SALUT! INI 5 ORGANISASI PECINTA ALAM DI INDONESIA YANG PALING SENIOR

organisasi pecinta alam di indonesia

Saat ini, organisasi pecinta alam di Indonesia sudah sangat banyak dan menjamur dimana-mana. Organisasi yang memfokuskan diri mereka dengan orientasi kepada alam dan lingkungan ini ada berbagai macam. Ada kelompok yang independen, ada kelompok yang tergabung dalam organisasi kampus, organisasi wilayah, atau pun hanya karena kesamaan tempat kerja dan hobi.

Akan tetapi, apakah Sobat Akasaka pernah membayangkan bagaimana organisasi pecinta alam pada masa lampau eksis di Indonesia? Apa saja orientasi kegiatan mereka dan bagaimana sepak terjang mereka dalam kegiatan kepecintaalaman?

Nah, Akasaka Journal akan membahasnya kali ini untuk kamu semua.

Yuk, dibaca sampai habis, ya.

Sepak Terjang 5 Organisasi Pecinta Alam di Indonesia yang Sangat Layak Diteladani

organisasi pecinta alam di indonesia

Jika menyebut nama pecinta alam di Indonesia, maka jenisnya ada banyak. Daftar organisasi pecinta alam di Indonesia itu umumnya terbagi dalam beberapa jenis yang paling umum yaitu; ORAPALA (Organisasi Pecinta Alam) atau KPA (Kelompok Pecinta Alam), MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam), SISPALA (Siswa Pecinta Alam), dan yang lainnya.

Pada kisaran tahun 1970-an ketika trend pecinta alam mulai masuk ke Indonesia, setidaknya ada beberapa organisasi pecinta alam yang berdiri dan memulai debut mereka. Organisasi-organisasi ini membuat banyak kegiatan baik yang bersifat petualangan, pendidikan, ilmu pengetahuan, mau pun kegiatan lain yang background-nya ada di alam bebas.

Hal yang membuat catatan ini semakin menarik adalah, bahwa banyak dari organisasi pecinta alam tersebut yang membuat prestasi tidak hanya di Indonesia, namun juga dalam kancah internasional. Mereka mendaki gunung, bertualang, memanjat tebing, bersepeda dan lain sebagainya, sambil membawa kabanggaan sebagai bangsa Indonesia. Karena itulah kemudian, sikap dan tekad mereka sangat perlu untuk menjadi suri teladan.

Lantas, apa sajakah nama organisasi pecinta alam yang masuk dalam kategori paling awal didirikan dan telah banyak membuat prestasi tersebut?

Berikut daftarnya yang dikutip dari buku Wajah Maut Mountaineering Indonesia karya Anton Sujarwo. Oya, untuk bukunya sendiri bisa kamu dapatkan disini, ya.

BACA JUGA:

Mapala Universitas Indonesia (MAPALA UI)

organisasi pecinta alam di indonesia

Sebelum memiliki nama sebagai Mapala Universitas Indonesia atau Mapala UI, Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia ini sempat bernama IMPALA  atau Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam. Inisiator populer dari berdirinya Mapala UI tentu saja tidak lepas dari figur muda kharismatik bernama Soe Hok Gie.

Soe Hok Gie adalah sosok pemikir yang visioner dalam tubuh Mapala UI. Ia memberikan sumbangan pemikiran yang besar dengan orientasi yang jelas kemana organisasi ini akan mengarah. Gie juga dalam banyak tulisan dan catatannya, telah meletakkan sebuah dasar filosofis yang kuat untuk Mapala UI dan juga generasi setelahnya.

organisasi pecinta alam di indonesia

Lalu, apa sajakah prestasi dan pencapaian dari Mapala UI yang cukup populer di masa-masa awal berdirinya?

Berikut adalah beberapa di antaranya;

  • Menjadi orang Indonesia pertama yang mencapai puncak Carstensz Pyramid dalam ekspedisi mereka tahun 1972.
  • Dua anggota UI mengukir prestasi dengan mencapai puncak Kilimanjaro pada tahun 1983.
  • Tahun 1987 mencapai puncak Mount Cook di Selandia Baru, Gunung Cayambe dan juga Chimborazo di Amerika Selatan.
  • Mencapai puncak Denali pada tahun 1989, puncak Elbrus 1990, dan Aconcagua tahun 1994.

Tentu saja masih banyak prestasi lain yang berhasil dibukukan oleh Mapala UI sebagai salah satu nama komunitas pecinta alam di Indonesia yang paling terkenal dan senior. Keberhasilan mereka dalam banyak penjelajahan telah ikut memberikan kebanggaan bagi bangsa Indonesia.

Oya, buat kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang Mapala UI bisa mengunjungi tautan ini, ya. 

Wanadri

organisasi pecinta alam di indonesia

Jika membicarakan masalah dunia penjelajahan di Indonesia, maka tentu saja nama Wanadri tidak bisa ditinggalkan. Kelompok pecinta alam dari kota Bandung, Jawa Barat ini, memiliki sejarah yang sama panjang dengan Mapala UI. Prestasi keduanya pun sama-sama hebat, baik di Indonesia mau pun di mancanegara.

Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri berdiri pada tanggal 17 Januari 1964 dan diresmikan pada tanggal 16 Mei 1964. Di antara banyak organisasi pecinta alam dan pendaki gunung di Indonesia, dapat dibilang Wanadri adalah yang paling sukses. Kesuksesan ini baik dari sisi prestasi dan penjelajahan, mau pun sebagai organisasi pendidikan karakter yang terus beregenerasi.

organisasi pecinta alam di indonesia

Nah, beberapa prestasi cukup signifikan yang dilakukan oleh Wandari misalnya adalah;

  • Berpartisipasi menjadi organisasi pertama di Indonesia yang mendaki Seven Summit
  • Cukup sering mengirim anggotanya untuk mendaki berbagai puncak gunung dunia yang populer misalnya; Everest, Reiner, Elbrus, Denali, Pumori, dan lain sebagainya.
  • Berpartisipasi dalam banyak ekspedisi yang bertujuan untuk memberikan data-data yang lebih lengkap tentang suatu tempat yang belum tersentuh misalnya; Ekspedisi Garis Besar Nusantara, Ekspedisi Tebing Tondoyan, Pendataan Pulau Terluar Indonesia.
  • Dan lain-lain.

Nah, untuk kamu yang ingin tahu lebih banyak mengenai Wanadri, atau bahkan ingin ikut menjadi salah satu dari anggotanya, kamu bisa mengunjungi link berikut ini, ya.

Jayagiri

organisasi pecinta alam di indonesia

Nah, ini agak sedikit unik Sobat Akasaka, karena Jayagiri sendiri bukanlah organisasi pecinta alam seperti halnya Mapala UI atau Wanadri. Namun, jika kamu berbicara mengenai sejarah pecinta alam di Indonesia secara lengkap dan luas, maka kamu tidak bisa meninggalkan nama Jayagiri.

Jayagiri adalah nama perusahaan dan merek perlengkapan outdoor pionir di Indonesia. Akan tetapi, Jayagiri masuk dalam list ini bukan karena produknya, melainkan karena konsistensinya untuk mendukung aktivitias dunia kepecintaalaman di Indonesia.

Lalu apa sajakah yang pernah dilakukan oleh Jayagiri saat itu?

organisasi pecinta alam di indonesia

Berikut adalah beberapa di antaranya;

  • Mendukung para pemanjat tebing Indonesia belajar mountaineering ke Swiss dan Skotlandia.
  • Tiga kali mendanai para pendaki Indonesia ke gunung Eiger.
  • Mendukung banyak atlit dan aktivis pecinta alam Indonesia untuk membuat prestasi dan juga pencapaian, baik dalam dan luar negeri.

Dapat Sobat Akasaka bayangkan, jika pada tahun 1970-an ketika aktivitas petualangan belum populer di Indonesia, Jayagiri telah berani mengambil langkah-langkah yang signifikan untuk memajukan dunia pecinta alam Indonesia. Nah, untuk hal ini tentu saja ia layak untuk mendapatkan rasa hormat decak kagum.

Skygers

organisasi pecinta alam di indonesia

Organisasi pecinta alam selanjutnya yang juga harus kamu tahu di Indonesia adalah Skygers, organisasi ini hampir sama tuanya dengan Wanadri dan Jayagiri jika dilihat dari sejarah berdirinya. Untuk pencapaian dan prestasi, Skygers juga membuat banyak sekali hal yang layak untuk diteladani dan diapresiasi.

Skygers pertamakalinya didirikan oleh Harry Suliztiarto, seorang pemanjat tebing pertama di Indonesia. Berbeda dengan organisasi kepecinta-alaman yang lain, Skygers memfokuskan orientasi mereka pada bidang panjat memanjat saja. Hal ini termasuk dalam artian adalah: rock climbing, vertical rescue, pendakian gunung teknis, dan lain sebagainya.

organisasi pecinta alam di indonesia

Nah, salah satu prestasi yang sangat layak untuk diapresiasi dari Skygers adalah mereka meluncurkan sebuah program yang disebut; Ekspedisi 1000 Jembatan Gantung Untuk Indonesia. Dalam project ini, Skygers dan para pemanjatnya, bekerja mencari donatur dan membuat jembatan gantung di wilayah-wilayah terisolasi di seluruh Indonesia.

Bagaimana, keren banget, kan?

Mahitala Unpar

organisasi pecinta alam di indonesia

Jika kamu mencari 10 Mapala terbaik di Indonesia berdasarkan pencapaian mereka, maka nama organisasi pecinta alam yang terakhir ini mungkin saja akan ada di urutan teratas. Ya, Mahitala Universitas Parahiyangan, Bandung, adalah salah satu Mapala di Indonesia dan dunia yang paling berprestasi dalam urusan pendakian gunung atau mountaineering.

Prestasi terbesar dari Mahitala Unpar, Bandung, mungkin memang adalah ketika ia berhasil mengirim mahasiswanya baik kategori putera mau pun puteri menjadi komunitas pecinta alam pertama di dunia yang mencapai puncak seven summit. Dan ini tentu saja sangat membanggakan bagi bangsa Indonesia sendiri.

organisasi pecinta alam di indonesia

Mountaineering sebagai salah satu tujuan organisasi pecinta alam pada umumnya, telah berhasil dicapai dengan sangat maksimal oleh Mapala Unpar. Untuk kesungguhan tekad dan kerjasama yang luar biasa dari organisasi pecinta alam Universitas Parahiyangan ini sangat layak untuk diteladani.

BACA JUGA:

organisasi pecinta alam di indonesia

Meneladani nilai-nilai baik yang ditunjukkan oleh banyak perkumpulan pecinta alam terkait kiprah mereka di alam bebas tentu saja sangat penting untuk dilakukan. Selain akan membawa kamu pada pengertian yang lebih baik tentang hakikat pecinta alam, konsep ini akan pula melahirkan sikap menghargai dan hormat kepada orang lain yang telah lebih dulu berbuat banyak untuk dunia petualangan negeri ini.

Oya, sambil meresapi kembali berbagai nilai luhur yang dicontohkan dalam lima organisasi pecinta alam di Indonesia di atas, yuk, lihat juga koleksi terbaru dari Akasaka Outdoor berikut ini.

Aneka sandal gunung yang paling tangguh di Indonesia, ransel ultralight dengan garansi satu tahun penuh, t-shirt mendaki gunung dengan desain super keren, topi yang oke punya, tumbler, matrass, jaket dan masih banyak lagi, semuanya bisa kamu dapat di Akasaka Outdoor.

Jadi, langsung diklik saja, ya!

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN BERBAGAI PRODUK OUTDOOR TERBARU UNTUK MEMBUAT TAMPILANMU SEBAGAI SEORANG PECINTA ALAM SEMAKIN ISTIMEWA

Baca Ini Juga Yuk!

12 GAMBAR PEMANDANGAN ALAM PALING INDAH UNTUK DIKUNJUNGI DI INDONESIA
12 GAMBAR PEMANDANGAN ALAM PALING INDAH UNTUK DIKUNJUNGI DI INDONESIA
Menikmati pemandangan alam adalah cara paling menarik untuk mengurangi risiko stress, meningkatkan produktivitas, serta mendapatkan inspirasi. Pemandangan alam yang indah dengan segala hal yang ada...
Read More
5 FAKTA TENTANG GUNUNG MERAPI YANG SEHARUSNYA KAMU TAHU
5 FAKTA TENTANG GUNUNG MERAPI YANG SEHARUSNYA KAMU TAHU
Meskipun bukan gunung tertinggi di pulau Jawa, gunung Merapi adalah gunung yang mungkin paling banyak menarik perhatian. Ada begitu banyak hal mengenai gunung berapi paling aktif di Indonesia ini y...
Read More
11 TEMPAT DENGAN PEMANDANGAN LAUT SEMPURNA UNTUK SANG PECINTA SENJA
11 TEMPAT DENGAN PEMANDANGAN LAUT SEMPURNA UNTUK SANG PECINTA SENJA
Tempat terbaik untuk menikmati senja kala yang merona di angkasa raya adalah tepian pantai dengan samudra luas membentang di depannya. Pemandangan laut yang terpanggang berwarna jingga, seolah teng...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published