Manfaat yang Dirasakan pada Anak Ketika Sering Diajak Travelling

Siapa sih yang tidak suka travelling? Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga senang jika diajak jalan-jalan. Sobat Akasaka tentu pernah mengajak anak atau keponakan pergi travelling. Memang membawa anak ikut serta dalam sebuah perjalanan membuat kamu perlu ekstra perhatian pada banyak hal. Tak hanya soal transportasi dan akomodasi, tetapi juga tujuan atau tempat wisata yang akan dikunjungi.

Demikian pula dengan jadwal perjalanan. Semakin fleksibel semakin baik, karena bisa mengikuti kondisi anak. Travelling pun lebih santai dan tidak berkejaran dengan waktu. Pemilihan tempat wisata juga perlu diperhatikan. Usahakan pilih yang child-friendly, sehingga kebutuhan anak terakomodasi. Intinya kamu wajib membuat travelling bersama anak lebih menyenangkan.

Tampak sedikit repot? Pasti, namanya saja bepergian dengan anak. Namun, Sobat Akasaka perlu tahu bahwa manfaat anak travelling tak kalah banyak lho! Yuk simak 5 manfaatnya berikut ini.

 

Belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan baru


Belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan baru - blog.reservasi

 

Berada di tempat atau lingkungan baru kadang membuat anak kaget. Orang-orang asing yang dilihatnya atau tempat baru yang tidak familier bagi anak bisa membuat anak takut atau cemas. Namun, jika kamu sering mengajak anak bepergian ke berbagai tempat, perlahan ia akan terbiasa dengan berbagai lingkungan baru. Tak butuh waktu lama bagi anak untuk bisa menyesuaikan diri dengan apa yang ia temui di tempat tersebut.

 

Mengasah kemampuan bersosialisasi anak


Mengasah kemampuan bersosialisasi anak - terusupdate

 

Pertemuan dengan orang banyak saat travelling akan mengasah kemampuan bersosialisasi anak. Ia tidak lagi bingung, takut, dan kaget saat bertemu orang lain di luar keluarganya. Karena terbiasa bertemu orang baru, anak bisa lebih luwes bergaul dan cepat akrab dengan orang lain. Ia pun tak merasa aneh dengan perbedaan karakter, suku, agama, dan bahasa orang lain. Bagi anak, hal tersebut justru menjadi bagian menarik karena ia bisa punya teman dari latar belakang yang berbeda-beda.

 

Melatih anak untuk keluar dari zona nyaman


Melatih anak untuk keluar dari zona nyaman - static.news.lewatmana

 

Travelling mendorong anak keluar dari zona nyaman yang ia miliki selama ini. Selama perjalanan ia akan menghadapi berbagai situasi yang mungkin tidak diduga sebelumnya. Mulai dari perubahan rencana akibat cuaca tak bersahabat, antrean super panjang di wahana yang dituju, hingga makanan baru yang belum pernah ia coba sebelumnya. Dengan begitu, anak tahu bahwa dalam situasi seburuk apa pun, ia selalu punya pilihan untuk mengubah keadaan.

 

Menambah pengetahuan dan memperluas wawasan anak


Menambah pengetahuan dan memperluas wawasan anak - cdns.klimg

 

Travelling adalah tentang perjalanan budaya. Berjalan-jalan membuat anak mengenal kearifan lokal dan kebiasaan masyarakat di tempat tujuan. Tentu ini menambah pengetahuan anak tentang tempat tersebut. Anak juga punya wawasan yang lebih luas dan kaya tentang dunia sekitarnya. Pengalaman seperti ini hanya bisa didapatkan jika anak sering pergi ke tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

 

Mengajarkan anak untuk bersyukur


Mengajarkan anak untuk bersyukur - Vemale

 

Anak bisa melihat sisi kehidupan yang berbeda saat travelling melalui orang-orang yang ia temui sepanjang perjalanan. Di sini ia akan melihat bahwa setiap orang punya situasi dan kondisi yang tak sama dengan dirinya. Setidaknya, anak tahu bahwa tak semua orang seberuntung dirinya bisa bepergian ke berbagai tempat. Anak belajar menghargai apa yang telah ia miliki dan bersyukur dengan hal tersebut.   

 

Kelima manfaat anak travelling tersebut tentu bisa meyakinkan Sobat Akasaka untuk mengajak anak atau keponakan di perjalanan berikutnya. Sebelum berangkat, jangan lupa siapkan peralatan travelling wajib seperti sandal gunung. Akasaka menyediakan sandal gunung yang empuk dan kuat dipakai selama perjalanan, seperti mendaki atau kegiatan outdoor lainnya. Dengan desain elegan, kamu tetap bisa tampil keren maksimal saat melakukan travelling ke berbagai tempat.

Leave a comment

All comments are moderated before being published