KEINDAHAN DIBALIK TERNATE TIDORE

Ternate Tidore

Berbicara mengenai Ternate Tidore tak lepas dari zaman perkembangan Islam di Nusantara. Maklum saja, kala itu kerajaan Ternate dan kerajaan Tidore merupakan kerajaan Islam yang berpengaruh di wilayah Maluku. Keduanya menjadi incaran penjajah karena kaya akan rempah-rempah. Kini, kedua pulau yang letaknya berdekatan ini dikenal karena memiliki alam yang indah.

Mengintip Keindahan Batu Angus Ternate

Keindahan Batu Angus Ternate

Barangkali meletusnya Gunung Gamalama di tahun 1907 tidak hanya menyisakan penderitaan dan kerusakan alam saja, melainkan juga menjadi berkah tersendiri. Pasalnya, bekas aliran lava kala itu berubah menjadi bongkahan bebatuan yang unik, Batu Angus.

Sekilas batu-batu yang tersebar dari kaki Gunung Gamalama hingga tebing pantai memang terlihat biasa saja, tetapi jika dilihat dengan seksama akan muncul keindahannya tersendiri. Batu ini berbeda dengan batu lain di sekitarnya, hampir menyerupai stalagmit dengan warna hitam kelam.

Keberadaan bebatuan ini sangat kontras dengan alam sekitarnya. Warna hitamnya berpadu dengan birunya air laut. Warna kehijauan dari rerumputan dan tumbuhan yang ada membuatnya kian indah. Dari kejauhan, terlihat Gunung Gamalama bertengger dengan gagahnya.

Tak jauh dari hamparan bebatuan terdapat situs bersejarah sebagai pengingat tewasnya seorang tentara Jepang di tahun 1945 akibat parasut yang tidak terbuka seutuhnya saat melakukan terjun payung dari pesawat.

Selain menawarkan keindahan Batu Angus, Ternate pun memiliki pantai Sulamadaha yang dikenal karena kecantikan alaminya. Pantai ini berada tak jauh dari lokasi Batu Angus, dapat dicapai dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan.

Pantai Sulamadaha merupakan tempat favorit untuk menyelam. Pasir pantainya putih bersih dengan ombak landai. Airnya jernih sehingga memungkinkan sobat Akasaka untuk melihat kehidupan bawah laut dengan mata telanjang. Bahkan saking jernihnya, perahu yang ada di atas air pun terlihat seakan melayang.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pulau Hiri yang jaraknya sangat dekat dari pantai dengan menggunakan perahu. Tarifnya murah, tetapi sobat Akasaka harus bersabar karena perahu baru akan berangkat setelah kursi terisi penuh.

Pesona Pulau Maitara, Obyek Wisata Andalan Tidore

Pulau Maitara

Pulau Maitara yang terletak di antara Ternate Tidore ini tidaklah asing karena pernah dijadikan gambar uang pecahan seribu rupiah. Pulau Maitara didominasi dengan pantai berpasir putih nan bersih.

Alam bawah lautnya menakjubkan. Sobat Akasaka akan terpesona melihat betapa cantiknya ikan-ikan berenang ke sana ke mari. Terumbu karangnya pun sehat dan indah. Masih alami dan terjaga keasriannya dari tangan-tangan nakal.

Jangan terkejut jika Pulau Maitara tampak begitu sepi, hanya ada sejumlah rumah penduduk yang bisa dihitung menggunakan jari. Penduduk Pulau Maitara sendiri sangat ramah terhadap wisawatan.

Menghabiskan waktu di Pulau Maitara terasa singkat. Keindahannya begitu menghipnotis sehingga tak sadar warna langit mulai berubah, menunjukkan bahwa senja akan segera hadir. Dari kejauhan tampak Gunung Gamalama berdiri dengan gagahnya, diselimuti pepohonan nan hijau.

Suasana yang tenang semakin hening, hanya terdengar debur ombak, kepakan sayap burung, dan angin sepoi. Rasanya seperti berada di sebuah pulau tanpa penghuni. Sangat damai dan cocok dijadikan tempat relaksasi terbaik.

Jangan lewatkan Pulau Failonga yang akan membuat sobat Akasaka berdecak penuh kekaguman. Pasalnya, pulau tak berpenghuni ini memiliki pesona alam yang luar biasa. Pulau ini dikelilingi air laut yang jernih, bebatuan karang, dan tumbuhan hijau nan menyegarkan. Gradasi warna lautnya benar-benar membuat terpana, sangat indah.

Tak hanya menyuguhkan pesona Pulau Maitara dan Failonga, ada sejumlah destinasi wisata Tidore yang tak kalah seru, yakni Puncak Kie Matubu, Benteng Tore dan Tahula, Rumah Ikan Lumba-Lumba di Pulau Mare, Air Terjung Luku Cileng, Pantai Ake Sahu, dan Desa Gurabunga.

Nah, itulah sedikit keindahan Ternate Tidore yang. Bagi sobat Akasaka yang berencana menghabiskan liburan di Ternate dan Tidore, pastikan untuk mengenakan sandal gunung Akasaka yang cocok digunakan di segala medan. Dijamin liburan sobat Akasaka akan semakin seru dan berwarna. Yuk, pesan sekarang juga!

Baca Ini Juga Yuk!

NIKMATI PANJANGNYA GOA LOWO TRENGGALEK
NIKMATI PANJANGNYA GOA LOWO TRENGGALEK
Jika Sobat Akasaka berniat mengisi liburan dengan sesuatu yang berbeda, cobalah nikmati panjangnya Goa Lowo, Trenggalek. Tentu akan memberikan sensasi tersendiri menjelajahi gua yang dinyatakan ter...
Read More
RAFTING DI SUNGAI BOGOWONTO
RAFTING DI SUNGAI BOGOWONTO
Pernahkah Sobat Akasaka mendengar tentang Sungai Bogowonto? Sungai ini masuk dalam daftar sungai besar di Jawa Tengah. Seperti halnya Sungai Serayu, air Sungai Bogowonto pun bermuara ke pantai sela...
Read More
POPULARITAS DI MEDIA SOSIAL MENJADI MOTIVASI HIKING MASA KINI
POPULARITAS DI MEDIA SOSIAL MENJADI MOTIVASI HIKING MASA KINI
Kegiatan hiking dan mendaki gunung semakin digandrungi oleh generasi masa kini, tak lepas dari pengaruh film tentang pendakian, acara petualangan di televisi, dan media sosial. Tren yang berkembang...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published