SEBELUM MENDAKINYA INI 5 MISTERI GUNUNG ARJUNO YANG KAMU HARUS TAHU

Gunung Arjuno

Gunung Arjuno di Jawa Timur merupakan salah satu gunung tujuan favorit para pendaki. Di samping memiliki pemandangan indah yang memukau, Gunung Arjuno Welirang ternyata memiliki serangkaian misteri yang membuat pesonanya semakin memikat. Misteri ini sudah sangat populer di kalangan para pendaki, bahkan dianggap sebagai bagian menarik dari pendakian ke gunung Arjuno-Welirang itu sendiri.

Lantas, apa saja sih, misteri gunung Arjuno yang populer terseut?

Berikut ini Akasaka Journal akan menuliskannya untuk kamu.

BACA JUGA:

5 Misteri Gunung Arjuno Welirang yang Harus Diketahui Setiap Pendaki

gunung Arjuno

Gunung Arjuno dan Welirang adalah sebuah gugusan gunung yang terletak di perbatasan Kota Batu, Malang, dan kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Gunung Arjuno sendiri memiliki ketinggian 3.339 meter dan merupakan gunung tertinggi kedua di propinsi Jawa Timur setelah gunung Semeru atau Mahameru.

Sejarah gunung Arjuno dan pendakian ke puncaknya sudah berlangsung lama, bahkan menurut beberapa sumber gunung ini juga menjadi tempat persembahan dan pemujaan pada masa kerajaan Singosari dan Majapahit dahulu kala. Hari ini, gunung Arjuno menjadi salah satu gunung favorit banyak para pendaki gunung karena keindahan dan juga pesonanya.

Dilihat dari letaknya, penampakan di gunung Arjuno memiliki jalur punggungan yang sama dengan gunung Welirang. Oleh karena itu pula, kedua gunung sering disebut sebagai Gunung Arjuno-Welirang. Selain kedua gunung ini, terdapat pula Gunung Kembar I dan Gunung Kembar II yang masih satu jalur dengan puncak Arjuno-Welirang.

Selain statusnya sebagai gunung berapi dan juga keindahannya yang memukau, ternyata Gunung Arjuno juga memiliki banyak daya tarik lain, lho. Dan beberapa daya tarik tersebut adalah mengenai banyaknya misteri gunung Arjuno yang tak pernah habis untuk dibicarakan.

Nah, apa sajakah misteri yang terkenal di gunung Arjuno?

Berikut beberapa di antaranya.

Eksistensi Alas Lali Jiwo yang Fenomenal

gunung Arjuno

Hal pertama yang paling terkenal dari Gunung Arjuno dan Welirang adalah keberadaan Alas Lali Jiwo. Dalam bahasa Indonesia, Alas Lali Jiwo dapat diartikan sebagai Hutan Lupa Diri.

Nah kok, bisa sih, hutan di gunung Arjuno ini dinamakan Alas Lali Jiwo atau Hutan Lupa Diri?

Gunung Arjuno angker memang bukan isapan jempol belaka. Dan di antara demikian banyak misteri yang terdapat di gunung Arjuno –Welirang, mungkin Alas Lali Jiwo inilah yang paling terkenal dan paling dapat dibuktikan eksistensinya.

Kontur Alas Lali Jiwo dipenuhi oleh hutan cemara yang tidak begitu rindang. Hutan ini merupakan bagian kaki gunung Arjuno yang mesti dilalui oleh setiap pendaki yang berusaha mencapai puncak Arjuno melalui rute normal. Nah, tahukah kamu apa mitos dan keyakinan yang berkembang di hutan ini?

Menurut mitosnya, ada banyak pendaki yang tersasar di Alas Lali Jiwo. Orang-orang yang tersasar di hutan ini umumnya diyakini memiliki niat yang tidak baik dalam hati mereka. Alas Lali Jiwo gunung Arjuno akan menjadi hukuman untuk mereka yang memiliki niat yang tidak baik semacam itu. Mereka akan dibuat tersasar dan seolah menjadi lupa diri karenanya.

Jumlah Pendaki yang Tidak Boleh Ganjil

gunung Arjuno

Gunung Arjuno terletak di kota Batu, Malang ini, juga terkenal dengan sebuah aturan yang mengharuskan para pendakinya untuk mendaki dalam jumlah yang harus genap. Artinya, kamu sama sekali tidak diperbolehkan untuk mendaki gunung dalam jumlah yang ganjil.

Kepercayaan yang berkembang di dalam masyarakat yang kemudian melahirkan aturan bahwa mendaki di gunung Arjuno – Welirang tidak boleh ganjil, sebenarnya adalah mitos semata. Meskipun demikian, banyak juga para pendaki dan masyarakat yang percaya bahwa mitos ini memang benar adanya.

Jika kamu mendaki dalam jumlah ganjil di gunung Arjuno –Welirang, maka jumlah tim kamu yang ganjil itu akan digenapkan oleh makhluk-makhluk gaib penunggu gunung Arjuno. Jadi, jika kamu mendaki dalam jumlah tiga orang, maka orang ke-empat dalam tim kamu akan diisi oleh salah satu mahkluk gaib dari gunung Arjuno itu sendiri.

Bagaimana? Serem banget, kan?

Hal ini memang hanya sebuah mitos yang sulit untuk dibuktikan secara ilmiah. Meskipun demikian, tidak ada salahnya, kan, jika kamu lebih memprioritaskan untuk mendaki gunung ini dalam jumlah yang genap?

Berkembangnya Mitos Pasar Setan

gunung Arjuno

Nah, mitos Pasar Setan ternyata ada di banyak gunung, lho.

Termasuk juga gunung Arjuno ini.

Kamu yang pernah membaca atau mendengar tentang mitos dan mistis di gunung Merapi, Jawa Tengah, sudah pasti tidak kaget lagi dengan mitos Pasar Setan yang sangat terkenal. Di Pasar Bubrah yang menjadi camp ground utama para pendaki, dipercaya pula sebagai tempat jual beli makhluk gaib gunung Merapi yang populer dengan istilah Pasar Setan.

Mitos gunung Arjuno pun ternyata mengenal kisah yang serupa. Di gunung ini terdapat sebuah kisah yang mengatakan bahwa ada banyak orang, baik pendaki atau masyarakat umum, yang membuktikan bahwa mitos Pasar Setan di gunung Arjuno sungguh-sungguh adalah sebuah kenyataan.

Secara umum dipercaya mitos Pasar Setan terdapat pada sabana luas dalam jalur pendakian gunung Arjuno-Welirang. Di tempat inilah suara hiruk pikuk layaknya pasar sering terdengar. Anehnya suara-suara ini akan menghilang seiring munculnya pagi atau subuh hari.

Benar atau tidaknya mitos Pasar Setan ini tentu masih terus akan menjadi misteri Gunung Arjuno yang tak terpecahkan. Ada banyak orang yang mempercayai hal ini. Namun tidak sedikit pula yang menganggap hal ini hanya sebagai bumbu-bumbu kisah mistis dalam masyarakat semata.

Sering Terdengar Suara Gamelan Ngunduh Mantu yang Terkenal

gunung Arjuno

Selanjutnya hal yang juga tidak kalah terkenal dalam mitos di gunung Arjuno adalah mengenai adanya suara gamelan misterius yang tiba-tiba saja terdengar oleh para pendaki. Gamelan ini persis seperti suara gamelan dalam prosesi pernikahan atau penyambutan mempelai (ngunduh mantu) dalam adat Jawa Timur.

Mitos gamelan dalam gunung Arjuno mistis dan kisah-kisahnya tentu bukan hal baru, kan? Kamu pasti sebelumnya pernah mendengar mitos serupa yang terdapat di gunung Lawu, gunung Merapi atau gunung-gunung lain di pulau Jawa. Entah mengapa gamelan yang mengalun lembut dan penuh aura mistis, menjadi sesuatu yang sangat banyak ditemui dalam mitos gunung-gunung angker di Tanah Jawa.

Terkait dengan gamelan di gunung Arjuno, hal ini mungkin dapat ditarik korelasinya dengan letak gunung Arjuno sendiri yang berdiri di atas tanah penuh sejarah dari kerajaan Majapahit dan Singosari. Bahkan kamu mungkin tahu pula bahwa salah satu kecamatan terdekat di gunung Arjuno –Welirang ini dinamakan dengan kecataman Singosari, kan?

Dengan latar belakang tempat berdirinya dua kerajaan besar Nusantara, tidak mengherankan bagaimana kemudian mitos dan legenda demikian hidup di gunung Arjuno. Nah, suara gamelan ngunduh mantu yang sering terdengar secara misterius itu, juga diyakini sebagai gamelan yang ditabuh dari zaman Singosari dan Majapahit dahulu.

Menarik banget, kan?

Terdapat Banyak Petilasan

gunung Arjuno

Sebagai gunung yang memiliki hubungan sejarah sangat erat dengan kerajaan Singosari dan Majapahit, pendakian gunung Arjuno juga sangat akrab dengan berbagai petilasan dari dua kerajaan tersebut. Baik kerajaan Singosari mau pun kerajaan Majapahit, diketahui memiliki cukup banyak jejak yang dapat ditelusuri di gunung Arjuno.

Beberapa petilasan atau tempat yang diyakini sebagai makam, tempat singgah, atau tempat istimewa dari kerajaan Majapahit dan kerajaan Singosari di gunung Arjuno misalnya adalah; Petilasan Eyang Sri Makutharama, Petilasan Sepilar, Petilasan Eyang Semar, Petilasana Eyang Sakri, Petilasan Eyang Sekultram, Petilasan Eyang Abiyasa dan Petilasan Eyang Antaboga.

Berbagai mitos gunung Arjuno terkait dengan petilasan dari Kerajaan Singosari dan Majapahit telah membentuk citra sejarah yang kental dalam pendakian gunung Arjuno –Welirang. Untuk itu, buat kamu yang mendaki gunung Arjuno, kamu tidak hanya disuguhi pemandangan gunung yang menarik, namun juga nilai sejarah yang begitu kaya terkandung di dalamnya.

BACA JUGA:

gunung Arjuno

Nah, itu adalah 5 misteri gunung Arjuno yang paling terkenal untuk diketahui oleh para pendaki. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk mendaki gunung yang indah ini, pastikan pula bahwa kamu telah memahami berbagai misteri dan mitos ini, ya.

Oh ya, Sobat Akasaka, supaya pendakian kamu ke gunung Arjuno atau ke gunung mana saja semakin asyik dan menyenangkan, yuk, gunakan selalu produk terbaik dari Akasaka Outdoor, ya.

Semua produk Akasaka Outdoor dibuat dengan dedikasi sempurna untu menghadirkan kenyamanan dan kekuatan ultra dalam setiap petualanganmu.

Nggak percaya?

Coba saja buktikan sendiri.

BUKTIKAN KETANGGUHAN DAN KENYAMANAN PRODUK AKASAKA OUTDOOR DISINI

Baca Ini Juga Yuk!

FATAL!10 KASUS AKLIMATISASI MANUSIA BERUJUNG MAUT DI ATAS GUNUNG
FATAL!10 KASUS AKLIMATISASI MANUSIA BERUJUNG MAUT DI ATAS GUNUNG
Dalam dunia pendakian gunung, aklimatisasi bukan sekedar kata untuk memperkaya literasi mountaineering semata. Aklimatisasi manusia di atas gunung adalah kebutuhan mutlak bagi para pendaki yang ber...
Read More
TIPS LENGKAP MEMILIH HAMMOCK YANG BAGUS UNTUK CAMPING DAN BERTUALANG
TIPS LENGKAP MEMILIH HAMMOCK YANG BAGUS UNTUK CAMPING DAN BERTUALANG
Hammock telah menjadi rumah yang menarik bagi para petualang dan peminat aktivitas outdoor saat ini. Dengan hammock yang bagus dan nyaman, kamu bisa menikmati camping atau sekedar ber-leyeh-leyeh d...
Read More
DAFTAR 39 TOKO OUTDOOR TERDEKAT DI PULAU JAWA, SUMATERA, KALIMANTAN DAN SULAWESI
DAFTAR 39 TOKO OUTDOOR TERDEKAT DI PULAU JAWA, SUMATERA, KALIMANTAN DAN SULAWESI
Selain dengan cara online, memilih perlengkapan outdoor secara langsung juga lebih menyenangkan. Dengan mengunjungi toko outdoor terdekat di daerahmu, kamu mungkin juga bisa menambah kawan baru yan...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published