Pecinta Bikers, Coba Trek Downhill Ini

Bagi pecinta bikers, menyusuri perbukitan sembari melewati berbagai obstacle dengan menggunakan sepeda adalah hal yang menyenangkan sekaligus memacu adrenalin. Meskipun kegiatan ini memiliki risiko tinggi karena dapat menyebabkan cedera parah, tetapi penggemar olahraga MTB (Mountain Bike) semakin meningkat setiap tahunnya.

Tak ayal, sejumlah trek sepeda baru mulai bermunculan. Tak hanya menawarkan lintasan yang menantang, melainkan juga pemandangan indah dan fasilitas mumpuni. Nah, bagi sobat Akasaka yang menyukai kegiatan ini, ada sejumlah rekomendasi trek downhill yang sangat sayang bila dilewatkan. Adapun daftarnya, antara lain sebagai berikut.

 

Cihuni, Tangerang


Cihuni, Tangerang - 2.bp.blogspot

 

Pada mulanya ada tiga trek di Cihuni yang dapat dinikmati bikers, tetapi kini hanya ada satu lintasan yang masih dapat digunakan, yakni Hill Park 1. Lokasinya berada di bukit desa Cijantera, Tangerang atau dikenal dengan sebutan Gunung Batu.

Berbeda dengan kebanyakan trek downhill yang ada, trek Cihuni hampir menyerupai roller coaster. Lintasannya berupa tanjakan dan turunan yang menyambung tanpa putus dengan ketinggian wajar. Sangat seru, terutama untuk bikers pemula.

Cikole, Bandung

Trek Cikole di Lembang, Bandung merupakan tempat yang cocok bagi bikers baru karena selain menyediakan jalur untuk profesional, ada lintasan khusus pemula. Trek ini akan semakin menantang dan seru saat hujan turun. Bersepeda di balik pepohonan sembari menikmati segarnya percikan air hujan terasa sangat luar biasa.

Tlogo, Salatiga


Tlogo, Salatiga - codesport

 

Trek Tlogo di Salatiga tergolong baru. Meski demikian, jalur ini sudah populer dikalangan pecinta bikers. Lintasan yang ditawarkan cukup menantang apalagi ketika musim penghujan tiba. Di mana kondisi jalan akan sangat basah dan licin.

Sementara di musim kemarau, lintasan akan sangat berat dilewati karena terasa seperti bersepeda di atas pasir. Bikers harus berhati-hati agar tidak terjatuh. Kecepatan tangan untuk melakukan pengereman sangat diperlukan.

Tak hanya itu saja, trek Tlogo pun dilengkapi dengan obstacle yang dapat meningkatkan adrenalin. Salah satunya, jembatan dengan panjang mencapai 19 kilometer.

Bukit Sulap, Lubuk Linggau

Bukit Sulap merupakan salah satu trek sepeda downhill terbaik di dunia. Bukit Sulap dikenal memiliki kontur yang cocok sebagai jalur sepeda gunung. Medannya ekstrem, turunannya terjal, sangat menantang. Uniknya, lintasan ini berada di tengah kota dengan waktu tempuh yang singkat.

Tak heran jika di tahun 2014, Bukit Sulap digunakan sebagai lokasi ajang bergengsi Asian Mountain Bike Championship (AMBC). Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) pun pernah menggelar National Championships 2017 untuk cross country dan downhill di Bukit Sulap.

Umbul Sidomukti, Semarang


Umbul Sidomukti, Semarang - i.ytimg

 

Trek Umbul Sidomukti menawarkan sensasi menegangkan  yang sangat sayang jika dilewatkan pecinta bikers. Panjang lintasannya cukup panjang dengan obstacle lengkap, seperti speed jump, double jump, super bowl, jembatan, drop, dan table top.

Fasilitasnya pun lengkap. Maklum saja, trek Umbul Sidomukti berada di kawasan wisata. Lintasan ini pernah dijadikan lokasi Kejuaraan Nasional 76 Indonesian Downhill 2016.

Wonogondang, Yogyakarta

Trek Wonogondang menyuguhkan pemandangan segar di sekitar lereng Gunung Merapi. Pada mulanya, jalur yang ada terbentuk secara alami. Namun, karena sering digunakan sebagai lokasi kejuaraan sepeda gunung, sejumlah jalur dibenahi sesuai dengan standar keamanan.

Secret Trek, Bali


Secret Trek, Bali - lh4.googleusercontent

 

Serupa dengan Wonogondang, Secret Trek di Bali pun menyajikan panorama Gunung Batur di kejauhan. Titik mula trek ini dimulai dari Bukit Penulisan-Tianyar, Kintamani dan berakhir di pantai. Jarak Secret Trek termasuk panjang, yakni mencapai 16,5 kilometer.

 

Itulah beberapa trek sepeda downhill yang dapat sobat Akasaka coba. Agar kegiatan bersepeda semakin seru, kenakan sepasang sandal Akasaka yang nyaman di kaki dan tahan banting di segala medan. Sandal ini akan membuat penampilan sobat Akasaka semakin keren dan trendi. Nah, tunggu apalagi? Yuk, pesan sandal Akasaka sekarang juga!

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published