JANGAN TERKECOH! INI CARA MEMILIH MATRAS CAMPING YANG BAGUS

matras camping yang bagus

Matras camping yang bagus akan membuat suasana camping, hiking, mendaki gunung atau aktivitas petualangan apa pun yang kamu lakukan akan semakin menyenangkan. Matras camping yang tebal, empuk dan nyaman digunakan, beberapa sangat mudah untuk didapatkan asal kamu tahu bagaimana caranya.

Nah, kira-kira bagaimana mencari matras camping yang nyaman untuk digunakan?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

BACA PULA:

5 Tips dan Cara Memilih Matras Camping yang Bagus untuk Aktivitas Petualangan Apa pun

matras camping yang bagus

Sebagai salah satu perlengkapan bertualang yang esensial, matras lebih banyak dikategorikan sebagai gear pendukung dalam sleep system. Padahal jika dilihat dari bagaimana fungsionalnya perlengkapan yang satu ini di alam bebas, matras mungkin mendapat perhatian yang lebih baik.

Lantaran dianggap sebagai perlengkapan pendukung yang tidak begitu signifikan, beberapa aktivis kegiatan outdoor pemula terkesan meremehkan penggunaan matras dalam aktivitas mereka. Nah, hasilnya adalah mereka tidak begitu aware saat memilih matras yang akan mereka gunakan untuk berkegiatan di alam bebas.

Padahal jika kamu mengetahui betapa besar manfaat yang bisa kamu ambil dari penggunaan matras camping ini, kamu akan memilih yang terbaik saat membelinya.

Lalu, apa saja sih, manfaat matras dan bagaimana pula cara menggunakan matras camping dan memilih yang terbaik untuk kamu jadikan temanmu bertualangmu?

Manfaat Penting Matras Camping

matras camping yang bagus

Ada beberapa hal yang menjadi fungsi utama dari penggunaan matras camping. Fungsi ini dapat dibagi dalam tiga bagian yaitu; manfaat kesehatan (resistansi), manfaat kenyamanan dan manfaat emergency.

Dengan sudut pandang yang menarik, kamu akan melihat bahwa matras camping empuk tidak selalu akan menjadi yang terbaik. Sama halnya dengan persepsi bahwa dengan ketebalan yang lebih tipis, tidak serta merta menjadikan sebuah matras otomatis dianggap berkualitas rendah.

Manfaat Kesehatan

matras camping yang bagus

Tidur yang berkualitas sudah tentu adalah salah satu anjuran untuk menjaga kesehatan.

Nah, di tengah petualangan alam liar, dimana angin kencang dan cuaca tidak bisa diperkirakan, tidur nyenyak adalah sebuah anugrah. Sayangnya, tidak mudah untuk dapat tertidur nyenyak dan pulas dengan kondisi shelter atau tenda yang mungkin saja terasa demikian terbatas.

Hayo, kamu pasti sering terbangun sewaktu camping atau mendaki gunung, kan?

Nah, untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik saat di alam bebas ini, kamu membutuhkan berbagai macam dukungan yang memadai. Dukungan ini bisa dalam bentuk tenda yang aman dan nyaman, baik bentuk mau pun lokasi mendirikannya, sleeping bag yang hangat, dan tentu saja; matras hiking yang bagus.

Dengan matras camping terbaik, kamu akan memiliki peluang untuk mendapatkan kualitas istirahat yang lebih baik.

Tubuhmu yang lelah seharian berkegiatan di alam bebas akan mendapatkan relaksasi yang sepadan sewaktu beristirahat. Di samping itu, pikiran dan konsentrasi pun akan kembali dalam kondisi yang prima jika mendapat kualitas tidur yang nyaman.

Manfaat Kenyamanan

matras camping yang bagus

Jika dilihat dari sudut pandang comfortable atau kenyamanan, kamu tentu sangat sepakat bahwa matras camping tebal, empuk dan kenyal adalah yang paling menjanjikan, bukan?

Selain ketebalan dan teksturnya, kenyamanan sebuah matras camping kadang ditentukan pula oleh beberapa faktor lain seperti ukuran, bahan, model, dan teknologi matras itu sendiri.

Ukuran matras camping yang terlalu kecil atau terlalu besar bukanlah sesuatu yang ideal.

Jika terlalu kecil kamu sudah pasti akan kehilangan keleluasaan ketika sedang beristirahat di atasnya. Sedangkan jika terlalu lebar atau besar ukurannya, kamu mungkin akan bermasalah pada proses packing.

Bahan juga berpengaruh dalam hal ini, semakin baik bahan yang dijadikan sebagai matrasmu, maka akan semakin menjanjikan kenyamanan ketika digunakan.

Model matras yang diaplikasikan juga demikian, model dan teknologi matras camping yang semakin sesuai untuk karaktermu (tidak harus yang termahal), tentu saja akan membuat kenyamananmu selama camping semakin terjamin.

Manfaat Emergency

matras camping yang bagus

Ini mungkin tidak pernah kamu bayangkan, dan memang kondisi emergency selalu tidak pernah ada dalam perencanaan.

Akan tetapi, ketika situasi ini terjadi di alam bebas, kamu harus siap dengan segala sesuatunya, termasuk pula misalnya dengan memanfaatkan perlengkapan yang kamu miliki seperti matras camping.

Pertanyaannya kemudian adalah; apa yang bisa kamu lakukan jika kamu mengalami masalah dalam petualangan dan yang kamu miliki hanya matras camping dan beberapa perlengkapan minim lainnya?

Jika kamu masih ingat bagaimana tokoh gadis cantik bernama Elyana diselamatkan oleh pendaki gunung bernama Tatras saat ia terjebak dalam gempa letusan freatik gunung Merapi, kamu akan mengerti aplikasi sebuah matras camping digunakan sebagai alat emergency.

Oh ya, kisah tentang penyelamatan di gunung Merapi ini sendiri bisa kamu baca dalam novel Merapi Barat Daya yang menarik itu, ya.

Tips Penting Memilih Matras Camping yang Terbaik

matras camping yang bagus

Kira-kira apa saja yang sangat penting untuk kamu perhatikan sewaktu memilih sebuah matras camping terbaik?

Setidaknya ada empat faktor paling krusial yang harus kamu pertimbangkan untuk memilih matras camping dengan kualitas yang prima. Faktor tersebut adalah ukurannya, jenisnya, resistansi dan intensitas fungsinya sendiri.

Nah, berikut penjelasannya masing-masing.

Pilih Berdasarkan Resistansinya

matras camping yang bagus

Fungsi utama dari matras camping adalah sebagai resistansi antara tubuhmu dan permukaan tanah secara langsung. Jadi seperti halnya lapisan waterproof pada tenda, jaket, sepatu atau apa saja, matras memiliki fungsi untuk membatasi dan melindungi tubuhmu dari bersentuhan dengan permukaan tanah secara langsung.

Ini adalah fungsi paling esensial dari sebuah matras camping, jadi apa pun nantinya matras yang kamu pilih, apakah matras camping murah hingga dengan harga sangat mahal sekali pun, fungsi utamanya sebagai resistansi haruslah sangat baik.

Mengapa tubuh tidak boleh bersentuhan dengan permukaan tanah secara langsung ketika tidur di alam terbuka?

Permukaan tanah akan melakukan penguapan baik malam atau pun siang hari. Ketika tubuhmu terpapar langsung oleh uap ini dalam waktu yang lama, kamu rentan terhadap banyak risiko seperti hipotermia, gangguan pernapasan dan sebagainya.

Nah, untuk kepentingan inilah matras camping itu dibuat, yakni sebagai resistansi.

Pilih Berdasarkan Ukurannya

matras camping yang bagus

Ukuran matras camping seperti apa yang paling ideal untuk digunakan?

Terkait ukuran matras, ada beberapa hal yang saling berhubungan untuk sama-sama harus kamu pertimbangkan yaitu; panjang, lebar, berat dan tebalnya.

Semua ukuran ini sebenarnya tidak ada panduan bakunya sama sekali. Panduan paling penting yang harus kamu ikuti adalah tubuhmu sendiri. Mengenai tebal dan berat, itu juga tergantung dengan bagaimana kamu ingin mengemas matrasmu saat camping dan seberapa embuk matras yang kamu inginkan sebagai alat tidurmu di alam terbuka.

Namun ada satu tips yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan ukuran yang ideal. Kamu tinggal mengikuti cara berikut ini;

Dirikan tenda yang biasa kamu pergunakan untuk camping kemudian berbaringlah di dalamnya. Bergeraklah seperti yang biasa kamu lakukan jika sedang camping kemudian tandai menggunakan meteran tali berapa ukuran yang kamu butuhkan. Jika sulit melakukannya sendiri, kamu juga bisa meminta bantuan seorang teman untuk mendapatkan ukuran yang lebih baik.

Sesimpel itu, dan kamu sudah mendapatkan ukuran mataras camping yang paling tepat untuk kamu gunakan.

Pertimbangkan Jenis Matras yang Kamu Butuhkan

matras camping yang bagus

Pada umumnya matras camping eiger dengan bahan foam berbentuk gulungan, sudah cukup populer digunakan para pendaki gunung dan petualang di Indonesia.

Namun, kamu pastinya sudah tahu dong, bahwa ada lebih banyak jenis matras camping yang bisa kamu pilih selain berbahan foam gulungan?

Beberapa jenis matras yang paling umum untuk camping dan outdoor activities adalah sebagai berikut;

Matras Foam

matras camping yang bagus

Nah, ini adalah yang paling umum dipergunakan di Indonesia. Dapat dibilang bahwa hampir 80% pegiat alam terbuka menggunakan matras jenis ini untuk menemani aktivitas mereka di Indonesia.

Kelebihan matras ini yang paling penting tentu saja adalah karena harganya yang sangat terjangkau, tahan lama, awet, dan super sederhana. Kamu hanya perlu membuka gulungannya untuk menggunakannya, dan menggulungnya kembali untuk disimpan dan dipacking.

Tidak ada perawatan khusus yang dibutuhkan untuk matras ini.

Matras Tiup

matras camping yang bagus

Dapat dikatakan bahwa kepopuleran matras tiup sebagai matras camping baru terjadi beberapa tahun terakhir ini saja. Secara teknis matras ini menggembung dan mendapatkan fungsi resistansi dan comfortable maksimumnya ketika ada udara yang cukup di dalamnya.

Walaupun tidak seperti matras foam, namun matras camping tiup dapat digolongkan juga sebagai matras camping yang cukup terjangkau. Hanya saja, beberapa jenis dari matras ini sangat rapuh dalam ketebalan, kualitas dan ketangguhannya.

Akar yang tajam dan bebatuan yang runcing adalah ancaman yang bisa membuat matras tiup menjadi bocor dan membuat tidurmu tidak lagi menjadi nyaman.

Matras Self Inflating atau Mengembang Sendiri

matras camping yang bagus

Ini adalah jenis yang paling unggul dan difavoritkan para pegiat alam terbuka. Matras jenis ini tersusun atas dua komponen utama yakni busa atau foam dan udara.

Sewaktu katup bagian atas dibuka, ia akan menyerap udara di sekelilingnya.

Dan ketika katup ditutup, udara yang terserap itu akan terperangkap dalam lapisan-lapisan busa yang sudah disusun sedemikian rupa. Dalam performance maksimumnya, matras self-inflating sangat nyaman untuk digunakan.

Keunggulan lain dari matras mengembang sendiri ini adalah walaupun salah satu bagiannya tertusuk dan bocor sehingga udara menjadi tidak bisa terperangkap dengan baik, kamu masih bisa memanfaatkan busanya untuk beristirahat di dalam tenda.

Jadi, berterimakasihlah pada penemu teknologi matras jenis ini, ya.

Pertimbangan Aktivitas Petualangan Dimana Kamu Menggunakan Matras

 

matras camping yang bagus

Ini adalah pertimbangan terakhir dalam memilih matras camping terbaik untuk kamu gunakan. Hal ini berkaitan pula; dengan cara apa kamu akan bertualang, berapa lama dan di musim apa?

Jika kamu bertualang menggunakan mobil, ukuran dan berat sama sekali bukan hal yang perlu kamu khawatirkan. Namun, jika kamu bertualang menggunakan ransel dan menganggkut semua perbekalanmu di atas punggung, maka kamu harus memperhitungkan berat dan ukurannya.

Nah, buat kamu yang mengangkut perbekalan semuanya menggunakan ransel, jenis matras foam adalah yang paling layak dipertimbangkan. Selain simpel, ringan dan murah, kamu juga bisa membawa matras jenis ini di bagian luar ransel yang kamu gunakan.

BACA JUGA:

 

matras camping yang bagus

Matras camping yang bagus akan memberikan kamu ketahanan yang lebih baik saat bertualang di alam bebas, dan tidak hanya kenyamanan semata. Jadi, jangan pernah meremehkan fungsi matras saat bertualang, ya.

Oh ya, Akasaka Outdoor juga punya lho, produk matras camping type foam dengan kualitas yang super prima. Dengan ukuran yang ideal, ketebalan yang presisi dan bobotnya sangat ringan,` matras matto dari Akasaka Outdoor akan membuat hari-hari ekplorasimu semakin istimewa dan penuh stamina.

Matras camping Matto Akasaka Outdoor bisa kamu buktikan ketangguhannya melalui link dibawah ini, ya.

BUKTIKAN KETANGGUHAN MATRAS MATTO DARI AKASAKA SEKARANG

Baca Ini Juga Yuk!

INI 9 TEMPAT TREKKING DI JOGJA YANG PALING ASYIK UNTUK DIJELAJAHI
INI 9 TEMPAT TREKKING DI JOGJA YANG PALING ASYIK UNTUK DIJELAJAHI
Jogja memang istimewa dalam banyak hal, termasuk sebagai rumah bagi banyak tempat trekking menakjubkan. Untuk kamu yang suka bertualang di alam bebas sambil berolahraga, Akasaka Journal memiliki 9 ...
Read More
SERAM! INI 9 BUKTI KENGERIAN HUTAN AMAZON YANG PALING MENAKUTKAN
SERAM! INI 9 BUKTI KENGERIAN HUTAN AMAZON YANG PALING MENAKUTKAN
Jika berbicara tentang kengerian hutan Amazon, apa saja yang terbayang dalam benak Sobat Akasaka? Anaconda raksasa, katak beracun, ikan piranha yang ganas, atau buaya ukuran raksasa yang ganas dan ...
Read More
BEGINI CARANYA MEMILIH RAINCOAT GUNUNG YANG BAGUS UNTUK BERTUALANG
BEGINI CARANYA MEMILIH RAINCOAT GUNUNG YANG BAGUS UNTUK BERTUALANG
Raincoat adalah salah satu perlengkapan wajib untuk para petualang. Di tengah musim hujan akhir tahun seperti sekarang ini, pendakian di gunung manapun di Indonesia harus dibekali dengan raincoat g...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published