5 MANFAAT TRAVELING PADA ANAK YANG PALING SIGNIFIKAN

Traveling Keluarga

Siapa sih yang tidak suka traveling? Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga senang jika diajak jalan-jalan. Sobat Akasaka tentu pernah mengajak anak atau keponakan pergi traveling. Memang membawa anak ikut serta dalam sebuah perjalanan membuat kamu perlu ekstra perhatian pada banyak hal. Namun ternyata, manfaat traveling pada anak itu justru banyak banget, lho.

Beberapa Manfaat Traveling Pada Anak yang Akan Membuat Kamu Bangga Mengajak Mereka

Pada dasarnya semakin fleksibel jadwal perjalanan maka itu semakin baik, karena bisa mengikuti kondisi anak. Traveling pun lebih santai dan tidak berkejaran dengan waktu. Pemilihan tempat wisata juga perlu diperhatikan. Usahakan pilih yang child-friendly, sehingga kebutuhan anak terakomodasi. Intinya kamu wajib membuat traveling bersama anak lebih menyenangkan.

Tampak sedikit repot? Pasti, namanya saja bepergian dengan anak. Akan tetapi, manfaat pada anak jika seringkali diajak traveling berikut akan membuat kamu menjadi bangga. Dan mungkin dapat membuat kerepotan yang kamu rasakan nantinya malah menjadi satu keasyikan tersendiri.

Lantas, apa saja sih manfaat traveling pada anak? Yuk, simak 5 manfaatnya berikut ini.

Belajar Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan Baru

Traveling Bersama Anak

Berada di tempat atau lingkungan baru kadang membuat anak kaget. Orang-orang asing yang dilihatnya atau tempat baru yang tidak familiar bagi anak bisa membuat anak takut atau cemas.

Namun, jika kamu sering mengajak anak bepergian ke berbagai tempat, perlahan ia akan terbiasa dengan berbagai lingkungan baru. Tak butuh waktu lama bagi anak untuk bisa menyesuaikan diri dengan apa yang ia temui di tempat tersebut.

Mengasah Kemampuan Bersosialisasi Anak

Kemampuan Sosial Anak

Pertemuan dengan orang banyak saat traveling akan mengasah kemampuan bersosialisasi anak. Ia tidak lagi bingung, takut, dan kaget saat bertemu orang lain di luar keluarganya.

Karena terbiasa bertemu orang baru, anak bisa lebih luwes bergaul dan cepat akrab dengan orang lain. Ia pun tak merasa aneh dengan perbedaan karakter, suku, agama, dan bahasa orang lain. Bagi anak, hal tersebut justru menjadi bagian menarik karena ia bisa punya teman dari latar belakang yang berbeda-beda.

Melatih Anak Untuk Keluar dari Zona Nyaman

Melatih Anak Keluar Dari Zona Nyaman

T

Traveling mendorong anak keluar dari zona nyaman yang ia miliki selama ini. Selama perjalanan ia akan menghadapi berbagai situasi yang mungkin tidak diduga sebelumnya.

Mulai dari perubahan rencana akibat cuaca tak bersahabat, antrean super panjang di wahana yang dituju, hingga makanan baru yang belum pernah ia coba sebelumnya. Dengan begitu, anak tahu bahwa dalam situasi seburuk apa pun, ia selalu punya pilihan untuk mengubah keadaan.

Menambah Pengetahuan dan Memperluas Wawasan Anak

Menambah Pengetahuan Anak Dengan Traveling

Traveling adalah tentang perjalanan budaya. Berjalan-jalan membuat anak mengenal kearifan lokal dan kebiasaan masyarakat di tempat tujuan. Tentu ini menambah pengetahuan anak tentang tempat tersebut.

Anak juga punya wawasan yang lebih luas dan kaya tentang dunia sekitarnya. Pengalaman seperti ini hanya bisa didapatkan jika anak sering pergi ke tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Mengajarkan Anak Untuk Bersyukur

Mengajarkan Anak Menjadi Lebih Bersyukur

Anak bisa melihat sisi kehidupan yang berbeda saat traveling melalui orang-orang yang ia temui sepanjang perjalanan. Di sini ia akan melihat bahwa setiap orang punya situasi dan kondisi yang tak sama dengan dirinya. Setidaknya, anak tahu bahwa tak semua orang tidak seberuntung dirinya bisa bepergian ke berbagai tempat. Anak belajar menghargai apa yang telah ia miliki dan bersyukur dengan hal tersebut.   

Kelima manfaat anak traveling tersebut tentu bisa meyakinkan Sobat Akasaka untuk mengajak anak atau keponakan di perjalanan berikutnya. Sebelum berangkat, jangan lupa siapkan peralatan traveling wajib seperti sandal gunung dan yang lainnya.

Sebagai rekomendasi, Akasaka Outdoor adalah produsen sandal gunung terbaik yang empuk dan kuat dipakai selama perjalanan, seperti mendaki atau kegiatan outdoor lainnya. Dengan desain elegan, kamu tetap bisa tampil keren maksimal saat melakukan traveling ke berbagai tempat. Kamu dapat mengklik tautan yang dicetak berwarna di atas untuk memilih sandal Akasaka yang paling kamu suka.

Silahkan dicoba, ya!

Baca Ini Juga Yuk!

SEBERAPA PENTING PENGGUNAAN TAS SELEMPANG DALAM PENDAKIAN GUNUNG?
SEBERAPA PENTING PENGGUNAAN TAS SELEMPANG DALAM PENDAKIAN GUNUNG?
Dalam aktivitas pendakian gunung saat ini, ransel atau carrier bukan satu-satunya alat untuk membawa perlengkapan. Tas selempang yang biasanya hanya digunakan untuk aksesoris semata, kini mulai pul...
Read More
REKOMENDASI MEMILIH TOPI GUNUNG NYAMAN UNTUK AKTIVITAS  PETUALANGAN
REKOMENDASI MEMILIH TOPI GUNUNG NYAMAN UNTUK AKTIVITAS  PETUALANGAN
 Istilah topi gunung sebenarnya digunakan untuk menyebutkan beberapa jenis topi yang pada umumnya banyak digunakan dalam aktivitas pendakian gunung. Berdasarkan pengertian ini maka topi gunung kupl...
Read More
10 DESAIN BOTOL MINUM PENDAKI GUNUNG YANG PALING POPULER
10 DESAIN BOTOL MINUM PENDAKI GUNUNG YANG PALING POPULER
  Ada banyak botol minum pendaki gunung yang didesain khusus untuk digunakan dalam aktivitas mountaineering mau pun dalam aktivitas outdoor lainnya. Pada umumnya tumblr outdoor memiliki ciri yang s...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published