5 JENIS SEPATU SANDAL GUNUNG ATAU ALAS KAKI OUTDOOR YANG PALING POPULER

Sepatu Gunung

Hiking, trekking, atau camping di hutan dan pegunungan memang menjadi kegiatan yang yang seru dan menyenangkan. Supaya segala sesuatunya berjalan lancar, tentu saja dibutuhkan perlengkapan bertualang yang memadai, dan sepatu sandal gunung adalah salah satu yang harus Sobat Akasaka siapkan. Namun, alas kaki seperti apa saja sih, yang cocok untuk beragam kegiatan petualangan?

Nah, buat Sobat Akasaka yang penasaran apa saja alas kaki yang ideal untuk beragam aktivitas outdoor sesuai dengan spesifikasinya, artikel berikut wajib Sobat baca sampai habis.

5 Macam Sepatu Sandal Gunung Atau Alas Kaki  Outdoor Untuk Beragam Aktivitas Petualangan di Alam Bebas

Dalam menentukan sepatu sandal outdoor yang tepat untuk kegiatan bertualang, tentu saja didasarkan pula atas fungsi serta medan yang akan dilalui. Untuk pegunungan dengan tingkat medan yang berat, sepatu model mid shoes adalah yang paling disarankan. Sementara untuk hiking pada medan yang relatif mudah, low shoes sudah cukup nyaman untuk digunakan.

Selain sepatu hiking model low atau mid, ada juga misalnya sandal gunung yang lebih nyaman digunakan pada aktivitas water sport atau pun misalnya di areal camp ground. Dikarenakan pada dasarnya, aneka macam sepatu dan sandal outdoor untuk petualangan memang didesain sesuai dengan medan jelajahnya masing-masing.

Lalu, apa saja sepatu sandal outdoor hiking activity dan adventure yang paling umum dipergunakan untuk kegiatan alam bebas? Berikut adalah 5 jenis yang paling populer.

Hiking Shoes

Sepatu Hiking

Jika dilihat sekilas, tampilan sepatu hiking sebenarnya hampir mirip dengan sepatu lari, hanya saja alasnya lebih tebal dan bergelombang. Meski demikian, sepatu hiking masih jauh lebih ringan dibanding boots. Biasanya, material pembuatan sepatu hiking tahan air, sehingga cocok digunakan oleh Sobat Akasaka yang terbiasa menjelajahi hutan basah atau medan yang lembab.

Namun, bagi Sobat Akasaka yang ingin menjelajahi medan berbatu, baiknya gunakan sepatu hiking non-waterproof sebab tajamnya bebatuan justru dapat membuat permukaan alas sepatu menjadi mudah rusak. Sepatu hiking paling cocok dipakai untuk kegiatan backpacking, pendakian pendek, serta daily hiking dengan beban pendakian yang ringan.

Hiking Boots

Boots Hiking

Hiking boots biasa dipakai para pendaki gunung dengan medan pendakian yang lebih berat dan curam. Ciri khas boots khusus hiking ini terletak pada bentuknya yang tinggi hingga menutup mata kaki untuk memfasilitasi perlindungan dan stabilitas engkel. Karena ketahanannya itulah, boots hiking banyak dipakai pendaki yang membawa ransel dengan bobot lebih di medan dengan tingkat kesulitan tinggi.

Biasanya, boots dibuat dari bahan yang lebih kaku dan berat dibanding sepatu hiking biasa. Bahannya yang tahan air serta memiliki perlindungan terhadap jari-jari dan engkel kaki membuat jenis sepatu ini sangat digemari para pendaki profesional. Namun, jika dibandingkan dengan sepatu hiking pada umumnya, boots cenderung lebih rumit ketika dipakai karena adanya tali-tali panjang yang bisa saja lepas saat digunakan beraktivitas.

Mountaineering Boots

Mountaineering Boots

Mountaineering boots didesain khusus untuk pendakian di medan ekstrem dan area pegunungan dengan salju dan es. Jenis sepatu ini memiliki sol yang lebih kaku dibanding hiking boots, leher sepatu juga lebih tinggi, berbahan waterproof, serta sol luar yang dapat dilepas.

Mountaineering boots biasa digunakan di medan pegunungan yang memiliki es atau permukaan licin. Karena dirancang khusus untuk medan licin seperti gletser, mountaineering boots memiliki isolasi udara yang baik untuk memastikan kaki tetap hangat. Ciri lain dari mountaineering boots adalah desainnya yang sudah compatible untuk dipasangi crampon atau cakar es.

Trail-Running Shoes

Trail-Running Shoes

Berbeda dari sepatu atau boots khusus hiking yang terkesan berat, jenis sepatu ini lebih ringan untuk digunakan di kegiatan outdoor, khususnya di medan berpasir atau memanjang.

Bagian dalam sepatu biasanya akan terasa empuk untuk memastikan penggunanya tetap nyaman saat berlari atau berjalan di medan yang panjang. Karena solnya yang kuat dan ringan, trail-running shoes tampaknya cocok digunakan untuk kegiatan trekking atau lari lintas alam.

Sandal Outdoor atau Sandal Gunung

Sandal Akasaka Outdoor

Sobat Akasaka yang kurang suka dengan sepatu hiking yang berat bisa coba memakai sandal khusus kegiatan outdoor, seperti sandal Akasaka. Jenis sandal satu ini dirancang khusus untuk beragam medan petualangan. Permukaan rubber solnya yang kuat dan kasar mampu meminimalisasi risiko tergelincir di medan lembab.

Sandal khusus outdoor ini dibuat dengan material berkualitas tinggi sehingga tidak mudah mengelupas meski sudah digunakan berkali-kali. Meski dirancang untuk kegiatan outdoor, sandal satu ini tetap terasa ringan dan nyaman di balik tampilannya yang terkesan maskulin. Tak mengherankan dengan segala kualifikasinya ini, Akasaka dianggap sebagai merk sandal outdoor terbaik di Indonesia.

Nah, itulah beberapa jenis sepatu sandal gunung untuk kegiatan outdoor yang perlu Sobat Akasaka diketahui. Sebagai informasi tambahan untuk Sobat semua, sandal gunung terbaik Akasaka Outdoor tipe yang satu ini adalah yang paling banyak direkomendasikan untuk all adventure activity. Sobat yang penasaran dengan performance-nya, dapat langsung melihat produknya melalui link ini, ya!

 

.

Leave a comment

All comments are moderated before being published