Mana yang kamu sukai? Gunung atau Pantai?

Mana yang lebih kamu suka, berlibur ke gunung  atau pantai?

Percaya atau tidak, pilihan tempat berlibur ternyata bisa menjadi indikator penentu kepribadian seseorang. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan para ahli di Universitas Virginia, kepribadian seseorang ternyata memiliki hubungan dengan suatu wilayah geografi.

Hasil dari penelitian yang melibatkan 613.000 orang di Amerika tersebut menunjukkan bahwa mereka yang berkepribadian extrovert lebih memilih pantai untuk tempat berlibur sedangkan bagi yang introvert, gunung merupakan tempat liburan paling favorit.

Sebenarnya baik daerah pegunungan maupun pesisir sama-sama memiliki keindahan alam yang memesona. Meskipun kondisi iklim dan udara di kedua tempat tersebut berbanding terbalik, tetapi hal ini dapat diatasi dengan menggunakan pakaian yang sesuai dan nyaman.

Nah, untuk menentukan tempat mana yang cocok saat berlibur nanti, selanjutnya mari kita bahas tentang beberapa perbedaan gunung dan pantai. Di antaranya:

 

Kondisi cuaca


Kondisi cuaca - Arah

 

Letaknya yang di dataran rendah dan berbatasan langsung dengan laut membuat pantai cenderung panas dan berangin. Bagi yang tidak tahan panas, tempat ini bukanlah tujuan berlibur yang tepat. Karena selain membuat badan lebih berkeringat, kamu juga akan cepat haus. Inilah mengapa saat di pantai kita disarankan untuk menggunakan pakaian yang tipis, mudah menyerap keringat, dan nyaman.

Hal ini tentu saja berbanding terbalik dengan daerah pegunungan. Karena terletak di dataran tinggi, udara di pegunungan cenderung lebih dingin dan sejuk. Bahkan di beberapa derah, suhunya bisa mencapai beberapa minus derajat celcius. Karena itulah saat mengunjungi tempat ini, kamu diharuskan menggunakan pakaian yang tebal dan hangat.

Karena medannya tidak serata dan senyaman daerah pesisir, ketika mendaki gunung kita disarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman seperti produk sandal dari Akasaka.

 

Bentang alamnya


Bentang alamnya - Pixabay

 

Meskipun sama-sama indah, bentang alam kedua daerah ini ternyata memiliki daya tariknya masing-masing. Bagi yang memilih berlibur di daerah pesisir, Anda bisa menikmati hamparan pasir putih, indahnya lautan biru, sejuknya angin pesisir, dan cantiknya liuk pohon kelapa yang tertiup angin.

Sedangkan pegunungan menawarkan bentangan perbukitan yang memesona, rimbun pepohonan tinggi yang hijau dan lebat, serta segarnya udara di sekitar yang jarang sekali kita dapatkan di daerah perkotaan. Jadi manakah menurutmu yang paling sesuai dengan selera dan kepribadian?

 

Suasana


Suasana - Pixabay

 

Deru ombak yang berlarian ke pantai serta kencangnya angin yang berhembus membuat suasana di sekitar daerah ini cenderung lebih ramai dan hidup. Tidak heran jika bagi mereka yang extrovert, daerah pesisir merupakan tempat berlibur yang tepat. Lain halnya dengan kawasan pegunungan.

Di daerah yang dingin tersebut suasanya jauh lebih tenang. Kalaupun ada suara, itu datang dari kicau burung yang hinggap di pepohonan atau jangkrik yang berkeliaran di tanah. Inilah mengapa, bagi yang introvert dan penyendiri gunung bisa menjadi tempat berlibur yang nyaman, menyenangkan, dan membuat rasa lelah setelah bekerja berbulan-bulan lenyap begitu saja.

Itulah beberapa perbedaan gunung dan pantai harus sobat Akasaka tahu. Jadi, manakah tempat berlibur yang paling tepat bagi kamu?

 

Apapun pilihannya, baik daerah pegunungan maupun pesisir sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meskipun sebuah penelitian telah berhasil menemukan hubungan antara tempat berlibur favorit dengan kepribadian, bukan berarti kita harus percaya dengan hasil tersebut.

Karena pada dasarnya sebuah tempat berlibur dipilih berdasarkan kesempatan, keinginan, dan bujet yang dimiliki. Jika saat ini kesempatan yang ada hanya memungkinkan untuk berlibur ke pantai, lakukan saja meskipun kamu tergolong pribadi introvert begitu pula sebaliknya.

Leave a comment

All comments are moderated before being published