Ini Syarat Baru Buat Kamu yang Ingin Mendaki Gunung Gede

Sobat Akasaka yang hobi naik gunung pasti ingin menjajal kemampuan mendaki Gunung Gede yang memiliki ketinggian 2.958 meter ini. Pasalnya Gunung Gede memiliki banyak pesona tersendiri. Para pendaki bisa tergoda karena keindahan yang ditawarkan saat mendaki.

Pesona ini dimulai dari telaga biru dengan ganggang birunya seluas 5 hektar, Curug Cibereum yang indah, sumber air panas di jalur pendakian, dan terakhir alun-alun Surya Kencana seluas 50 hektar yang dipenuhi bunga Edelweiss.

Namun, sebelum janjian pergi mendaki gunung bersama teman-teman, Sobat Akasaka harus update dengan syarat baru mendaki Gunung Gede. Perlu diketahui bahwa setiap tahun pendakian gunung Gede ditutup oleh Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) 1 Januari – 31 Maret 2018.

Dibukanya jalur pendakian di Gunung Gede Pangrango tahun ini, disertai penerapan syarat baru yang lebih memudahkan terkait urusan pendakian para pendaki. Nah, inilah peraturan baru tersebut.

 

Ini Syarat Baru Pendakian Gunung Gede


Ini syarat baru pendakian gunung gede - Ini  Syarat Baru Buat Kamu yang Ingin Mendaki Gunung Gede - kesiniaja.com

 

Setelah melakukan proses pendaftaran yang dilakukan dengan booking secara online, Sobat Akasaka harus mengambil surat izin masuk kawasan konservasi. Surat ini biasa disebut Simaksi dan pengambilan dilakukan pada hari H.

  1. Nah, pengambilan surat izin masuk kawasan konservasi (Simaksi) sudah bisa diambil di tiga pintu masuk. Pengambilan Simaksi dilakukan sesuai dengan pintu masuk yang tertera dalam Simaksi. Jadi Sobat Akasaka tidak perlu mondar-mandir lagi ke balai TNGGP Cibodas seperti sebelumnya.
  1. Pintu masuk yang tersedia tetap ada tiga, yaitu Pintu Cibodas di Kantor Balai Besar TNGGP, pintu Gunung Putri di kantor Resor Gunung Putri, dan Selabintana di Kantor Bidang Sukabumi di Jalan Perbawati.
  1. Jangan lupa membawa persyaratan Penukaran Simaksi berupa Fotokopi Identitas yang masih berlaku (SIM, KTP, KTM/Kartu Pelajar, Paspor) serta Draft Validasi, dan Surat Pernyataan Standar Pendakian.
  1. Terkait pemeriksaan kesehatan terkini dilaksanakan sebelum para pendaki mendaki gunung di setiap pintu masuk. Ingat bahwa pemeriksaan kesehatan ini dilakukan untuk kepentingan keamanan dan kenyamanan sobat Akasaka sendiri.
  1. Sementara saat ini pemeriksaan kesehatan ini dilakukan oleh dokter yang bekerja sama dengan koperasi. Koperasi ini menyediakan pos pelayanan kesehatan di setiap pintu masuk tersebut. Dokter yang memeriksa pun telah memiliki standar operasi dalam pemeriksaan pendaki. Oleh karenanya surat keterangan sehat untuk pendakian gunung ini berbeda dengan pemeriksaan biasa.

 

Tips Mendaki Gunung Gede


Tips mendaki gunung gede - Ini  Syarat Baru Buat Kamu yang Ingin Mendaki Gunung Gede - wisatacibodas.com

 

Setelah mengetahui syarat terbaru pendakian Gunung Gede ini, Sobat Akasaka harus mengikuti prosedur yang lebih memudahkan dan peduli terhadap kesehatan fisik ini. Selanjutnya inilah beberapa tips penting sebelum pendakian yang harus diikuti.

  1. Melakukan Booking Online terlebih dahulu di website resmi TNGGP.
  2. Mempersiapkan perlengkapan seperti alas kaki, jaket, topi, serta logistik yang diperlukan dalam pendakian agar aman dan nyaman.
  3. Memperhatikan kesehatan tubuh yang prima agar lolos saat pemeriksaan kesehatan.
  4. Memilih waktu pendakian yang tepat, dengan menghindari mendaki di akhir pekan dan musim hujan.
  5. Menghindari membuang sampah di Gunung Gede selama pendakian.

 

Nah, itulah syarat baru pendakian bagi Sobat Akasaka beserta tips pendakian bila ingin mendaki Gunung Gede ini dalam waktu dekat. Dengan mengikuti peraturan dan tips di atas, diharapkan pendakian bisa berjalan dengan lebih aman dan nyaman. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

All comments are moderated before being published