SPESIFIKASI JAKET GUNUNG TERBAIK DAN TIPS DALAM MEMILIHNYA

Udara di atas gunung yang dingin tentu saja membuat jaket gunung sebagai proteksi bagi para pendaki adalah sesuatu yang wajib dikenakan. Selain menjadi isolasi terhadap cuaca dan suhu dingin, jaket gunung terbaik juga dapat menjadi perlindungan pertama dari angin gunung dan juga hujan. Melihat fungsinya yang demikian esensial ini, memang dibutuhkan kecermatan yang tepat untuk memilih jaket yang terbaik dalam aktivitas mendaki gunung.

Spesifikasi Jaket Gunung Terbaik dan Beberapa Tips Penting Memilihnya

Sebagai salah satu kegiatan yang berdampingan erat dengan paparan cuaca yang sangat fluktuatif, mendaki gunung atau hiking memang membutuhkan perlengkapan yang memadai. Perlengkapan ini baik berupa alat teknikal yang lebih spesifik, mau pun perlengkapan yang sifatnya lebih umum seperti jaket, sepatu, tas, dan lain semacamnya.

Jaket sendiri dalam aktivitas hiking atau mendaki gunung, memiliki fungsi yang sangat substansial atau penting. Jaket tidak hanya sebagai pakaian tebal bagian luar yang menutupi baselayer dan kaos semata, namun juga menjadi perangkat protektor yang bertugas melindungi juga tubuh si pendaki dari paparan cuaca pegunungan yang keras. Atas dasar itulah kemudian, pemilihan jaket untuk mendaki gunung tentu saja membutuhkan pertimbangan yang matang.

Terkait fungsi proteksinya, jaket gunung windproof waterproof menjadi bagian yang sudah sangat pokok. Kemampuan jaket outdoor ini untuk melindungi penggunanya dari angin dan hujan adalah salah unsur dasar teknologi yang harus dimilikinya. Meskipun tentu saja, ada beberapa jaket gunung yang mungkin didesain untuk memberi perlindungan pada ukuran dan pressure tertentu.

Nah, sebelum lebih jauh mengetahui apa saja tips-tips yang bisa dilakukan untuk memilih jaket yang paling recomended, sebaiknya kamu mengetahui pula bagian-bagian utama dari sebuah jaket mendaki gunung.

Anatomi Jaket Gunung dan Bagian-Bagian Utama dari Sebuah Jaket Untuk Aktivitas Hiking

Sebuah jaket untuk aktivitas hiking atau mendaki gunung secara umum terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut;

Hoodie (Fixed & Removeable)

Sebuah jaket untuk mendaki gunung dari tingkatan apa saja, sudah semestinya memiliki hoodie sebagai komponen utama konstruksinya. Dari merk jaket gunung terbaik sampai yang mungkin biasa-biasa saja, hoodie menjadi bagian wajib untuk sebuah jaket mendaki gunung. Secara umum hoodie berfungsi untuk menjadi head protector dimana layer atau membran-nya dapat melindungi kepala seorang hiker dari terpaan hujan atau angin.

Hoodie pada jaket mendaki gunung umumnya terbagi dalam dua jenis, yakni removeable hoodie dan fixed hoodie. Untuk removeable hoodie adalah jenis tutup kepala jaket yang bisa dilepas dan dipasang kembali. Sementara fixed hoodie adalah kebalikannya, dimana sebuah hoodie atau tudung jaket mendaki gunung disambung secara permanen pada badan jaket.

Jika dilihat dari materialnya sendiri, hoodie sebuah jaket untuk hiking pun memiliki spesifikasi yang khusus. Pada umumnya, hoodie sebuah jaket untuk aktivitas hiking harus memiliki kemampuan waterproof, windproof, dan juga memiliki material yang lebih ringan atau ultralight supaya nyaman digunakan dalam berbagai medan dan keadaan.

Hoodie Cord adjustment

Sama seperti hoodie yang merupakan komponen utama dari sebuah jaket untuk aktivitas pendakian gunung, maka cord adjustment hoodie adalah pelengkapnya yang tidak boleh terlupakan. Apa pun brand jaket gunung terbaik yang umumnya dikenal saat ini, cord adjustment adalah komponen yang tidak pernah bisa tinggalkan.

Fungsi utama dari cord adjustment adalah untuk mengatur atau menyesuaikan ukuran hoodie saat dikenakan. Jika dalam kondisi beristirahat di tenda atau sedang bersantai di camp ground, mungkin hoodie tidak banyak dimanfaatkan. Namun misalnya kamu sedang berada dalam perjalanan atau di sebuah tempat yang tiupan anginnya kencang, kamu mungkin akan memanfaatkan hoodie jaketmu yang bisa di-setting dengan cord adjustment-nya.

Neck Shielder

Pelindung leher dalam kontruksi jaket untuk mendaki gunung juga merupakan komponen yang harus ada. Beberapa desain jaket gunung mungkin memberikan bahan tambahan secara khusus sebagai shielder neck, namun beberapa yang lain mungkin tetap menggunakan bahan utama badan jaket yang menyambung juga sebagai pelindung leher.

Salah satu jaket gunung terbaik 2020 untuk aktivitas hiking dari Akasaka Outdoor menggunakan model neck shielder yang lebih pendek namun tetap dalam proteksi yang maksimum. Selain menjadi penutup areal leher, neck shielder juga kadang dilengkapi lengkapi lagi dengan pelapis velcro yang memberi perlindungan tambahan. Selain sebagai perlindungan ekstra, velcro juga biasanya digunakan sebagai fungsi estetika untuk menyamarkan garis zipper.

Body Jacket

Secara umum body jacket dapat diartikan sebagai bagian utama dari keseluruhan jaket gunung. Hal ini dapat kamu sederhanakan lagi pemahamannya dengan membayangkan sebuah rompi. Nah, body jacket adalah keseluruhan bagian sebuah rompi tersebut.

Body jacket adalah bagian-bagian jaket yang melindungi bagian paling vital seorang pendaki gunung dari tiupan angin yang tajam atau cuaca yang dingin. Pada beberapa merk jaket gunung lokal, tepat pada bagian yang melindungi areal perut, layer atau kain sebuah jaket untuk pendakian gunung dibuat dengan dua lapisan.

Pada bagian body jacket selain merupakan bagian utama yang melindungi perut dan dada, juga terdapat beberapa komponen tambahan yang tidak kalah penting. Beberapa komponen tersebut misalnya adalah;

  • Chest Pocket

Pada jaket gunung pria atau jaket gunung wanita, chest pocket kadang dibuat secara double, baik di bagian kiri mau pun di bagian kanan. Chest pocket adalah bagian yang cukup penting dalam struktutr jaket mountaineering atau hiking karena mampu memberikan akses yang cepat pada seorang pendaki untuk menyimpan dan mengambil barang-barang kecil dan esensial.

  • Side Pocket

Jika side pocket terletak di bagian dada yang mungkin terasa lebih dekat dan mudah dijangkau saat berjalan sembari menggendong carrier. Maka side pocket terletak pada kedua sisi jaket, atau di sekitar pinggang body jacket. Akan tetapi ada pula jenis jaket gunung yang side pocket-nya dibuat lebih ke depan sedikit, artinya tidak benar-benar simetris pada sisi di bawah lengan jaketnya sendiri.

  • Zipper Shield Protector

Tidak semua jaket gunung memiliki zipper protector, namun sebagian besar memang ditambahkan komponen ini. Pada jaket gunung dengan teknologi zipper yang sudah waterproof, umumnya komponen shield zipper protector tidak ditambahkan lagi. Akan tetapi pada banyak desain jaket gunung wanita umumnya, komponen ini tetap ditambahkan meskipun zipper-nya sendiri sudah menggunakan material waterproof.

  • Waist Belt Jacket

Sepertinya halnya zipper shield protector, waist belt atau sabuk pinggang juga tidak semuanya dimiliki oleh setiap jaket gunung. Yang lebih umumnya lagi untuk diketahui bahwa sabuk pinggang untuk jaket mendaki gunung banyak diaplikasikan pada jaket dengan standar teknis tertentu.

Fungsi utama dari sabuk jaket adalah membuat konstruksi jaket saat digunakan memberikan perlindungan maksimal khususnya pada areal pinggang dan perut. Layer belt yang cukup lebar akan membuat perut mendapatkan dua kali perlindungan ekstra pada saat pergerakan yang dinamis. Selain itu, komponen belt ini juga akan membantu badan jaket terasa menempel sempuran dengan tubuh si pendaki.

  • Body Cord Adjustment

Umumnya setiap jaket gunung memiliki dua cord adjustment, yakni untuk menyesuaikan ukuran hoodie dan untuk menyesuaikan ukuran bagian bahwa body jaket. Body cord adjustment adalah tali pengencang yang dipergunakan untuk membuat bagian bawah jaket terasa lebih ketat di badan. Kamu yang telah terbiasa menggunakan jaket mendaki gunung pasti sering memanfaatkan bagian ini untuk menyesuaikan dengan aktivitas pendakianmu.

Lengan Jaket dan Adjustable Cuffs

Bagian terakhir dari anatomi jaket gunung adalah lengannya. Lengan sebuah jaket gunung terhitung dari bagian atas siku atau di bawah pundak, sampai pada pergelangan tangan. Beberapa jaket gunung avtech di Indonesia menambahkan pula misalnya resleting pada lengan sebagai fungsi estetika. Akan tetapi secara umum, layer pada bagian lengan ini sama persis seperti layer yang terdapat pada body jacket.

Selain bahan dan penambahan shoulder zipper, bagian krusial dari sebuah anatomi jaket aktivitas pendakian gunung pada bagian lengan adalah ditambahkannya adjustable cuffs yang dalam istilah dunia konveksi Indonesia seringpula disebut dengan scouder atau pengencang lengan jaket. Bahan adjustable cuffs yang paling umum tentu saja adalah kombinasa velcro dan material layer jaketnya sendiri.

Tips Memilih Jaket Gunung Terbaik

Selanjutnya setelah kamu mengetahui anatomi sebuah jaket untuk aktivitas pendakian gunung atau hiking, lantas bagaimana memilih mana yang terbaik? Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam memilih sebuah jaket untuk mendaki gunung.

Tetapkan Harga yang Sesuai Dengan Budget

Tips paling penting pertama yang harus kamu pahami adalah kamu harus menyesuaikan anggaran yang kamu miliki dengan jaket yang kamu inginkan. Hal ini harus menjadi pertimbangan supaya misalnya jangan sampai harga jaket gunung eiger waterproof yang kamu incar, ternyata membuat budgetmu menjadi bengkak terlalu dalam.

Atau pada kasus yang lain, jangan sampai pula budget yang terlalu kamu batasi membuat kamu tidak memiliki pilihan yang lebih baik. Padahal misalnya, jika saja kamu mau melonggarkan sedikit saja budget-mu, maka kamu bisa memperoleh sebuah jaket gunung yang lebih baik, lebih kuat dan juga lebih recommended.

Pastikan Dulu; Untuk Aktivitas Apa Jaket Gunung Kamu Gunakan?

Tentunya tidak semua orang membeli jaket dengan spesifikasi mendaki gunung adalah untuk mendaki gunung atau hiking semata-mata. Ada yang membeli sebuah jaket gunung perfomance adventure hanya untuk sekedar nongkrong di warung kopi.

Intinya adalah; ketika kamu benar-benar menjadikan aktivitas mendaki gunungmu sebagai alasan membeli sebuah jaket, maka pertimbangkan kualitas terbaik yang bisa kamu dapatkan.

Jangan Terkecoh Harga Murah

Banyak ditemukan di pasar online saat ini jaket gunung the north face murah yang desainnya tampak bagus namun ternyata kualitasnya mengecewakan, karena memang produknya bukan original.

Semua orang mungkin memang tertarik dengan harga yang murah dan dibawah normal, namun jangan terkecoh, ya! Kualitas haruslah menjadi salah satu pertimbangan utama yang kamu pikirkan.

Pilih Dengan Layer yang Waterproof dan Windproof

Kemampuan jaket gunung untuk melindungimu dari air hujan dan angin harus pula menjadi perhatianmu saat membelinya. Jadi, pastikan kamu memilih jaket gunung yang memiliki kemampuan waterproof dan juga windproof.

Kemampuan tahan air dan tahan angin pun memiliki tingkatan yang beragam. Ada layering jaket yang mampu menahan air hujan pada tekanan intensitas tertentu, namun ada juga yang lebih tinggi lagi kemampuan waterproof-nya. Untuk konteks ini, sekali lagi kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan aktivitas dan petualanganmu.

Minta Kesempatan Melakukan Pengetesan

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminta untuk melakukan percobaan pada kekuatan dan ketahanan jaket melalui testing atau pengetesan. Untuk waterproof misalnya kamu bisa menggunakan keran air yang disemprotkan ke badan jaket untuk memastikan kemampuannya menahan tekanan air. Sementara untuk windproof kamu juga bisa mengenakan jaket sambil misalnya berdiri di depan sebuah kipas angin yang dikencangkan.

Pilih Jaket yang Paling Recommended

Langkah terakhir yang bisa menjadi tips untuk kamu yang sedang mencari jaket untuk aktivitas mendaki gunung adalah dengan mengenal beberapa jaket yang telah dianggap sebagai recomended. Rekomendasi ini pun dapat kamu perhatikan dari berbagai sisi, bisa karena harganya, kualitasnya, warnanya, desainnya, dan lain sebagainya.

Jaket Gunung Terbaik Rekomendasi dari Akasaka Outdoor

Nah sebagai penutup dari artikel ini, berikut adalah beberapa jaket gunung terbaik dari Akasaka Outdoor yang bisa kamu jadikan pilihan paling ideal dalam bertualang. Rekomendasi ini disusun berdasarkan kualitas bahan yang digunakan, kenyamanan jaket saat digunakan, dan juga tentu saja harga yang kompetitif dibandingkan brand outdoor lainnya.

Jaket Gunung Terbaik Akasaka Bridge

Akasaka Bridge adalah jaket gunung yang bisa kamu gunakan untuk all activities. Jaket ini memiliki kualitas yang sangat baik untuk kegiatan hiking dengan tantangan hujan dan angin yang tinggi. Material yang digunakan memiliki kemampuan waterproof dengan intensitas sedang, dan juga windproof yang sangat nyaman. Desain dan warna dari Akasaka Bridge juga menawan dan memastikan kamu menjadi sangat istimewa saat menggunakannya di atas medan pendakian.

Klik tautan ini untuk mendapatkan jaket gunung terbaik Akasaka Bridge

Jaket Gunung Terbaik Akasaka Rhyss

Jika kamu adalah penggemar pendakian bergaya ultralight, maka jaket Akasaka Rhyss dapat menjadi pilihan yang paling ideal untuk kamu gunakan. Saat dilipat, Akasaka Rhyss bahkan bisa kamu masukkan dalam saku tas ukuran kecil. Meskipun terlihat tipis dan ringan, namun Akasaka Rhyss dibuat dari material pilihan dengan kualitas terbaik sehingga tetap tangguh dan kuat untuk dipergunakan dalam aktivitas petualangan.

Klik tautan ini untuk mendapatkan jaket gunung terbaik Akasaka Rhyss

Jaket Gunung Terbaik Akasaka Kwatentha

Kekuatan utama dari jaket gunung Akasaka Kwatentha adalah kombinasi antara kenyamanan, ketangguhan, dan desain yang simple. Jika kamu mencari jaket mendaki gunung yang mampu memberikan kamu rasa nyaman dan hangat, sekaligus juga memberi perlindungan maksimal dari angin dan hujan, maka jaket Akasaka Kwatentha bisa kamu jadikan pilihan yang menarik.

Klik tautan ini untuk mendapatkan jaket gunung terbaik Akasaka Kwatentha

Ok, itu adalah beberapa pilihan yang menarik dari jaket gunung terbaik untuk menemani perjalanan pendakian dan petualanganmu. Jika kamu masih ragu dengan pilihan yang kamu ambil, jangan ragu untuk menghubungi Akasaka Service Team, ya. Dengan senang hati kami akan memberikan saran terbaik yang bisa kamu dapatkan.

 Selamat bertualang!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca Ini Juga Yuk!

10 DESAIN BOTOL MINUM PENDAKI GUNUNG YANG PALING POPULER
10 DESAIN BOTOL MINUM PENDAKI GUNUNG YANG PALING POPULER
  Ada banyak botol minum pendaki gunung yang didesain khusus untuk digunakan dalam aktivitas mountaineering mau pun dalam aktivitas outdoor lainnya. Pada umumnya tumblr outdoor memiliki ciri yang s...
Read More
REKOMENDASI TERBAIK SANDAL CASUAL PRIA DAN WANITA UNTUK SEGALA AKTIVITAS
REKOMENDASI TERBAIK SANDAL CASUAL PRIA DAN WANITA UNTUK SEGALA AKTIVITAS
Sandal casual adalah alas kaki yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dibandingkan alas kaki model lainnya. Di Indonesia, sandal casual pria dan juga sandal casual untuk wanita tersedia dala...
Read More
5 HAL PENTING YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEBUAH JAKET OUTDOOR
5 HAL PENTING YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEBUAH JAKET OUTDOOR
  Sebagai sebuah perlengkapan mendaki gunung yang berfungsi untuk proteksi, jaket outdoor tentu saja harus memiliki fungsi-fungsi yang esensial. Untuk membuat fungsinya sempurna, sebuah jaket outdo...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published