MELIHAT INDAHNYA WADUK JATILUHUR DARI GUNUNG LEMBU, MAU?

Waduk Jatiluhur

Apakah sobat Akasaka pernah mendengar Gunung Lembu? Memang gunung ini jarang terdengar, tetapi sobat Akasaka bisa melihat keindahan waduk Jatiluhur dari ketinggian Gunung Lembu ini. Dataran tinggi di sekitar waduk dengan pemandangan hampir 180 derajat ini memang tidak pernah terbayangkan keindahannya sebelumnya.

Gunung Lembu yang terletak di Purwakarta ini memang berada di sekitar waduk dan dapat didaki. Istimewanya gunung yang satu ini menyuguhkan pemandangan yang langsung menghadap waduk Jatiluhur. Selain Gunung Lembu memang terdapat juga Gunung Bongkok dan Gunung Parang. Namun, hanya Gunung Lembu yang paling mudah didaki tanpa membutuhkan keahlian khusus.

Keindahan yang Disuguhkan dari Ketinggian Gunung Lembu

Spot Waduk Jatiluhur

Pendakian cukup pendek dari bawah ke puncak gunung tidak memerlukan waktu lama. Dengan berjalan santai saja Sobat Akasaka dapat menempuh 2-3 jam untuk sampai di puncak. Apalagi kalau berjalan cepat, kamu bisa lebih cepat sampai tentunya. Total jarak yang ditempuh dari bawah menuju ke Batu Lembu ini sekitar 2,1 km. Bagi seorang pendaki profesional, treking di Gunung Lembu ini termasuk relatif mudah.

  • Dari pos pertama saja sobat sudah dapat menyaksikan keindahan Waduk Jatiluhur dari ketinggian. Jadi pemandangan indah ini cukup dapat menyegarkan mata dan menghilangkan rasa capai dan pegal setelah mendaki. 
  • Mencapai pos kedua setelah melalui jalanan yang menanjak dan licin, Sobat Akasaka akan menemui tempat camping di lahan yang landai. Ada beberapa tempat camping yang salah satunya dekat batu lembu yang merupakan tempat berburu Meskipun sedikit menyeramkan karena berada di bibir tebing, tetapi tempat ini menjadi tempat terbaik untuk menikmati keindahan Waduk Jatiluhur dari ketinggian.
  • Pemandangan di sini bisa dikatakan sangat keren dan sobat Akasaka bisa menyaksikan indahnya Waduk Jatiluhur yang cantik. Di siang hari langit terlihat biru dengan segumpalan awan berarak indah. Sedangkan saat sunrise pemandangan berubah romantis disebabkan adanya semburat warna jingga yang menawan. Saat malam hari pemandangan juga tidak kalah indah dilatari oleh lampu-lampu dari kota, waduk terlihat berkelap-kelip bertabur bintang.

Tips Mendaki Gunung Lembu

Mendaki Gunung Lembu

Sebelum memutuskan untuk mendaki Gunung Lembu yang terletak di ketinggian 780 meter diatas permukaan laut ini, Sobat Akasaka wajib mengetahui beberapa tips terkait pendakian gunung.

  • Sobat bisa mengambil rute keluar tol Ciganea-Purwakarta, lalu menuju jalan raya Sindangkasih dan desa Panyindangan kecamatan Sukatani.
  • Sobat bisa menyewa mobil pick up untuk memudahkan perjalanan menuju dan pulang dari Gunung Lembu di sekitar area pendakian Gunung Lembu.
  • Bisa juga untuk menghemat biaya, sobat Akasaka menggunakan motor untuk menuju Gunung Lembu.
  • Meski pendakian pendek, jalur menanjak cukup menguras tenaga. jadi sebaiknya sobat berlatih fisik dengan berolahraga sebelum mendaki Gunung Lembu.
  • Sebaiknya sobat Akasaka mendaki di Gunung Lembu saat musim kemarau agar tidak terpeleset karena licin. Selain itu, hindari datang di akhir pekan karena Gunung Lembu akan penuh wisatawan yang ingin mendaki.
  • Jangan lupa membawa air minum karena tidak ada mata air di jalur pendakian serta lotion anti nyamuk.
  • Pakai alas kaki yang nyaman untuk bergerak saat mendaki Gunung Lembu ini.

Nah, bagaimana? Apakah Sobat Akasaka tidak ingin mendaki Gunung Lembu ini untuk ikut menikmati keindahan waduk Jatiluhur dari ketinggian?

Leave a comment

All comments are moderated before being published