PENDAKI MENINGGAL DI LATIMOJONG, MUNGKIN INI PENYEBABNYA

pendaki meninggal di Latimojong

Kabar duka kembali menerpa dunia petualangan Indonesia ketika informasi pendaki meninggal di Latimojong memenuhi laman sosial media sejak kemarin. Pendaki tersebut yang diketahui bernama Basuki Rachmat Surahman (40 tahun) berasal dari Jakarta. Korban juga berdasarkan informasi yang beredar, mengalami musibah fatal di salah satu bagian paling ekstrim dalam pendakian gunung Latimojong.

Peristiwa yang mengenaskan ini terjadi sekitar pukul 15:00 WITA di tanjakan terjal menuju Pos 3 dalam pendakian gunung Latimojong. Korban diduga terjatuh di tempat tersebut, kemudian terguling yang menyebabkan ia mengalami cidera yang serius. Namun sejauh ini, belum dapat dipastikan apa sebenarnya penyebab pasti hingga korban sampai meninggal dunia.

Tubuh korban kemudian berhasil dievakuasi ke desa Karangan yang merupakan desa terdekat dari lokasi jatuhnya korban. Dari desa Karangan yang juga adalah desa terakhir dalam pendakian gunung Latimojong, korban kemudian dibawa ke puskesmas Pasui, kecamatan Buntu Batu.

Informasi terakhir mengatakan jika Basuki Rachmat Surahman merupakan seorang pendaki gunung yang tergabung dalam kelompok Jelajah Alam Mandiri Jakarta. Ia bersama beberapa rekannya, berencana untuk mencapai puncak Rante Mario yang memiliki ketinggian 3.478 Mdpl di Gunung Latimojong.

Di samping memiliki medan pendakian yang cukup berat, gunung Latimojong di Sulawesi Selatan juga dalah puncak tertinggi Sulawesi dan menjadi salah satu puncak tujuan dalam sirkuit seven summit Indonesia yang populer.

BACA JUGA:

Gambaran Singkat Medan Pendakian Gunung Latimojong

pendaki meninggal di Latimojong

Gunung Latomojong merupakan salah satu gunung di Sulawesi yang memiliki pemandangan yang sangat indah untuk dijelajahi. Gunung ini berdiri di atas Bumi Celebes dan masuk dalam wilayah kabupaten Enrekang. Sejak aktivitas pendakian gunung menjadi populer, gunung Latimojong juga menjadi gunung yang banyak mendapat kunjungan para pendaki.

Untuk mencapai puncak Rante Mario yang merupakan puncak tertinggi gunung Latimojong, ada beberapa rute pendakian yang umumnya digunakan. Rute-rute ini misalnya adalah rute pendakian dari kampung Karangan, rute pendakian Nememori, dan lain sebagainya. Akan tetapi untuk pendakian reguler, umumnya jalur pendakian kampung Karangan adalah yang paling banyak digunakan.

Para pendaki umumnya membutuhkan  waktu 3-4 hari untuk mencapai puncak Rante Mario dan kembali lagi ke desa Karangan. Dalam simulasi yang lebih umum, para pendaki akan memilih mendirikan camp pertama mereka di Pos 2 yang persis berada di tepi sungai berair sangat jernih dan dingin. Dari Pos 2 ini para pendaki kemudian melanjutkan pendakian mereka hingga ke puncak.

Camp 2 kemudian dapat dipilih untuk didirikan pada Pos 5 atau Pos 7. Namun, sebagian besar pendaki yang memperioritaskan lokasi camp yang dekat dengan sumber air akan memilih  Pos 7 sebagai camp terakhir mereka sebelum melakukan summit atack ke puncak Rante Mario.

BACA PULA:

Medan Ekstrim Pendakian Gunung Latimojong dan Daya Tariknya

pendaki meninggal di Latimojong

Di sepanjang jalur pendakian gunung Latimojong dari desa Karangan hingga puncak Rante Mario, dapat dikatakan bahwa etape pendakian antara Pos 2 dan Pos 3 adalah yang paling berat dan paling ekstrim.

Selain sangat terjal dengan kemiringan yang bisa membuat lutut gemetar, kondisi di tempat ini juga kadang sangat licin jika habis disiram hujan. Untuk melewati medan pendakian ini, jelas kehati-hatian dan stamina yang prima sangat dibutuhkan.  Apalagi di tempat juga banyak terdapat akar pohon dan bebatuan yang membuat kondisinya semakin penuh risiko.

Terjalnya medan pendakian gunung Latimojong memang cukup menantang bagi beberapa pendaki, bahkan untuk yang sudah berpengalaman sekali pun.

Tempat yang juga sangat menarik dalam pendakian gunung Latimojong adalah hutan lumut yang dapat dijumpai pada etape pendakian antara Pos 6 dan Pos 7. Di hutan lumut ini, para pendaki akan menjumpai sebuah medan pendakian yang sangat eksotis dimana segala sesuatunya tertutup oleh lumut.

Tempat lain yang juga sangat menarik di gunung Latimojong tentu saja adala puncak Rante Mario itu sendiri. Jika cuaca cerah, dari puncak ini para pendaki akan melihat luas dan indahnya tanah Sulawesi. Bahkan Selat Makassar nun jauh di ujung sana, kadang juga bisa terlihat.

 

Sumber berita:

>>> DAPATKAN PERLENGKAPAN MENDAKI GUNUNG TERBAIK DARI AKASAKA OUTDOOR DISINI <<<

Leave a comment

All comments are moderated before being published