyana, Suriname, Peru, Bolivia dan Ekuador.

Anaconda Bukan Ular Terpanjang di Dunia

anaconda

Tidak diragukan lagi bahwa ular paling besar di dunia berdasarkan diameter badan tengahnya adalah anaconda hijau yang terkenal juga sebagai anaconda raksasa. Akan tetapi jika kamu bertanya apakah anaconda juga adalah ular terpanjang di dunia? Maka jawabannya adalah bukan.

Yap. Anaconda adalah yang terbesar namun bukan yang terpanjang di dunia.

Lalu, ular apa sih, yang paling panjang di dunia itu?

Ular Sanca Batik atau yang dikenal pula dengan reticulated phyton adalah ular terpanjang di dunia. Pada beberapa kasus, panjang ular ini bahkan mencapai 10 meter! Habitat sanca batik sendiri umumnya ada di wilayah hutan tropis seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan lainnya.

Anaconda adalah Binatang Predator Penyergap

anaconda

Kalau kamu melihat bagaimana ular cobra mengejar mangsanya, atau ular-ular jenis lain yang mematuk tubuh mangsanya kemudian menunggu racunnya bekerja lantas memakannya, maka anaconda tidak demikian.

Ular jenis piton dengan tubuh besar penuh otot namun tanpa bisa ini, memiliki teknik tersendiri dalam berburu makanan. Teknik ini dalam dunia predator disebut sebagai ambush atau penyergapan. Jadi, sang predator akan diam dalam waktu yang lama, menunggu mangsa yang tidak awas untuk mendekatinya.

Pada jarak yang sudah terjangkau, anaconda phyton akan melakukan penyergapan dengan cepat. Anaconda akan menggigit mangsanya kemudian menggunakan tubuh mereka yang penuh otot itu untuk melilit dan membelit.

Kematian datang pada mangsa anaconda umumnya karena dua hal yakni; mati lemas atau mati karena tulang-tulangnya yang remuk.

Anaconda Tidak Pilih-Pilih Makanan

anaconda

Apa pun yang bisa ia dapatkan, akan menjadi santapan bagi anaconda. Ular jenis ini sama sekali bukan ular yang pilih-pilih makanan. Hewan apa pun yang ada dalam jarak penyergapan mereka, akan mereka jadikan target sebagai pengisi perut mereka yang besar.

Makanan utama anaconda hijau di wilayah lembab Amerika Selatan adalah kapibara, yaitu binatang pengerat terbesar di dunia yang masih ada hingga kini. Akan tetapi, anaconda juga tidak alergi untuk memakan binatang lainnya seperti burung dan telurnya, hewan ampibi, hewan reptil, ular lainnya, mamalia dan juga ikan.

Bahkan dengan tubuhnya yang kuat dan besar, anaconda juga memangsa hewan besar seperti babi hutan, tapir, rusa, domba dan sejenisnya.

Oh ya, kamu tahu kan, kalau ular memiliki kemampuan menelan mangsa yang ukurannya lebih besar 10 kali lipat dari tubuhnya?

Nah, begitu juga dengan anaconda. Jadi, bisa dibayangkan bagaimana kemampuannya memakan hewan besar seperti rusa dan tapir.

Anaconda Hijau Tak Segan Berhadapan dengan Buaya

anaconda

Salah satu predator air di wilayah Amerika Latin yang masih satu keluarga dengan buaya dan aligator adalah cayman.

Cayman kadang memiliki tubuh yang besar bahkan mencapai 13 kaki atau hampir 4 meter, seperti halnya buaya-buaya besar di Afrika dan Amerika. Nah, menariknya bagi anaconda hijau, cayman adalah salah satu mangsa yang seringkali mereka jadikan makanan. Tapi tentu saja, cayman juga bukanlah mangsa yang mudah.

Dengan ukuran tubuh yang sama-sama besar, cayman dan anaconda seringkali terlibat dalam pertarungan hidup mati yang seru.

Pada satu ketika cayman bisa saja kalah dan menjadi santapan anaconda hijau. Sementara pada kesempatan yang lain, anaconda hijau juga pernah kalah dan menjadi makanan cayman.

Atau pada ending yang lebih sering, hasil pertarungan adalah imbang dengan maisng-masing mendapatkan luka-luka setelahnya.

Anaconda Memiliki Barisan Gigi Penarik Mangsa

anaconda

Sebagai jenis ular besar pada umumnya, gigi anaconda juga tidak banyak berbeda. Di bagian rahang atas, ular ini memiliki empat buah gigi yang menekuk untuk membantunya menelan mangsa lebih mudah.

Sementara pada rahang bagian bawah, anaconda juga memiliki barisan gigi yang tak kalah kuat. Namun, fungsi gigi pada rahang bawah anaconda adalah untuk membantunya mencengkram mangsa lebih kencang pada waktu membelit dan membunuhnya.

Anaconda Memiliki Kesenjangan Ukuran yang Paling Signifikan Antara Jantan dan Betina

anaconda

Dalam film Anaconda 3 yang tidak begitu populer, kamu mungkin pernah melihat bahwa anaconda hijau di sungai Amazon bisa mencapai panjang hingga 10 meter dengan lingkar tubuh sebesar batang kelapa.

Meskipun belum pernah ada catatan yang mengatakan bahwa ular anaconda pernah tumbuh hingga mencapai panjang lebih dari 8 meter, akan tetapi jika ia benar-benar ada maka, sudah pasti jenis kelaminnya adalah betina.

Loh, kok bisa dipastikan seperti itu?

Iya, benar. Anaconda adalah jenis ular yang paling signifikan dimorfisme seksualnya. Dimorfisme seksual sendiri adalah sebutan untuk perbedaan ukuran antara jenis kelamin jantan dan betina. Kamu tentu saja dapat melihat hal ini pada banyak binatang seperti singa jantan dan singa betina, ayam jantan dan betina, atau yang lainnya.

Nah, pada anaconda, dimorfisme seksualnya sangat jauh berbeda. Ketika anaconda jantan memiliki panjang rata-rata sekitar 3 meter sampai 3,5 meter, maka anaconda betina bisa mencapai panjang 6,5 hingga 8 meter.

Anaconda Bisa Melahirkan Hingga 30 Ekor Bayi

anaconda

Dalam satu proses melahirkan, induk anaconda yang sehat dapat mengeluarkan hingga setidaknya 30 ekor bayi anaconda.

Pada dasarnya, ular jenis anaconda atau jenis ular lain seperti ular garter, memiliki perbedaan cara berkembang biak dibandingkan jenis ular lainnya. Ular cobra, ular derik dan berbagai jenis ular pada umumnya, berkembang biak dengan cara bertelur yang telur itu kemudian menetas di luar tubuh induknya.

Sementara anaconda dan ular garter tidak demikian. Bayi-bayi anaconda menetas ketika masih dalam tubuh induknya. Sehingga pada saat dilahirkan, anak-anak ular terbesar di dunia itu sudah dalam keadaan hidup.

Anaconda Dapat Bertahan Selama 10 Menit Dibawah Air

anaconda

Dengan lubang hidung dan mata di atas kepala mereka, ular anaconda hijau dan jenis anaconda lainnya dapat lebih mudah bernapas ketika di dalam air.

Meskipun tubuh mereka masih dibawah permukaan air, namun ketika kepala mereka sudah di atas permukaan air maka mereka sudah dapat melihat dengan sempurna dan menghirup udara dengan bebas.

Di bawah permukaan air, seekor ular anaconda dapar bertahan sekitar 10 menit tanpa menghirup udara. Hal ini pula yang menjadikan anaconda sebagai salah satu predator amazon yang sangat efektif di bawah air.

Anaconda Tidak Pernah Memakan Manusia?

anaconda

Tidak ada keraguan sedikit pun bahwa dengan ukuran tubuhnya dan kekuatan ototnya, anaconda hijau memiliki kemampuan untuk membunuh manusia.

Tapi apakah benar manusia pernah dimangsa oleh anaconda?

Nah, fakta terakhir tentang ular anaconda ini mengatakan kalau pada catatan yang resmi, belum pernah ada laporan yang mengatakan kalau anaconda pernah memangsa manusia di alam liar.

Namun dengan tidak adanya laporan kematian manusia karena dimakan ular anaconda, bukan berarti hal itu tidak pernah terjadi, bukan?

Setidaknya dalam film-film hal ini pernah terjadi, dan kamu pasti pernah menyaksikannya.

BACA JUGA:

anaconda

Nah, itu adalah beberapa fakta menarik tentang ular anaconda yang jarang diketahui banyak orang. Menurut kamu bagaimana? Apakah binatang satu ini tetap mengagumkan meskipun kamu sudah tahu fakta-faktanya di atas?

Apa pun pendapat kamu tentang ular anaconda, yang pasti kamu tetap harus ekstra hati-hati ketika bertualang di rimba belanta yang menjadi habitat binatang-binatang raksasa dan mematikan seperti anaconda.

Oh ya, sebagai pelengkap petualanganmu dimana pun saja, Akasaka Outdoor memiliki banyak koleksi menarik, lho.

Jadi, langsung dilihat saja koleksinya di bawah ini, ya!

LIHAT KOLEKSI PALING ISTIMEWA DARI AKASAKA OUTDOOR SEKARANG

Baca Ini Juga Yuk!

BEGINI CARA MEMILIH BASE LAYER  OUTDOOR TERBAIK UNTUK KENYAMANAN BERTUALANG
BEGINI CARA MEMILIH BASE LAYER  OUTDOOR TERBAIK UNTUK KENYAMANAN BERTUALANG
Pertahanan pertama bagi seorang petualang dalam berkegiatan di alam bebas adalah dengan memastikan bahwa tubuhnya terlindungi dengan sempurna. Untuk kepentingan ini, salah satu cara tradisional yan...
Read More
CARA MEMILIH DAYPACK YANG BAGUS UNTUK HIKING DAN BERTUALANG
CARA MEMILIH DAYPACK YANG BAGUS UNTUK HIKING DAN BERTUALANG
  Apa pun bekal perjalanan petualangan yang kamu bawa akan tetap terasa nyaman jika kamu membawa daypack atau ransel yang nyaman pula. Oleh karena itu, mengerti cara memilih daypack yang bagus unt...
Read More
7 FILM SUNGAI AMAZON YANG PALING TERKENAL SEPANJANG MASA
7 FILM SUNGAI AMAZON YANG PALING TERKENAL SEPANJANG MASA
Di antara banyak film sungai Amazon yang menuturkan tentang petualangan di hutan hujan tropis yang ganas, Anaconda adalah salah satu yang terkenal. Namun, tahukah kamu kalau selain Anaconda ada ban...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published