PORTER GUNUNG ADALAH PAHLAWAN BAGI PARA PENDAKI; INI 7 FAKTANYA

porter gunung adalah

Bagi beberapa pendaki, porter gunung adalah orang-orang yang menyewakan tenaga mereka untuk membawa barang-barang para pendaki dan tidak lebih dari itu. Padahal jika Sobat Akasaka berkenan untuk berpikir lebih jauh mengenai profesi seorang porter gunung, mereka sebenarnya adalah pahlawan untuk para pendaki, lho.

Kok, bisa seperti itu?

Nah, 7 fakta tentang porter gunung berikut ini akan menjawabnya.

7 Fakta yang Membuktikan Bahwa Porter Gunung adalah Pahlawan Bagi Pendaki

porter gunung adalah

Di atas gunung, beban seberapa pun jumlahnya kadang menyulitkan untuk dibawa. Dengan medan pendakian yang sulit, napas yang tersengal-sengal, dan aklimatisasi yang tidak cukup waktunya, membawa beban yang banyak bisa sangat melelahkan.

Disinilah kemudian tugas porter gunung menemukam momentumnya.

Sobat Akasaka pasti sudah tidak asing dengan sosok porter gunung, bukan? Hampir di setiap gunung, mereka selalu ada untuk membantu para pendaki yang ingin mencapai puncak gunung namun tidak ingin repot-repot membawa barang yang banyak.

BACA JUGA:

porter gunung adalah

Porter gunung Semeru, porter gunung Rinjani, bahkan porter gunung Prau yang notabene lebih mudah medan pedakiannya, semakin banyak dipergunakan jasanya. Sayangnya kadang, porter gunung hanya dimaknai sebatas itu saja. Pada banyak konten media sosial yang menampakkan keindahan alam dan aktivitas pendakian gunung, sosok porter nyaris tidak pernah diangkat.

Padahal jika Sobat Akasaka mau memaknai lebih jauh, porter adalah pahlawan bagi para pendaki gunung. Tanpa kehadiran mereka, pendakian akan jauh lebih sulit untuk dilakukan.

Bahkan jika mau melihat lebih komprehensif pada aktivitas porter, mereka justru menentukan keberhasilan sebuah ekspedisi mountaineering. Di pegunungan raksasa seperti Himalaya dan Karakoram, peran porter justru semakin signifikan. Tanpa mereka, ekspedisi hampir-hampir tidak bisa dilaksanakan.

Nah, supaya Sobat Akasaka lebih akrab dengan profesi ini dan suatu saat mungkin menggunakan jasa mereka, yuk, simak beberapa fakta penting tentang porter berikut ini.

Porter Umumnya adalah Penduduk Kaki Gunung

porter gunung adalah

Fakta tentang porter gunung yang pertama adalah bahwa mereka rata-rata adalah penduduk kaki gunung itu sendiri.

Porter gunung Lawu yang menemani kamu mendaki dari rute pendakian Cemoro Sewu atau Cemoro Kandang, biasanya adalah penduduk kaki gunung Lawu itu sendiri. Begitu pun juga misalnya kamu mendaki gunung Latimojong di Sulawesi Selatan, maka porternya sendiri kebanyakan dari Desa Karangan, desa terakhir dalam pendakian gunung Latimojong.

Ada beberapa alasan yang membuat mengapa hanya penduduk kaki gunung saja yang kebanyakan menjadi porter. Di antara alasan yang paling signifikan adalah karena hanya mereka yang mengenal medan pendakian lebih baik dibandingkan yang lainnya.

Hidup Sebagai Porter Mayoritas Bukan Pilihan

porter gunung adalah

Di banyak gunung-gunung tertinggi di dunia seperti halnya Everest, Annapurna, K2 atau pun yang lainnya, menjadi porter sama sekali bukan kesenangan. Ini adalah profesi satu-satunya dimana opsi lain sudah tidak dimiliki lagi.

Jika Sobat Akasaka pernah menyaksikan sebuah film berjudul Sherpa, Sobat akan tahu bahwa kehidupan menjadi porter sama sekali bukan pilihan yang glamour. Para porter yang memilih untuk melintasi gletser dan tebing-tebing dengan beban berat di punggung itu sangat jauh dari kemasyhuran para pendaki gunung di puncak.

Ketika para pendaki gunung mendaki gunung untuk sebuah hobi dan lifestyle, porter mendaki gunung untuk sesuap nasi, untuk kelangsungan hidup anak dan isteri mereka. Mereka tak memiliki pilihan lain pada kondisi itu kecuali dengan menjadi pembawa barang bagi para pendaki gunung.

Porter Memang Tangguh, Tapi Mereka Bukan Superman

porter gunung adalah

Pernahkah Sobat Akasaka melihat seorang porter pendakian gunung yang membawa beban sangat berat? Bahkan beberapa porter pernah membawa beban yang melebihi bobot tubuh mereka sendiri.

Mengapa mereka melakukan hal itu?

Jawaban satu-satunya adalah mereka harus melakukannya karena mereka memang harus.

Meskipun mereka memang mampu melakukannya, bijaknya sebagai seorang pendaki gunung, kita juga harus mampu memperkirakan beban yang layak dibawa oleh porter. Sebaiknya tidak semua perlengkapan dibawa oleh porter, apalagi jika Sobat hanya menggunakan jasa satu orang porter.

Sebagai orang yang membayar tenaga mereka, seorang porter pasti enggan untuk menolak semua barang yang kamu minta mereka untuk membawanya.

Jadi, meskipun kamu tahu bahwa para porter gunung memang tangguh, jangan membebani semua barang yang bisa kamu bawa sendiri kepada porter.

Porter Kadang Merangkap Sebagai Guide

porter gunung adalah

Pada banyak kasus di gunung-gunung Indonesia, porter juga merangkap sebagai pemandu atau guide.

Tugas porter gunung pada umumnya hanya membawa barang-barang dan perbekalan para pendaki ke atas gunung. Di gunung-gunung besar seperti Himalaya dan Karakoram, job seperti ini terasa lebih jelas bahwa ada perbedaan yang nyata antara porter dan pemandu.

Akan tetapi di Indonesia, dengan kemampuan mendaki mereka yang bagus dan juga pengetahuan mereka yang lebih baik tentang gunung yang didaki, porter kadang-kadang juga merangkap sebagai pemandu.

Jadi, pada satu sisi mereka adalah pembawa barang-barang para pendaki gunung. Kemudian di lain sisi, mereka juga bekerja sebagai penunjuk jalan.

Jika Sobat Akasaka menggunakan jasa porter yang sekaligus bertindak sebagai pemandu seperti ini, maka tidak ada salahnya untuk melebihkan biaya porter gunung dari  biasanya. Ini bukan tentang seberapa banyak uang yang kamu keluarkan, namun juga seberapa pandai kamu menyampaikan rasa terimakasih kepada orang lain.

Porter Adalah Tim Rescue Sekaligus

porter gunung adalah

Tidak bisa dibantah, bahwa dalam banyak kejadian di atas gunung para porter lebih sering menjadi tim penyelamat sekaligus. Ketika satu musibah terjadi di atas gunung, biasanya para porter ini adalah orang-orang pertama yang naik untuk memberikan bantuan.

Pada gunung-gunung yang memiliki tingkat kunjungan yang ramai, para porter, pemandu dan tim rescue kadang harus bekerja setiap hari untuk memastikan keselamatan para pendaki. Dengan perlengkapan ala kadarnya, para porter inilah yang memberi respon pertama kali sewaktu ada pendaki yang terjatuh, cidera atau karena apa pun yang membutuhkan evakuasi segera.

Dengan kondisi semacam tidak berlebih rasanya untuk mengatakan porter pada banyak kesempatan, tampil menjadi pahlawan tanpa terlihat. Mereka mengangkut barang-barang pendaki yang berat, dan jika terjadi sesuatu yang tidak direncanakan, mereka pula yang pertama kali akan memberikan bantuan.

Menyewa Porter Baiknya Tidak Dimaknai Sebagai Transaksional Semata

porter gunung adalah

Untuk Sobat Akasaka yang mungkin berpikir untuk menggunakan jasa porter di kemudian hari, pastikan ya, bahwa ini bukanlah hubungan traksasional semata. Artinya adalah antara kamu dan porter hanya ditemukan karena kamu membayar tenaga mereka saja. Setelah barangmu sampai di atas gunung dan uangnya sudah kamu bayarkan, maka semuanya selesai.

Luangkan waktu beberapa saat untuk mengapresiasi jasa dan tenaga mereka. Bahkan jika kamu memaknai aktivitas pendakian gunung sebagai sebuah perjalanan petualangan yang totalitas, maka kamu akan menemukan banyak hal menarik dari cerita dan kehidupan porter gunung.

Coba deh, setelah mereka selesai mengantarkan barang-barangmu, ajak mereka duduk bersama sambil membuatkan mereka secangkir susu hangat, ajak bercerita dan berkisah mengenai kehidupan sebagai porter. Pasti akan sangat menarik.

Akhirnya, kamu akan lebih kaya melihat gunung yang kamu daki bukan hanya berdasarkan pengalamanmu saja, namun juga dari pengalaman seorang porter yang ratusan kali mengunjungi gunung tersebut.

Porter Juga Manusia

porter gunung adalah

Nah, fakta yang terakhir mengenai porter adalah bahwa mereka juga manusia. Jadi, perlakukan pula mereka dengan layak dan semestinya.

Jangan salah lho, Sobat Akasaka, masih ada cukup banyak oknum pendaki di luar sana yang memperlakukan porter secara berbeda. Di gunung-gunung dengan medan pendakian yang tidak mudah dan jarak tempuh yang jauh, ini adalah cerita yang sudah lumrah.

Para porter kadang mendapatkan jenis makanan yang berbeda dari pendaki yang mempekerjakan mereka. Bahkan jika kamu pernah membaca di salah satu blog outdoor Indonesia, seorang porter di gunung Latimojong Sulawesi pernah hanya diberi jatah makanan hanya dua bungkus mie instan untuk membawa beban barang-barang pendaki seharian penuh.

Sebagai pendaki gunung, tentu saja Sobat Akasaka tidak setuju dengan perlakuan diskriminatif semacam itu, bukan?

Jadi, mari mulai dengan diri kita sendiri untuk lebih baik memperlakukan porter dalam pendakian gunung, ya.

BACA PULA:

porter gunung adalah

Sobat Akasaka, itu adalah tujuh fakta tentang porter gunung yang sudah selayaknya kamu tahu. Dari banyak hal, porter gunung Gede Pangrango, porter gunung Lawu atau pun porter gunung mana pun di Indonesia, tidak begitu memiliki perbedaan mencolok terkait hal ini.

Nah, jika kamu menggunakan jasa porter saat mendaki gunung, kamu bisa deh, menunjukkan apresiasimu pada mereka dengan memberikan produk-produk terbaik Akasaka Outdoor.

Oh ya, karena ketangguhannya, produk Akasaka Outdoor di bawah ini adalah yang paling tepat untuk kamu berikan kepada porter gunung di Indonesia.

BUKTIKAN KETANGGUHAN PRODUK AKASAKA OUTDOOR SEKARANG

Baca Ini Juga Yuk!

PENGERTIAN DAN JENIS BIVAK SERTA PENGGUNAANNYA DALAM AKTIVITAS OUTDOOR
PENGERTIAN DAN JENIS BIVAK SERTA PENGGUNAANNYA DALAM AKTIVITAS OUTDOOR
Dalam aktivitas petulangan alam terbuka atau outdoor, dikenal beberapa jenis bivak yang dipergunakan secara luas. Bivak tentu memiliki perbedaan dengan shelter perlindungan lain seperti tenda atau ...
Read More
10 FAKTA FILM 14 PEAKS NOTHING IS IMPOSSIBLE YANG TIAP PENDAKI HARUS TAHU
10 FAKTA FILM 14 PEAKS NOTHING IS IMPOSSIBLE YANG TIAP PENDAKI HARUS TAHU
Halo, Sobat Akasaka! Kamu pastinya sudah nonton film 14 Peaks Nothing Is Impossible yang lagi ramai diperbincangkan itu, kan? Bagaimana filmnya? keren dan inspiratif benget, bukan? Nah, ternyata da...
Read More
INI 9 TEMPAT DENGAN AURA CAMP VIBES PALING TERKENAL DI INDONESIA
INI 9 TEMPAT DENGAN AURA CAMP VIBES PALING TERKENAL DI INDONESIA
Istilah camp vibes beberapa tahun terakhir semakin populer di Indonesia. Istilah ini tidak hanya diartikan sebagai suasana camping dengan segala unsurnya. Namun, camp vibes juga kadang diperluas la...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published