SPEK DAN JENIS MATRAS CAMPING SERTA TIPS MUDAH MEMILIH YANG TERBAIK

 

jenis matras camping

Tahukah kamu, jika fungsi dari berbagai jenis matras camping yang utama bukanlah supaya tidur kamu menjadi nyaman dan empuk saat berkemah atau mendaki gunung?

Para pendaki pemula pada umumnya menganggap bahwa kegunaan matras camping hanya sebagai pengganti kasur di alam bebas. Faktanya, benda ini memiliki fungsi yang lebih esensial bagi seorang petualang seperti kamu. Dengan memahami fungsinya, kamu lebih mudah untuk mengetahui matras seperti apa yang paling tepat untuk kamu gunakan.

Lantas, apa sih, fungsi utama dari camping matress atau matras camping itu dan bagaimana pula memilih jenis yang paling tepat untuk aktivitasmu?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

3 Jenis Matras Camping dan Tips Mudah Memilih yang Paling Tepat untuk Kamu Gunakan

jenis matras camping

Dari sisi kenyamanan saat menggunakannya, kamu pasti setuju kan, kalau matras camping tebal jauh lebih empuk dan membuat istirahat lebih nyenyak?

Dengan material yang lebih tebal dan padat, kemampuan matras untuk menahan beban tubuh menjadi lebih baik. Dan tentu saja, permukaan bawah tenda yang tidak rata pun tidak akan begitu terasa.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk membeli matras camping empuk dan tebal sebagai teman perjalananmu mendaki gunung, yuk, baca beberapa informasi tentang matras camping berikut ini.

BACA JUGA:

Pengertian Matras untuk Camping

jenis matras camping

Matras camping atau matress atau sleeping pads, adalah sejenis lapisan separasi yang dipergunakan sebagai alas tidur di alam bebas. Jika disederhanakan, matras juga dapat disebut sebagai tikar serbaguna yang secara khusus digunakan sebagai alat tidur saat berkemah.

Matras tentu saja memiliki banyak jenis dan spesifikasi. Dibandingkan matras camping yang lebih sering kita gunakan, ada juga matras yoga yang juga tidak kalah populer. Sesuai dengan namanya, matras yoga dipergunakan sebagai alas bagi praktisi yoga untuk melakukan gerakan-gerakan yoga yang dinamis dan lentur.

Selain matras yoga dan matras camping, ada juga yang disebut dengan matras protektor. Matras ini adalah sebutan untuk matras yang fungsinya sama persis seperti tempat tidur springbed. Matras lain yang juga populer misalnya adalah matras olahraga yang dipergunakan untuk arena taekwondo, pencak silat, dan lain sebagainya.

Tujuan Penggunaan Matras dalam Kegiatan Alam Bebas

jenis matras camping

Nah, ini yang paling penting; memahami untuk tujuan apa sebenarnya matras dipakai dalam berkemah?

Tujuan utama penggunaan matras camping lipat atau matras camping rolling, adalah sebagai isolasi. Isolasi yang dimaksud dalam hal ini adalah isolasi bagi tubuh terhadap penguapan tanah yang lembab. Kamu tentu tahu kan, permukaan tanah mengeluarkan uap yang lembab sepanjang malam?  Jika uap ini masuk ke tubuh kamu di saat kamu tidur, risiko hipotermia bisa meningkat, lho.

Sebagai sebuah isolasi atau penghalang uap tanah ke tubuh, matras camping terbaik tidak harus tebal atau sangat empuk. Berdasarkan fungsi esensialnya ini, matras dengan kemampuan isolasi yang baik sudah cukup untuk kamu gunakan.

Namun, jika kemudian menyinggung kenyamanan dan kualitas istirahat, maka semakin empuk bahan matras camping yang kamu miliki, tentunya akan semakin nyaman sebagai alas tidurmu.

Jenis-Jenis Matras Camping yang Paling Populer

Ada beberapa jenis camping mattress yang paling umum dipergunakan dalam dunia petualangan. Tiga di antara yang populer itu adalah sebagai berikut;

Matras Camping Tiup

jenis matras camping

Dapat dikatakan bahwa di antara semua jenis matras camping yang digunakan para petualang, matras tiup adalah yang paling banyak modelnya. Selain itu, matras camping dengan teknologi udara seperti ini juga diklaim paling tinggi spesifikasinya.

Secara prosedural, matras tiup menggunakan udara sebagai komponen utamanya. Dengan memiliki sistem kinerja yang hampir sama seperti balon, kamu hanya perlu memompa matras ini hingga mencapai ukuran tertentu untuk kemudian dapat digunakan sebagai alat tidur yang super nyaman.

Dikarenakan menggunakan udara sebagai komponen utamanya, maka matras angin camping tentu saja sangat empuk dan nyaman. Produk ini memiliki banyak keunggulan seperti tidak hanya sebagai alas tidur yang nyaman, bahkan pada kondisi yang lebih dinamis, kamu juga bisa menggunakanya sebagai pelampung.

Hayo, kamu pasti pernah melihat bagaimana santainya para pegiat alam tidur di atas matras camping angin yang terapung seperti ini, kan?

Plus Minus Matras Camping Tiup yang Populer dan Contohnya

jenis matras camping

Dengan teknologi yang maksimum, matras angin untuk camping tentu saja menggunakan bahan yang paling baik. Konsekuensinya tentu saja adalah; harga yang dipasarkan juga tinggi.

Keunggulan dari matras camping angin misalnya adalah sangat ringan, bisa di-packing  sangat kecil, praktis, lebih empuk dan hangat, serta terasa lebih berkelas. Sementara kekurangannya tentu saja adalah harganya yang cukup tinggi.

Beberapa contoh brand yang cukup populer dalam dunia petualangan yang memproduksi matras tiup seperti ini misalnya adalah; Klymit, Nemo, Scottus, Thermarest, Naturehike, dan lain sebagainya.

Matras Camping Lipat

jenis matras camping

Dibandingkan matras dengan teknologi infatable (angin) sebelumnya, harga matras gunung lipat mungkin lebih terjangkau. Namun, tentu saja matras dengan kategori seperti ini juga memiliki kekurangan yakni cukup besar dalam ukuran packing .

Di Indonesia, dapat dibilang penggunaan matras lipat adalah yang paling sedikit dibandingkan jenis yang lainnya. Meskipun demikian, matras lipat camping didesain sedemikian rupa sehingga dapat dilipat dengan mudah sewaktu dikemas dan dibawa ke alam bebas.

Matras Camping Roll

jenis matras camping

Nah, ini dia matras camping yang paling populer, paling banyak digunakan, dan paling umum dikenal dalam dunia pendakian gunung di tanah air.

Matras gulung atau roll pada umumnya terbuat dari material sponge tebal dan kokoh. Dari sisi packing , ukuran matras roll hampir sama dengan matras lipat.

Di Indonesia, penempatan matras roll tentu lebih dinamis dibandingkan matras lipat. Jika kamu tidak suka matrasmu terlihat di luar carrier, memasukkan matras di dalam ransel dan membuat gulungannya sesuai dengan ukuran badan ransel adalah umum dipraktikkan.

Keunggulan paling utama dari matras camping model gulung seperti ini tentu saja adalah harganya yang lebih ekonomis. Pilihannya merk produknya pun cukup banyak. Kamu juga bisa memilih mana yang pas buat kamu misalnya antara harga matras camping eiger dan merk yang lainnya.

Tips Memilih Matras untuk Camping

Jika sekarang kamu sedang membutuhkan matras untuk melengkapi perlengkapan bertualangmu, beberapa tips berikut ini dapat kamu terapkan untuk memilih matras gunung mana yang paling ideal untuk kamu gunakan.

Apa saja tipsnya?

Tentukan Matrass Seperti Apa yang Kamu Butuhkan

jenis matras camping

Kamu langsung dapat memilih di antara tiga jenis matras gunung yang paling populer tersebut pada tips yang pertama ini. Pilih apakah yang kamu butuhkan adalah matras camping tiup, matras camping lipat, atau matras camping gulung?

Jika kamu ingin menggunakan matrasmu juga sebagai alat untuk leyeh-leyeh di atas permukaan danau, kolam renang dan lain sebagainya, maka matras tiup tentu saja adalah yang kamu butuhkan.

Sesuaikan Ukuran Tubuhmu dengan Dimensi Matras

jenis matras camping

Tips kedua dalam memilih matras camping yang tepat adalah dengan menyesuaikan antara ukuran matras dengan ukuran tubuhmu sendiri.

Jika kamu memiliki tubuh yang mungil, maka ukuran mungkin tidak akan terlalu bermasalah. Namun, jika kamu memiliki tubuh yang lebih tinggi atau besar, kamu tentu saja membutuhkan ukuran matras camping yang lebih ideal.

Jadi, pastikan ukuran matras sesuai dengan ukuran tubuhnya, ya!

Sesuaikan dengan Budget yang Kamu Miliki

jenis matras camping

Nah, ini juga adalah tips penting yang tidak dapat kamu sepelekan yakni, sesuaikan harga matras camping yang ingin kamu beli dengan kondisi keuanganmu sendiri.

Matras tiup dengan teknologi mutakhir memang sangat menggoda untuk dimiliki dan dibawa ke alam bebas sebagai alas tidurmu. Akan tetapi jika kondisi keuanganmu tidak memungkinkan untuk membelinya secara langsung, maka kamu mungkin harus sedikit bijak dalam mensikapinya.

Kamu bisa memilih menabung terlebih dahulu, atau menggunakan alternatif lain yang lebih terjangkau. Yang pasti, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kapasitas kemampuan mu sendiri.

BACA JUGA:

jenis matras camping

Setelah melihat beberapa jenis matras camping di atas beserta keunggulannya masing-masing, sekarang kamu mau pilih yang mana?

Nah, jika pilihanmu jatuh pada matras camping roll yang paling populer digunakan di Indonesia, maka rekomendasi terbaiknya adalah Akasaka Matto Matress yang merupakan salah satu produk terbaru dari Akasaka.

Akasaka Matto dibuat dari material pilihan dengan standar kualitas yang tinggi. Bahan foam sponge lebih tebal namun juga lebih ringan dan kuat. Webbing sebagai strap compression dibuat sedemikian rupa sehingga tidak mudah robek dan terlepas.

Jadi, untuk pilihan yang bijaksana dengan kualitas yang sempurna, kamu bisa pilih matras camping Akasaka Matto, ya!

KLIK DISINI SEKARANG DAN BAWA PULANG MATRAS CAMPING TERBAIK DARI AKASAKA BERSAMAMU

Baca Ini Juga Yuk!

FATAL!10 KASUS AKLIMATISASI MANUSIA BERUJUNG MAUT DI ATAS GUNUNG
FATAL!10 KASUS AKLIMATISASI MANUSIA BERUJUNG MAUT DI ATAS GUNUNG
Dalam dunia pendakian gunung, aklimatisasi bukan sekedar kata untuk memperkaya literasi mountaineering semata. Aklimatisasi manusia di atas gunung adalah kebutuhan mutlak bagi para pendaki yang ber...
Read More
TIPS LENGKAP MEMILIH HAMMOCK YANG BAGUS UNTUK CAMPING DAN BERTUALANG
TIPS LENGKAP MEMILIH HAMMOCK YANG BAGUS UNTUK CAMPING DAN BERTUALANG
Hammock telah menjadi rumah yang menarik bagi para petualang dan peminat aktivitas outdoor saat ini. Dengan hammock yang bagus dan nyaman, kamu bisa menikmati camping atau sekedar ber-leyeh-leyeh d...
Read More
DAFTAR 39 TOKO OUTDOOR TERDEKAT DI PULAU JAWA, SUMATERA, KALIMANTAN DAN SULAWESI
DAFTAR 39 TOKO OUTDOOR TERDEKAT DI PULAU JAWA, SUMATERA, KALIMANTAN DAN SULAWESI
Selain dengan cara online, memilih perlengkapan outdoor secara langsung juga lebih menyenangkan. Dengan mengunjungi toko outdoor terdekat di daerahmu, kamu mungkin juga bisa menambah kawan baru yan...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published