INI TUGAS LEADER DAN SWEEPER PADA SAAT PENDAKIAN YANG PERLU DIKETAHUI

Mendaki Gunung

Apakah Sobat Akasaka pernah mendengar tentang adanya seorang pendaki yang ditinggal teman-temannya saat turun dari gunung? Hal semacam ini sebetulnya tidak perlu terjadi, bila Leader dan Sweeper melakukan tugasnya dengan baik.

Saat Sobat Akasaka mendaki gunung dalam kelompok, tentunya ada aturan yang harus diikuti. Sobat tidak bisa suka-suka sendiri berjalan sekehendak hati dan rombongan pun tidak boleh seenaknya meninggalkan rekannya yang kehabisan tenaga. Oleh karenanya untuk mengatur rombongan dan tetap menjunjung tinggi kebersamaan, diperlukan seorang Leader yang memimpin di depan dan seorang Sweeper yang akan berjalan di belakang rombongan pendaki.

Nah, apa sebenarnya tugas Leader dan Sweeper ini? Kita simak tips pendakian berikut ini, agar Sobat Akasaka lebih memahami peran keduanya.

Ini Tugas Seorang Leader Dalam Rombongan Pendakian

Seorang Leader Dalam Rombongan Pendakian

Leader diberi tugas untuk memimpin pendakian dan membuka jalur dalam kelompok pendaki. Sebagai pemimpin dalam kelompok pendakian, seorang Leader harus memiliki fisik yang kuat, memiliki sifat antusiasme, mampu memotivasi, pintar, mudah beradaptasi, memiliki pengetahuan luas, mau menerima masukan, serta tidak mudah menyerah.

Hal ini bisa dipahami karena tugas seorang Leader pendakian cukup berat yaitu agar perjalanan pendakian terorganisir dan berjalan sesuai rencana. Untuk itu seorang Leader juga harus bisa berkoordinasi dengan baik dengan Navigator.

  • Memberikan informasi terkait pendakian gunung termasuk semua rencana dan skenario

    Anggota kelompok atau Follower perlu mengetahui banyak hal terkait status dan kondisi gunung. Hal ini meliputi waktu tempuh pendakian, jalur yang ditempuh dan kondisinya, lokasi yang berpotensi membahayakan, serta berbagai keperluan yang dibutuhkan anggota kelompok.

    • Menjelaskan perlengkapan dan peralatan untuk pendakian

      Persiapan pendakian memang perlu dan wajib dipersiapkan jauh hari sebelum hari H, agar pendakian matang dan terencana. Oleh karenanya, seorang Leader wajib menginformasikan dan menjelaskan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan serta memastikan anggota untuk membawa dan memakainya.

      • Memberikan semangat kepada setiap anggota kelompok

        Sebagai seorang Leader harus mampu menyemangati setiap anggota kelompoknya. Jika pemimpinnya tidak antusias, hal ini bisa memengaruhi semangat anggotanya juga. Pemimpin tidak boleh letoy dan mudah menyerah, apalagi bila menghadapi berbagai rintangan sulit saat pendakian.

        • Menjelaskan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan

          Pengetahuan dasar tentang tips pendakian terkait apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan wajib dimiliki oleh setiap anggota kelompok. Tugas seorang Leader menjelaskan hal ini dan memastikan bahwa anggota kelompok menaati peraturan tersebut. Sebagai contoh setiap pendaki wajib menjaga kebersihan lingkungan dan membawa pulang sampah yang dihasilkan, tidak boleh merusak tumbuhan, ataupun mencoret-coret bebatuan.

          • Bertanggungjawab terhadap anggota kelompoknya agar selamat hingga kembali pulang

            Seorang Leader harus bisa cepat mengambil keputusan untuk menghentikan pendakian, bila memang terjadi hal yang membahayakan saat pendakian. Pulang dengan selamat ke rumah masing-masing tentu lebih penting dibandingkan ambisi mencapai puncak gunung namun membahayakan jiwa.

            Ini Tugas Seorang Sweeper Dalam Rombongan Pendakian

            Tugas Seorang Sweeper Dalam Rombongan Pendakian

            Seorang Sweeper hadir untuk melengkapi keberadaan seorang Leader. Sebagai seorang Sweeper harus memiliki sifat teliti serta fisik yang kuat, karena harus menjaga agar rombongan tetap utuh dan kompak.

            1. Sweeper bertugas sebagai penyapu rombongan pendakian agar tidak tertinggal dalam rombongan serta menyisir barang yang ketinggalan.
            2. Memastikan keberadaan setiap anggota kelompok pendakian.
            3. Membaca situasi perjalanan agar tetap aman terkendali.
            4. Menghidupkan suasana agar mengurangi rasa penat dan lelah anggota kelompok.
            5. Melakukan pertolongan pertama jika diperlukan layaknya seorang tenaga medis.

            Nah, itulah tips pendakian terkait tugas seorang Leader dan Sweeper yang penting diketahui Sobat Akasaka sebagai Follower. Sobat Akasaka janga lupa untuk berdiskusi terkait semua hal penting terkait pendakian ini, agar dapat membantu tugas mereka yang bisa dibilang cukup sulit.

            Leave a comment

            All comments are moderated before being published