INI DIA DAFTAR GUNUNG GUNUNG PALING INDAH UNTUK DIDAKI DI PULAU JAWA    

gunung gunung

Menurut kamu, gunung-gunung mana saja di pulau Jawa yang paling indah untuk didaki?

Nah, jawaban kamu pasti beragam, kan? Ada yang mungkin menjawab gunung Semeru sebagai gunung paling indah untuk didaki di pulau Jawa. Sementara yang lain, ada juga yang mengatakan bahwa gunung Merbabu dan gunung Prau adalah yang paling indah. Atau bisa saja menurut pendapat yang lain, justru gunung Ijen di Jawa Timur adalah yang paling menarik untuk tujuan pendakian.

Lantas, apa saja sih, gunung-gunung di pulau Jawa yang paling indah untuk menjadi tujuan pendakian?

Berikut ini Akasaka Journal akan memberikan referensinya yang paling baik untuk kamu.

Jadi, disimak daftarnya berikut ini, ya.

Gunung-Gunung di Pulau Jawa yang Paling Indah Sebagai Tujuan Mendaki

gunung gunung

Secara statistik kunjungan, gunung Merapi yang terletak di antara propinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta, memang bukan yang paling ramai. Akan tetapi jika dilihat berdasarkan popularitas sebagai gunung pendakian di Indonesia, gunung Merapi bisa jadi adalah yang paling terkenal. Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengetahui gunung Merapi dan memaklumi reputasinya sebagai gunung paling terkenal di Indonesia.

Akan tetapi jika itu untuk tujuan aktivitas  hiking  atau pendakian gunung, hampir merata seluruh gunung di Pulau Jawa sudah populer sebagai tujuan. Dari gunung Semeru di Jawa Timur hingga gunung Gede Pangrango di Jawa Barat, semuanya telah menjadi magnet ketinggian yang menarik untuk dipuncaki para pendaki.

Dengan luas wilayah yang membentang dari Sabang hingga Merauke, Indonesia yang merupakan negara kepulauan memang menjadi rumah banyak gunung-gunung indah. Meskipun hampir seluruh pulau di Indonesia memiliki gunung yang istimewa, namun gunung di pulau Jawa memang adalah yang paling populer. Predikat pulau Jawa sebagai pulau terpadat penduduknya adalah faktor penentu yang membuat gunung-gunungnya juga lebih populer dibanding gunung di pulau lainnya.

Nah sekarang, apa saja sih, gunung di Indonesia yang terdapat di pulau Jawa yang menjadi tujuan utama aktivitas pendakian gunung karena keindahannya?

Ini dia daftarnya;

BACA JUGA:

Gunung-Gunung Indah untuk Tujuan Pendakian di Jawa Timur

Gunung Semeru

gunung gunung

 

Sebagai gunung tertinggi di pulau Jawa, gunung Semeru penuh dengan daya tarik untuk menjadi tujuan pendakian. Pemandangan gunung Semeru bahkan dianggap sebagai salah satu pemandangan gunung paling indah di Indonesia. Kamu yang sudah pernah mengunjungi Semeru pasti setuju dengan pernyataan ini, kan?

Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 Mdpl. Selain ketinggiannya ini, Semeru juga didatangi oleh banyak pendaki karena keindahan yang dimilikinya. Danau Ranukumbolo yang terkenal, padang rumput Oro-Oro Ombo yang penuh bunga, Kalimati yang fenomenal, dan tentu saja tanjakan pasir Mahameru yang populer, semuanya ini telah menjadi seperangkat daya tarik luar biasa dari Semeru.

Gunung Ijen

gunung gunung

Gunung kedua yang menjadi tujuan  hiking  dan masih terletak di propinsi Jawa Timur adalah gunung Ijen. Selain menjadi medan bagi para penambang belerang untuk mencari nafkah mereka, gunung Ijen juga sangat populer lho, sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia.

Kamu masih ingat apa hal paling istimewa di gunung Ijen?

Yap, benar banget!

Nama gunung Ijen identik dengan fenomena alam blue fire yang hanya ada dua di seluruh dunia. Selain terdapat di kawah Ijen, fenomena gas alam yang luar biasa ini juga bisa ditemukan di Islandia.

Gunung Lawu

gunung gunung

Lawu selalu menjadi salah satu nama gunung gunung di Jawa Timur yang difavoritkan. Ada banyak keistimewaan gunung Lawu selain keindahannya. Dalam dunia pendakian gunung di Indonesia, gunung Lawu termasuk sebagai gunung yang paling banyak dikunjungi setiap tahunnya.

Ada cukup banyak jalur yang bisa kamu pilih jika mendaki ke Lawu. Kamu yang menyukai petualangan dan keindahan yang maksimal bisa mencoba melakukan pendakian melalui rute Candi Cetho. Sementara kamu yang lebih menyukai jalur menanjak dan cukup populer, tentu saja dapat mencapai puncak Lawu melalui rute Cemoro Sewu.

Gunung Raung

gunung gunung

Nah, ini adalah gunung yang menyandang predikat tersulit didaki di pulau Jawa. Untuk mencapai puncak tertinggi gunung Raung yang dikenal dengan nama Puncak Sejati, kamu harus membekali diri dengan tali temali, harnes, jumar, dan lain sebagainya.

Walaupun bukan termasuk gunung gunung tertinggi di Indonesia, namun tantangan teknis gunung Raung selalu menjadikannya istimewa. Dan tantangan teknis ini pula yang menjadi daya tarik terbesar gunung Raung bagi para pendaki gunung Indonesia.

Gunung Argopuro

gunung gunung

Jika gunung Raung adalah gunung tersulit didaki di pulau Jawa dan gunung Semeru adalah gunung tertingginya, maka gunung Argopuro juga memiliki predikat terunik sebagai salah satu tujuan favorit pendakian gunung.

Nah, tahukah kamu predikat apa yang dimiliki oleh gunung Argopuro?

Ya, benar lagi!

Gunung Argopuro adalah gunung dengan rute tempuh paling jauh di Jawa. Untuk mencapai puncak gunung dan kembali lagi ke basecamp, seorang pendaki umumnya membutuhkan waktu 4 -5 hari. Di samping itu, gunung ini juga memiliki banyak tempat indah, lho. Nama-nama seperti Telaga Taman Hidup dan puncak Rengganis pasti sudah pernah kamu dengar, bukan?

Gunung-Gunung Indah untuk Tujuan Pendakian di Jawa Tengah

Gunung Merapi

gunung gunung

Gunung pertama di propinsi Jawa Tengah yang paling populer dan menjadi pusat perhatian tentu saja adalah gunung Merapi. Selain terkenal sebagai tujuan  hiking, gunung Merapi juga menarik perhatian karena aktivitas vulkaniknya yang tinggi. Bahkan, gunung Merapi juga diklaim sebagai salah satu gunung paling aktif di dunia.

Dikarenakan statusnya yang masih tutup untuk pendakian dalam waktu yang lama, ada sebuah kabar menarik buat kamu yang kangen dengan gunung Merapi. Kabar ini adalah  kehadiran sebuah novel fenomenal yang mengambil latar pendakian gunung Merapi.

Novel ini berjudul Merapi Barat Daya dan diakui banyak orang sebagai salah satu novel pendakian gunung terbaik di Indonesia.

Oh ya, novelnya sendiri bisa kamu download disini, ya.

Gunung Merbabu

gunung gunung

Bersebelahan dengan gunung Merapi yang perkasa, menjulang pula gunung Merbabu yang syahdu. Jika gunung Merapi terkenal pasir dan bebatuannya yang terjal, maka gunung Merbabu dipenuhi sabana yang indah, padang edelweiss, dan juga pada rumput yang luas.

Dari sisi jumlah kunjungan para pendaki, gunung Merbabu tentu saja sangat populer. Gunung ini bahkan dikenal pula dengan julukan Gunung Seribu Jalur lantaran begitu banyak akses pendaki untuk mencapai puncaknya.

Jika dilihat dari sisi keindahan sabananya, gunung Merbabu memang sulit dicari tandingannya, ya.

Gunung Sumbing

gunung gunung

Jika gunung Merapi dan gunung Merbabu berdiri bersebelahan di wilayah agak ke timur Jawa Tengah, maka gunung Sumbing dan gunung Sindoro adalah sepasang gunung kembar yang berdiri di bagian baratnya. Meskipun terkenal lebih sulit, gunung Sumbing ternyata lebih banyak mendapat kunjungan para pendaki setiap tahunnya, lho.

Gunung Sumbing memiliki beberapa jalur pendakian yang resmi. Salah satu jalur pendakian yang cukup difavoritkan misalnya adalah jalur Kaliangkrik, di kabupaten Magelang. Keistimewaan jalur ini adalah karena ia juga merupakan destinasi wisata Nepal van Java yang terkenal itu.

Gunung Andong

gunung gunung

Dari sisi ketinggian, gunung Andong tentu saja sangat jauh jika dibandingkan dengan gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, apalagi gunung Semeru. Namun jika dilihat dari jumlah para pendaki yang mengunjunginya, gunung Andong mengungguli banyak gunung di pulau Jawa lho, ya.

Ada beberapa pertimbangan mengapa pendaki gunung Andong selalu ramai setiap pekan. Dan salah satunya adalah karena ketinggiannya yang tak seberapa, sangat ramah bagi para pendaki pemula, namun juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah.

Gunung Slamet

gunung gunung

Dengan predikatnya sebagai gunung terbesar di pulau Jawa dan tertinggi kedua setelah gunung Semeru, gunung Slamet yang terletak di bagian barat Jawa Tengah memiliki banyak pendaki yang mengidolakannya.

Jika gunung Slamet, gunung Merapi dan gunung Semeru disandingkan, akan ditemukan model gunung yang hampir serupa. Bagian puncak dari ketiga gunung ini terdiri dari pasir dan bebatuan dan menjadi tantangan yang menarik sebagai sebuah medan pendakian.

Gunung-Gunung Indah untuk Tujuan Pendakian di Jawa Barat

Gunung Gede Pangrango

gunung gunung

Ada sebutan yang mengatakan jika gunung Gede Pangrango adalah Gunungnya Orang Jakarta dikarenakan tingkat kunjungan para pendaki ibukota ke gunung ini yang demikian tinggi. Setiap pekan, kadang ada ribuan pendaki yang berusaha mencapai puncaknya.

Gunung Gede Pangrango menjadi salah satu gunung paling populer di Jawa Barat. Selain terkenal menjadi habitat banyak satwa yang cantik, gunung Gede Pangrango juga adalah tempat dimana sebuah padang rumput luas nan indah berada.

Kamu pasti setuju kan, jika Alun-Alun Surya Kencana adalah salah satu padang sabana gunung tercantik di Pulau Jawa?

Gunung Ciremai

gunung gunung

Setelah gunung Gede Pangrango, gunung di Jawa Barat yang tidak kalah cantik dan banyak pendakinya adalah gunung Ciremai. Gunung ini dalam ejaan yang lebih unik kadang disebut pula dengan nama gunung Cereme.

Letak gunung Ciremai ada kabupaten Majalengka dan kabupaten Kuningan. Di samping memiliki bentuk kerucut sempurna, gunung Ciremai juga menjadi rumah bagi banyak flora dan fauna yang eksotis, lho.

Gunung Malabar

gunung gunung

Ada beberapa puncak yang berdiri di atas pegunungan Malabar yang indah ini. Selain puncak Malabar yang memiliki ketinggian 2.343 Mdpl, pegunungan Malabar masih memiliki beberapa puncak lainnya seperti; Puncak Haruman, Puncak Mega dan Puncak Puntang.

Gunung-gunung di Jawa Barat pada umumnya sudah sangat familiar sebagai tujuan pendakian gunung, termasuk juga gunung Malabar ini. Sebagai salah satu gunung berapi dengan hutannya yang masih cukup asri, mengunjungi gunung Malabar bisa menjadi pendakian yang menyenangkan.

Gunung Salak

gunung gunung

Jika dilihat dari popularitas aura mistisnya, gunung Salak memiliki tingkat yang tidak jauh berbeda dengan gunung Lawu di Jawa Timur. Hutan gunung Salak telah terkenal menjadi rumah bagi banyak hal misterius. Kamu tentu masih ingat kan, ada pesawat yang terjatuh dan sempat dikabarkan menghilang di gunung Salak?

Pada gunung-gunung lain areal puncak bisa saja adalah areal terbuka yang memiliki panorama luas membentang, tetapi di puncak Salak, panoramanya mungkin terasa lebih terbatas. Namun bagaimana pun juga, ada ratusan pendaki yang tetap mengunjungi gunung ini setiap pekannya.

Gunung Papandayan

gunung gunung

Nah, gunung terakhir di Jawa Barat yang juga sangat populer untuk tujuan pendakian adalah gunung Papandayan. Dengan akses yang cenderung lebih mudah, pengunjung gunung Papandayan memang tidak pernah sepi.

Ada banyak tempat menarik di gunung Papandayan yang membuat gunung ini istimewa. Kawah belerang, hutan mati, kolam air panas, padang edelweiss adalah beberapa tempat yang paling banyak dikunjungi di antaranya.

BACA JUGA:

gunung gunung

Nah, itu adalah 15 gunung-gunung di pulau Jawa yang populer menjadi tujuan pendakian karena keindahannya. Pastinya, kamu sudah pernah mengunjungi sebagian besar dari daftar di atas, kan?

Oh ya, sambil menikmati keindahan gunung-gunung fantastis di pulau Jawa ini, yuk, gunakan selalu produk Akasaka Outdoor, ya. Kualitas produk yang sempurna dan layanan yang prima akan membuat pendakianmu ke gunug-gunung di Pulau Jawa semakin istimewa bersama Akasaka.

KLIK DISINI SEKARANG DAN DAPATKAN PRODUK TERBAIK AKASAKA DENGAN HARGA PALING ISTIMEWA

Baca Ini Juga Yuk!

TERNYATA INI 10 FOTO KEINDAHAN ALAM INDONESIA PALING TERKENAL DI DUNIA
TERNYATA INI 10 FOTO KEINDAHAN ALAM INDONESIA PALING TERKENAL DI DUNIA
Dapatkah kamu menebak apa saja foto keindahan alam Indonesia yang paling terkenal di dunia? Jika kamu menyebut nama Bromo, Raja Ampat, Danau Toba dan  beberapa tempat wisata populer lainnya, maka i...
Read More
SPEK DAN JENIS MATRAS CAMPING SERTA TIPS MUDAH MEMILIH YANG TERBAIK
SPEK DAN JENIS MATRAS CAMPING SERTA TIPS MUDAH MEMILIH YANG TERBAIK
  Tahukah kamu, jika fungsi dari berbagai jenis matras camping yang utama bukanlah supaya tidur kamu menjadi nyaman dan empuk saat berkemah atau mendaki gunung? Para pendaki pemula pada umumnya me...
Read More
9 ACCESSORIES PENDAKI GUNUNG YANG PALING BANYAK DIGUNAKAN DI INDONESIA
9 ACCESSORIES PENDAKI GUNUNG YANG PALING BANYAK DIGUNAKAN DI INDONESIA
Aksesoris atau accessories bukan hal yang asing bagi pegiat aktivitas hiking  di tanah air. Accessories pendaki gunung telah menjadi semacam  style  wajib bagi para pendaki untuk menunjukkan identi...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published