PERLENGKAPAN WAJIB SAAT CAVING

Caving

Menelusuri gua atau caving merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi mereka yang gemar menjelajah alam. Bagian dalam gua tidak hanya memiliki daya tarik khusus untuk dijelajahi, tetapi juga tersusun dari medan yang cukup sulit. Lumpur, bebatuan, lorong sempit dan melandai, hingga kondisi gua yang berair adalah sejumlah kondisi yang mungkin ditemui saat caving. Oleh karena itu, Sobat Akasaka perlu mempersiapkan sejumlah alat caving berikut sebelum merencanakan perjalanan menjelajahi gua.

Helm Speleo

Helm Speleo Caving

Helm speleo adalah helm caving yang dirancang secara khusus untuk menahan benturan dari segala sisi serta dilengkapi tali pengikat yang dapat disesuaikan dengan ukuran kepala. Helm yang memiliki permukaan keras ini sangat dibutuhkan dalam penjelajahan gua untuk menghindari kepalamu terkena hantaman bebatuan yang bisa tiba-tiba jatuh menimpa tanpa diduga. Selain itu, helm speleo juga berfungsi melindugi kepala agar tidak terbentur langit-langit gua.

Alat penerangan

Senter Saat Caving

Karena situasi di dalam gua bisa sangat gelap, alat penerangan menjadi salah satu alat caving utama yang dibutuhkan. Dalam hal ini, alat penerangan yang digunakan bisa berupa senter maupun headlamp (lampu kepala). Kedua jenis alat penerangan tersebut berguna untuk menyoroti rute yang dilewati saat menjelajahi gua. Selain membawa atau menggunakan alat penerangan, Sobat Akasaka juga perlu membawa lampu cadangan dan persediaan baterai kalau-kalau baterai yang digunakan habis atau terjadi kerusakan perangkat.

Coveralls atau overalls

Coveralls Atau Overalls Caving

Pakaian khusus untuk caving ini merupakan kostum yang paling sesuai untuk dikenakan saat kamu akan menjelajahi gua. Bagian baju dan celana yang telah tersambung menjadi satu bagian akan memudahkan kamu saat menyusuri bagian-bagian dalam gua. Pakaian ini juga terbuat dari bahan khusus yang tidak tebal namun cukup kuat untuk menahan gesekan serta mampu menyesuaikan temperatur tubuh saat menjelajahi gua yang dingin karena berair.

Sepatu boot

Sepatu Boot Caving

Sepatu biasa yang memiliki sol datar akan mudah rusak saat digunakan berjalan di bagian permukaan gua. Oleh karena itu, Sobat Akasaka perlu menggunakan sepatu gunung bertekstur kuat atau sepatu bot khusus dengan sol yang bergerigi.

Sarung tangan dan masker

Sarung Tangan Dan Masker Saat Kegiatan Caving

Selain baju dan sepatu yang sesuai, perlengkapan pakaian lain yang juga perlu dikenakan adalah sarung tangan dan masker. Kedua perlengkapan ini akan membuat perlindungan tubuh lebih optimal saat Sobat Akasaka berada di dalam gua. Sarung tangan berfungsi untuk melindungi tangan ketika menyusuri permukaan dinding gua. Sementara itu, masker memiliki fungsi untuk melindungi hidung, mulut, serta sistem pernapasan apabila ditemukan kotoran kelelawar atau bau tidak sedap lainnya di dalam gua.

Pelampung

Pelampung sebenarnya hanya dibutuhkan jika Sobat Akasaka akan menjelajahi gua dengan kedalaman sumber air yang cukup tinggi. Namun, jika kamu belum mengetahui situasi yang mungkin ditemui di dalam gua, tidak ada salahnya memasukkan pelampung dalam daftar peralatan caving yang harus dibawa.

SRT Set

SRT Set Caving

Single Rope Technique atau SRT adalah satu set peralatan yang digunakan untuk memudahkan perjalananmu saat menyusuri bagian-bagian dalam gua. SRT terdiri dari beberapa peralatan, yakni seat harness, chest harness, ascender dan descender, maillon rapide, cows tail, serta foot loop. Seluruh alat tersebut memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk menyusuri rute gua yang cukup sulit dilalui.

Seluruh alat caving tersebut harus dikemas dalam cave pack, yakni tas ransel khusus yang digunakan untuk menjelajahi gua. Jika gua yang akan dijelajahi memiliki sumber air sehingga membuat kondisi gua tersebut menjadi basah, akan lebih baik jika Sobat Akasaka menggunakan dry bag atau tas kedap air. Selain itu, membawa baju ganti serta persediaan makanan dan air minum juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Setelah semua peralatan dikemas dengan rapi dan baik, perjalanan menjelajahi gua pun akan terasa semakin menyenangkan.

Baca Ini Juga Yuk!

INDAHNYA STALAKTIT DI GOA GONG PACITAN
INDAHNYA STALAKTIT DI GOA GONG PACITAN
Saat ini geowisata sedang digemari, mungkin karena sensasi yang berbeda ketika menelusuri keunikan rangkaian bentang alam yang terbentuk dari proses geologis selama jutaan tahun. Salah-satunya adal...
Read More
NIKMATI PANJANGNYA GOA LOWO TRENGGALEK
NIKMATI PANJANGNYA GOA LOWO TRENGGALEK
Jika Sobat Akasaka berniat mengisi liburan dengan sesuatu yang berbeda, cobalah nikmati panjangnya Goa Lowo, Trenggalek. Tentu akan memberikan sensasi tersendiri menjelajahi gua yang dinyatakan ter...
Read More
RAFTING DI SUNGAI BOGOWONTO
RAFTING DI SUNGAI BOGOWONTO
Pernahkah Sobat Akasaka mendengar tentang Sungai Bogowonto? Sungai ini masuk dalam daftar sungai besar di Jawa Tengah. Seperti halnya Sungai Serayu, air Sungai Bogowonto pun bermuara ke pantai sela...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published