Perilaku yang Harus Dihindari Saat Aktivitas Outdoor

Kegiatan outdoor merupakan kegiatan yang sangat seru, menyenangkan, dan tak jarang, menegangkan. Kamu bisa beraktivitas sembari menikmati kecantikan alam dengan bebas dan benar-benar menyatu dengan salah satu bukti kebesaran Tuhan. Mulai dari trekking di dalam hutan, mendaki gunung, hingga bermain rafting, semuanya memberi kesempatan untuk semakin mencintai alam.

Sekarang, semakin banyak pula orang yang ingin menjajal serunya beraktivitas outdoor.

 

Pesimis


Pesimis - Pixabay

 

Aktivitas outdoor memberikan tantangan yang jauh berbeda dengan kegiatan sehari-hari di dalam ruangan yang cenderung santai. Saat berada di alam terbuka, kamu akan dihadapkan pada medan yang tidak landai, berbatu, licin, berlumpur, terkena sengatan matahari secara langsung, terguyur hujan, dan lain-lain. Maka karena itu, selain ketahanan fisik, ketahanan mental juga perlu dimiliki untuk melakukan kegiatan ini.

Salah satunya adalah dengan membekali diri soal medan yang akan dihadapi. Jangan pernah mudah menyerah saat badan mulai lelah, tersesat, dan sebagainya. Meski sepintas terdengar mudah, tetap bersikap positif dalam situasi tersebut adalah hal yang cukup sulit.

 

Merusak Alam


Merusak Alam - Pixabay

 

Banyak kalangan muda zaman sekarang yang mengikuti tren naik gunung demi mengejar eksistensi dan memamerkannya di media sosial. Sayangnya, kegiatan seperti ini kerap dijadikan sebagai wisata ‘biasa’. Polusi sampah plastik dan bahan-bahan yang tak dapat diolah secara alami pun menumpuk.

Kalau kamu bukan seorang profesional yang memiliki jam terbang tinggi dan memahami esensi melakukan kegiatan outdoor, pastikan kamu tidak ikut mencemari alam. Selain menyenangkan diri sendiri, kegiatan ini juga sesungguhnya bertujuan untuk semakin meningkatkan cinta alam dan melindunginya, bukan justru seperti pepatah, ‘habis manis sepah dibuang’.

 

Tidak Kooperatif


Tidak Kooperatif - Pixabay

 

Kamu harus memiliki ketangguhan dalam bertahan baik secara individu maupun kelompok. Ketika dalam situasi sulit seperti tersesat dalam keadaan gelap dan kehabisan perbekalan, kamu harus mampu untuk tetap tenang dan menjaga keselamatan sendiri maupun kelompok.

Hindari menjadi egois saat berada dalam situasi seperti ini, apalagi melakukan perdebatan yang pada akhirnya membuat kelompok menjadi berpencar. Temukan solusi bersama dengan kepala dingin. Agar lebih mudah, sejak awal lebih baik ditentukan siapa yang menjadi pemimpin kelompok.

 

Melanggar Aturan


Melanggar Aturan - Pixabay

 

Jangan sekali-kali termakan ucapan kurang ceras ‘peraturan ada untuk dilanggar’. Kegiatan outdoor memiliki risiko yang sangat tinggi dengan nyawa sebagai taruhannya. Setiap aturan yang ditetapkan pun tidak lain sebagai prosedur keselamatan untuk menjagamu tetap aman.

Ketika akan mendaki gunung misalnya, pastikan kamu telah mendaftarkan diri kepada petugas. Jangan memaksakan diri menjadi pendaki ilegal. Selain itu, ikuti batasan-batasan wilayah yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan untuk diakses. Mereka sebagai pembuat aturan lebih mengetahui medan dan risiko apa yang akan terjadi.

 

Mengandalkan Orang Lain


Mengandalkan Orang Lain - Pixabay

 

Sekalipun kamu datang secara berkelompok, jangan pernah mengandalkan anggota lain dalam kelompokmu. Masing-masing anggota memiliki tanggung jawab masing-masing, setidaknya melengkapi kebutuhan pribadi seperti ransel, sepatu, pakaian, obat-obatan, senter, dan sebagainya.

Setiap orang yang melakukan kegiatan outdoor juga merasakan hal yang sama seperti yang kamu rasakan. Jangan menjadi beban bagi orang lain untuk hal-hal yang bisa kamu antisipasi sendiri sejak awal.

 

Nah, itulah beberapa perilaku dasar yang harus kamu hindari saat melakukan kegiatan outdoor. Walaupun kegiatan ini memang tengah menjadi tren dan menawarkan pengalaman yang sangat berkesan, ketahuilah bahwa perjalanan yang akan dilakoni tidaklah mudah. Bekali diri dengan pengetahuan mengenai tujuan yang akan dicapai, sehingga kamu bisa mempersiapkan diri lebih matang.

Leave a comment

All comments are moderated before being published