6 HAL YANG HARUS DIKETAHUI SEBELUM MENGUNJUNGI GOA LOWO TRENGGALEK

Goa Lowo Trenggalek

Jika Sobat Akasaka berniat mengisi liburan dengan sesuatu yang berbeda, cobalah nikmati panjangnya Goa Lowo Trenggalek. Tentu akan memberikan sensasi tersendiri menjelajahi gua yang dinyatakan terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara ini. Sobat Akasaka seolah diajak menelusuri lorong waktu geologi, yang proses pembentukannya terjadi hingga jutaan tahun.

Namun sebelum memutuskan untuk datang ke Trenggalek, beberapa hal tentang Goa Lowo ini perlu untuk Sobat Akasaka ketahui supaya perjalanannya semakin berkesan dan menyenangkan. Nah, apa sajakah hal penting tentang Goa Lowo yang perlu diketahui itu? Berikut ulasan lengkapnya.

6 Hal Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Berkunjung ke Goa Lowo Trenggalek

Dengan konstruksi goa yang sudah sangat estetis, awal sejarah Goa Lowo Trenggalek diperkirakan telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Buat Sobat Akasaka yang ingin belajar tentang aktivitas manusia prasejarah, Goa Lowo ini mungkin bisa menjadi pilihan menarik karena banyak informasi yang terkandung di dalamnya.

Lalu apa saja hal-hal penting mengenai Goa Lowo yang harus Sobat Akasaka ketahui sebelum berkunjung ke tempat ini? Berikut daftarnya!

Lokasi Goa Lowo

Lokasi Goa Lowo Trenggalek

Goa Lowo berada di Desa Watu Agung, Kecamatan Watu Limo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Lokasinya kira-kira 30 km dari Kota Trenggalek. Rute ke Goa Lowo searah dengan jalur wisata pantai selatan, karenanya Sobat Akasaka dapat sekaligus mampir ke Pantai Prigi atau pun ke Pantai Pasir Putih yang juga merupakan objek wisata andalan kabupaten Trenggalek.

Akses Menuju Goa Lowo

Jalur Menuju Goa Lowo

Kondisi jalan dari Kota Trenggalek ke Goa Lowo cukup kondusif, kendati memang bukan jalan besar. Berada di wilayah pedesaan membuat jalanan yang dilalui relatif sepi dari lalu lalang kendaraan. Semakin mendekati lokasi tujuan, pengendara harus lebih berhati-hati karena medan berbukit yang naik turun dengan tikungan-tikungan tajam.

Ruang Nyaman untuk Melepas Lelah

Ruang Nyaman Untuk Istirahat Di Goa Lowo Trenggalek

Berjalan kaki dari parkiran hingga ke dalam gua tentu cukup membuat berkeringat. Jika Sobat Akasaka ingin bersantai sejenak melepas lelah, terdapat ruang gua yang cukup luas menyerupai aula dan dilengkapi tempat duduk juga meja.

Panjang dan Ruang Jelajah Goa Lowo

Panjang Goa Lowo Trenggalek

Keseluruhan panjang gua sebenarnya diperkirakan hingga 5 km, tetapi untuk menjangkaunya dibutuhkan keahlian dan peralatan khusus. Pengelola memfasilitasi dengan jembatan beton untuk memudahkan pengunjung menyusuri 850 meter panjang gua yang terdiri dari 9 ruang, 1.150 meter berikutnya hanya dapat dinikmati dengan menyelam di kedalaman 10 meter ke perut gua.

Walau agak lembap, tetapi dengan ukuran gua yang cukup besar, yaitu mencapai 50 meter dengan ketinggian antara 20 sampai 50 meter, membuat tidak terasa sumpek ketika semakin dalam memasuki gua.

Pesona Keindahan Gowa Lowo

Keindahan Goa Lowo Trenggalek

Lelah di perjalanan sepertinya terbayar dengan suasana asri di sekitar Goa Lowo, terasa menyejukkan dengan rimbun pepohonan jati yang mengelilingi gua dan kebersihan yang terjaga. Di tempat ini sebelum masuk, Sobat Akasaka bisa terlebih dahulu membeli tiket masuk Goa Lowo Trenggalek, sekaligus mempersiapan perlengkapan yang mungkin dibutuhkan saat ada di dalam.

Untuk mencapai mulut gua, Sobat Akasaka harus berjalan kaki melewati jembatan yang membelah sungai. Setelah jembatan, terdapat sebuah patung berwujud seorang ratu bersayap kelelawar, penduduk sekitar menyebutnya Sri Ratu Lowo. Di dalam gua memang terdapat tanda-tanda keberadaan kelelawar yang kabarnya berjumlah ribuan, mungkin karena itu pulalah dinamai Goa Lowo atau gua kelelawar.

Tak perlu berlama-lama, pengunjung segera disuguhi keindahan yang memanjakan mata begitu memasuki gua. Sorot lampu aneka warna yang terpasang di sela bebatuan, yang bentuknya menyerupai benda-benda tertentu, terbias saat pancarannya menerpa stalaktit dan stalagmit yang menyelimuti langit-langit dan lantai gua.

Keistimewaan wisata Goa Lowo Trenggalek semakin lengkap dengan suara gemercik air yang kentara terdengar berasal dari tetesan stalaktit dan sungai di bawah tanah, laksana senandung alam yang menenteramkan. Di beberapa titik, Sobat Akasaka akan merasakan seperti diterpa gerimis dari air di atas gua yang memercik tipis-tipis. Air di sini sangat jernih dan segar untuk membasuh wajah.

Fasilitas Pendukung di Goa Lowo

Fasilitas Pendukung Goa Lowo Trenggalek

Sebagai sebuah objek wisata, Goa Lowo dilengkapi berbagai fasilitas pendukung yang menunjang kenyamanan pengunjung. Selain lahan parkir yang luas, juga tersedia mushola, kamar mandi, dan warung makanan.

Sebagai tambahan saran untuk Kamu yang ingin menikmati indahnya Goa Lowo Trenggalek, bekalilah diri dengan alas kaki yang nyaman, kuat dan juga tahan air. Hal ini penting karena kondisi lantai goa yang lembab kadang juga menjadi licin akibat digunakan oleh pengunjung berlalu lalang. Untuk kebutuhan alas kaki, sandal gunung terbaik dari Akasaka dengan tipe berikut ini adalah yang paling direkomendasikan untuk kamu.

Nah, sekarang sudah siap bertualang ke Goa Lowo, kan?

Leave a comment

All comments are moderated before being published