SPESIFIKASI DAN REKOMENDASI CELANA OUTDOOR TERBAIK UNTUK PENDAKIAN GUNUNG

Memilih celana outdoor terbaik dalam aktivitas di alam bebas seperti pendakian gunung pada dasarnya adalah bagian dari kesuksesan pendakian itu sendiri. Pakaian pendakian gunung yang tepat seperti celana outdoor waterproof atau baju dengan teknologi quickdry, tidak saja mampu memberikan kenyamanan maksimal selama pendakian. Akan tetapi berkaitan erat pula denga kesuksesan tujuan pendakian yang dilakukan.

Mengapa bisa demikian?

Dalam pendakian gunung, durabilitas dan endurance memegang peranan yang sangat signifikan terhadap tercapainya sebuah tujuan. Endurance atau ketahanan seorang pendaki tidak akan mampu mencapai level maksimal jika perlengkapan yang ia gunakan tidak memberikan support yang juga optimal. Celana outdoor, jaket outdoor, ransel, sepatu dan lain sebagainya, tentu saja adalah bagian dari perlengkapan yang dimaksud sebagai support.

Lalu, bagaimana memilih celana outdoor yang tepat untuk support pendakian gunung? Apakah ada spesifikasi yang dapat digunakan sebagai rekomendasi? Nah, uraian berikut ini akan menjawabnya. Dibaca sampai tuntas, ya.

Spesifikasi dan Rekomendasi Celana Outdoor Terbaik Untuk Aktvitas Pendakian Gunung dan Alam Bebas

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan celana outdoor itu?

Jika mengacu pada pengertian yang sederhana, celana yang masuk kategori outdoor tentu saja adalah celana yang digunakan untuk aktivitas luar ruangan atau outdoor. Akan tetapi jika pengertian ini kemudian ingin dispesifikkan lagi, maka celana outdoor dapat diartikan pula secara komprehensif dan lebih lengkap.

Secara lengkap celana outdoor dapat diterjemahkan sebagai celana atau outfit bagian bawah yang digunakan secara khusus untuk aktivitas di alam bebas semacam hiking, camping, hunting, dan lain sebagainya. Karena sifat penggunaannya yang khusus, maka baju celana outdoor pun memiliki spesifikasi yang berbeda dari celana casual pada umumnya.

Perbedaan celana outdoor dibandingkan celana casual pada umumnya bisa pada material yang digunakan sebagai bahan bakunya, bisa berupa desainnya yang lebih teknikal, atau pun bisa pula pada penambahan kompartemen tertentu yang menunjang aktivitas khusus di alam bebas. Perbedaan-perbedaan inilah yang kemudian membuat celana outdoor pada sudut pandang pegiat petualangan, dianggap memiliki keistimewaan.

Nah, sebelum membahas beberapa rekomendasi terbaik dari celana untuk aktivitas outdoor, memahami anatomi dan spesifikasi celana outdoor pun perlu dilakukan supaya mendapatkan gambaran yang komprehensif mengenai sebuah outfit terbaik untuk aktivitas petualangan tersebut.

Anatomi dan Spesifikasi Celana Outdoor

Jika dilihat sekilas, tidak ada perbedaan yang benar-benar mencolok antara celana casual denim dengan celana outdoor eiger atau merek-merek lain yang ada di Indonesia. Akan tetapi jika kemudian dibedah secara spesifik lagi, maka ada beberapa kriteria tertentu yang hanya terdapat pada celana dengan identitas untuk kegiatan luar ruang atau outdoor.

Beberapa kriteria yang paling penting misalnya adalah;

Material atau Bahan Celana Untuk Petualangan

Dari sisi material yang digunakan, sebuah celana dengan segmentasi aktivitas luar ruang harus memiliki beberapa kualifikasi yang khusus seperti kuat, nyaman, elatis, quickdry dan dan juga ringan.

Celana jeans tentu saja solid dan kuat jika hanya dilihat dari faktor kekuatannya saja. Akan tetapi jika kemudian dilihat dari faktor ringan, elastis dan juga cepat kering, material jeans tentu saja tidak memenuhi syarat. Keharusan sebuah celana outdoor untuk ringan, elastis dan juga cepat kering adalah keunggulan yang harus ada dari sebuah celana outdoor.

Desain dan Anatomi Celana Outdoor

Untuk desain, celana outdoor mungkin memiliki banyak model. Beberapa brand perlengkapan outdoor dalam negeri seperi celana outdoor consina atau yang lain mungkin kadang mengaplikasikan desain ini dalam produk mereka. Akan tetapi secara spesifik, celana hiking dan sejenisnya untuk outdoor setidaknya memiliki beberapa kompartemen berikut;

Belt Loops

Pada bagian pinggang terdapat belt loops yang memungkinkan sebuah celana dapat terintegrasi dengan ikat pinggang atau sabuk. Pada bagian ini sebuah celana outdoor mungkin tidak memiliki perbedaan dengan celana jeans atau yang lainnya.

Deep Slash Pocket

Kompartemen kedua yang biasanya dimiliki oleh sebuah celana outdoor adalah deep slash pocket yang terdapat pada bagian dalam regular pocket. Deep slash pocket biasanya lebih dalam dan dapat menyimpan benda-benda kecil yang dianggap penting.

Zippered Back Pocket

Anatomi ketiga dari sebuah celana outdoor yang umum adalah zippered back pocket atau saku belakang dengan resleting. Aplikasi kompartemen ini kadang tidak digunakan untuk celana outdoor yang menggunakan desain cargo  atau tactical. Meskipun pada desain yang ideal, zippered back pocket pun tetap ada untuk desain tactical outdoor pants.

Gusseted Crotch

Selanjutnya yang juga menjadi ciri khas dari sebuah celana outdoor adalah desain pada selangkangannya yang populer dengan istilah gusseted crotch.  Setiap brand perlengkapan outdoor mungkin menerapkan desain berbeda pada inovasi gusseted crotch, seperti celana outdoor rei dan celana outdoor dari Akasaka memiliki desain yang berbeda. Akan tetapi prinsip utama pada gusseted crotch adalah bagian ini harus kuat dan lebih fleksibel.

Masih sejajar dengan gusseted crotch, layer backside juga kadang dibuat double pada celana outdoor khususnya model tactical. Penambahan layer yang digandakan pada bagian backside atau butt adalah sebagai antisipasi penipisan pada bagian ini yang umumnya lebih cepat dibandingkan bagian lainnya.

Zippered Cargo Pocket

Alasan utama mengapa zipper selalu ditambahkan pada kantong atau saku celana outdoor adalah untuk mengantisipasi benda yang disimpan di dalamnya terjatuh atau tercecer ketika aktivitas outdoor dilakukan.

Keaktifan kegiatan petualangan memungkinkan sebuah celana mendapatkan perlakukan yang demikian mobile sehingga risiko barang-barang yang disimpan pada sakunya untuk tercecer menjadi lebih besar.  Adanya resleting yang dilekatkan pada saku baik depan, belakang mau pun cargo (kiri dan kanan paha) dapat meminimalisi risiko ini.

Articulated Knees

Bagian penting lainnya dari sebuah celana outdoor yang juga mendapat perhatian khusus adalah lutut. Sama seperti doule layering backside, articulated knees juga kadang menggunakan material yang digandakan.

Namun, meskipun tidak didouble, articulted knees kadang menerapkan technology yang lebih fleksibel pada bagian lutut baik jahitan mau pun desainnya sebagai bagian support gerakan engkel lutut yang aktif saat di alam bebas.

Drawcord Ankle Adjustment

Terakhir dari anatomi celana outdoor yang cukup penting adalah drawcord ankle adjustment yang dapat diakomodasi dengan desain velcro, tali cord, atau pun smooth webbing. Fungsi bagian ini adalah sebagai upaya mengantisipasi panjang celana menjadi mengganggu ketika dalam kondisi yang mengharuskannya untuk diringkas atau bahkan digulung.

Rekomendasi Celana Outdoor Terbaik Untuk Pendakian Gunung

Di Indonesia, ada cukup banyak tempat dan vendor yang jual celana outdoor untuk aktivitas alam bebas. Namun kembali lagi, tidak semua produk yang ditawarkan ini mungkin nyaman dan memenuhi kriteria sebagai sebuah celana untuk petualangan.

Di antara produsen penghasil perlengkapan bertualang di Indonesia, Akasaka Outdoor adalah salah satu yang terus berinovasi mengembangkan produknya. Khusus untuk sektor apparel sendiri, konveksi celana outdoor dan outfit yang diproduksi Akasaka sudah sangat direkomendasikan karena tangguh dan juga berkualitas tinggi.

Berikut ini, beberapa serial celana outdoor untuk aktivitas di alam bebas yang bisa kamu pilih dari Akasaka Outdoor sebagai rekomendasi terbaik.

Akasaka Eagleborn Pants Series

Produk pertama dari Akasaka Outdoor untuk celana bertualang adalah Akasaka Eagleborn Series. Menggunakan perpaduan antara material cotton dan polyester terbaik di kelasnya, Akasaka Eagleborn menjanjikan ketangguhan, kenyamanan sekaligus juga fleksibilitas dalam setiap pergerakannya.

Desain yang diadaptasi oleh Akasaka Eagleborn juga universal sehingga produk ini pun ideal digunakan sebagai celana outdoor wanita yang istimewa. Dari sisi kelengkapan, kompartemen yang dimiliki oleh Akasaka Eagleborn juga sudah tergolong komplit dengan adanya belt loops, cover untuk saku belakang dan cargo, desain yang spesial untuk articulated knees, serta dilengkapi pula dengan adjustment cord pada drawcord ankle-nya.

Untuk pilihan warna sendiri, Akasaka Eagleborn memiliki tiga warna pilihan yang dapat kamu sesuaikan dengan seleramu. Ada Akasaka Eagleborn Pants Gravel Gray, Akasaka Eagleborn Pants Mako Green dan, Akasaka Eagleborn Pants Astronaut Blue.

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK DARI AKASAKA EAGLEBORN PANTS SERIES

Akasaka Outdoor Palm Pants Navy

Produk paling gress dari Akasaka Outdoor salah satunya adalah ini; Akasaka Palm Pants  Navy yang secara teknologi lebih modern dibandingkan pendahulunya; Akasaka Eagleborn Series.

Akasaka Palm Pants Navy memiliki kompartemen yang sama, namun minus untuk cargo saku pada bagian sisi kiri dan kanan celana. Sementara untuk covered pocket, Akasaka Palm Pants Series mengaplikasikan model zippered yang sudah lebih familiar.

Articulated Knees juga menjadi bagian penting dari Akasaka Palm Pants yang membuatnya sangat nyaman dan fleksibel untuk begerak dalam medan pendakian yang beragam. Sementara bahannya sendiri, Akasaka Palm Pants menggunakan material yang super light,  strecht & quickdry berkualitas tinggi yang membuatnya sangat recomended untuk kamu gunakan.

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK DARI AKASAKA PALM PANTS SERIES

Akasaka Nias Pants Light  Brown

Dibandingkan dua produk sebelumnya, Akasaka Nias Pants Light mungkin lebih universal dari sisi penggunaan di lapangan. Produk Akasaka satu ini bisa dan ideal jika kamu gunakan untuk aktivitas alam bebas, aktivitas daily, atau bahkan untuk aktivitas formal sekali pun.

Kompartemen yang dimiliki oleh Akasaka Nias Light Pants juga lebih minimalis dibandingkan dua celana outdoor Akasaka sebelumnya. Articulated knees dan covered pocket masih dipertahankan sebagai image celana untuk alam bebas, namun produk dibuat lebih minimalis dari sisi adjustment drawcord mau pun gusseted crotch.

Dan karena minimalis pada kompartemen ini juga yang membuat Akasaka Nias Pants Light kemudian ideal digunakan untuk aktivitas formal dan daily yang  membuat penampilannya terkesan casual serta denim style.

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK DARI AKASAKA NIAS PANTS LIGHT SERIES

 

Nah, itu adalah beberapa celana outdoor terbaik rekomendasi dari Akasaka untuk kegiatan outdoor atau pendakian gunung yang kamu lakukan.

Oya, selain model pants atau celana panjang, Akasaka juga memiliki beberapa koleksi terbaik untuk celana pendek outdoor atau short pants. Silahkan klik tautan di bawah ini untuk melihat bebeberapa koleksi terbarunya, ya.

KOLEKSI TERBARU CELANA OUTDOOR  PENDEK DARI AKASAKA OUTDOOR

 

 

 

 

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published