Jangan Lewatkan Kuliner Khas Jawa Timur saat ke Bromo

Apa yang muncul di benak Sobat Akasaka kala mendengar kata “Bromo”? Mungkin gunung, Pasir Berbisik, atau naik gunung. Tetapi, tahukah kamu kalau kuliner Bromo juga memiliki berbagai karakteristik unik? Mulai dari hidangan nasi hingga daging, makanan ala Bromo adalah hasil olahan penduduk sekitar, dan memiliki citarasa istimewa.

 

Makanan Khas Bromo


Makanan Khas Bromo - Luthfiyah

 

Berikut beberapa makanan khas yang bisa kamu temukan di Bromo dan sekitarnya:

 

  • Sawut kabut Bromo

Sawut adalah makanan yang terbuat dari ubi yang disuwir-suwir. Sawut kabut Bromo terbuat dari ubi, dan disajikan bersama buah murbei serta hiasan pandan yang wangi. Sawut sering dihidangkan pada acara-acara istimewa. Sawut biasanya dijual di pasar tradisional, terutama di sekitar Bromo dan Probolinggo.

 

  • Nasi aron

Nasi aron adalah hidangan yang hanya bisa kamu santap di Bromo dan sekitarnya. Nasi ini terbuat dari jagung putih, dan pembuatannya sedemikian rupa sehingga bisa awet sampai beberapa hari. Nasi ini cukup mengenyangkan, dan cocok sebagai bekal untuk berkemah. Nasi ini banyak ditemukan di Desa Seruni, tidak jauh dari jalur tanjakan 2 Bromo.

 

  • Sayur daun leunca/ranti

Sayur daun leunca terbuat dari tanaman ranti, yaitu salah satu jenis tanaman terung. Sayur ini memiliki rasa sedikit pahit, dan biasanya disantap bersama nasi aron, lauk-pauk standar (tempe, ayam goreng, tahu), serta sambal terasi. Sayur ini berkhasiat sebagai obat antiradang, pengendali tingkat ula darah, serta penurun kolesterol.

 

  • Iga Kawah Bromo

Dikenal juga dengan nama iga pasir, iga Kawah Bromo diolah menggunakan tungku berpasir. Iga ini dihidangkan dengan kuah gurih berwarna gelap, dan cocok disantap bersama nasi putih serta sambal.

 

  • Jamu herbal pokak

Jamu herbal pokak adalah minuman penghangat tubuh khas Bromo. Minuman ini terbuat dari berbagai rempah seperti cengkih, jahe, serai, dan daun pandan. Jamu herbal pokak dapat mencegah masuk angin dan flu, melegakan mabuk darat, serta menyembuhkan mual.

 

  • Kerupuk kentang

Kerupuk kentang Bromo adalah salah satu oleh-oleh lokal terkenal. Produk ini begitu terkenal sehingga pemerintah setempat berencana menjadikan tiga kecamatan di sekitar Bromo sebagai pusat penghasil kerupuk kentang. Kerupuk ini dapat kamu temukan di berbagai toko oleh-oleh dan warung di sekitar Bromo.

 

Jika kamu berkunjung ke Bromo, jangan lupa mencicipi berbagai hidangan ini ya!

 

Tempat Wisata Kuliner di Sekitar Bromo


Tempat Wisata Kuliner di Sekitar Bromo - bridestory

 

Belum merasa cukup dengan makanan di atas? Kamu bisa pergi ke beberapa tempat wisata kuliner di sekitar Bromo. Beberapa contoh tempat yang direkomendasikan adalah:

 

  • Teras Bromo

Berlokasi tidak jauh dari Hotel Plataran Bromo, Teras Bromo bertempat di dalam bangunan model rumah yang unik. Restoran ini menggunakan bahan-bahan segar yang dipasok oleh petani di wilayah sekitarnya. Menu andalannya antara lain beragam sup, hidangan nasi, dim sum, es krim, kue-kue tradisional, kopi, hingga jus.

 

  • Bawangan Bromo

Bawangan Bromo berlokasi di Probolinggo, tidak jauh dari Pasar Bawang. Restoran ini menyajikan berbagai kreasi ayam, bebek, belut kecil (wader), dan ikan lele. Semuanya dibakar atau digoreng dengan bumbu racikan khas yang unik.

 

  • Bakso Iga Sukapura

Berlokasi di Jalan Raya Bromo, warung bakso sederhana ini tidak hanya murah, tetapi juga menyajikan olahan iga khas Bromo.

 

  • Rehat Bromo

Berlokasi di Jalan Raya Bromo 90, Rehat Bromo adalah tempat singgah bagi wisatawan yang sedang dalam perjalanan ke Bromo. Tempat ini memiliki desain setengah terbuka, dengan meja-meja panjang yang menghadap ke panorama indah. Pengunjung bisa menikmati berbagai hidangan ala kafe di sini.

 

Jangan lupa mencoba kuliner Bromo untuk mendapat pengalaman lengkap saat berkunjung ke gunung ini!

Leave a comment

All comments are moderated before being published