SEPAK TERJANG INDONESIA DALAM KEJUARAAN ORIENTEERING DUNIA

Indonesia Orienteering

Meski masih belum banyak yang tahu, orienteering ternyata merupakan cabang olahraga alam yang cukup digemari di seluruh dunia. Bahkan, kejuaraan orienteering dunia rutin diadakan setiap tahun. Kejuaraan dunia orienteering ini pertama kali digelar pada 1966. Awalnya, kompetisi orienteering dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Barulah mulai tahun 2003, kompetisi digelar setiap tahun pada bulan Juli-Agustus.

Pada mulanya, penyelenggara hanya mengadakan dua kategori orienteering yakni pertandingan individu dan relay. Lalu, pada 1991, pertandingan jarak pendek dengan durasi 25 menit diadakan dan disusul dengan pertandingan sprint yang mulai diadakan sejak 2001. Kategori orienteering pun semakin bertambah; yang terakhir, penyelanggara menambahkan kompetisi sprint relay pada pergelaran orienteering dunia 2014.

Tim orienteering Indonesia, baik militer maupun sipil, juga sudah berkali-kali menorehkan prestasi di kejuaraan tingkat internasional. Tim orienteering Indonesia berada di bawah naungan Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI). Melalui FONI, tim Indonesia banyak memberikan pengenalan dan pelatihan seputar orienteering pada khalayak.

Baru-baru ini, tim Indonesia sabet gelar juara di kejuaraan orienteering Malaysia

Indonesia Orienteering Di Malaysia

Bulan Mei lalu, kejuaraan orienteering internasional digelar di Malaysia. Kejuaraan yang diikuti 13 negara dan 176 peserta ini pertama kalinya digelar di Asia Tenggara. Pada pagelaran olahraga tingkat internasional ini, Indonesia mengirimkan 21 atlet dari berbagai klub orienteering. Tiga peserta putra berhasil menduduki podium masing-masing pada posisi kedua, keempat, dan kelima dengan jarak tempuh total mencapai 5,4 km dengan total 13 kontrol poin. Sementara itu, peserta putri pun berhasil menduduki posisi kedua, ketiga, dan kelima dengan jarak tempuh rute 4,6 km dan total 8 kontrol poin.

Sebelumnya, atlet orienteering Indonesia juga berhasil meraih juara di Malaysia dan Taiwan

Atlet Orienteering Indonesia

Beberapa tahun sebelumnya, atlet Indonesia juga sudah sempat menorehkan gelar juara pada kejuaraan orienteering yang digelar di Taiwan dan Malaysia. Tim orienteering Indonesia berhasil menduduki podium tiga besar melawan tim dari negara-negara Asia dan Eropa. Momen ini juga dimanfaatkan para atlet yang berhasil memenangkan kompetisi untuk mempopulerkan olahraga lintas alam ini kepada masyarakat umum.

Indonesia juga akan jadi tuan rumah kejuaraan orienteering dan olahraga militer dunia

Indonesia Menjadi Tuan Rumah Orienteering

Tak hanya sempat menyabet gelar juara, Indonesia pun dinobatkan menjadi tuan rumah kejuaraan orienteering dan olahraga militer tingkat internasional tahun 2018. Kejuaraan ini setidaknya diikuti 125 negara dan akan digelar di Akademi Militer Magelang dan Akademi Angkatan Udara Yogyakarta. Selain orienteering, cabang olahraga militer lainnya yang dipertandingkan dalam kejuaraan ini meliputi cabang atletik, menembak, milipen, renang, voli, serta bulu tangkis.

Meski belum sepopuler cabang olahraga atletik lainnya, orienteering nyatanya semakin digemari dan bahkan memiliki citra yang cukup bergengsi. Hal tersebut disebabkan oleh karakteristik kompetisi orienteering yang tak hanya mengandalkan kekuatan fisik.

Dalam orienteering, peserta dituntut agar mampu berpikir cepat dan strategis dalam membaca peta serta menentukan rute terbaik agar dapat menyelesaikan tantangan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Karena memerlukan kondisi fisik dan mental yang prima, Sobat Akasaka wajib mempersiapkan kebugaran tubuh serta peralatan “tempur” yang mumpuni.

Saat berlaga di kompetisi orienteering, Sobat Akasaka memerlukan pakaian dan alas kaki yang kuat, nyaman, dan tangguh agar dapat melintasi medan yang menantang. Karenanya, pastikan hanya memilih perlengkapan kegiatan outdoor yang berkualitas dari Akasaka.

Akasaka Outdoor menyediakan aneka perlengkapan kegiatan luar ruangan mulai dari sepatu dan sandal gunung, celana, hingga kaus khusus. Dengan Akasaka, Sobat bisa tampil trendi, sporty, dan nyaman saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

Leave a comment

All comments are moderated before being published