SERUNYA SELANCAR DI KAWAH PASIR GUNUNG BROMO

Pemandangan Gunung Bromo

Siapa bilang berselancar hanya bisa dilakukan di laut? Jika berkunjung ke Gunung Bromo, kamu bisa berselancar tanpa harus menggunakan papan. Selain memiliki pemandangan indah, Bromo juga memiliki area berpasir yang cocok untuk melakukan berbagai kegiatan petualangan. Suasananya mirip dengan tempat selancar pasir di Parangtritis dan Parangkusumo, tetapi dengan panorama gunung alih-alih pantai. Seperti apa keseruan meluncur di pasir ini?

Serba-serbi Selancar Pasir

Selancar Pasir Gunung Bromo

Selancar pasir adalah tren wisata yang sebenarnya sudah cukup lama ada, dan bahkan punya kompetisi internasionalnya sendiri. Sand Master Park di Oregon, Amerika Serikat, adalah lokasi pertandingan selancar pasir internasional bernama Sandboarding World Championship. Pertandingan ini mirip dengan snowboarding, di mana yang dinilai adalah keseimbangan, gaya, dan kecepatan.

Di Indonesia, Pantai Parangkusumo dan Parangtitis adalah tempat populer untuk selancar pasir. Pantai tersebut memiliki gumuk dengan kemiringan dan tekstur pasir yang tepat, cocok untuk adu keahlian meluncur dengan papan. Pengunjung bisa menemukan tempat penyewaan papan khusus gumuk pasir di Parangkusumo. Papan ini terbuat dari bahan-bahan licin yaitu plastik komposit, serat kaca, dan kayu, dengan lapisan pelicin di bawahnya.

Walau tempatnya mengasyikkan, Pantai Parangkusumo dan Parangtritis sudah terlalu ramai, apalagi dengan kehadiran fasilitas untuk peselancar yang semakin banyak mengundang pengunjung. Jika Sobat Akasaka ingin tempat meluncur yang lebih dramatis dan relatif masih sepi, Bromo adalah tempat yang tepat.

Keseruan Meluncur di Gunung Bromo

Meluncur Di Gunung Bromo

Gunung Bromo memiliki area padang gersang di sekitarnya, dengan pasir vulkanik bertekstur lembut tapi padat dan berwarna gelap. Pengunjung biasanya naik dan turun kawah Bromo dengan menggunakan tangga atau menyewa kuda. Tetapi, jika kamu suka tantangan, mengapa tidak mencoba menuruni kawah dengan berselancar?

Area Pasir Berbisik di Bromo memiliki permukaan landai yang dapat digunakan untuk berselancar. Area ini tidak terlalu curam, sehingga siapa saja bisa mencoba meluncur. Tetapi, tidak seperti di Parangkusumo, tidak ada fasilitas penyewaan papan selancar. Jika ingin menjajal lembah pasir ini, kamu harus membawa perlengkapanmu sendiri.

Beberapa turis yang “tidak siap” biasanya menggunakan perkakas seadanya untuk meluncur, misalnya kardus. Tentu saja, pengalaman meluncur jadi sedikit tersendar, karena kamu mungkin akan tersendat atau terguling beberapa kali saat menuruni bukit. Jadi, jika ingin menjajal bukit pasir Bromo, bawalah papan selancarmu sendiri.

Tips Selancar Pasir

Tips Selancar Pasir Di Gunung Bromo

Ingin menjajal selancar pasir? Berikut beberapa tips khusus untukmu yang belum pernah melakukannya:

  • Kenakan perlengkapan yang tepat

Keselamatan adalah hal utama dalam selancar pasir. Kamu bisa membeli perlengkapan pelindung, sepatu atau sandal outdoor, dan produk bermutu seperti Akasaka. Jangan lupa memakai helm, pelindung siku, dan pelindung lutut jika ingin main berlama-lama. Jika hari panas, kamu harus memakai kacamata pelindung dan tabir surya.

  • Datang pagi-pagi

Selancar pasir idealnya dilakukan pagi-pagi, karena matahari belum terik, dan angin juga tidak terlalu kencang. Kamu bisa datang ke Bromo sebelum fajar untuk melihat matahari terbit, lalu bermain selancar pasir sepuasnya sampai matahari meninggi.

  • Berdiri dengan posisi tepat

Sebelum meluncur, pastikan jalur di depanmu cukup mulus dan rata. Berdirilah menyamping dengan kaki dominanmu di depan. Pastikan lututmu sedikit menekuk, dan posisi tubuhmu seimbang. Untuk menambah kecepatan, doyongkan sedikit tubuhmu ke depan saat papanmu meluncur. Jaga kaki belakangmu tetap mantap dan berat tubuhmu terpusat di tengah.

Tidak tahu di mana membeli papan selancar pasir untuk dibawa ke Gunung Bromo? Kamu bisa membeli papan selancar air mini. Pilih yang bagian belakangnya berbentuk persegi atau memiliki dua ujung.

Baca Ini Juga Yuk!

CARA ASIK MENIKMATI SUNRISE DI GUNUNG
CARA ASIK MENIKMATI SUNRISE DI GUNUNG
Salah satu momen yang paling banyak diburu oleh pendaki saat melakukan perjalanan ke puncak tertinggi adalah sunrise. Tak hanya bagi para pendaki pemula, tetapi pendaki berpengalaman pun juga masih...
Read More
PERSIAPAN PENDAKIAN SAAT MUSIM HUJAN
PERSIAPAN PENDAKIAN SAAT MUSIM HUJAN
Sobat Asakasa, kerinduan mendaki gunung memang tidak mengenal waktu. Keinginan untuk kembali menikmati pendakian kerap muncul di saat-saat yang tidak terduga, bahkan di musim hujan sekalipun. Kalau...
Read More
BAGAIMANA CARA MELAKUKAN MANAJEMEN LANGKAH SAAT MENDAKI?
BAGAIMANA CARA MELAKUKAN MANAJEMEN LANGKAH SAAT MENDAKI?
Dalam pendakian, kesalahan melangkah sedikit apa pun bisa berdampak besar pada tubuh secara menyeluruh. Oleh karena itu Sobat Akasaka disarankan untuk lebih mengetahui bagaimana cara berjalan yang ...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published