MAKNA SEJATI HARI PEREMPUAN & PROFIL 9 PETUALANG WANITA YANG MENGUBAH DUNIA

Hari perempuan sedunia

Pada tanggal 8 Maret setiap tahunnya, dunia memperingati Hari Perempuan Sedunia yang perayaannya terjadi di banyak negara. Di Indonesia, hari perempuan diperingati pada tanggal 9 Maret yang dikenal pula sebagai Hari Perempuan Nasional. Secara umum, momen ini digunakan sebagai bentuk apresiasi kepada kaum wanita yang terkait erat dengan kesetaraan gender dan juga hak asasi mereka.

Di dunia ini sendiri, ada cukup banyak figur wanita yang kemudian dianggap sebagai tokoh inspiratif. Peran mereka dalam berbagai bidang, dipandang telah meletakkan sebuah cara pandang baru terhadap kemampuan, kapabilitas, dan juga ketangguhan seorang wanita. Dari ilmu pengetahuan hingga penjelajahan, figur-figur ini telah mengubah warna sejarah dunia.

Lantas, siapa sajakah para perempuan  inspirator yang telah mengubah dunia tersebut? Dan apa pula makna sebenarnya dari peringatan hari perempuan itu sendiri?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

9 Petualang Wanita yang Mengubah Dunia dan Makna Penting Hari Perempuan yang Sesungguhnya

Hari perempuan sedunia

Sejarah hari perempuan sebenarnya diawali pada sekitar tahun 1908 di kota New York di mana ribuan pekerja wanita mengadakan demonstrasi untuk yang pertamakalinya. Unjuk rasa ini bertujuan untuk menuntut hak bagi para pekerja perempuan yang meliputi antara lain; jam kerja yang lebih pendek, hak untuk berbicara, dan juga hak untuk ikut dalam pemilu.

Perjuangan para perempuan untuk bisa memiliki hak yang sama dengan kaum laki-laki terus berlanjut. Selain dengan mencanangkan tanggal hari perempuan sedunia untuk diperingati secara reguler, ada pula sosok-sosok perempuan yang kemudian tampil menjadi pionir perubahan itu sendiri.

Sosok perempuan pionir ini berkembang dalam banyak bidang, baik ilmu pengetahuan, sosial, olahraga, bahkan juga penjelajahan. Bidang-bidang yang sebelumya hanya didominasi oleh para laki-laki, kini mulai berwarna dengan kehadiran sosok perempuan yang juga ada di sana.

Nah, siapa sajakah sosok perempuan perintis tersebut, terutama dalam bidang penjelajahan dan petualangan?

Berikut, Akasaka Journal telah mengumpulkan 9 nama untuk Sobat Akasaka ketahui.

BACA JUGA:

Jeanne Baret

Hari perempuan sedunia

Untuk membuat namanya tersamar seperti laki-laki, Jeanne Baret selama ekspedisinya mengelilingi dunia menggunakan nama Jean Baret. Ia adalah seorang penjelajah dari Perancis yang bergabung dalam pelayaran maritim yang dipimpin oleh seorang pelaut Perancis bernama Louis Antoine de Bouganville’s.

Masa hidup dan petulangan Jeanne Baret tentu saja masih jauh dari hari perempuan sedunia 2020 atau bahkan lebih awal daripada itu. Jeanne Baret lahir pada tahun 1740 dan meninggal dunia pada tahun 1807. Ia umumnya dikenal sebagai wanita pertama di dunia yang mengelilingi dunia menggunakan jalur laut dalam pelayaran ekspedisi.

Selain bertualang dan berdiri dengan gagah di atas anjungan kapal, Jeanne Baret dikenal pula sebagai seorang ahli botani. Ia menemukan, mencatat, dan juga banyak mempublikasikan berbagai tanaman endemik dari seluruh dunia. Ketokohan dan kemampuan Jeanne Barat dalam botani dan penjelajahan inilah kemudian yang membuat ia mampu memberi warna baru akan kemampuan seorang wanita.

Gertrude Belle

Hari perempuan sedunia

Dalam buku berjudul Dewi Gunung yang ditulis oleh Anton Sujarwo dan terbit tahun 2020 silam, nama Gertrude Belle ada di dalamnya. Belle dikenal sebagai seorang penjelajah padang pasir yang tangguh, intelijen perang, dan juga seorang pendaki gunung yang cukup kompeten.

Dalam sejarah, nama Gertrude Belle berkaitan erat pula dengan kontroversi keterlibatannya dalam peperangan di Semenanjung Arabia. Ia adalah salah satu tokoh penting berdirinya negara seperti Irak. Ia juga bersahabat erat dengan salah satu tokoh dunia yang paling populer pada masa perang dunia, Winston Churchill.

Selain reputasi intelijen dan perannya yang besar, Gertrude juga adalah saksi sejarah yang mungkin ikut andil dalam keruntuhan kesultanan Ottoman yang terakhir. Keterlibatan dan peran sentral Gertrude Belle dalam banyak peristiwa besar dunia inilah kemudian yang membuatnya namanya dicatat sejarah. Dan ketika orang-orang menyuarakan selamat hari perempuan internasional, profilnya dipastikan ada di dalamnya.

Gerlinde Kaltenbrunner

Hari perempuan sedunia

Gerlinde Kaltenbrunner adalah salah satu sosok besar dalam dunia mountaineering  internasional. Ia dianggap sebagai wanita pertama di dunia yang mampu memberikan definisi realistis tentang kemampuan puncak seorang pendaki gunung wanita. Hal ini dikarenakan Gerlinde Kaltenbrunner adalah pendaki perempuan di dunia yang mampu mendaki 14 puncak tertinggi di dunia tanpa menggunakan tabung oksigen.

Oya, apakah kamu tahu apa itu 14 puncak tertinggi di muka bumi yang berhasil dicapai oleh Gerlinde Kaltenbrunner?

14 puncak itu adalah tahta tertinggi dalam dunia mountaineering  internasional. Di Indonesia, sirkuit mountaineering  tertinggi di dunia ini dikenal pula dengan istilah Mahkota Himalaya. Sejarah, asal usul, dan kontroversi  di dalamnya dapat kamu baca dengan sangat lengkap dalam buku Anton Sujarwo berjudul Mahkota Himalaya yang tentu juga bisa kamu dapatkan di Akasaka.

Nah, keberhasilan Gerlinde Kaltenbrunner dengan mendaki 14 puncak Mahkota Himalaya tanpa tabung oksigen inilah kemudian yang semakin mengokohkan pandangan bahwa wanita di atas gunung, bahkan mampu mengalahkan kemampuan para pria.

Laksamana Malahayati

Hari perempuan sedunia

Pastinya jika kamu mengucapkan selamat hari perempuan Indonesia, kamu juga akan mengingat sosok ini, Laksamana Malahayati atau kadang disebut pula dengan Admiral Keumalahayati.

Tapi, tahukah kamu siapa dia?

Laksamana Malahayati adalah pelaut ulung yang menerjang ombak di atas samudra Aceh Raya. Ia secara luas dipercaya sebagai wanita pertama di dunia yang memimpin kapal perang angkatan laut untuk bertempur di samudra lepas.

Dalam salah satu kisah disebutkan bahwa Laksamana Malahayati pernah menantang duel salah satu Jendral perang Belanda yang terkenal bernama Cornelis de Houtman. Dan tahukah kamu apa yang terjadi? Ya, Laksanama Malahayati berhasil mengalahkan Jenderal penjajah itu dan membunuhnya dengan sebilah rencong.

Sosok Malahayati dan ketokohannya dalam pengarungan laut dan pertempuran samudra, telah memantapkan sebuah image baru tentang tangguhnya seorang wanita yang memiliki semangat laksana baja.

Lynn Hill

Hari perempuan sedunia

Nama Lynn Hill adalah salah satu legenda dalam dunia rock climbing Amerika dan dunia. Ia secara luas diakui sebagai salah satu pemanjat tebing wanita terbaik yang pernah ada. Dedikasi dan kemampuannya merayapi dinding-dinding raksasa di dunia, sulit dicari tandingannya hingga sekarang.

Lynn Hill membuat banyak sekali pendakian hebat di seluruh dunia. Akan tetapi prestasi terbesarnya dalam sejarah rock climbing  adalah ketika ia membuat pendakian monumental rute The Nose di El Capitan. Dalam pemanjatan itu, Lynn Hill menyelesaikan rute The Nose dalam waktu kurang dari 24 jam dengan cara free climbing.

Sebelumnya, tidak ada pemanjat tebing baik laki-laki mau pun perempuan yang berhasil melakukan itu. Lynn Hill adalah rock climber pertama di dunia yang mampu melakukannya. Ini pula kemudian yang membuat cara pandang dunia terhadap kemampuan wanita di atas tebing semakin menemukan tempatnya.

Bessie Coleman

Hari perempuan sedunia

Nama Bessie Coleman adalah pionir dalam urusan menerbangkan pesawat yang dilakukan oleh seorang wanita. Dengan darah campuran Afrika Amerika, Coleman menjadi perempuan pertama Amerika yang memiliki lisensi menerbangkan pesawat.

Selain dikenal dengan nama Bessie Coleman, pilot hebat ini juga seringkali dijuluki sebagai Queen Bessie atau Brave Bessie. Hal ini tentu saja dikarenakan kemampuan dan keberaniannya mengendalikan pesawat di angkasa.

Queen Bessie secara umum diakui sebagai salah satu perempuan dunia yang sangat menginspirasi dalam dunia aviasi. Kepiawaiannya dalam beratraksi di udara memberikan gambaran yang baru bagaimana dunia seharusnya melihat kemampuan seorang wanita.

Valentina Tereshkova

Hari perempuan sedunia

Apakah kamu pernah mendengar nama ini; Valentina Tereshkova?

Jika umumnya para petualang dan penjelajah dunia berasal dari Amerika atau Eropa, maka Valentina Tereshkova berasal dari Rusia. Dan menariknya, penjelajahan yang dilakukan oleh Tereshkova juga sangat fenomenal dengan menjadi seorang kosmonot yang bertualang di atas angkasa raya.

Hebatnya lagi, Tereshkova adalah kosmonot pertama dan satu-satunya di dunia yang pernah melakukan misi solo luar angkasa. Pada tahun 1963, Tereshkova terpilih untuk misi luar angkasa pada pesawat Vostok 3. Dalam misi ini Tereshkova mengorbit bumi sebanyak 48 kali dalam waktu 3 hari.

Kemampuan Tereshkova menyelesaikan misi luar angkasa dengan gemilang juga mampu menderek namanya dan pandangan masyarakat terhadap eksistensi kecerdasan dan kehebatan seorang wanita.

Wanda Rutkiewicz

Hari perempuan sedunia

Jika warna hari perempuan sedunia adalah tentang mountaineering , bisa saja nama Wanda Rutkiewicz ada pada daftar 5 besar yang harus kamu ketahui. Prestasi mountaineering nya memantapkan nama Wanda sebagai salah satu pendaki gunung wanita terkuat yang pernah ada.

Beberapa prestasi yang signifikan dari seorang Wanda Rutkiewicz adalah ia merupakan perempuan pertama yang mencapai puncak gunung K2 yang merupakan gunung tersulit di dunia. Selain itu, wanda juga merupakan wanita pertama di dunia yang berhasil mendaki 8 puncak tertinggi di dunia dalam jajaran Mahkota Himalaya.

Kemampuan Wanda di atas gunung, konsistensi bertahan di medan sulit dan penuh mara bahaya, serta keputusannya untuk mendaki secara independen telah menyuarakan kepada dunia tentang kemampuan seorang wanita dengan tekad yang luar biasa dalam mountaineering.

Clara Sumarwati

Hari perempuan sedunia

Nah, sosok yang terakhir ini tentu kamu sudah tahu, kan?

Clara Sumarwati seperti yang mungkin kamu ketahui, adalah wanita Indonesia dan Asia Tenggara pertama yang berhasil mencapai puncak gunung Everest. Pencapaian ini diraih Clara pada tahun 1996, satu tahun sebelum ekspedisi Kopassus yang dipimpin oleh pendaki gunung Kazakhstan, Anatoli Boukreev, berhasil mencapai puncak yang sama.

Ada beberapa pencapaian Clara Sumarwati terkait dengan puncak Everest yang berhasil ia raih. Pencapaian itu antara lain adalah;

  • Orang Indonesia pertama yang berhasil mencapai puncak Everest.
  • Wanita Indonesia dan Asia Tenggara pertama di puncak Everest.
  • Wanita ke-6 di dunia yang berhasil mencapai puncak Everest melalui jalur utara.
  • Dan lain-lain.
Hari perempuan sedunia

Keberhasilan Clara ini meskipun dirundung banyak persoalan setelahnya, tetap tidak dapat membendung sebuah pencapaian monumental yang berhasil dilakukan oleh seorang wanita Indonesia.

BACA JUGA:

Lalu, Apa Makna dari Hari Perempuan yang Sebenarnya?

Hari perempuan sedunia

Makna sejati dari hari perempuan sedunia yang dirayakan setiap tanggal 8 Maret adalah sebuah upaya kesetaraan hak bagi seorang wanita di dunia. Upaya persamaan hak ini dapat terjadi pada lintas aktivitas, baik politik, kewenangan, sosial, ekonomi dan lain sebagainya.

Tuhan menciptakan manusia dalam beragam jenis tentu saja memiliki tujuan mulia untuk kebaikan manusia itu sendiri. Dalam konteks ini, persamaan hak yang dituntut dalam hari perempuan sedunia setidaknya tidak boleh pula bertentangan dengan kaidah hukum yang dibuat oleh Tuhan untuk kemuliaan wanita itu sendiri.

Jadi, secara sederhana  wanita telah mulia dengan perwujudan mereka, dengan peran mereka, dan dengan segala kelembutan mereka. Wanita tidak harus sama dengan laki-laki, tidak harus menggungguli laki-laki. Namun yang paling penting adalah, seorang wanita dapat menjadi diri mereka sendiri dan memiliki kedaulatan atas kehendak mereka sendiri.

Mungkin itulah makna dari Hari Perempuan yang sejati.

Hari perempuan sedunia

Nah Sobat Akasaka, bagaimana menurut kamu sendiri, apa makna sebenarnya dari peringatan hari perempuan ini?

Sambil merenungi lagi luasnya peran seorang perempuan, yuk, cek berbagai koleksi menarik dari Akasaka Outdoor berikut ini. Dari sandal gunung paling tangguh di Indonesia sampai ransel terbaik dengan garansi satu tahun penuh, semuanya bisa kamu dapatkan melalui tautan yang ada di bawah ini.

Jadi, Selamat Hari Perempuan dan selamat berbelanja, Sobat Akasaka, ya!

DAPATKAN BERBAGAI PRODUK OUTDOOR TERBARU DISINI UNTUK MEMBUAT HARI PEREMPUAN SEDUNIA MENJADI LEBIH BERWARNA

Leave a comment

All comments are moderated before being published