MENGENAL 5 JENIS JAKET OUTDOOR TERBAIK UNTUK AKTIVITAS ALAM BEBAS

jaket outdoor terbaik

Sebagai seorang petualang, kamu tentu sudah tahu bahwa ada cukup banyak jenis jaket outdoor terbaik yang paling direkomendasikan dalam aktivitas luar ruang. Jaket-jaket ini didesain sedemikian rupa sebagai perlindungan yang paling memadai dari gempuran cuaca alam liar yang tak menentu. Semakin baik kamu mengenal spesifikasi sebuah jaket outdoor, maka semakin mudah pula bagimu untuk memilih mana yang paling ideal untuk aktivitas outdoor yang kamu lakukan.

Lantas, apa sajakah jenis jaket-jaket outdoor yang paling umum dipergunakan dalam dunia petualangan?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal 5 Jenis Jaket Outdoor Terbaik dalam Berbagai Kegiatan Petualangan

jaket outdoor terbaik

Sebagai sebuah aktivitas yang dilakukan di luar ruang, salah satu tantangan paling dasar dari petualangan adalah cuaca. Hujan, panas, badai, angin kencang, ranting-ranting yang tajam, bahkan sampai es dan bebatuan karang, adalah berbagai tantangan yang membutuhkan persiapan dalam menghadapinya. Sejauh ini, metode perlindungan paling efektif bagi seorang petualangan terhadap cuaca adalah dengan menggunakan outer wears yang tepat.

Outer wears terdiri dari banyak jenis, dan salah satu yang paling umum tentu saja adalah jaket. Nah, jaket untuk kegiatan outdoor tentu saja memiliki spesifikasi yang berbeda dengan jaket-jaket pada umumnya. Ketika jaket lain lebih mengutamakan fungsi fashion misalnya, maka jaket outdoor lebih memprioritaskan fungsi proteksi yang dimilikinya.

Jaket outdoor waterproof dan windproof sejauh ini masih dianggap sebagai standar sebuah fungsi proteksi jaket aktivitas alam bebas. Artinya, kemampuan sebuah jaket outdoor untuk melindungi penggunanya dari hujan (air) dan dingin (angin) adalah kemampun paling dasar yang harus dimiliki oleh sebuah jaket outdoor.

Nah, berikut ini adalah 5 jenis jaket outdoor yang paling umum dipergunakan dalam berbagai kegiatan petualangan dan alam bebas. Seperti penjelasan di atas, pada umumnya jaket ini diklasifikasikan berdasarkan pada fungsi proteksi yang dimilikinya.

Lantas apa saja jenis jaket waterproof and windproof paling umum dalam aktivitas alam bebas?

Berikut detailnya;

BACA JUGA:

Jaket Outdoor Windproof

jaket outdoor terbaik

Jenis pertama dari jaket untuk aktivitas luar ruang adalah jaket outdoor waterproof atau anti air. Pada perkembangannya, jaket waterproof untuk kegiatan outdoor ini juga memiliki beberapa klasifikasinya sendiri. Kategori ini didasarkan pula pada seberapa optimal tingkat kemampuan lapisan bahan jaket tersebut dalam menahan penetrasi air hujan.

Pada umumnya jaket-jaket gunung yang diproduksi di Indonesia sudah dibekali dengan kemampuan waterproof yang memadai. Akan tetapi ada pula jaket outdoor yang sudah mampu memberikan perlindungan yang lebih baik saat menghadapai intensitas curah hujan yang lebih tinggi.

Tingkatan pada sifat waterproofing jaket gunung, jaket hiking atau pun jaket outdoor secara umum dapat dibedakan misalnya, berdasarkan kemampuan menahan penetrasi airnya. Highly waterproof biasanya dapat dipergunakan pada kondisi hujan deras sekali pun. Sementara medium waterproof adalah yang memiliki kemampuan menahan tekanan air hujan tingkat sedang. Untuk curah hujan ringan, jenis yang disarankan misalnya adalah light waterproof atau pun water rapellent.

Beberapa merk jaket gunung terbaik di dunia yang dibekali teknologi waterproof mengaplikasikan Gore-Tex pada produk mereka. Gore-Tex sendiri adalah sebuah merek dagang teknologi pelapis tahan air untuk berbagai macam material manufaktur seperti pakaian, sepatu, tas dan lain sebagainya. Gore-Tex sejauh ini dianggap sebagai garansi paling maksimal dari kemampuan waterproof perlengkapan outdoor. Termasuk juga untuk jaket.

Jaket Outdoor Waterproof

jaket outdoor terbaik

Oh ya, kamu sudah pasti tahu kan, jika ada perbedaan yang cukup signifikan antara jaket outdoor waterproof dan jaket outdoor windproof?

Hampir semua jaket gunung terbaik 2020 atau pun tahun-tahun sebelumnya yang memiliki kemampuan waterproof, sudah dibekali pula dengan teknologi windproof. Namun sebaliknya, ada cukup banyak material yang secara windproof sudah sangat rekomended, namun dari sisi waterproof belum dapat digunakan secara maksimal.

Pada pendakian gunung atau aktivitas outdoor yang memungkinkan kamu untuk terpapar langsung dengan hembusan angin, menggunakan jaket dengan kemampuan windproof adalah sebuah keharusan. Memang, kerapatan material pada bahan dengan windproof tidak sebaik material waterproof, akan tetapi sebagai tameng penahan angin saat berkegiatan di alam bebas, itu sudah cukup.

Ada cukup banyak merk jaket gunung lokal terbaik yang mempopulerkan istilah mereka sendiri dalam hal fungsionalnya sebagai penahan angin atau windproof. Istilah windbreaker, windshield, dan lain sebagainya, adalah beberapa yang mungkin sudah kamu pernah dengar sebelumnya.

Jaket Outdoor Kombinasi Windproof dan Waterproof

jaket outdoor terbaik

Jenis ketiga dari jaket outdoor yang paling umum digunakan adalah kombinasi antara jenis yang pertama dengan jenis yang kedua. Secara proteksi, jaket yang sudah memiliki kemampuan waterproof dan windproof sekaligus ini, lebih direkomendasikan untuk kamu gunakan dalam bertualang di alam bebas.

Dengan kemampuan material yang bertahan pada penetrasi air hujan dan juga angin, perlindungan tubuhmu akan menjadi lebih maksimal. Jaket dengan spesifikasi seperti ini akan memastikan tubuhmu tetap kering dan aman dari gempuran angin pegunungan. Dan kabar baiknya, sudah cukup banyak pula produsen perlengkapan outdoor yang mampu membuat jaket yang memiliki kemampuan waterproof sekaligus juga windproof semacam ini.

Oh ya, satu hal yang mungkin juga perlu kamu ketahui mengenai jaket waterproof dan windproof adalah tentang seam seal. Istilah ini banyak digunakan sebagai arti dari pelapis jahitan pada bahan waterproof. Penting bagi kamu untuk memilih jaket outdoor yang sudah dibekali dengan seam seal yang kuat untuk menopang performance proteksi jaketnya saat kamu gunakan di alam bebas

Jaket Outdoor Hiking Warm Up

jaket outdoor terbaik

Selanjutnya jenis keempat dalam teknologi jaket outdoor berdasarkan proteksinya adalah warm up atau yang lebih memprioritaskan kemampuan memberi rasa hangat bagi pemakainya. Tidak semua jaket dengan teknologi seperti ini memiliki kemampuan dalam hal waterproof atau windproof sekali pun. Dan sebaliknya pula, ada banyak jaket yang tahan terhadap air dan angin yang juga tidak mampu memberikan rasa hangat yang maksimal.

Ada cukup banyak material yang seringkali dijadikan pilihan untuk kepentingan jaket dengan teknologi ini. Jaket outdoor eiger misalnya banyak menggunakan bahan polar atau fleece yang memang sudah familiar mampu memberikan rasa hangat. Material lainnya yang juga mampu secara signifikan memberikan rasa hangat seperti ini adalah nanuk, bulu angsa atau goose down, wool, dan yang lainnya.

Material seperti fleece pada umumnya membutuhkan perlindungan tambahan supaya fungsinya maksimal. Tanpa material pelindung pada bagian luar, material hangat seperti ini akan sangat riskan terhadap basah, lembab, benda tajam, dan juga angin.

Untuk itulah pada beberapa produk outdoor yang sudah cukup populer digunakan. Bahan polar atau fleece yang berfungsi sebagai warm up ditempatkan sebagai inner atau daleman. Sementara material yang lebih kuat dan rapat namun tidak hangat seperti taslan, parasut dan lain semacamnya, ditempatkan sebagai bagian luarnya.

Jaket Outdoor All in One

jaket outdoor terbaik

Nah, jenis jaket outdoor yang terakhir ini adalah yang paling mahal dari sisi harganya, namun juga yang paling lengkap dari sisi kemampuan proteksinya. Jadi, selain tahan air (waterproof), tahan angin (windproof) jaket ini juga memiliki kemampuan insulated yang baik untuk menjaga tubuh orang yang memakainya tetap hangat atau warm.

Ada beberapa merk outdoor dunia yang sudah sangat terkenal dan memproduksi jaket dengan kemampuan semacam ini. Downsuit yang digunakan oleh para pendaki gunung tinggi seperti di Everest pada umumnya sudah mengadaptasikan teknologi ini.

Material Gore-Tex yang memiliki kemampuan maksimum dalam hal waterproof akan ditempatkan pada bagian paling luar jaket. Sementara pada bagian mid layer atau pertengahan, ada lapisan bulu angsa yang lebih ringan dan hangat. Sementara material yang lebih lembut dan breathable pada umumnya ditempatkan sebagai inner layer yang bersentuhan langsung dengan kulit.

BACA JUGA:

 

jaket outdoor terbaik

Nah, itu adalah beberapa jenis jaket outdoor terbaik yang perlu kamu ketahui berdasarkan kemampuan proteksinya. Kamu dapat menyesuaikan jaket seperti apa yang kamu butuhkan dalam bertualang berdasarkan tingkat risiko seperti apa yang kamu hadapi dalam petualanganmu.

Menjadi sangat menarik pula untuk menyampaikan kepada kamu bahwa Akasaka memiliki beberapa koleksi jaket outdoor yang sangat rekomended untuk kamu gunakan pada iklim di Indonesia. Selain memiliki proteksi yang maksimum untuk aktivitasmu, jaket dari Akasaka Outdoor juda disempurnakan dengan pilihan warna, desain yang super keren dan material yang istimewa.

Supaya lebih jelas, langsung saja lihat jaketnya di bawah ini, ya!

KLIK DISINI DAN DAPATKAN JAKET OUTDOOR TERBAIK DARI AKASAKA UNTUK MENEMANI PETUALANGANMU DIMANA SAJA

Leave a comment

All comments are moderated before being published