REKOMENDASI MEMILIH TOPI GUNUNG NYAMAN UNTUK AKTIVITAS  PETUALANGAN

 Istilah topi gunung sebenarnya digunakan untuk menyebutkan beberapa jenis topi yang pada umumnya banyak digunakan dalam aktivitas pendakian gunung. Berdasarkan pengertian ini maka topi gunung kupluk, topi gunung rajut, beanie hat, topi rimba dan lain sebagainya, juga dapat dikelompokkan sebagai topi untuk mendaki gunung secara umum.

Pengertian Topi Gunung Serta Karakteristik dan Juga Rekomendasi Dalam Memilihnya

Ada beberapa pertimbangan yang dilakukan dalam menentukan sebuah topi memiliki karakteristik yang layak untuk disebut topi gunung ataukah tidak. Beberapa karakteristik kadang demikian menarik karena hanya didasarkan pada desain dan juga merk atau brand topi tersebut.  Istilah ini kemudian menjadi semakin unik karena perbedaan gambar corak dan desain pada topi juga menentukan segmentasi sebuah topi dapat disebut topi gunung atau tidak.

Berdasarkan bahasa yang sederhana, topi gunung tentu saja dapat diartikan sebagai sebuah penutup kepala yang lazim digunakan dalam aktivitas pendakian gunung. Akan tetapi jika diuraikan secara lebih terperinci, maka topi gunung mungkin bisa dikatakan sebagai sebuah penutup kepala yang memiliki ciri khas, corak, gambar, kesan, brand image, fungsional dan juga karakteristik yang umumnya digunakan oleh para pendaki gunung.

Nah, sebelum membahas beberapa rekomendasi dalam memilih topi gunung, berikut adalah macam-macam bentuk dan desain topi untuk aktivitas pendakian gunung yang paling umum digunakan di seluruh dunia.

Macam-MacamTopi Untuk Mendaki Gunung Berdasarkan Bentuk dan Desainnya

Setidaknya ada beberapa jenis topi aktivitas pendakian gunung berdasarkan jenis desain dan bentuknya. Beberapa yang cukup penting misalnya adalah;

Beanie hat

Topi untuk mendaki gunung yang disebut dengan beanie hat ini memiliki karakteristik hampir sama dengan topi kupluk dalam istilah Indonesia. Namun sebuah topi untuk aktivitas pendakian gunung berupa beanie hat memiliki sebuah tali pada kedua sisi topi yang memanjang dan bisa diikatkan melewati dagu penggunanya. Adanya tali ini adalah ciri khas paling kentara dari sebuah beanie hat.

Beanie hat digunakan secara luas pada lintas gender. Meskipun pada beberapa individu beanie hat kadang diistilahkan pula sebagai topi gunung perempuan, namun pada dasarnya benaie hat  digunakan secara universal dan juga multi aktivitas.

Material yang umumnya digunakan untuk beanie hat adalah cotton rajut yang nyaman, lembut dan juga hangat. Efek kenyamanan dan kehangatan pada kepala dan daun telinga adalah keunggulan paling signifikan penggunaan topi berbentuk beanie hat. Tali yang menjuntai menghiasi kedua sisi wajah juga menjadi keistimewaan lain dari topi jenis ini.

Topi Kupluk

Dari sisi desain dan bentuk, beanie hat dan topi gunung kupluk mungkin hampir-hampir mirip. Akan tetapi jika diperhatikan secara lebih mendetail, maka ada perbedaan yang cukup mencolok antara sebuah topi gunung berbentuk kupluk dengan topi mendaki gunung berbentuk beanie.

Ketika sebuah beanie hat memiliki sepasang tali menjuntai yang dapat diikatkan di bawah dagu layaknnya topi koboi, maka kupluk tidak memiliki hal itu. Kupluk memiliki desain yang lebih simpel. Kupluk adalah sebuah topi berupa kain elastis penutup kepala yang tidak ditambahi aksesoris apa-apa kecuali mungkin corak atau motifnya sendiri.

Perbedaan lain kupluk dari beanie hat juga pada bahan atau material yang gunakan. Pada kupluk material topi umumnya cenderung lebih tipis atau tidak setebal beanie hat, namun lebih elastis. Sementara beanie hat lebih tebal dengan bahan rajut yang tingkat elastisitasnya lebih hard dibandingkan kupluk.

Topi Rimba

Nah, ini adalah salah satu topi atau penutup kepala yang secara karakteristik dan fungsi cukup dekat untuk dikenal sebagai sebuah topi gunung, khususnya pada kegiatan petualangan di Indonesia. Namun topi dengan desain ini,  yang memiliki lembaran penutup melingkari badan topi bagian bawah sebagai pelindung, juga umum digunakan dalam dunia militer, artistik, dan lain sebagainya.

Topi rimba pun dapat dibagi lagi ke dalam beberapa macam berdasarkan ukuran lebar lidah pelindungnya. Ada yang memiliki lebar kecil, sedang atau bahkan besar. Selain itu jika didasarkan pada materialnya, maka topi rimba juga ada yang disebut sebagai topi gunung waterproof karena materialnya yang tidak tembus air. Atau ada juga yang menyebutkan sebagai topi semi-military karena penambahan corak-corak militer pada permukaan topi.

Di indonesia produsen topi gunung cukup banyak dan variatif pula dari sisi harga dan bentuknya. Topografi dan kondisi alam Indonesia yang didominasi oleh hutan hujan tropis yang lebat membuat penggunaan topi rimba menjadi lebih efektif digunakan dibandingkan berbagai jenis topi lainnya.

Topi Baret

Meskipun tidak sepopuler jenis sebelumnya, namun beret hat atau lebih terkenal dengan istilah topi baret di Indonesia, juga biasa digunakan dalam kegiatan pendakian gunung. Topi baret secara spesifik banyak digunakan oleh kalangan militer. Namun secara umum, masyarakat sipil yang menggemari military style juga sering ditemui menggunakan penutup kepala jenis ini di atas gunung.

Penggunaan secara rapi dan terstruktur topi baret untuk aktivitas alam bebas mungkin dapat ditemukan pada kegiatan pramuka. Topi pramuka untuk para pria konsisten menggunakan model baret dari dulu hingga sekarang. Ciri lain dari sebuah topi baret adalah kadang terdapat sebuah logo berbentuk pin yang terbuat dari logam diletakkan pada salah satu sisi topi.

Meskipun tidak begitu optimal menahan dingin di atas gunung tinggi karena tidak memiliki kompartemen penutup daun telinga, namun ikon penggunaan topi jenis baret di atas gunung mungkin dapat ditemukan aplikasinya ketika prajurit Kopassus dari Indonesia berhasil memuncaki gunung Everest pada tahun 1997 silam.

Topi Baseball

Disebut sebagai topi baseball karena digunakan pertamakali oleh para pemain baseball. Dan saat ini, mungkin topi ini adalah desain topi yang paling banyak digunakan dan diproduksi di seluruh dunia.

Topi baseball dari bentuknya sangat familiar untuk dikenal. Terbuat dari material kain yang semi kaku atau full-kaku, dan ditambahkan sebuah lembaran pelindung pada bagian depan yang umumnya agak melengkung. Di bagian depan topi umumnya ditambahkan corak berupa gambar, logo, tulisan atau apa saja yang membuat desainnya menjadi lebih menarik.

Topi Gunung model baseball secara merata digunakan dalam banyak aktivitas petualangan di Indonesia. Dari topi gunung anak sampai dengan orang dewasa, baseball model sangat umum digunakan.

Menarik pula kemudian untuk mengenal produk turunan dari jenis topi baseball ini yang secara desain hampir sama, namun secara istilah dan ciri khas memiliki perbedaan. Trucker hat atau topi yang umum digunakan para pengemudi truk-truk super besar di Amerika, sekilas memiliki model yang sama dengan topi baseball.  Namun dari sisi rancangannya, Trucker hat pada umumnya menggunakan material jaring pada bagian belakang dan lembaran pelindung bagian depan yang bentuknya lebih datar atau rata.

Rekomendasi Topi Pendakian Gunung Terbaik dari Akasaka Outdoor

Di Indonesia sendiri, ada cukup banyak produsen topi outdoor yang cukup populer. Topi gunung eiger dan topi gunung dari Akasaka Outdoor adalah dua di antaranya yang  cukup dikenal.

Nah, berdasarkan pertimbangan kualitasnya yang bagus, material terbaik yang digunakan, serta harga yang lebih kompetitif, topi mendaki gunung dari Akasaka Outdoor memiliki keunggulan yang lebih recomended.  Dan berikut adalah beberapa produk topi gunung dari Akasaka Outdoor yang direkomendasikan untuk kamu yang saat ini sedang mencari topi gunung terbaik;

Topi Gunung Terbaik Akasaka Outdoor Raku Sport Cap

Untuk kamu penggemar pendakian gunung dengan model ultralight atau speed hiking, topi Akasaka Raku Sport Cap ini sangat layak direkomendasikan. Penggunaan material terbaik dengan desain yang simpel dan ringan membuatnya topi ini benar-benar nyaman digunakan dalam aktivitas pendakian dan petualangan.

Keunggulan lain dari Akasaka Raku Sport Cap adalah bahan polyester kualitas terbaik yang digunakan sebagai materialnya. Topi ini lembut dan tidak membuat gerah meskipun digunakan dalam durasi yang lama.

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN TOPI GUNUNG TERBAIK AKASAKA RAKU SPORT CAP DENGAN PENAWARAN HARGA MENARIK

Topi Gunung Terbaik Akasaka Rocky Bucket Hat

Topi gunung keren selanjutnya dari Akasaka Outdoor adalah Rocky Bucket Hat yang merupakan satu generasi dengan Akasaka Raku Sport Cap. Rocky Bucket Hat memiliki desain yang lebih modern dibandingkan dengan topi rimba pada umumnya. Dan karena desainnya ini pula, Rocky Bucket Hat juga nyaman digunakan sebagai topi gunung wanita.

Material yang digunakan untuk Rocky Bucket Hat adala cotton berkualitas tinggi. Sementara dari persentase kelenturan bahan, Akasaka Rocky Bucket Hat memiliki skala medium yang membuatnya sangat nyaman digunakan untuk beragam aktivitas petualangan.

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN TOPI GUNUNG TERBAIK AKASAKA ROCKY BUCKET HAT DENGAN PENAWARAN HARGA MENARIK

Topi Gunung Terbaik Akasaka Kova Jungle Hat

Dibandingkan dengan Akasaka Rocky Bucket Hat yang lebih modern dan dinamis, Akasaka Kova Jungle Hat memiliki desain yang lebih konservatif sebagai sebuah topi alam bebas. Paduan semi kepetualangan berpadu pula dengan semi militer pada webbing bagian badan topi membuat desainnya semakin elegan dan menawan.

Keistimewaan lain dari Kova Jungle Hat adalah adanya ventilasi mesh pada bagian kiri dan kanan atas topi yang memastikan sirkulasi udara menjadi lancar. Dengan penambahan kompartemen ini, Akasaka Kova Jungle Hat tetap nyaman dan sejuk digunakan dibawah terik matahari yang menyengat sekali pun.

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN TOPI GUNUNG TERBAIK AKASAKA KOVA JUNGLE HAT DENGAN PENAWARAN HARGA MENARIK

Topi Gunung Terbaik Akasaka Chors Trucker

Bagian jaring yang ada pada bagian belakang topi adalah ciri khas utama untuk memasukkan Akasaka Chors Trucker sebagai jenis topi gunung trucker hat. Namun kesan ini kemudian menjadi sempurna sebagai topi petualangan setelah logo gradasi gunung yang kuat dari Akasaka Outdoor disematkan pada bagian depan topi.

Selain sejuk dan nyaman digunakan dalam aktivitas pendakian gunung, Akasaka Chors Trucker juga menjadi teman menarik untuk kegiatan daily routine yang santai dan produktif. Material high quality canvas dan juga sudut lengkungan yang ideal adalah keistimewaan lain dari Akasaka Chors Trucker.

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN TOPI GUNUNG TERBAIK AKASAKA CHORS TRUCKER DENGAN PENAWARAN HARGA MENARIK

Topi Gunung Terbaik Akasaka Sara Ball

Rekomendasi terakhir untuk topi gunung dari Akasaka Outdoor adalah Akasaka Sara Ball yang terdiri dari dua warna yakni; Blue and Black. Untuk kamu para petualang yang suka dengan situasi yang tenang, kalem dan penuh stabilitas, Akasaka Sara Ball adalah rekomendasi terbaik yang bisa kamu dapatkan.

Keseluruhan badan topi memiliki warna yang lembut dan tidak mencolok membuat topi gunung satu ini terkesan tenang. Sementara logo Akasaka Outdoor yang disematkan pada bagian depan kanan topi membuat konsep adventure juga terlihat sangat tegas dan kuat.

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN TOPI GUNUNG TERBAIK AKASAKA SARA BALL DENGAN PENAWARAN HARGA MENARIK

 

Nah, itu adalah beberapa rekomendasi topi gunung dari Akasaka Outdoor yang sangat nyaman untuk kamu gunakan. Semoga petualangan dan pendakian gunung semakin berkesan bersama produk-produk dari Akasaka Outdoor, ya.

Selamat bertualang!

Baca Ini Juga Yuk!

SPESIFIKASI DAN REKOMENDASI CELANA OUTDOOR TERBAIK UNTUK PENDAKIAN GUNUNG
SPESIFIKASI DAN REKOMENDASI CELANA OUTDOOR TERBAIK UNTUK PENDAKIAN GUNUNG
Memilih celana outdoor terbaik dalam aktivitas di alam bebas seperti pendakian gunung pada dasarnya adalah bagian dari kesuksesan pendakian itu sendiri. Pakaian pendakian gunung yang tepat seperti ...
Read More
6 KOLEKSI KAOS PENDAKI GUNUNG TERBARU DARI AKASAKA OUTDOOR
6 KOLEKSI KAOS PENDAKI GUNUNG TERBARU DARI AKASAKA OUTDOOR
  Kaos pendaki gunung terbaik tentu saja tidak hanya memiliki gambar atau desain yang menarik, namun juga harus nyaman saat digunakan dalam beraktivitas di alam bebas. Selain itu, sebuah kaos untuk...
Read More
SEBERAPA PENTING PENGGUNAAN TAS SELEMPANG DALAM PENDAKIAN GUNUNG?
SEBERAPA PENTING PENGGUNAAN TAS SELEMPANG DALAM PENDAKIAN GUNUNG?
Dalam aktivitas pendakian gunung saat ini, ransel atau carrier bukan satu-satunya alat untuk membawa perlengkapan. Tas selempang yang biasanya hanya digunakan untuk aksesoris semata, kini mulai pul...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published