TERNYATA INI 10 FAKTA GUNUNG FUJI YANG BANYAK ORANG TIDAK TAHU

gunung Fuji

Ada banyak tempat menarik di negara Jepang namun tidak pernah ada yang semenarik gunung Fuji. Gunung yang sangat ikonik ini telah menjadi landmark tersendiri bagi Negara Matahari Terbit. Keindahan gunung Fuji telah terkenal ke hampir semua pelosok dunia dan sulit untuk menemukan tempat dengan keserasian yang sama seperti halnya gunung Fuji.

Selain sangat indah, ternyata gunung Fuji juga menyimpan banyak fakta mencengangkan, lho. Berikut Akasaka Journal telah menuliskan 10 di antaranya untuk kamu.

Yuk, disimak ulasan lengkapnya.

BACA JUGA:

10 Fakta Gunung Fuji yang Paling Menarik dan Jarang Diketahui

Gunung Fuji

Aktivitas mendaki gunung Fuji adalah impian banyak orang Jepang. Bahkan bukan hanya orang Jepang, banyak pula wisatawan asing yang berkunjung ke Negeri Sakura ini hanya untuk merasakan sensasi dan keindahan mendaki gunung Fuji.

Di samping sebagai gunung tertinggi di Jepang dan tujuan paling populer para pendaki gunung di sana, gunung Fuji ternyata juga memiliki banyak fakta menarik. Gunung dengan ketinggian 3.776 Mdpl ini adalah gunung api tertinggi kedua di Asia setelah gunung Kerinci di Sumatera. Bentuk gunung Fuji juga kerucut sempurna yang dalam istilah gunung api disebut dengan strato volcano.

Selain dikenal dengan nama gunung Fuji, gunung ini juga dikenal dengan nama Fuji-San, Fuji-Yama, atau gunung Fujiyama. Namun dalam dunia internasional, namanya lebih akrab sebagai gunung Fuji atau Mount Fuji saja.

Dengan warna gunung Fuji yang tertutup oleh salju di bagian puncak dan bentuknya kerucut sempurna, ditambah lagi beberapa danau yang cantik di kakinya, gunung Fuji benar-benar tempat super eksotis untuk kamu kunjungi.

Nah, sebelum kamu mendaki gunung Fuji dan mengaguminya lebih lanjut, berikut adalah beberapa fakta gunung Fuji yang harus kamu tahu.

Gunung Fuji Terdiri dari Tiga Gunung Api, Bukan Satu

Gunung Fuji

Fakta pertama dari gunung Fuji yang tidak banyak diketahui adalah gunung ini merupakan gabungan dari tiga gunung api, bukannya satu.

Ketika kamu melihat gambar gunung Fuji yang menjulang dengan bentuk kerucut sempurna, kamu pasti mengira bahwa ini adalah sebuah gunung yang utuh, kan? Sayangnya dugaan banyak orang itu harus mereka revisi kembali karena ternyata gunung Fuji adalah gabungan dari tiga gunung yang kemudian menjadi satu.

Bagian pertama dari tiga bagian gunung Fuji ini adalah Gunung Komitake yang terletak pada bagian paling bawah. Kemudian bagian tengah dari gunung ini dinamakan dengan Gunung Kofuji. Sedangkan bagian puncak atau bagian atas, barulah dinamakan dengan Gunung Fuji.

Di antara tiga bagian yang membentuk gunung raksasa ini, gunung Fuji pada bagian yang paling atas adalah yang paling muda dari sisi usia terbentuknya.

Wanita Dilarang Mendaki Gunung Ini Hingga Tahun 1868

Gunung Fuji

Apakah kamu masih ingat perjuangan pendaki wanita Jepang bernama Junko Tabei yang bertarung melawan diskriminasi gender sebelum ia berhasil mencapai puncak Everest sebagai wanita pertama di bumi?

Diskriminasi gender juga sangat kental dalam masyarakat Jepang masa lalu. Wanita dianggap tidak layak untuk melakukan banyak kegiatan yang berisiko dan maskulin. Mendaki gunung termasuk di antaranya. Bahkan gunung Fuji yang merupakan gunungnya orang Jepang, tidak diperbolehkan untuk didaki perempuan hingga tahun 1868.

Ada sebuah kepercayaan feodal yang dianggap sebagai bagian dari misteri gunung Fuji dimana perempuan dilarang mendaki sebelum tahun itu. Kamu dapat menemukan detail informasi ini dalam buku Dewi Gunung yang ditulis oleh Anton Sujarwo disini.

Gunung Fuji adalah Gunung yang Suci

Gunung Fuji

Jika di Himalaya adalah gunung Machapuchare, Gunung Kailash dan gunung Kangchenjunga sebagai gunung yang dianggap suci, maka Jepang pun memiliki gunung suci yang jumlahnya ada tiga.

Gunung pertama yang dianggap suci oleh para penganut kepercayaan Shinto di Jepang adalah Gunung Tate, kemudian Gunung Haku dan yang terakhir tentu saja Gunung Fuji. Kepercayaan Shinto yang menganggap gunung Fuji sebagai gunung yang suci ini setidaknya bertahan hingga abad ke-7.

Pada saat masih dianggap suci, gunung ini sama sekali tidak boleh didaki. Namun sekarang, seiring perkembangan pemikiran dan ideologi, sudah lebih banyak orang yang diperbolehkan untuk menyaksikan pemandangan gunung Fuji dengan cara mendaki hingga ke puncaknya.

Pendakian Pertama Puncak Gunung Fuji Dilakukan oleh Biksu

Gunung Fuji

Gunung Fuji mungkin adalah satu-satunya gunung terkenal di dunia dengan pendakian pertamanya dilakukan oleh biksu. Tahun 663 masehi, seorang biksu bernama En No Edzuno atau En no Gyoja berhasil mencapai puncak gunung ini untuk yang pertama kali.

Dikarenakan dilakukan pada waktu yang sudah sangat lama, tidak diketahui rute pendakian gunung Fuji yang mana yang digunakan oleh sang biksu pada saat itu. Manuskrip budha hanya mengatakan bahwa En no Edzuno mencapai puncak gunung suci pada saat itu.

Pencacatan yang lebih rapi tentang pendakian gunung Fuji mungkin baru dilakukan setelah tahun 1900-an. Akan tetapi pada tahun 1860, seorang pendaki gunung Eropa bernama Sir Rutherford Alcok tercatat telah mencapai puncak Gunung Fuji sebagai orang Eropa pertama.

Merupakan Simbol dan Ciri Khas Negara Jepang

Gunung Fuji

Sudah sejak lama gunung Fuji menjadi bagian penting dari bangsa Jepang. Letak gunung Fuji di Negara Matahari Terbit ini telah menginspirasi banyak hal mendasar yang kemudian menjadi landasan kebudayaan bangsa Jepang.

Saat ini gunung Fuji adalah simbol paling ikonik dari negara Jepang. Jika kamu melihat lukisan gunung Fuji dengan kreasi bunga Sakura atau danau yang luas, kamu sudah pasti bisa menebak bahwa itu adalah lukisan tentang Jepang, bukan?

Gunung Fuji memiliki kontribusi dalam membentuk kebudayaan dan peta geografis spiritual bangsa Jepang. Gunung ini juga memberikan banyak ilham kepada seniman, penulis, dan sastarwan untuk membuat karya mereka berdasarkan sosok gunung Fuji.

Gunung Fuji adalah Gunung Api yang Masih Aktif

Gunung Fuji

Fakta selanjutnya yang cukup jarang diketahui oleh masyarakat tentang gunung Fuji adalah bahwa gunung ini merupakan gunung api yang aktif.

Gunung fuji meletus telah memiliki catatan sejarahnya sendiri. Erupsi gunung ini yang berhasil dicatat pertamakalinya terjadi pada tahun  781 tanggal 31 Juli. Saat itu erupsi gunung Fuji dicatat dalam babad Shoku Nihongi. Namun tidak ditemukan detail sejarah yang lebih lengkap mengenai dampaknya.

Di antara 10 letusan gunung Fuji yang berhasil dicatat sejarah, mungkin erupsi tahun 864, 865 dan 866 adalah yang paling penting. Pada saat itu letusan gunung Fuji aktif menciptakan 3 buah danau raksasa yang sekarang ada di kakinya.

Gunung Fuji Dikelilingi oleh Lima Danau yang Indah

Gunung Fuji

Ciri khas gunung Fuji yang banyak tersebar di internet adalah areal kuncup kerucutnya yang ditutupi salju, dan banyak difoto dengan kombinasi sebuah danau.

Namun sebenarnya, tahukah kamu ada berapa banyak danau di kaki gunung Fuji?

Yap, benar banget.

Setidaknya ada lima danau yang terdapat di sekeliling kaki gunung Fuji. Danau-danau ini terletak di atas ketinggian 1.000 Mdpl dengan keindahan pemandangan yang sulit dicari tandingannya. Nama-nama danau yang mengelilingi gunung Fuji adalah; Danau Kawaguchi, Danau Yamanaka, Danau Sai, Danau Motosu dan, Danau Shoji.

Nah, gambar keindahan gunung Fuji yang banyak tercetak di atas lukisan atau internet itu biasanya diambil dari tepian Danau Shoji. Dibanding empat danau lain, danau ini memang yang paling terkenal.

Gunung Fuji Memiliki Empat Jalur Menuju Puncaknya

Gunung Fuji

Setidaknya terdapat empat rute pendakian gunung Fuji yang bisa kamu pilih jika ingin mendaki gunung ini. Semua rute akan memberikan kamu pengalaman dan pemandangan gunung Fuji yang unik dan sangat indah.

Empat rute paling populer dan paling banyak digunakan oleh para pendaki adalah; Rute Kawguchiko, Rute Subashiri, Rute Fujinomiya dan, Rute Gotemba. Jarak tempuh keempat rute ini bervariasi, namun rata-rata enam jam adalah durasi pendakian yang dibutuhkan untuk mencapai puncak gunung Fuji.

Biasanya ada sekitar 10 shelter untuk istirahat pada setiap rute sebelum kamu mencapai puncak. Di shelter-shelter ini kamu bisa memperoleh minuman dan juga makanan.

Gunung Fuji adalah Gunung yang Paling Banyak Didaki Manusia

Gunung Fuji

Menurut perkiraanmu, berapa jumlah pendaki gunung Fuji setiap tahunnya?

Jika kamu menyebutkan angka seribuan, dua ribu atau bahkan lima puluh ribu, maka tebakanmu meleset. Kunjungan ke gunung Fuji setiap tahunnya adalah hingga 300.000 orang dan itu terjadi dalam dua bulan saja!

Fantastis banget, kan?

Itu adalah angka kunjungan tertinggi sebuah gunung dalam waktu satu tahun, lho.

Sepanjang tahun, musim pendakian gunung Fuji biasanya terjadi pada bulan Juli dan Agustus. Di luar kedua bulan tersebut, pendakian gunung Fuji memiliki risiko yang lebih tinggi karena cuaca yang lebih dingin dan bersalju. Meskipun demikian, beberapa pendaki dengan keterampilan yang lebih baik, biasa melakukan pendakian pula pada saat kondisi gunung Fuji sedang bersalju.

BACA JUGA:

Gunung Fuji

Nah, itu adalah 10 fakta gunung Fuji yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Setelah mengetahui keindahan gunung Fuji dan berbagai fakta menarik yang mengelilinginya, lantas bagaimana dengan kamu; apakah kamu juga tertarik untuk mendakinya?

Oh ya, jika kamu ingin berkunjung ke Jepang dan mendaki gunung Fuji, pastikan kondisi kesehatanmu prima, ya. Sementara untuk perlengkapan mendaki hingga ke puncak gunung Fuji dan berjalan-jalan di berbagai destinasi populer Jepang, kamu bisa mempercayakan penampilanmu pada produk Akasaka Outdoor yang sudah terkenal tangguh, stylish, dan sangat nyaman.

Jadi, dicoba saja, ya.

BUKTIKAN KETANGGUHAN PRODUK AKASAKA OUTDOOR DISINI

Baca Ini Juga Yuk!

BEGINI CARA MEMILIH SLEEPING BAG TERBAIK UNTUK TIDUR NYAMAN DI ATAS GUNUNG
BEGINI CARA MEMILIH SLEEPING BAG TERBAIK UNTUK TIDUR NYAMAN DI ATAS GUNUNG
Tidur nyaman di atas gunung memang agak sulit diperoleh karena pengaruh ketinggian. Namun dengan mengerti cara memilih sleeping bag terbaik, paling tidak istirahat nyaman di atas gunung bisa kamu d...
Read More
INI 8 SPOT SNORKELING PALING KEREN DI INDONESIA YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI
INI 8 SPOT SNORKELING PALING KEREN DI INDONESIA YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI
Dengan bentang perairan yang demikian luas, Indonesia sudah pasti adalah surga bagi kamu yang menggemari petualangan air, termasuk snorkeling. Dari ujung Barat banda Aceh hingga ujung Timur Papua, ...
Read More
BEGINI CARA MEMILIH KOMPOR GUNUNG TERBAIK UNTUK MENEMANI PETUALANGANMU
BEGINI CARA MEMILIH KOMPOR GUNUNG TERBAIK UNTUK MENEMANI PETUALANGANMU
Jika kamu adalah tipe petualang yang suka merebus mie instan pada malam hari dan menyeduh tes atau kopi panas di pagi harinya, maka kamu membutuhkan kompor gunung. Kompor outdoor atau kompor gunung...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published