MAU BEROLAHRAGA ORIENTEERING? INI ALAT-ALAT YANG WAJIB DISIAPKAN

Olahraga Orienteering

Seperti yang telah Sobat Akasaka ketahui, olahraga orienteering merupakan sebuah olahraga yang melatih kemampuan fisik dan konsentrasi para pemainnya. Untuk bisa berpartisipasi di dalam olaharaga ini, dibutuhkan stamina yang prima dan kemampuan navigasi yang handal. Selain hal-hal tersebut, kegiatan orienteering juga membutuhkan beberapa alat-alat yang khusus.

Berbagai Peralatan Olahraga Orienteering yang Wajib Digunakan

Sebagaimana halnya olahraga yang menekankan kemampuan navigasi yang baik, olahraga orienteering tentu juga mewajibkan para pemainnya untuk melengkapi diri mereka dengan berbagai macam peralatan. Peralatan tersebut misalnya adalah peta, kompas, dan lain sebagainya.

Nah, kira-kira apa saja sih peralatan olahraga orienteering yang harus dimiliki oleh setiap pemainnya? Berikut daftarnya.

Peta

Peta Orienteering

Peta yang digunakan merupakan peta khusus untuk olahraga orienteering. Peta tersebut merupakan peta topografi yang mendetail untuk membantu para peserta dalam melakukan navigasi di arena permainan.

Peta orienteering jauh lebih rinci dan detail dibandingkan dengan peta topografi umum yang ada. Peta juga menggabungkan simbologi standar yang memang dirancang agar bisa digunakan oleh siapa pun.

Selain menunjukkan topografi dataran dengan garis kontur, peta orienteering juga menunjukkan kerapatan hutan, fitur air, pembukaan hutan, jejak dan jalan, tanggul dan dinding batu, parit, sumur dan lubang, pagar dan saluran listrik, bangunan, bebatuan, serta fitur-fitur lainnya. Skala yang digunakan di dalam peta orienteering biasanya adalah 1:15.000 atau 1:10.000.

IOF (International Orienteering Federation) sebagai organisasi yang menaungi olahraga orienteering di dunia, memiliki beberapa standar petanya sendiri, tergantung dari jenis dan bentuk orienteering yang dilaksanakan.

Kompas

Kompas Orienteering

Ada dua jenis kompas yang biasa digunakan dalam olahraga orienteering, yaitu baseplate compass dan thumb compassBaseplate compass ditemukan oleh Kjellstrom bersaudara dan dikenal juga sebagai protactor compass. Kompas ini terdiri dari rectangular baseplate dan panah warna merah sepanjang poros dengan lingkaran kompas ditandai dengan derajat.

Tahun 1980-an, penggunaan baseplate compass digantikan dengan thumb compass yang dianggap lebih baik. Thumb compass dibuat dengan cara mempertajam baseplate dan memberikan lubang untuk jempol tangan.

Kompas biasanya diletakan di tangan kiri, tepat di atas peta. Keuntungan dalam menggunakan kompas jenis ini adalah peta dan kompas dapat selalu dibaca secara satu unit, tidak terpisah. Di dalam kejuaraan dunia orienteering, peserta bisa menggunakan salah satu dari jenis kompas di atas dan diperbolehkan menggunakan kedua jenis kompas tersebut.

Pakaian

Pakaian Orienteering

Dalam olahraga apa pun, tentunya dibutuhkan pakaian yang nyaman untuk mendukung pergerakan tubuh dan menyerap keringat dengan baik. Pilih pakaian yang memang dikhususkan untuk berolahraga di luar ruangan, seperti pakaian berbahan jersey.

Dengan pakaian yang nyaman, peserta tentunya dapat bergerak dengan cepat dan nyaman tanpa mengganggu kegiatan yang sedang dilakukannya. Selain baju dan celana, peserta olahraga orienteering dapat melengkapi outfitnya dengan menggunakan jaket, topi outdoor, atau sweater.

Sepatu

Sepatu Orienteering

Sepatu yang digunakan dalam orienteering biasanya mirip dengan sepatu lari. Peserta bisa menggunakan sepatu yang memang telah didesain khusus untuk berkegiatan di luar ruangan sehingga dapat digunakan untuk melalui medan dengan permukaan yang keras mau pun lunak.

Pilihlah sepatu yang ringan dan memiliki alas yang anti selip sehingga nyaman digunakan ketika berlari dan tidak membahayakan penggunanya.

Jam Tangan

Jam Tangan Untuk Orienteering

Olahraga orienteering juga identik dengan kecepatan dan pengaturan waktu yang ketat. Beberapa jenis kompetisi orienteering menuntut peserta untuk menyelesaikan kegiatan dalam waktu sependek mungkin sementara jenis lainnya mengharuskan peserta untuk menyelesaikan perlombaan dengan waktu yang telah ditentukan.

Maka dari itu, jam tangan sangatlah dibutuhkan. Setiap peserta tentunya perlu menghitung waktu yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan perlombaan.

Peralatan P3K

P3K Untuk Orienteering

Selain peralatan-peralatan di atas, peralatan P3K juga sebaiknya tidak luput disiapkan untuk berjaga-jaga. Kegiatan orienteering biasanya dilakukan di alam terbuka, kemungkinan peserta mendapatkan luka seperti goresan atau sayatan di badan hingga pergelangan kaki terkilir juga sangat besar. Oleh karena itu, peralatan P3K jangan sampai terlewat untuk disediakan.

Nah, Sobat Akasaka sudah tahu, kan jenis-jenis peralatan yang harus disiapkan sebelum melakukan olahraga orienteering? Selalu periksa dan cek kembali kelengkapan peralatan yang dibutuhkan sebelum memulai berolahraga demi keamanan dan kenyamanan Sobat Akasaka sendiri.

Oya , untuk membuat Sobat Akasaka lebih nyaman dalam mengikuti olahraga orienteering, gunakan pula pelindung kepala yang ringan dan kuat. Topi gunung terbaik seri Akasaka Raku cocok untuk aktivitas ini karena desainnya yang simpel, kuat serta sangat ringan. Dengan Akasaka Raku Sport Cap, gerakan berlari dan bergegas dalam orienteering akan semakin nyaman dilakukan.

Leave a comment

All comments are moderated before being published