7 DESTINASI ANDALAN KETIKA BERWISATA GUNUNG HAWU

Adrenalin Gunung Hawu

Apakah Sobat Akasaka berencana berwisata ke Jawa Barat? Jangan lupa memasukkan Gunung Hawu sebagai salah satu daftar tujuan. Wisata Gunung Hawu yang memadukan panorama menawan dengan aktivitas pemacu adrenalin, sangat cocok untuk kamu yang berjiwa petualang.

Nah, bagaimana keseruan berwisata ke Gunung Hawu yang bisa kamu nikmati? Simak uraian lengkapnya berikut ini, ya.

Beragam Destinasi Andalan Wisata Gunung Hawu yang Bisa Kamu Nikmati

Nama gunung Hawu ini bermakna “kompor” dalam bahasa Sunda, merujuk pada bentuk pilar-pilar karangnya yang berlubang di bawah. Jika namanya saja sudah seunik itu, bagaimana pula dengan pesona wisatanya? Tentu saja akan lebih menarik lagi, bukan?

Daripada kamu penasaran, yuk simak informasi berikut tentang wisata menarik di Gunung Hawu.

Profil dan Fakta Tentang Gunung Hawu

Fakta Gunung Hawu

Lokasi tebing Gunung Hawu terletak di Padalarang, tidak jauh dari Desa Cidadap dan Pamucatan. Gunung kapur ini sebenarnya terkenal dengan penambangan kapurnya, tetapi penduduk sekitar bekerja sama menciptakan potensi wisata untuk mengurangi aktivitas penambangan. Mulai dari sekolah panjat tebing hingga permainan pemicu adrenalin dan bahkan aktivitas pelestarian lingkungan. Penduduk lokal melakukan berbagai cara agar bentuk mirip kompor dari gunung kapur ini tetap terjaga.

Sobat Akasaka yang naik kendaraan sewaan atau pribadi bisa menyusuri Tol Padalarang untuk mencapai gunung ini. Setelah keluar pintu tol, kamu harus terus mengemudi hingga masuk ke area perumahan Parahyangan, dan belok kiri setelah keluar dari komplek perumahan tersebut. Ketika kamu melihat papan petunjuk ke arah Stone Garden Geo Park, ikuti jalur tersebut.

Kamu juga bisa naik kendaraan umum dari Bandung dengan tujuan Puncak atau Cianjur. Turun di perempatan Tagog atau Arab, dan ganti kendaraan umum dengan rute menuju Ciputat. Ketika sudah dekat, kamu bisa naik ojek untuk mencapai area gunung.

Berbagai Kegiatan dan Spot Wisata di Gunung Hawu

Kegiatan Gunung Hawu

Gunung Hawu menghadirkan berbagai aktivitas wisata menyenangkan yang bisa kamu nikmati saat berkunjung. Beberapa spot yang paling menarik misalnya adalah;

Melihat Matahari Terbit dan Terbenam

Puncak-puncak Hawu adalah tempat ideal untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Bentuk puncak-puncak yang mirip pilar memberi titik-titik ideal untuk memandang matahari terbenam dan terbit. Karena gunung ini tidak memiliki jam buka-tutup, kamu bisa datang beberapa jam lebih awal untuk melihat fenomena alam tersebut.

Menjajal Hammock di Ketinggian

Wisata tebing Gunung Hawu Bandung populer karena memiliki sebuah tempat tidur gantung (hammock) yang digantung di ketinggian, tepat di antara dua puncak tebing. Kamu bisa menyusuri tali untuk mencapai hammock ini, lalu bersantai sambil duduk atau tiduran di ketinggian.

Ikut Kelas Memanjat

Gunung Hawu menjadi lokasi pelatihan memanjat singkat oleh SKYGERS. Kamu bisa menjajal berbagai teknik dalam kelas-kelas singkat, misalnya memanjat dinding karang atau menuruni gua vertikal dengan bergantung pada tali. Jangan lupa membawa perlengkapan dan pakaian outdoor terbaik dari Akasaka untuk kegiatan ini!

Melompat-Lompat di Space Net

Space net adalah jaring lebar yang dipasang di ketinggian, mirip dengan hammock. Bedanya, jaring ini berukuran besar dan memiliki daya pantul, sehingga kamu bisa bebas bermain dan melompat-lompat di atasnya. Bermain di ketinggian sambil melihat dasar gunung lewat sela-sela jaring akan menantang keberanianmu dengan cara menyenangkan.

Mengayuh Sepeda Gila

Sepeda gila adalah permainan berupa sepeda di kabel yang menjulang di ketinggian. Kamu bisa menaiki sepeda ini dan menyusuri jalur kabel bolak-balik, sehingga kesannya seperti naik sepeda di langit.

Mengunjungi Stone Garden

Stone Garden Geo Park adalah tempat wisata yang berlokasi tidak jauh dari Gunung Hawu. Kamu bisa naik ke puncak bukit yang ada di area ini, menyusuri Gua Pawon, serta menyewa kuda.

Berkemah

Beberapa titik yang ada di Gunung Hawu cocok untuk melakukan kemah singkat. Nah, dikarenakan di tempat agak sulit untuk memperoleh sumber air, maka sebaiknya kamu membawa bekal air minum, ya. Dan tentu saja tumblr botol minum pendaki gunung dari Akasaka Outdoor adalah perlengkapan yang sangat ideal untuk kamu gunakan selama berkemah di gunung ini.

Wisata Hawu menawarkan paduan antara ketegangan dan keindahan panorama. Pastikan kamu menjajal gunung ini saat berkunjung ke Jawa Barat.

Leave a comment

All comments are moderated before being published