SERAM! INI 9 BUKTI KENGERIAN HUTAN AMAZON YANG PALING MENAKUTKAN

Kengerian Hutan Amazon

Jika berbicara tentang kengerian hutan Amazon, apa saja yang terbayang dalam benak Sobat Akasaka? Anaconda raksasa, katak beracun, ikan piranha yang ganas, atau buaya ukuran raksasa yang ganas dan siap memangsa manusia?

Ternyata hutan Amazon masih menyimpan lebih banyak lagi kengerian yang bisa jadi tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Tidak hanya mahluk hidup yang ada di dalamnya, namun beberapa fakta tentang hutan hujan tropis Amazon juga sangat menakjubkan sekaligus menakutkan untuk diketahui.

Nah, apa sajakah kengerian dan misteri hutan amazon tersebut.

Yuk, simak beberapa informasi yang sudah dikumpulkan Akasaka Journal berikut ini.

BACA PULA:

9 Bukti Kengerian Hutan Amazon yang Bikin Merinding

Kengerian Hutan Amazon

Hutan Amazon adalah hutan terluas di dunia sekaligus juga yang terkaya. Hutan yang membentang di sebagian besar negara Amerika Latin ini telah menjadi sebuah legenda kerajaan hutan yang paling menarik di dunia. Apa pun yang kamu bayangkan tentang rimba belantara, hutan Amazon adalah realitasnya.

Penunggu hutan Amazon sangat kaya dan beranekaragam. Beberapa spesies satwa dan flora paling eksotis di dunia tinggal di hutan ini. Di samping eksotis dan sangat menarik, binatang di Amazon juga sangat terkenal karena ukurannya, kemampuannya, atau reputasinya yang sangat berbahaya bagi manusia.

Misalkan jika kamu menyebut nama ular anaconda yang merupakan ular terbesar di dunia, maka Amazon adalah rumahnya. Atau kamu menyebut ganasnya ikan piranha yang mampu merobek-robek mangsanya hingga tulang belulang, maka itu juga adalah salah satu bahayanya hutan Amazon yang begitu populer di dunia.

Akan tetapi, apa saja sih, hal-hal paling menakjubkan sekaligus menakutkan dari hutan Amazon itu?

Berikut ini 9 di antaranya.

Hutan Amazon Berasal dari Nama Ksatria Wanita

Kengerian Hutan Amazon

Bukti dan fakta pertama dari hutan Amazon adalah namanya sendiri.

Nah, tahukah kamu darimana nama Amazon berasal?

Yap, benar banget. Amazon atau Amazone berasal dari salah satu legenda Yunani kuno yang berkisah tentang sekelompok ksatria perempuan yang gagah berani. Namun, apa yang kemudian menghubungkannya dengan hutan Amazon, sungai Amazon dan nama-nama lainnya di belantara Amazon?

Nah, dahulu ada seorang petualang Spanyol bernama Francisco de Orellana yang menjelajah hutan di Amerika Latin untuk kemudian mencapai mulut sungai Amazon pada tahun 1542. Orellana adalah orang Eropa pertama yang masuk ke wilayah belantara Amerika Latin untuk tujuan eksplorasi.

Sekembalinya ke Eropa, de Orellana bercerita jika hutan tempat ia menjelajah penuh dengan emas dan kayu manis, sesuatu yang sangat dicari pada masa itu. Namun, Orellana juga bercerita tentang sekelompok suku wanita yang sangat ganas mempertahankan wilayah mereka dari ekspedisi hutan Amazon yang dilakukan Orellana.

Oleh Orellana, suku wanita pejuang ini disebutnya Amazon yang mengaju pada kelompok prajurit wanita dalam mitologi Yunani. Dan istilah itulah kemudian yang menjadi cikal bakal nama hutan Amazon dan sungai Amazon yang terkenal.

Luas Hutan Amazon Sangat Luar Biasa

Kengerian Hutan Amazon

Bukti kedua dari hutan Amazon yang menakjubkan adalah luasnya yang sangat luar biasa. Bahkan dengan wilayah teritorialnya ini, luas hutan Amazon setidaknya 5.500.000 kilometer persegi.

Dengan luas yang seperti ini, hutan Amazon adalah hutan hujan tropis paling luas di dunia. Tidak heran kan, mengapa banyak spesies paling besar di dunia juga hidup di hutan Amazon. Ular terbesar di dunia, ikan air tawar pemangsa terbesar di dunia, juga nyamuk hutan Amazon yang dianggap sebagai salah satu jenis nyamuk paling mematikan di dunia

Bahkan saking luasnya hutan Amazon, butuh 17 buah negara Irlandia dan Inggris dimasukkan ke dalamnya secara bersamaan!

Wuih, besar banget, kan?

Hutan Amazon Membentang Melintasi 9 Negara

Kengerian Hutan Amazon

Masih tentang luas hutan Amazon yang sangat luar biasa. Hutan ini juga mendiami setidaknya 9 negara Amerika Latin, dari Brasilia hingga Suriname.

Nah, apa sajakah negara yang menjadi rumah hutan hujan tropis terbesar di dunia ini?

Negara pertama yang menjadi rumah hutan Amazon tentu saja adalah Brazilia, kemudian ada lagi Bolivia, Peru, Ekuador, Colombia, Venezuela, Guyana, Suriname dan Guyana Perancis.

Dengan jangkauan luas yang sebesar ini, hampir 20% oksigen di dunia berasal dari hutan Amazon. Jadi, hutan Amazon dalam prediksi yang tidak resmi adalah paru-paru dunia yang paling besar.

Sungai Amazon adalah Sungai Terpanjang Kedua di Dunia

Kengerian Hutan Amazon

Kamu tentu sudah tahu kalau sungai Nil di Mesir adalah sungai terpanjang di dunia. Nah, sungai Amazon yang terletak di Amerikan Latin ini adalah sungai terpanjang kedua di dunia setelah sungai Nil.

Panjang sungai Amazon adalah 6,840 kilometer. Ini menimbulkan banyak perdebatan mengenai berapa persisnya panjang sungai Amazon secara detail. Akan tetapi para ahli tidak berdebat mengenai status sungai ini yang merupakan sungai paling panjang nomor dua di dunia.

Siapa pun yang memiliki keberanian menjelajah perairan Amazon akan disambut oleh banyak hantu mematikan sungai Amazon itu sendiri. Nah, kira-kira bisakah kamu menebak apa saja yang dimaksud hantu dari sungai Amazon itu?

Yap, benar sekali!

Ada belut listrik, anaconda hijau, ikan piranha, cayman raksasa dan juga tentu saja berbagai reptil sungai dengan naluri pembunuh paling mematikan lainnya.

Hutan Amazon adalah Rumah Bagi 500 Suku Pedalaman Paling Primitif

Kengerian Hutan Amazon

Selanjutnya bukti bahwa hutan Amazon masih menyimpan berbagai fakta mengerikan adalah karena ia masih menjadi rumah bagi banyak suku primitif di dunia. Di tempat ini, setidaknya masih ada sekitar 400 – 500 suku pedalaman yang sama sekali belum melakukan kontak dengan dunia luar.

Jika kamu menganggap suku Badui di Banten sebagai suku pedalaman yang menolak beradaptasi dengan kemajuan zaman. Atau jika kamu memiliki anggapan yang sama pada suku Kubu di pedalaman hutan Bukit Dua Belas di Jambi, atau bahkan suku Dayak di pedalaman hutan Borneo sana. Maka kamu harus mengenal hutan Amazon ini, di sini juga menjadi rumah banyak suku paling primitif di dunia.

Bahkan menurut salah satu sumber, hampir setengah dari suku yang mendiami hutan Amazon masih belum tersentuh sama sekali oleh para penjelajah.

Hutan Amazon adalah Rumah Bagi Spesies Paling Menakjubkan di Dunia

Kengerian Hutan Amazon

Hutan Amazon adalah tempat yang sangat kaya. Jika kamu mencari laboratium alami untuk sebuah penelitian biologi paling komprehensif, maka hutan Amazon inilah jawabannya.

Dengan ekosistem yang demikian luas, ada sekitar 40.000 jenis tumbuh-tumbuhan yang hidup di Amazon, 1.300 jenis burung, 3.000 spesies ikan yang hidup di dalam sungai dan danau-danaunya, serta 430 jenis mamalia.

Nah, tahukah kamu apa jumlah hewan hutan Amazon yang paling banyak?

Yes, benar banget, serangga!

Dan jumlahnya adalah sekitar 2,5 juta dengan berbagai macam spesies yang berbeda.

Hutan Amazoan adalah Rumah Bagi Binatang Paling Mematikan di Dunia

Kengerian Hutan Amazon

Nah, ini mungkin yang paling mengerikan dari raja hutan Amazon yang sebenarnya, yakni sekumpulan binatang istimewa dengan reputasi mengerikan dan paling mematikan di dunia.

Kira-kira apa saja binatang pembunuh paling mengerikan di hutan Amazon itu?

Ini beberapa di antaranya;

  • Anaconda hijau yang menjadi ular paling besar di dunia. Ular ini bahkan bisa memangsa rusa dewasa, lho.
  • Belut listrik. Dengan kekuatan voltase listrik yang dapat membunuh buaya, belut di sungai Amazon tidak hanya berbahaya bagi siapa saja, tapi juga sangat mematikan.
  • Ikan piranha. Meskipun tidak seperti dalam film-film fiksi dimana ikan ini mampu merobek mangsanya dalam waktu yang singkat, piranha di perairan Amazon nyatanya memang sangat mengerikan reputasinya. Untuk menambah efektifitas dalam berburu dan membunuh, hewan ini biasa berburu dalam kelompok dengan jumlah hingga 100 ekor ikan piranha.
  • Buaya cayman. Memang tidak sebesar buaya-buaya raksasa di dunia, namun cayman bisa tumbuh hingga 4 meter lho, Sobat Akasaka. Di Amazon, populasi Cayman adalah yang paling banyak di dunia.
  • Katak beracun, laba-laba raksasa, ular sanca raksasa, lintah raksasa penghisap darah, dan masih banyak yang lainnya.

Pirarucu Salah Satu Makluk Pembunuh Paling Mematikan Hidup di Amazon

Kengerian Hutan Amazon

Jika piranha berbahaya dalam jumlahnya yang ratusan dan menyerang secara berkelompok, maka menyelam di sungai Amazon mungkin juga akan mengantarkan kamu pada hewan yang satu ini; pirarucu.

Nah, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan pirarucu?

Pirarucu adalah ikan sejenis Arapaima Gigas atau kadang disebut juga dengan Paiche. Ikan ini dalam istilah yang lebih akademis disebut sebagai the giant cat fish atau ikan lele raksasa.

Tidak terlalu menakutkan kedengarannya, ya?

Ya, itu karena kamu belum tahu bahwa pirarucu dapat tumbuh hingga sepanjang 3 meter dengan mulut dan lidah yang penuh dengan gigi mengerikan.

Sungai Amazon adalah Tempat Mematikan untuk Berenang

Kengerian Hutan Amazon

Mandi, berenang dan menyelam di sungai Amazon adalah pekerjaan yang sangat berbahaya. Akan tetapi apakah tidak ada orang yang berani melakukannya?

Ternyata ada, dan namanya adalah Martin Strel. Ia adalah orang Slovenia dan menjadi manusia pertama di dunia yang berenang di sepanjang sungai Amazon.

Martin Strel menghabiskan waktu 66 hari atau lebih dari dua bulan untuk berenang sejauh 3,300 mil di sungai Amazon. Martin melakukan aksi gilanya itu pada tahun 2017 dan usianya pada saat itu adalah 50 tahun.

Hal ini membuktikan bahwa meskipun sungai Amazon dipenuhi pemangsa yang mengerikan, bukan berarti sungai itu tidak bisa diarungi oleh seorang petualang.

BACA JUGA:

Kengerian Hutan Amazon

Nah, itu adalah 9 bukti kengerian hutan Amazon yang sudah selayaknya untuk kamu ketahui. Jadi, jika suatu saat kamu berkesempatan untuk bertualang ke belantara Amazon, kamu bisa lebih berhati-hati.

Oh ya, Sobat Akasaka. Sebagai saran terakhir untuk kamu, tetap gunakan produk-produk terbaik dari Akasaka Outdoor, ya. Ketangguhan dan kenyamanannya akan membuat hari-hari kamu semakin istimewa bertualang dimana pun saja.

LIHAT KOLEKSI TERBARU DARI AKASAKA OUTDOOR DISINI

 

Baca Ini Juga Yuk!

INI 10 SPOT ROCK CLIMBING DI INDONESIA YANG TERKENAL HINGGA MANCANEGARA
INI 10 SPOT ROCK CLIMBING DI INDONESIA YANG TERKENAL HINGGA MANCANEGARA
Aktivitas rock climbing atau panjat tebing, tentu bukan hal yang asing di Indonesia. Para pemanjat tebing tanah air, sudah sering berkompetisi di kelas dunia, menjadi juara dan bahkan memecahkan re...
Read More
PORTER GUNUNG ADALAH PAHLAWAN BAGI PARA PENDAKI; INI 7 FAKTANYA
PORTER GUNUNG ADALAH PAHLAWAN BAGI PARA PENDAKI; INI 7 FAKTANYA
Bagi beberapa pendaki, porter gunung adalah orang-orang yang menyewakan tenaga mereka untuk membawa barang-barang para pendaki dan tidak lebih dari itu. Padahal jika Sobat Akasaka berkenan untuk be...
Read More
TERNYATA INI 7 FAKTA PUNCAK CARTENZ YANG JARANG DIKETAHUI PARA PENDAKI
TERNYATA INI 7 FAKTA PUNCAK CARTENZ YANG JARANG DIKETAHUI PARA PENDAKI
Tidak hanya populer di Indonesia, puncak Cartenz Pyramid yang terletak di pegunungan Jaya Wijaya, Irian Jaya, juga tersohor hingga manca negara. Puncak ini menjadi salah satu destinasi utama dalam ...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published