SEBERAPA PENTING PENGGUNAAN TAS SELEMPANG DALAM PENDAKIAN GUNUNG?

Dalam aktivitas pendakian gunung saat ini, ransel atau carrier bukan satu-satunya alat untuk membawa perlengkapan. Tas selempang yang biasanya hanya digunakan untuk aksesoris semata, kini mulai pula menjadi salah satu perlengkapan yang kerapkali digunakan oleh para pendaki. Bahkan tas selempang seolah telah menjadi bagian yang wajib digunakan,  baik ia ditempatkan pada badan carrier atau pun digunakan di pinggang.

Menyimak fungsi dan penggunaannya yang marak, muncul kemudian sebuah pertanyaan tentang; Seberapa penting sebenarnya tas selempang sebagai pelengkap pembawa perlengkapan pendakian gunung?

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, mari simak ulasan tentang tas selempang berikut ini.

Penggunaan Tas Selempang Dalam Pendakian Gunung

Jika dipahami secara sederhana maka tas selempang dapat diartikan sebagai sebuah tas kecil yang penggunaannya diselempangkan. Atau tali dalam penyangga tas digunakan dengan cara dikaitkan pada tubuh, baik dari bahu ke pinggang, melilit di pinggang, atau inovasi penggunaan lainnya.

Penggunaan desain tali diagonal pada tubuh ini ini telah menjadi ciri khusus sebuah tas selempang pria atau pun wanita. Walaupun ada beberapa jenis tas selempang yang bisa digunakan dengan cara dililitkan pada pinggang (waist bag), dilingkarkan pada paha bagian kanan atau kiri (leg pack), atau pun hanya dengan dikaitkan pada bahu (shoulder pack), namun secara umum semuanya dapat dikategorikan sebagai tas selempang.

Dengan memahami aplikasi penggunaannya ini, muncul kemudian sebuah pertanyaan yang cukup menarik jika tas selempang itu sendiri digunakan berbarengan dengan ransel dalam mendaki gunung; Apakah penggunaannya menjadi efektif? Apakah keberadaan tas selempang tidak membuat pergerakan pendakian yang berat tidak menjadi lebih ribet? Atau, apakah isi tas selempang yang notabene terbatas tidak dapat digantikan oleh banyak pocket pada ransel?

Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu pula kiranya untuk mendefinisikan fungsi tas selempang itu sendiri secara mandiri.

Lantas, apa sajakah fungsi tas selempang yang umumnya digunakan dalam aktivitas pendakian gunung? Berikut adalah beberapa di antaranya;

Sebagai Tempat Untuk Membawa Barang-Barang Esensial

 

Karena bentuknya yang kecil dan umumnya melekat erat dengan tubuh, tas selempang dalam pendakian gunung banyak digunakan untuk membawa barang-barang yang sifatnya esensial atau penting. Barang-barang yang dianggap esensial ini misalnya adalah dompet, kamera, earphone, uang tunai, kartu kredit, benda-benda kecil semacam pisau, korek api atau rokok bagi para pendaki yang juga merokok.

Barang-barang yang dinilai penting ini oleh beberapa pendaki, ditempatkan pada tempat yang khusus dan dianggap paling aman. Tas selempang wanita atau pria dalam aktivitas pendakian mungkin saja dirasa lebih aman daripada carrier itu sendiri. Sehingga kemudian dipilih berdasarkan pertimbangan ini.

Aman dalam pengertian ini pun dapat diterjemahkan dalam sudut pandang yang lebih luas. Aman bisa dari kejahilan orang lain atau pendaki lain yang usil, aman dari benturan atau basah ketika misalnya tas ransel banyak diletakkan di tanah secara langsung, atau pun dirasa lebih aman pula dari potensi risiko tercecer karena kelupaan dan lain sebagainya.

Sebagai Tempat Untuk Menyimpan Barang yang Gampang Diakses Dengan Cepat

Fungsi kedua dari tas selempang dalam pendakian gunung adalah karena kemudahan dan kecepatan dalam mengaksesnya. Hal ini mungkin sejalan dengan manfaat quick askses pocket pada ransel atau carrier,  seperti kantong pada hip belt atau kantong pada shoulder strap.

Namun seperti yang diketahui secara umum, hip belt pocket memiliki kapasitas yang terbatas, berapa pun ukuran carrier-nya sendiri. Jika kamu memiliki ransel ukuran 50 atau bahkan 75 liter, perhatikan volume muat pada bagian kantong hip belt-nya, maka tidak akan dijumpai perbedaan yang demikian signifikan.

Nah, guna mensiasati tidak semua barang yang butuh diambil segera bisa diambil dengan mudah dengan cepat, maka tas selempang eiger atau tas selempang outdoor lainnya dijadikan sebagai sebuah solusi. Ketika hip belt pocket tidak dapat lagi misalnya menampung kamera, dompet dan lainnya sekaligus, maka tas selempang mengakomodasi itu semua dengan mudah dan cepat.

Sebagai Bagian dari Style Para Pendaki Gunung Kekinian

Selanjutnya mungkin akan sedikit menarik memperhatikan fungsi tas selempang sebagai bagian penting dari gaya pendakian gunung saat ini. Tas selempang pada banyak penilaian, digunakan tidak lagi berdasarkan fungsinya sebagai pembawa barang semata, namun yang lebih penting daripada itu, tas selempang digunakan untuk mendongkrak penampilan saat berjibaku di atas lintasan pendakian.

Tas selempang under armour atau tas selempang dari brand-brand dunia lainnya, dipercayai dapat meningkatkan style quality seorang pendaki gunung. Sehingga atas anggapan yang unik ini pulalah, penggunaan tas selempang sebagai bagian dari style hiker dalam mendaki gunung semakin banyak digunakan.

Fungsi ketiga ini mungkin terkesan agak narsistik dibandingkan dua fungsi sebelumnya. Fungsi sebagai style tentu saja lebih mengutamakan sudut pandang orang lain daripada manfaat benda itu sendiri. Namun di tengah pengaruh sosial media yang massif seperti sekarang ini, fungsi tas selempang yang ketiga ini juga tidakdapat dipandang sebelah mata.

Macam-Macam Tas Selempang yang Ideal Digunakan Untuk Aktivitas Pendakian Gunung

Setelah mengetahui beragam fungsi tas selempang dalam aktivitas pendakian gunung sebelumnya, sekarang pertanyaan adalah; Tas selempang seperti apa sih, yang ideal dan nyaman untuk dibawa dalam pendakian gunung?

Tentunya tidak semua jenis tas selempang tepat digunakan dalam pendakian gunung. Tas selempang condotti yang lebih terkesan modelling dan fashionable tentu saja lebih pas dibawa ke mall atau ke tempat arena fashion show dibandingkan ke gunung. Jadi, bagian utama yang tidak boleh dikesampingkan dalam penggunaan tas selempang dalam pendakian gunung adalah, tas tersebut haruslah pula satu irama sebagai sama-sama untuk kebutuhan bertualang.

Lalu, jenis dan model apa saja dari tas selempang yang dapat digunakan untuk aktivitas pendakian gunung? Berikut beberapa di antaranya;

Waist Pack atau Tas Pinggang

Tas pinggang atau yang akrab disebut pula sebagai waist pack (waist bag) adalah salah satu jenis tas selempang yang paling umum digunakan dalam pendakian gunung. Pada umumnya tas ini memiliki 2 sampai 4 pocket yang diakses menggunakan zipper.  Sementara untuk volume-nya sendiri bervariasi dari ukurang 1.0 l sampai dengan 2,5 ml.

Sling Bag atau Tas Selempang Diagonal

Tas pinggang umumnya juga bisa digunakan dengan cara sling bag. Namun secara khusus dan pada umumnya, sling bag memiliki desain yang lebih kompleks dibandingkan dengan waist bag atau tas pinggang.

Kompartemen pada sling bag umumnya lebih banyak, namun secara kapasitas, volumenya tidak jauh berbeda dengan tas pinggang. Hal yang kemudian menjadi agak menarik dari penggunaan sling bag adalah pada beberapa kondisi, aplikasi penggunaannya bisa saja menjadi tidak nyaman karena talinya sendiri menjadi bersilangan pada badan dan tali di ransel di bagian punggung.

Shoulder Bag

Tas selempang besar pada umumnya juga termasuk dalam kategori shoulder bag. Shoulder bag yang memiliki ukuran cukup besar biasanya digunakan pula untuk berbagai spesifikasi. Office shoulder bag populer digunakan untuk membawa laptop dan berkas-berkas. Untuk kegunaan ini, material shoulder bag bisa menggunakan beberapa jenis seperti canvas, kulit, dan lain sebagainya.

Dengan ukuran yang besar, shoulder bag tentu bukan perlengkapan yang ideal jika dipasangkan dengan ransel dalam pendakian gunung. Selain terlihat kurang matching, tas shoulder yang besar juga tidak efisien dalam hal penggunaannya di lapangan. Ukuran dan beratnya bisa saja justru mengganggu pergerakan dalam mendaki.

Leg Pack atau Tas Paha

Beberapa orang dengan selera semi-militer mungkin lebih suka penggunaan tas paha atau leg pack dalam pendakian mereka.  Tas selempang supreme dengan model leg pack dan ukuran yang lebih kecil mungkin bisa menjadi pilihan. Akan tetapi jika kembali dilihat dari sudut pandang efektivitas, beberapa leg pack sebenarnya juga tidak ideal digunakan untuk aktivitas pendakian.

Leg pack atau tas paha secara penempatan akan membuat pergerakan paha saat melangkah menjadi lebih terbebani. Selain itu pada banyak kasus, tali tas paha juga akan bertindihan dengan hip belt ransel yang konsekuensinya akan membuat pinggang menjadi lebih tertekan.

Rekomendasi Tas Selempang Terbaik Untuk Aktivitas Pendakian Gunung

Berdasarkan pembahasan mengenai fungsi dan jenis-jenis tas selempang yang digunakan dalam kegiatan pendakian gunung di atas, maka dapat pula ditarik kesimpulan sementara bahwa; membawa tas selempang dalam pendakian tentu tidak menjadi persoalan selama performa tas tersebut tidak menggangu aktivitas pendakian.

Lalu, apakah ada tas selempang yang bisa direkomendasikan untuk kebutuhan tersebut?

Nah, berikut adalah empat tas selempang untuk pendakian yang direkomendasikan oleh Akasaka Outdoor.

Akasaka Arlo Hiking Waistbag

Dibuat dari material canvas terbaik dengan 4 zipper pocket yang efektif, Arlo Waistbag dapat menjadi pilihan yang menarik sebagai tas selempang untuk pendakian. Dengan tali yang simpel, nyaman dan juga lembut, Akasaka Arlo Waistbag dapat digunakan di pinggang saat mendaki, atau dapat pula dikalungkan pada badan ransel.

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK  TAS SELEMPANG TERBAIK UNTUK PENDAKIAN GUNUNG: AKASAKA ARLO WAISTBAG

Akasaka Roan Hiking Waistbag

Secara ukuran atau volume, Akasaka Roan memiliki kapasitas yang lebih besar daripada Akasaka Arlo. Sehingga untuk kamu yang mungkin membawa perlengkapan esensial dalam jumlah yang lebih banyak atau ukurannya lebih besar, Akasaka Roan dapat menjadi pilihan yang ideal.  

Untuk dikalungkan pada badan ransel, Akasaka Roan mungkin akan lebih maksimal karena desain buckle pada sudut talinya yang dibuat lebih relevan. Namun demikian, Akasaka Roan juga sangat nyaman jika digunakan pada pinggang saat melangkah dalam pendakian.

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK  TAS SELEMPANG TERBAIK UNTUK PENDAKIAN GUNUNG: AKASAKA ROAN WAISTBAG

Akasaka Lian Hiking Waistbag

Desain Akasaka Lian Waistbag mungkin merupakan kebalikan dari Akasaka Arlo. Meskipun demikian dari sisi efektivitas pada medan pendakian, kedua tas selempang ini sama bagusnya.

Menggunakan material canvas dengan kualitas premium, Akasaka Lian dapat dipergunakan dengan cara dikalungkan pada badan ransel, atau pun dapat pula digunakan di pinggang seperti desain utamanya.

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK  TAS SELEMPANG TERBAIK UNTUK PENDAKIAN GUNUNG: AKASAKA LIAN WAISTBAG

Akasaka Rid Hiking Waistbag

Dibandingkan tiga model tas selempang sebelumnya, Akasaka Rid bisa menjadi lebih menarik karena modelnya yang cenderung lebih persegi. Di samping itu, kantong yang dimiliki oleh Akasaka Rid juga lebih besar dibandingkan yang lainnya, namun jumlahnya tunggal. Dengan desain seperti ini, Akasaka Rid ideal untuk menempatkan kamera pocket, compass, atau esensial gear lainnya pada saat pendakian gunung.

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK  TAS SELEMPANG TERBAIK UNTUK PENDAKIAN GUNUNG: AKASAKA RID WAISTBAG

Nah, itu adalah beberapa rekomendasi tas selempang yang dapat gunakan untuk pendakian gunung. Selain menggunakan material berkualitas tinggi, produk-produk dari Akasaka Outdoor juga secara khusus didesain untuk kamu yang tetap mengutamakan performance dan style dalam satu produk yang digunakan.

Oya, untuk berbagai produk terbaru dari Akasaka Outdoor lainnya, kamu bisa langsung mengklik tautan di bawah ini, ya.

BEBERAPA KOLEKSI PRODUK TERBARU DARI AKASAKA OUTDOOR

 

                      

Leave a comment

All comments are moderated before being published