SKILL DASAR YANG WAJIB DIMILIKI OLEH SEORANG ORIENTEER

Peserta Orienteering

Apakah Sobat Akasaka merupakan penggemar olahraga outdoor? Jika ya, orienteering tentu menjadi kegiatan yang wajib sobat coba. Bagi Sobat Akasaka yang belum tahu, orienteering merupakan salah satu cabang olahraga alam bebas yang membutuhkan keterampilan navigasi menggunakan peta dan kompas serta kekuatan fisik untuk menyelesaikan suatu lintasan dalam waktu sesingkat mungkin. Biasanya, kegiatan ini dilakukan di tempat yang belum dikenal sebelumnya, seperti di hutan, pedesaan, atau perkotaan.

Namun, sebelum memulai kegiatan ini, sebagai orienteer pemula Sobat Akasaka tentu perlu memahami skill-skill dasar yang wajib dimiliki oleh seorang orienteer. Nah, karena olahraga ini memadukan keselarasan berpikir dan kekuatan fisik, maka skill dasar orienteering terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu skill fisik dan skill mental.

Skill Fisik

Skill Fisik Orienteering

Skill fisik sangat dibutuhkan untuk melakukan orienteering. Pasalnya, dalam orienteering, Sobat Akasaka diharapkan bisa menyelesaikan perjalanan dalam waktu tempuh sesingkat mungkin. Oleh karena itu, rajin melakukan latihan fisik dengan berlari atau olahraga fisik lainnya penting untuk Sobat Akasaka lakukan sebelum melakukan orienteering. Di samping itu, perhatikan juga asupan makanan yang Sobat Akasaka konsumsi agar tubuh mendapatkan cukup energi.

Skill Mental

Skill Mental Orienteering

Tak hanya skill fisik saja, skill mental juga sangat diperlukan dalam orienteering. Adapun beberapa keterampilan mental yang dibutuhkan seorang orienteer adalah keterampilan navigasi seperti membaca peta dan menggunakan kompas, serta keteramilan problem solving atau pemecahan masalah.

Membaca Peta

    Seorang orienteer tentu wajib memahami cara membaca peta dengan baik. Peta yang digunakan untuk orienteering merupakan peta topografi khusus yang di dalamnya dilengkapi dengan simbol-simbol yang menunjukkan medan yang akan dihadapi para orienteer. Berikut adalah beberapa simbol yang akan Sobat Akasaka temukan dalam peta orienteering.

    • Simbol hitam, menggambarkan wilayah bebatuan seperti batu besar, tanah berbatu, atau tebing. Apabila berupa garis, simbol ini menggambarkan jalan atau jalan setapak.
    • SImbol coklat, menggambarkan wilayah daratan, seperti garis kontur tanah, bukit, atau bagian retakan tanah.
    • Simbol biru, menggambarkan perairan, seperti sungai, kolam, rawa, atau jeram.
    • Simbol kuning, menggambarkan vegetasi tertentu. misalnya tanah terbuka tanpa pepohonan. Tingkat ketebalan warna juga memiliki makna tersendiri, misalnya warna kuning menggambarkan padang rumput dan kuning pucat menggambarkan padang rumput yang tinggi.
    • Simbol hijau, menggambarkan vegetasi yang menghalangi jalan orienteer. Semakin gelap warnanya maka semakin tinggi dan semakin sulit untuk dilewati
    • Simbol putih, menggambarkan area yang bisa dilewati oleh orienteer karena tidak terdapat tanaman atau rumput tinggi yang menghalangi.
    • Simbol ungu atau merah, menggambarkan jalur orienteering di peta.

    Menggunakan Kompas

      Keterampilan mental berikutnya yang juga wajib dimiliki oleh seorang orienteer adalah keterampilan dalam menggunakan kompas. Bersama dengan peta, kompas dapat membantu orienteer untuk menentukan arah menuju lokasi yang ingin dituji.

      Pemecahan Masalah

        Terakhir, seorang orienteer juga harus memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik. Kemampuan problem solving ini nantinya akan Sobat Akasaka butuhkan dalam memilih rute terbaik untuk mencapai titik kontrol. Kecepatan waktu memang penting dalam orienteering, namun ada baiknya seorang orienteer juga mempertimbangkan rute dengan medan yang aman dan bebas dari hambatan

        Nah, itulah beberapa keterampilan dasar yang Sobat Akasaka butuhkan dalam melakukan orienteering. Bagaimana, tertarik mencoba olahraga tersebut? Sebelum terjun ke medan orienteering, pastikan juga Sobat Akasaka telah melengkapi diri dengan pakaian outdoor dan sepatu gunung yang nyaman, ya! Sobat Akasaka pun tak perlu bingung karena Akasaka Outdoor menyediakan beragam perlengkapan outdoor yang sobat butuhkan. Semoga bermanfaat!

        Leave a comment

        All comments are moderated before being published