PENDAKIAN GUNUNG BURANGRANG DARI SEJARAH HINGGA MISTERINYA YANG MENYERAMKAN

 

pendakian gunung Burangrang

Pendakian gunung Burangrang mungkin tidak seterkenal pendakian gunung-gunung lainnya di Jawa Barat. Tapi, tahukah kamu kalau gunung yang terletak di kabupaten Bandung ini memiliki banyak keistimewaan untuk kamu kunjungi? Keistimewaan gunung Burangrang ini ada pada banyak hal, termasuk sejarah, rute pendakian, hingga misterinya.

Nah, seberapa istimewa sih, pendakian dan sejarah gunung Burangrang bagi petualang dan pendaki gunung?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

BACA INI PULA:

Sejarah, Jalur Tempuh dan Misteri dalam Pendakian Gunung Burangrang

pendakian gunung Burangrang

Kota Bandung di Jawa Barat adalah kota yang dikelilingi oleh pegunungan yang eksotis. Setidaknya ada lima gunung utama yang menjadi pagar kota Bandung, termasuknya di antaranya adalah gunung Burangrang, gunung Tangkuban Perahu, gunung Manglayang dan juga gunung Patuha.

Dibandingkan gunung Tangkuban Perahu, gunung Burangrang mungkin saja tidak begitu populer bagi masyarakat luar kota Bandung. Tidak seperti gunung Tangkuban Perahu yang memiliki magnet wisata kuat bagi para pelancong, gunung Burangrang justru menjadi gunung yang ideal untuk kamu yang memiliki keberanian bertualang dan mendaki gunung.

Meskipun demikian, gunung Burangrang tetap tidak lebih populer sebagai tujuan pendakian di Jawa Barat. Hal ini misalnya jika dibandingkan dengan gunung Ciremai, gunung Gede Pangrango atau pun gunung-gunung yang lainnya.

Lantas, apa sih, yang menjadi hal menarik dari gunung Burangrang jika demikian?

Nah, ini dia informasi lengkapnya.

Sejarah Terbentuknya Gunung Burangrang

pendakian gunung Burangrang

Seperti halnya gunung-gunung yang mengelilingi kota Bandung, gunung Burangrang pun diyakini berasal dari letusan gunung Sunda Purba jutaan tahun yang lalu.

Letusan gunung Sunda Purba terbagi dalam beberapa tahapan, yang dalam setiap tahapan dapat terjadi dalam beberapa episode letusan besar. Para ahli sejarah geologi juga berpendapat bahwa gunung Burangrang yang sekarang berdiri dengan kokoh, merupakan bagian kerucut yang terbentuk akibat letusan saat itu.

Selain gunung Burangrang, sisa-sisa letusan gunung Sunda Purba yang masih dapat dilihat saat ini misalnya adalah Situ Lembang, gunung Tangkuban Perahu, gunung Manglayang, blok Pulosari dan masih banyak lagi.

Gunung-gunung yang terlahir dari aktivitas vulkanik gunung Sunda Purba inilah kemudian yang saat ini mengelilingi lembah kota Bandung.

Gunung Burangrang, gunung Manglayang, gunung Parang, gunung Patuha, gunung Malabar dan beberapa gunung yang lebih kecil, diyakini sebagai serpihan letusan dahsyat gunung Sunda Purba ratusan ribu tahun lalu.

Jalur Pendakian Gunung Burangrang

pendakian gunung Burangrang

Pada banyak info gunung Burangrang, gunung ini setidaknya memiliki tiga rute pendakian yang paling dikenal.

Rute pendakian pertama dan yang paling banyak dipergunakan adalah jalur pendakian gunung Burangrang via Legok Haji. Kemudian ada juga jalur pendakian gunung Burangrang via Kopassus. Dan yang terakhir adalah jalur pendakian gunung Burangrang via Pangheotan.

Berikut informasi jalur-jalur tersebut selengkapnya.

Jalur Pendakian Gunung Burangrang Via Legok Haji

pendakian gunung Burangrang

Basecamp pendakian gunung Burangrang via Legok Haji terdapat di desa Nyalindung. Dibandingkan dua jalur pendakian lainnya, jalur pendakian Legok Haji adalah yang tercepat sekaligus juga yang terberat.

Lho, kok bisa demikian?

Didesain sedemikian rupa untuk mencapai puncak Burangrang secepat mungkin, jalur Legok Haji melintasi banyak tanjakan terjal dan curam. Dengan kontur seperti ini, jalur Legok Haji gunung Burangrang mungkin bukan jalur yang nyaman untuk dilalui oleh para pendaki pemula.

Akan tetapi, jika kamu tidak memiliki banyak waktu dan ingin secepatnya mencapai puncak Burangrang, maka tidak ada alternatif paling menarik selain mendaki melalui jalur Legok Haji ini.

Jalur Pendakian Gunung Burangrang Via Kopassuss

pendakian gunung Burangrang

Kenapa sih, jalur pendakian gunung Burangrang yang satu ini disebut sebagai jalur pendakian komando atau kopassus?

Hal itu dikarenakan jalur ini melewati medan yang menjadi pusat pelatihan TNI. Rute ini dibuat melewati Kawasan Latihan Hutan Kopassus di Situ Lembang. Untuk melewati jalur pendakian yang satu ini, pastikan kamu sudah meminta izin ke pos jaga, ya.

Alasan pendakian jalur pendakian gunung Burangrang via Komando harus meminta izin ke pos jaga terlebih dahulu adalah supaya lebih aman dan nyaman. Atau jangan sampai bertepatan ketika Kopassus sedang melakukan latihan. Dengan demikian diharapkan tidak ada risiko yang tidak perlu seperti peluru nyasar dan lain sebagainya.

Jalur Pendakian Gunung Burangrang Via Pangheotan

pendakian gunung Burangrang

Nah, ini adalah jalur menuju puncak gunung Burangrang yang paling lama. Namun kabar baiknya adalah, pemandangan yang dimiliki oleh jalur Pangheotan teryata juga sangat menarik dan indah.

Lokasi dari jalur pendakian gunung Burangrang via Pangheotan adalah di kecamatan Cikalong Wetan, kabupaten Purwakarta. Untuk alasan ini pula, jalur ini selain disebut jalur Pangheotan, disebut juga sebagai jalur pendakian gunung Burangrang via Purwakarta.

Waktu tempuh menuju puncak Burangrang melalui jalur Pangheotan bisa mencapai 5 jam atau lebih. Alasan mengapa jalur ini cukup lama adalah karena sebelum mencapai puncak utama Burangrang, jalur ini melewati beberapa punggungan lain yang cukup menguras waktu dan tenaga.

Tapi jangan khawatir deh, jalur ini juga melewati sebuah danau atau situ yang indah banget untuk lokasi camp ground.

Berbagai Misteri Gunung Burangrang yang Cukup Terkenal

pendakian gunung Burangrang

Sebagai salah satu gunung di kabutapen Bandung yang sering dijadikan medan pendakian, gunung Burangrang juga tidak lepas dari berbagai fakta, cerita dan misteri yang melingkupinya.

Nah, apa sajakah misteri gunung Burangrang yang semestinya kamu tahu?

Ini beberapa di antaranya.

Ranting Pohon dan Legenda Sangkuriang

pendakian gunung Burangrang

Misteri pertama dari gunung Burangrang terkait erat dengan legenda Sangkuriang.

Oh ya, apakah kamu masih ingat siapa itu Sangkuriang?

Sangkuriang adalah seorang pemuda sakti mandraguna yang terobsesi untuk menikahi ibunya sendiri. Hal ini disebabkan ia terpisah lama dengan sang ibu sehingga membuatnya lupa bahwa perempuan cantik yang dikenalnya, adalah ibunya sendiri yang bernama Dayang Sumbi.

Sekarang kamu sudah ingat kan, bagaimana kemudian Dayang Sumbi meminta Sangkuriang untuk membuat perahu dalam satu malam sebagai syarat jika ingin menikahinya?

Dan seperti yang banyak dituturkan dalam dongeng, Sangkuriang kemudian gagal, yang membuatnya menjadi marah dan menendang  perahu yang sedang ia buat. Nah, perahu itu kemudian melayang dan jatuh dalam keadaan terbalik. Saat ini, perahu terbalik itulah yang dianggap sebagai asal mula gunung Tangkuban Perahu.

Lalu, apa hubungannya dengan gunung Burangrang?

Menurut legenda tersebut, ternyata gunung Burangrang berasal dari ranting pohon dan sisa-sisa kayu yang Sangkuriang gunakan saat membuat perahu.

Curug Putri dan Curug Cijalu di Burangrang

pendakian gunung Burangrang

Jika gunung Gede Pangrango memiliki Curug Cibereum atau air terjun Cibereum, maka gunung Burangrang juga memiliki air terjun yang tak kalah menarik. Bahkan, gunung Burangrang tidak hanya memiliki satu air terjun atau curug, tapi dua.

Air terjun pertama yang terkenal di gunung Burangrang adalah curug Cijalu yang berada pada ketinggian 1.300 mdpl. Sementara curug yang kedua adalah curug Putri yang ketinggiannya lebih rendah dibandingkan curug Cijalu.

Menurut beberapa kepercayaan masyarakat di sekitar gunung Burangrang, baik curug Cijalu mau pun curug Putri adalah pertapaan orang-orang sakti dari tanah sunda. Kedua curug ini dianggap keramat dan memilki nilai supranatural yang kental untuk tempat bersemedi.

Nah, yang menarik adalah tidak hanya manyarakat asli sunda yang percaya jika kedua curug ini istimewa. Bahkan, masyarakat Tionghoa yang cukup banyak berinteraksi dengan gunung Burangrang juga meyakini bahwa curug Cijalu dan curug Putri adalah tempat mandinya para peri dan bidadari kayangan, lho.

Bagaimana, menarik banget, kan?

Menjadi Tempat Jatuhnya Beberapa Pesawat

pendakian gunung Burangrang

Ada beberapa pesawat yang jatuh di sekitar wilayah gunung Burangrang. Beberapa yang cukup terkenal dan mungkin kamu masih ingat adalah pesawat Cessna 172 milik Nusa Flying International dan helikopter milik Departemen Kehutanan.

Mitos yang berkembang adalah pesawat-pesawat malang ini terbang di atas makam pahlawan kerajaan Mataram Kuno di gunung Burangrang. Berdasarkan mitos yang sama pula, terbang di atas makam pahlawan kerajaan Mataram adalah pantangan di gunung Burangrang yang tidak boleh dilanggar.

Tidak ada yang dapat membuktikan secara ilmiah apakah ada hubunganya pesawat yang jatuh dengan terbang melintasi makam para pahlawan kerajaan Mataram Kuno. Hingga sekarang, semuanya masih menjadi misteri di gunung Burangrang yang tidak terpecahkan.

BACA JUGA:

pendakian gunung Burangrang

Setelah mengetahui berbagai informasi tentang gunung Burangrang di atas, bagaimana pendapatmu, apakah kamu ingin tetap mendakinya?

Nah, jika kamu ingin terus mendaki dan menikmati keindahan gunung Burangrang, yuk, gunakan selalu produk-produk terbaik dari Akasaka Outdoor, ya.

Dengan kontur pendakian gunung Burangrang yang khas hutan tropis Indonesia, produk Akasaka adalah pilihan terbaik buat kamu untuk menjelajahinya.

YUK, KLIK DISINI SEKARANG DAN DAPATKAN PRODUK TERBAIK DARI AKASAKA UNTUK MENEMANI KAMU BERTUALANG

Baca Ini Juga Yuk!

INI 10 SPOT ROCK CLIMBING DI INDONESIA YANG TERKENAL HINGGA MANCANEGARA
INI 10 SPOT ROCK CLIMBING DI INDONESIA YANG TERKENAL HINGGA MANCANEGARA
Aktivitas rock climbing atau panjat tebing, tentu bukan hal yang asing di Indonesia. Para pemanjat tebing tanah air, sudah sering berkompetisi di kelas dunia, menjadi juara dan bahkan memecahkan re...
Read More
PORTER GUNUNG ADALAH PAHLAWAN BAGI PARA PENDAKI; INI 7 FAKTANYA
PORTER GUNUNG ADALAH PAHLAWAN BAGI PARA PENDAKI; INI 7 FAKTANYA
Bagi beberapa pendaki, porter gunung adalah orang-orang yang menyewakan tenaga mereka untuk membawa barang-barang para pendaki dan tidak lebih dari itu. Padahal jika Sobat Akasaka berkenan untuk be...
Read More
TERNYATA INI 7 FAKTA PUNCAK CARTENZ YANG JARANG DIKETAHUI PARA PENDAKI
TERNYATA INI 7 FAKTA PUNCAK CARTENZ YANG JARANG DIKETAHUI PARA PENDAKI
Tidak hanya populer di Indonesia, puncak Cartenz Pyramid yang terletak di pegunungan Jaya Wijaya, Irian Jaya, juga tersohor hingga manca negara. Puncak ini menjadi salah satu destinasi utama dalam ...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published