SPESIFIKASI TAS GUNUNG TERBAIK DAN TIPS SEDERHANA DALAM MEMILIHNYA

 

Salah satu kebutuhan paling pokok saat mendaki gunung tentu saja adalah tas gunung atau biasa disebut dengan ransel atau carrier. Tas gunung terbaik akan membuat perjalanan mendaki gunung menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Sebaliknya, pemilihan ransel yang kurang tepat bisa menyebabkan ketidaknyamanan saat digunakan, atau bahkan malah cidera jika dikenakan dalam waktu yang lama.

Oleh sebab itu, pemilihan ransel atau carrier dalam mendaki gunung adalah sesuatu yang penting untuk diperhatikan. Spesifikasi tas, bahan yang digunakan, desain, compartment yang tersedia dan lain sebagainya, adalah beberapa hal penting terkait anatomi pemilihan carrier untuk mendaki gunung.

Nah, untuk memudahkan kamu, berikut ulasan lengkap mengenai spesifikasi tas gunung paling recommended untuk kamu gunakan beserta tips-tips yang bisa kamu gunakan saat memilihnya.

Pengertian dan Spesifikasi Tas Gunung Terbaik Serta Tips Utama Dalam Memilihnya

Tas gunung secara sederhana dapat diartikan sebagai tas yang digunakan untuk aktivitas mendaki gunung. Tas ini memiliki fungsi utama untuk dapat menampung dan membawa semua perlengkapan mendaki gunung secara nyaman, aman dan juga accessible atau mudah dijangkau. Dalam praktiknya sendiri, ransel atau carrier memiliki banyak sekali model  dan jenis, perbedaannya bisa dari sisi ukuran, desain, kelengkapan compartment, mau pun bahan yang digunakan.

Penggunaan tas untuk mendaki gunung adalah sesuatu yang sudah sangat umum dipahami oleh masyarakat dewasa ini. Namun, sebelum teknologi tas ditemukan, orang-orang mengangkut keperluan mereka dengan berbagai cara ke atas gunung. Apa lagi jika melihat berbagai kerajinan tradisional di banyak daerah yang hampir semuanya memiliki sesuatu yang digunakan untuk mengangkut keperluan.

Sejarah tas untuk mendaki gunung dengan teknologi yang sangat sederhana mulai dapat ditemukan jejaknya ketika pendakian dilakukan pada tahun 1850 -1900 an di Eropa. Pada saat itu, tas untuk mendaki hanyalah sebuah kantong yang diberi tali dan bisa digendong untuk memudahkan proses membawanya. Beruntung sekarang, teknologi ransel untuk mendaki gunung telah mengalami kemajuan yang sangat luar biasa.

Merk tas gunung juga sudah sangat banyak saat ini. Di Indonesia produsen ransel untuk aktivitas petualangan juga sudah tumbuh dengan baik untuk memenuhi kebutuhan peminat aktivitas pendakian gunung yang juga meningkat dengan pesat. Namun demikian, secara umum anatomi tas gunung dapat dikatakan sama, yakni sebuah tas punggung dengan konstruksi dan desain yang lebih terkesan kokoh dan wild.

Sebelum mengetahui apa saja tips-tips memilih carrier yang baik untuk mendaki gunung, mengenal apa saja yang menjadi bagian utama sebuah ransel juga penting. Kelengkapan anatomi tas untuk mendaki gunung dan penggunaan bahan yang berkualitas seringkali menjadi dua faktor utama yang menjadi alasan seseorang untuk memilih tas untuk mendaki gunung.

Anatomi Tas Gunung atau Bagian-Bagian Paling Utama dari Sebuah Ransel Untuk Mendaki Gunung

Jika mencermati bagian-bagian dari sebuah tas gunung, maka akan ditemukan banyak sekali varian-nya. Bahkan untuk model shoulder strap-nya sendiri, sebuah tas gunung pun dapat dibagi beberapa macam. Akan tetapi secara umum, baik tas gunung wanita atau pria, atau bahkan anak-anak sekali pun, bagian-bagian berikut adalah penyusun anatominya;

Top Lid atau Kepala Carrier

Di Indonesia bagian top lid carrier atau ransel seringkali disebut sebagai kepala carrier. Fungsi utama dari bagian ini adalah membawa barang-barang yang paling sering digunakan selama perjalanan. Kadangkala top lid juga bisa dilepas dan dijadikan tas daypack, pada deuter tas gunung beberapa model memiliki ciri yang seperti ini.

Load Lifter atau Strap Kompresi Pembenanan

Load lifter menjadi bagian yang juga signifikan untuk sebuah tas gunung atau ransel. Load lifter berfungsi untuk mengencangkan tas setelah di-packing dan diletakkan di punggung. Strap load yang dikencangkan akan membuat badan tas lebih dekat dan membuat beban terasa lebih ringan dan nyaman.

Haul loop atau Strap Untuk Mengangkat Carrier

Untuk mengangkat carrier dengan aman, haul loop ditempatkan persis di atas shoulder strap atau di belakang tengkuk penggunanya. Umumnya haul loop menggunakan double strap untuk memperkuat konstruksinya saat diangkat dalam kondisi pembenanan yang penuh. Selain itu, dengan menggunakan haul loop untuk mengangkat ransel dapat meminimalisir potensi kerusakan bagian lain yang mungkin tidak kuat jika diangkat.

Shoulder strap atau Tali Utama Ransel

Shoulder strap adalah bagian yang juga sangat penting dari anatomi sebuah ransel gunung. Shoulder strap haruslah kombinasi antara kenyamanan dan kekuatan. Tali ransel yang kuat dan tangguh harus pula sangat empuk dan nyaman ketika digunakan. Selain itu desain dan model yang juga tidak boleh diacuhkan dalam sebuah desain shoulder strap.

Compression Strap atau Tali Pengencang Samping Ransel

Compression strap berfungsi sebagai stabilizer beban tas dan juga muatan yang ada di dalamnya. Fungsi lain yang juga tidak kalah penting dari compartment satu ini adalah untuk membantu mengikat benda-benda semacam frame tenda, kain tenda, atau bahkan trekking pole yang disisipkan pada samping badan ransel.

Sternum Strap atau Strap Dada

Sternum strap adalah strap yang melekat pada shoulder strap yang biasanya digunakan dalam perjalanan yang agak lama supaya terasa lebih nyaman. Akan tetapi berdasarkan teorinya secara ilmu kesehatan dan teknologi tas gunung, strenum strap dibuat dengan tujuan menjaga tali tas punggung untuk tetap stabil saat digunakan. Selain itu sternum strap juga berfungsi untuk membantu sirkulasi darah pada areal siku tetap lancar.

Side Zip atau Kantong Samping Ransel dengan Resleting

Tas gunung yang memiliki kantong dengan dilengkapi zipper atau resleting adalah salah satu ciri tas gunung yang lengkap secara anatomi. Side zipper difungsikan sebagai space tambahan untuk esensial gear ketika bertualang. Kamu yang misalnya suka mendaki saat malam hari bisa menempatkan senter, headlamp, pisau atau apa pun pada kantong dengan side zip seperti ini.

Water Bottle Pocket atau Zip Pocket

Di bawah side zip dengan resleting, terdapat juga kantong lain yang berfungsi misalnya untuk menempatkan botol air minum, atau jika di Indonesia juga digunakan untuk menempatkan gas bahan bakar kompor. Biasanya dinding kantong samping ransel terbuat dari mesh atau kain yang elastis supaya mampu memberi tempat yang lebih besar jika dimasukkan benda yang ukurannya variatif.

Hip Belt atau Sabuk Pinggang Ransel

Hip belt adalah salah satu bagian penting lainnya dari sebuah anatomi tas gunung. Ukuran hip belt bisa bermacam-macam, namun tas gunung 60 liter atau dengan ukuran yang lebih besar biasanya menggunakan hip belt yang juga memiliki bantalan lebih tebal dan lebar. Tujuan utama dari hip belt adalah membantu transformasi pembebanan tas menjadi lebih seimbang saat digunakan.

Hip belt Pocket

Untuk ransel yang menggunakan hip belt pada umumnya telah dilengkapi dengan hip belt pocket atau kantung sabuk ransel. Kantong ini berukuran kecil dapat menjadi tempat menyimpan benda-benda yang paling sering kamu gunakan selama berjalan. Beberapa ransel ukuran besar bahkan bisa menyimpan kamera pocket pada kantong hip belt-nya, dan ini tentu saja dapat memudahkan kamu untuk mempergunakannya dalam kondisi apa pun.

Hip belt Stabilizer

Bagian lain dari sebuah sabuk pinggang ransel mendaki gunung adalah hip belt stabilizer yang memungkinkan hip belt lebih nyaman saat digunakan. Stabilizer pada hip belt akan membantu membuat sabuk pinggang ransel terasa lebih memeluk penggunanya ketika dikenakan.

Pole Loops atau Kaitan Trekking Pole

Pada bagian paling bawah ransel terdapat strap berbentuk pita yang ukurannya mungkin bervariasi. Strap ini bukan hiasan aksesoris semata namun merupakan kaitan yang dapat digunakan untuk menggantungkan trekking pole, walking stick, atau bahkan kapak es untuk pendakian es dan juga salju.

Front Pocket , Top Zipper dan Aksesoris Lainnya

Sebuah tas gunung yang lengkap kadang juga didukung dengan adanya front pocket yang mudah diakses. Juga dilengkapi dengan top zipper  sebagai kantong tambahan yang keunggulan utamanya adalah gampang diakses. Pada beberapa tas dengan desain yang menarik, jumlah accessible pocket baik itu pada bagian depan mau pun atas bisa saja jumlahnya lebih dari satu.

Beberapa anatomi pendukung lain dari sebuah tas gunung misalnya adalah rain cover sudah included. Hal yang juga patut diperhitungkan saat mendesain dan menambah kantong pada ransel adalah sebagai upaya memudahkan cara packing tas gunung sesuai dengan kebutuhan dan juga berat barang bawaan. 

Tips Memilih Tas Gunung Terbaik Untuk Perjalanan Petualangan dan Mendaki Gunung

Harga tidak selalu menentukan kualitas; ini adalah salah satu mantra paling penting yang kamu harus tahu saat memilih tas untuk bertualang. Produk import dengan berbagai merek yang keren itu, pada dasarnya tidak semuanya cocok dengan kamu, jadi mantra selanjutnya adalah; jangan memutuskan membeli sebuah ransel mendaki gunung hanya karena itu adalah produk import  semata.

Nah, untuk membantu kamu memilih tas gunung yang tepat dan mungkin juga jika beruntung menemukan tas gunung murah berkualitas yang bagus, berikut adalah tips-tips yang bisa kamu terapkan;

Tentukan Ukuran Ransel yang Kamu Inginkan

Ukuran adalah hal pertama yang harus kamu pertimbangkan. Jika kamu adalah pendaki yang baru mau memulai aktivitas pendakian, sebaiknya pilihlah ukuran medium terlebih dahulu, Ukuran medium mulai dari 30 sampai 50 liter mungkin adalah yang paling direkomendasikan untuk kamu.

Tentukan Prioritas  Untuk Kebutuhan Apa Ransel Gunung Tersebut?

Pertanyaan yang seringkali juga diajukan saat memilih atas gunung adalah; apakah tas gunung bisa masuk kabin pesawat? Hal ini menjadi menarik karena jika ukurannya medium dan packingan-mu tidak begitu padat, tas gunung tentu bisa masuk ke kabin. Akan tetapi jika kamu membawa ransel ukuran 60 liter terisi penuh lengkap dengan matras dan lain sebagainya, kabin pesawat tentu tidak cukup untuk kapasitas ranselmu.

Pertimbangkan Kelengkapan Anatomi Ransel

Seperti yang sudah disampaikan di atas, tas gunung yang baik memiliki anatomi yang lengkap dan komprehensif. Nah, pada titik ini kamu dapat memilih mana bagian-bagian tas yang paling kamu butuhkan untuk aktivitasmu. Misalnya kamu adalah tipe petualang yang selalu menggunakan walking stick saat mendaki, maka tas gunung yang memiliki loops adalah hal yang mestinya kamu prioritaskan.

Relevansikan Tinggi Badan dan Berat Badan dengan Ukuran Ransel

Jika bobot badanmu misalnya adalah 75kg dan tinggi kamu adalah 180cm, maka carrier ukuran 25 atau 30 liter tentu saja kekecilan dan terkesan tidak ideal. Berat dan tinggi badan adalah faktor yang juga tidak kalah penting untuk kamu perhitungkan sebelum memutuskan untuk memilih sebuah ransel dalam aktivitas pendakian dan petualanganmu.

Sesuaikan Dengan Gender atau Pilih Ransel Gunung Unisex Technology

Memilih tas mendaki gunung atau apa pun yang berkenaan dengan perlengkapan bertualang yang disesuaikan dengan jenis kelamin adalah salah satu hal yang menyenangkan, begitu pula dengan ransel. Pada tas mendaki gunung, ada beberapa perbedaan ukuran torso, dimensi lebar hip belt dan juga model shoulder strap yang disesuaikan dengan postur tubuh wanita, sehingga pendaki gunung wanita pun sangat dianjurkan menggunakannya.

Namun jika kemudian kamu merasa nyaman dengan model unisex yang bisa digunakan baik laki-laki mau pun perempuan, maka kamu pun dapat menggunakan teknologi seperti itu. Namun yang pasti, semakin spesifik teknologinya untuk gender, maka akan semakin nyaman digunakan.

Cek Kelengkapan Carrier

Hal selanjutnya yang dapat kamu pertimbangkan saat memilih ransel untuk mendaki gunung adalah kelengkapan yang dimilikinya. Termasuk pula dalam kelengkapan ini misalnya adanya raincover, adanya side pocket dan juga hip belt pocket, dan lain sebagainya.

Utamakan Brand Lokal Indonesia

Tips terakhir yang bisa kamu perhatikan saat membeli tas gunung adalah dengan mengutamakan produk lokal buatan anak negeri sendiri. Selain dapat membantu produktivitas anak bangsa, membeli produk negeri sendiri juga adalah bagian dari upaya ketahanan ekonomi nasional. Pastikan kamu ikut serta melakukannya dengan cara membeli karya bangsa sendiri.

Rekomendasi Tas Gunung Terbaik Untuk Pendaki Pemula Atau Pro

Sebagai rekomendasi untuk kamu yang sekarang mungkin sedang kebingungan memilih ransel untuk menemani petualanganmu, Akasaka Ceeta 50+5 dari Akasaka Outdoor mungkin adalah pilihan yang paling bijaksana. Ransel medium dari Akasaka ini memiliki serangkaian keunggulan yang membuatnya nyaman digunakan oleh orang yang baru belajar mendaki gunung atau pun yang sudah profesional.

Dari sisi kelengkapan anatomi, Akasaka Ceeta 50 + 5 memiliki 95% unsur anatomi yang sempurna dari sebuah tas gunung. Dari top load sampai loops untuk kaitan trekking pole, dari side zip sampai pula dengan front zipper, semua ada di Akasaka Ceeta. Selain itu, material Akasaka Ceeta 50 + 5 yang digunakan untuk produk ini juga adalah material pilihan dengan kualitas terbaik, sehingga performance di lapangan juga tidak akan mengecewakan.

Keunggulan selanjutnya dari Akasaka Ceeta tentu saja adalah harganya yang masih terhitung sangat terjangkau dibandingkan produk sejenis. Dengan segala ketangguhan dan keunggulan yang dimilikinya, kamu bahkan bisa memiliki ransel gunung Akasaka Ceeta 50 + 50 dengan budget pada angka hanya satu jutaan saja.

Kabar menarik selanjutnya dari Akasaka Ceeta 50 + 5 adalah bahwa produk ini pernah diuji coba oleh para hiker profesional dalam perjalanan MMA Trail. Selama 9 hari penuh Akasaka Ceeta dibawa mendaki gunung, menuruni tebing, berjibaku dalam medan yang sulit, melintasi rel kereta api, membelah jalanan pedesaan yang panjang dan variatif. Dan hasilnya? Rating tas gunung Akasaka nyaris berada pada angka yang sempurna.

Nah, jika kamu penasaran dengan salah satu produk terbaik dari Akasaka ini, kamu bisa mengklik tautan ini melihat detailnya: Tas gunung terbaik Akasaka Ceeta 50 + 5 untuk perjalanan pendakian gunung dan petualangan.

Atau, jika kamu juga penasaran dengan performance carrier Akasaka Ceeta 50 + 5 saat dibawa membelah rute MMA Trail yang luar biasa, maka kamu dapat membaca kisahnya dengan lengkap dalam buku ini: Akasaka Ceeta 50 + 5 dan Ketangguhannya Membelah Rute Hiking MMA Trail.

 

 

 

 

 

 

Baca Ini Juga Yuk!

SPESIFIKASI DAN REKOMENDASI CELANA OUTDOOR TERBAIK UNTUK PENDAKIAN GUNUNG
SPESIFIKASI DAN REKOMENDASI CELANA OUTDOOR TERBAIK UNTUK PENDAKIAN GUNUNG
Memilih celana outdoor terbaik dalam aktivitas di alam bebas seperti pendakian gunung pada dasarnya adalah bagian dari kesuksesan pendakian itu sendiri. Pakaian pendakian gunung yang tepat seperti ...
Read More
6 KOLEKSI KAOS PENDAKI GUNUNG TERBARU DARI AKASAKA OUTDOOR
6 KOLEKSI KAOS PENDAKI GUNUNG TERBARU DARI AKASAKA OUTDOOR
  Kaos pendaki gunung terbaik tentu saja tidak hanya memiliki gambar atau desain yang menarik, namun juga harus nyaman saat digunakan dalam beraktivitas di alam bebas. Selain itu, sebuah kaos untuk...
Read More
SEBERAPA PENTING PENGGUNAAN TAS SELEMPANG DALAM PENDAKIAN GUNUNG?
SEBERAPA PENTING PENGGUNAAN TAS SELEMPANG DALAM PENDAKIAN GUNUNG?
Dalam aktivitas pendakian gunung saat ini, ransel atau carrier bukan satu-satunya alat untuk membawa perlengkapan. Tas selempang yang biasanya hanya digunakan untuk aksesoris semata, kini mulai pul...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published