Kesalahan yang Terjadi Saat Rafting

Rafting adalah kegiatan outdoor yang sangat seru dan mengasyikkan. Namun, bukan bersenang-senang saja, melakukan rafting juga harus sesuai panduan yang berlaku. Hal ini untuk menghindari bahaya rafting yang kadang-kadang tak digubris.

Ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan para pemula ketika sedang rafting. Supaya kegiatan menantang ini tetap berjalan dengan lancar, sebaiknya hindari melakukan kesalahan-kesalahan tersebut. Berikut di antaranya:

 

Mengabaikan atribut pengaman


Bahaya rafting - neretvarafting.com

 

Ketika melakukan rafting, ada beberapa atribut pengaman yang perlu dikenakan, seperti rompi pelampung dan helm. Rompi pengaman tersebut harus sesuai dengan ukuran tubuh. Jika kebesaran, Sobat Akasaka dapat menarik tali pada bagian samping. Rompi ini sangat bermanfaat ketika perahu terbalik dan awak perahu tercebur ke air.

Sementara itu, helm berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan dengan batu-batu yang ada di sungai. Supaya perlindungan lebih optimal, gunakan helm yang tidak kendor, tetapi melekat pada kepala.

 

Tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu


Bahaya rafting - nauders.com

 

Pemanasan juga sangat penting bagi yang ingin melakukan rafting. Seperti olahraga pada umumnya, kegiatan ringan seperti menggerakkan badan ke kanan dan kiri atau berjalan dan melompat di tempat, memang sangat penting,

Pemanasan akan membuat Anda lebih siap menghadapi tantangan. Bukan hanya itu, bahaya rafting yang menimbulkan cedera, dapat dihindari dengan melakukan pemanasan.

 

Tidak mematuhi aba-aba dari pemandu


Bahaya rafting - travelbeartours.com

 

Dalam kegiatan outdoor ini, aba-aba pemandu sangat penting. Biasanya, pemandu akan menyerukan komando untuk maju, mundur, berhenti, atau pindah tempat. Peserta harus mengikuti perintah tersebut secara kompak agar situasi di dalam perahu tetap kondusif.

 

Posisi duduk tidak nyaman


Bahaya rafting - guidetoiceland.is

 

Posisi duduk sangat menentukan tingkat kenyamanan saat rafting. Tempat duduk yang disarankan adalah pada bagian sisi kiri atau kanan perahu. Di tempat ini, Anda akan lebih mudah menyeimbangkan tubuh.

Lebih penting lagi, ikutilah instruksi pemandu mengenai pengaturan tempat duduk berdasarkan berat badan peserta. Pengaturan ini akan menolong menyeimbangkan perahu sehingga tidak mudah oleng.

Selain itu, perhatikan cara duduk di perahu, yaitu cowboy style atau membonceng seperti wanita. Cowboy style adalah duduk dengan menjepit bagian tabung udara pada perahu. Kelemahan cara duduk ini adalah adanya risiko kaki yang terkena batu-batu besar di luar perahu.

Sementara itu, gerakan membonceng adalah duduk di pinggir perahu dengan kedua kaki ada di bagian dalam. Tidak ada aturan khusus dalam hal mengatur cara duduk. Jadi, tetap sesuaikan dengan kenyamanan yang diharapkan.

 

Tidak dapat menggunakan dayung dengan benar


Bahaya rafting - extremeiceland.is

 

Apakah Sobat Akasaka baru pertama kali menggunakan dayung? Sebenarnya, Anda bisa belajar sedikit sebelum rafting dimulai. Ketahuilah cara memegang dayung dan teknik mengayuh dayung. Selain itu, kenali juga cara menggunakan dayung berdasarkan instruksi yang diberikan pemandu.

 

Tidak peduli pada anggota rombongan lain


Bahaya rafting - makarskaadventure.com

 

Rafting tak lepas dari makna kekompakan dan kepedulian. Saat berada di sebuah perahu, para anggota kelompok dihadapkan pada sebuah tantangan bersama-sama. Misalnya, jika salah seorang anggota terlempar ke luar perahu, anggota lain harus segera memberitahu pemandu dan melakukan aksi penyelamatan.

Jadi, rafting yang tidak dibarengi dengan pengetahuan justru akan mengurangi kesenangan. Sebaliknya, jika sudah melakukan beberapa hal ini, kegiatan outdoor dijamin akan lebih seru dan mengasyikkan.

Bukan hanya itu, Anda pun akan terhindar dari bahaya rafting yang tidak diharapkan. Nah, tunggu apa lagi, selamat memacu adrenalin dengan rafting.

Leave a comment

All comments are moderated before being published