Keuntungan Sewa Porter Saat Mendaki

Sobat Akasaka yang hobi mendaki tentu akrab dengan keberadaan porter. Porter biasanya berperan sebagai pemandu jalan sekaligus pembawa barang para pendaki. Keberadaan mereka sangat dicari oleh rombongan pendaki, terlebih bagi pendaki pemula. Biasanya, porter ini merupakan penduduk dari perkampungan sekitar kawasan pendakian. Karena sehari-hari tinggal di sana, mereka pun sudah mengenal baik daerah tersebut berikut jalur mana saja yang bisa dilewati.  

Umumnya porter merupakan profesi sampingan penduduk. Dalam keseharian, mereka memilih bertani dengan mengandalkan tanah yang subur di lereng gunung. Profesi ini baru mereka jalani saat musim pendakian tiba. Apabila ramai pendaki datang, mereka bisa meraup penghasilan lumayan, tergantung berapa banyak rombongan pendaki yang mereka dampingi.

Tipikal para porter biasanya lincah dan kuat. Kadang mereka tidak membutuhkan perlengkapan komplet untuk beraksi. Dengan penampilan apa adanya, mereka terbilang tangguh menjalankan tugasnya sebagai porter. Hal ini terjadi lantaran mereka sudah ratusan kali menyusuri jalur pendakian di wilayah tersebut. Bahkan, dengan beban berat yang mereka pikul sekalipun, mereka bisa berjalan lebih cepat dan jauh di depan para pendaki.

Dengan segala situasi alam di gunung yang asing bagi Sobat Akasaka, menggunakan jasa porter adalah pilihan terbaik yang bisa dilakukan. Tidak masalah kamu harus merogoh kocek lebih dalam, asalkan pendakian kamu dan rombongan berjalan lancar.

Nah, ini 5 keuntungan sewa porter saat mendaki yang patut kamu pertimbangkan.

 

Porter berperan sebagai pemandu


Porter berperan sebagai pemandu - readersblog.mongabay

 

Mereka bisa memberi tahu mana jalur pendakian terbaik, kapan waktu yang tepat untuk memulai perjalanan, hingga titik-titik perhentian mana saja yang aman disinggahi. Begitu pula saat memilih tempat untuk membangun tenda dan bermalam. Sekalipun ini bukan pertama kalinya kamu berkunjung ke wilayah tersebut, kondisi alam bisa berubah sewaktu-waktu dengan cepat. Hanya penduduk sekitarlah yang bisa memahami dengan arif alam yang mereka tinggali sehari-hari.

 

Keamanan barang kamu terjamin


Keamanan barang kamu terjamin - edunews

 

Kalau kamu menggunakan jasa guide dan porter sekaligus, porter bisa berperan menjaga barang-barang milikmu. Biasanya dalam satu kali pendakian, porter tidak bertugas sendirian, bisa berdua atau bertiga. Apalagi jika jumlah barang yang dibawa cukup banyak, tak mungkin ia membawa semua sendiri. Saat guide membawa kamu dan rombongan ke puncak gunung, porter lainnya akan menjaga barang kamu tetap aman di titik perhentian terakhir.

 

Kamu tidak repot membawa barang


Kamu tidak repot membawa barang - blog.muncak

 

Untuk perjalanan selama 3 – 4 hari, tentu kamu membawa tas berkapasitas 60L, termasuk sleeping bag dan tenda. Belum lagi logistik makanan selama pendakian berlangsung. Bayangkan jika kamu membawa semuanya sendirian, pasti sangat merepotkan. Menggunakan jasa porter membuat kamu lebih fokus pada pendakian dan bisa menikmati pemandangan yang ada, tanpa repot mengurus barang bawaan.

 

Porter mengurus semua kebutuhan selama pendakian


Porter mengurus semua kebutuhan selama pendakian - phinemo

 

Pendakian umumnya memakan waktu 3 – 4 hari tergantung karakter gunung yang kamu tuju. Berarti kamu harus bongkar pasang tenda dan memasak beberapa kali selama perjalanan itu. Adanya porter meringankan pekerjaan tersebut. Mereka akan menyiapkan tempat beristirahat dan memasak makanan bagi rombongan pendaki. Kamu pun bisa memulihkan tenaga dan menyiapkan diri untuk perjalanan berikutnya.

 

Porter sebagai teman perjalanan


Porter sebagai teman perjalanan - Lombokaktaktif'

 

Keberadaan porter bukan semata membantu pendakian kamu dan rombongan, tetapi juga sebagai teman perjalanan. Dari mereka, kamu bisa mendengar berbagai kisah mengesankan atau legenda seputar kawasan gunung yang diyakini masyarakat setempat. Perjalanan kamu pun lebih berharga karena kamu tak hanya menemukan pemandangan menakjubkan, tetapi juga bersentuhan dengan kearifan lokal masyarakat sekitar.

 

Tak ada ruginya jika kamu mengeluarkan biaya ekstra untuk porter saat mendaki. Hal tersebut juga sepadan dengan kemudahan yang kamu dapatkan. Selain membayar jasa mereka sesuai tarif yang disepakati, Sobat Akasaka juga bisa lho memberikan porter sandal gunung Akasaka untuk memudahkan mereka menjalani tugasnya. Anggap saja ini sebagai tanda terima kasih dan apresiasi atas pelayanan memuaskan yang mereka berikan. Setuju?

Leave a comment

All comments are moderated before being published