INI DIA DAFTAR 7 GUNUNG TERSULIT DIDAKI  DI DUNIA!

Jika kamu menganggap jika gunung tersulit didaki di dunia adalah Everest karena ketinggiannya yang hampir menyentuh langit, maka kamu nampaknya harus membaca artikel ini. Bahwa ternyata ada banyak gunung yang lebih rendah daripada Everest, namun dari sisi kesulitan pendakian ke puncaknya, diangap lebih unggul daripada Everest.

Nah, apa saja, sih, gunung yang paling sulit didaki selain gunung tertinggi di dunia seperti Everest itu? Simak daftarnya berikut ini, ya.

Daftar 7 Gunung Tersulit Didaki di Dunia dan Beberapa Faktor Penentu Tingkat Kesulitannya

 Sebelum membahas  gunung apa saja yang masuk dalam predikat tersulit di dunia untuk dilakukan pendakian, perlu juga dipahami bahwa untuk ukuran kesulitan itu sendiri dilihat dari faktor apa. Apakah karena cuaca, medan atau kontur gunung, atau ada hal lain yang membuat sebuah gunung dianggap sulit untuk ditaklukkan?

Ukuran kesulitan sebuah gunung kadang sangat relatif untuk bisa ditentukan secara pasti. Ada banyak faktor yang menjadi ukuran bahwa sebuah gunung memiliki rangking besar jika diurut berdasarkan kesulitannya. Beberapa barometer yang seringkali dijadikan sebagai landasan untuk mengatakannya sulit untuk didaki di antaranya adalah sebagai berikut;

Faktor Ketinggian

Ketinggian sebenarnya bukan penentu utama untuk mengatakan sebuah gunung sulit untuk didaki. Seperti halnya gunung Raung yang dianggap tersulit didaki di pulau Jawa, sementara dari sisi ketinggian, Raung tentu saja kalah tinggi daripada Semeru, Sumbing atau pun Slamet di Jawa Tengah.

Akan tetapi, ketinggian terkait erat pula dengan perubahan suhu dan cuaca. Semakin tinggi sebuah gunung, semakin keras cuacanya, dan tentu saja semakin sulit untuk didaki. Dan karena itu pula penyebabnya, mengapa para pendaki gunung terbaik di dunia terpaksa menggunakan tabung oksigen saat mendaki Everest, sementara pada gunung lain mereka tak perlu menggunakannya.

Faktor Medan Pendakian

Faktor kedua yang membuat sebuah gunung dianggap tersulit adalah karena karena medan pendakiannya. Hal ini bisa saja karena panjang, jauh, atau secara teknis memang tidak mudah untuk dilakukan.

Hal ini seperti predikat gunung tersulit didaki di Indonesia yang menempatkan raung sebagai salah satu dalam daftarnya. Atau misalnya juga mengapa Leuser di Aceh juga termasuk dalam daftar gunung tersulit karena lintasan pendakiannya yang demikian panjang sampai-sampai membutuhkan dua minggu waktu pendakian.

Faktor Cuaca

Selanjutnya barometer ketiga yang seringkali dijadikan ukuran kesulitan sebuah gunung adalah faktor cuaca. Gunung dengan cuaca misterius yang susah ditebak, atau dengan perubahan yang demikian cepat, seringkali menjadi alasan mengapa gunung-gunung yang lebih rendah menempati daftar dengan predikat paling sulit didaki.

Ambil contoh misalnya gunung Annapurna yang secara ketinggian berada jauh di bawah Everest, dan secara teknis lebih mudah dibandingkan Eiger North Face misalnya. Namun ketika berbicara masalah cuaca, Annapurna dengan dentuman avalanche dan perubahan cuacanya yang sangat cepat, memiliki kesulitan yang dianggap lebih kompleks.

Faktor Lokasi

Keterpencilan adalah faktor selanjutnya menjadikan sebuah gunung layak disebut sulit untuk didaki. Kesulitan menjangkau lokasi gunung yang jauh dan terasing, yang membutuhkan perjalanan berat dan berhari-hari, adalah alasan utama menjadikan faktor ini sebagai barometer menentukan rangking gunung tersulit yang cukup penting.

Contoh lokasi yang terpencil dan membuatnya dianggap sulit untuk didaki misalnya adalah gunung Hkakabo Razi di Myanmar yang merupakan puncak tertinggi Asia Tenggara. Untuk mencapai kaki gunung ini setidaknya dibutuhkan satu bulan berjalan kaki membelah hutan belantara yang rapat dan susah ditembus. Belum lagi risiko terpapar penyakit malaria yang juga menghantui setiap pendaki yang mencobanyan.

Nah, setelah mengetahui beberapa faktor penentu tingkat kesulitan sebuah gunung di atas, lantas apa saja gunung di dunia yang dianggap memiliki reputasi tersulit untuk didaki?

Daftar 7 Gunung yang Paling Suit Didaki di Seluruh Dunia

Daftar berikut ini akan mengurutkan 7 gunung dengan predikat paling sulit didaki yang ada di seluruh dunia. Daftar ini ditulis dari yang paling mudah hingga yang dianggap paling sulit untuk ditaklukkan.

Lalu, apa saja daftarnya?

Gunung Eiger di Swiss

Alasan pertama menempatkan nama gunung Eiger dalam daftar paling buncit disini adalah karena sudah cukup banyak pendakian yang terkonfirmasi ke dinding gunung ini dan berhasil membuat rekor. 

Jika dilihat dari jalur normal, Eiger memang tidak layak disebut sebagai yang tersulit karena rute sisi baratnya dianggap tidak begitu menantang. Namun, makna tertinggi dari gunung yang terletak di Swiss ini adalah pada sisi utaranya, atau yang lebih populer disebut dengan Eiger North Face.

Eiger North Face masuk dalam daftar tebing paling sulit didaki di dunia. Sejak pertamakali berhasil ditaklukkan pada tahun 1938 oleh tim Andreas Heckmair, tebing ini telah menjadi magnet para pendaki dari seluruh dunia.

Kesulitan teknis dengan medan pendakian vertikal hampir sepanjang 2 kilometer adalah alasan utama kesulitan gunung Eiger North Face yang menempatkannya dalam daftar ini.

Gunung Cerro Torre di Patagonia

Berada di urutan selanjutnya gunung tersulit didaki di dunia adalah gunung Cerro Torre di Patagonia, Chili. Alasan menempatkan Cerro Torre pada posisi kedua adalah karena medan pendakian gunung ini juga yang sangat teknis dan tidak mudah dilakukan.

Hampir seratus persen Cerro Terro memiliki medan pendakian yang sepenuhnya vertikal. Bahkan beberapa bagian medan pendakian gunung ini juga berbentuk overhang yang membuat pendakiannya juga semakin sulit untuk dilakukan.

Untuk membuat medan pendakian ke Cerro Torre semakin tidak mudah, pada bagian puncak gunung ini juga tertutup oleh Giant Mushroom atau jamur es raksasa.

Atas medannya yang membutuhkan skill rock climbing tingkat tinggi dan teknik pendakian es untuk mencapai puncaknya, rasanya tidak berlebih mengatakan jika Cerro Torre adalah salah satu gunung tersulit di dunia untuk didaki manusia.

Gunung Annapurna di Himalaya

Ketinggian, cuaca yang ekstrim, dan potensi longsoran avalanche adalah sebab utama mengapa gunung Annapurna berada pada list gunung tersulit di dunia berikutnya.

Meskipun jika dilihat dari medan pendakiannya sendiri, rute normal Annapurna dianggap tidak begitu sulit untuk ditaklukkan. Namun jika kemudian menghitung faktor risiko dan bahayanya, Annapurna seringkali berada pada urutan teratas gunug paling berbahaya di dunia.

Bagian paling mematikan dari Annapurna adalah dinding selatannya. Sepanjang sejarah pendakian gunung ini, telah banyak nyawa para pendaki gunung terbaik di dunia yang menjadi tumbal keganasan Annapurna South Face.

Nama-nama alpinis top dunia seperti Ian Clough dan Alex MacIntyre dari Inggris, Pierre Beghin dari Perancis, Anatoli Boukreev dari Kazakhstan dan juga pendaki top Spanyol, Inai Ochoa de Olza, semuanya kehilangan nyawa mereka di dinding selatan Annapurna.

Gunung Shipton Spire di Pakistan

Setelah Annapurna di Himalaya, gunung paling sulit didaki selanjutnya terletak di Karakoram, Pakistan. Shipton Spire adalah gunung dengan bentuk seperti mata tombak yang menjulang ke angkasa dengan medan pendakian yang nyaris sepenuhnya vertikal.

Ada tiga faktor yang membuat mengapa Shipton Spire di Pakistan dianggap sebagai salah satu yang paling sulit di dunia. Ketinggian, cuaca, dan medan pendakian yang demikian sulit, adalah tiga faktor utama yang mengokohkan nama Shipton Spire. Setidaknya dibutuhkan waktu hingga berminggu-minggu untuk mencapai puncaknya.

Kombinasi kesulitan ini semakin sempurna ketika cuaca dan ketinggian belantara Karakoram membalut gunung ini dengan badai dan angin kencang yang seringkali mengamuk di Shipton Spire.

Gunung Trango Tower di Karakoram, Pakistan

Menemukan gunung yang tidak pernah didaki di Indonesia saat ini mungkin sudah cukup sulit, meski seberat apa pun, pada umumnya sudah ada saja manusia yang telah mencobanya. Hal ini sama dengan Trango Tower di Karakoram yang meskipun sangat sukar untuk ditaklukkan, tetap ada saja ada para pendaki gunung yang mengunjunginya.

Trango Tower di Pakistan adalah gunung yang tipikalnya hampir sama seperti Cerro Torre atau Shipton Spire. Namun karena ketinggiannya jauh mengungguli kedua gunung itu, maka tentu saja pendakian ke puncaknya jauh lebih sulit dan menantang.

Menariknya di Karakoram gunung dengan model seperti Trango Tower ini tidak hanya satu, namun cukup banyak. Selain Trango Tower, misalnya ada lagi yang disebut sebagai Nameless Tower, Great Trango, dan juga Baintha Brakk. Dan semuanya menyajikan tantangan yang sama-sama tidak mudah untuk ditaklukkan.

Gunung Nanga Parbat di Karakoram

 

Selanjutnya yang menduduki gunung tersulit di dunia untuk di daki adalah Nanga Parbat yang juga terletak di Pakistan. Karena reputasi dan kesulitannya yang sangat ganas, gunung Nanga Parbat bahkan pernah dijuluki sebagai The Killer Mountains atau si Gunung Pembunuh.

Sama seperti Annapurna South Face yang banyak memakan korban, Nanga Parbat termasuk gunung yang juga banyak membunuh para pendaki gunung terbaik di dunia. sebelum puncaknya berhasil dicapai, gunung ini bahkan setidaknya telah memakan 30 nyama manusia sebagai tumbalnya.

Keganasan gunung ini yang terbaru tentu saja dapat diketahui dari kematian Tom Ballard dan Daniele Nardi sekitar setahun yang lalu saat mencoba mencapai puncak musim dingin Nanga Parbat melalui dinding Diamir Face yang perkasa.

CERITA LENGKAP TERBUNUHNYA DANIELE NARDI DAN TOM BALLARD DI NANGA PARBAT DAPAT DIBACA PADA TAUTAN BERIKUT

Gunung K2 di Karakoram

Apa gunung yang paling sulit didaki di dunia? Jika mengacu pada banyak barometer yang telah dijelaskan sebelumnya, maka K2 atau si Savage Mountain adalah raja dari gunung paling sulit ditaklukkan di dunia.

Kombinasi kesulitan K2 adalah cuaca yang ganas dan tak berbelas kasih, medan pendakian yang sangat sulit, ketinggian yang menjulang ke langit, dan lokasinya yang juga sangat terpencil. Jadi, dari 4 faktor yang menjadi ukuran untuk menentukan kesulitan sebuah pendakian gunung, K2 memiliki semuanya secara sempurna.

Tinggi gunung K2 atau yang bernama asli Chogo Ri ini adalah 8.611 meter, atau tertinggi kedua di dunia setelah Everest. Kesulitan menjangkau puncaknya juga sangat dramatis. Bahkan pada tahun 1996 disebut sebagai musim paling suram dalam pendaki di K2, karena setidaknya ada 13 pendaki gunung terbaik di dunia yang tewas dengan berbagai cara di gunung ini pada tahun itu.

Nah, itu adalah profil dan daftar 7 gunung tersulit didaki di dunia versi Akasaka Outdoor. Jika kamu suka dengan berbagai kisah mountaineering dan kemegahan legenda gunung di dunia, kamu bisa, lho, mendapatkan buku-buku mountaineering yang disponsori oleh Akasaka Outdoor melalui link berikut ini

DAPATKAN BUKU-BUKU MOUNTAINEERING YANG DISPONSORI OLEH AKASAKA OUTDOOR DISINI

Oya, supaya semakin asyik dan menyenangkan saat membaca buku-buku tentang petualangan dan pendakian gunung, kamu bisa menggunakan jaket jumper terbaik dari Akasaka satu ini. Jaket jumper Akasaka Reid sangat pas digunakan untuk aktivitas outdoor atau pun hanya menghabiskan secangkir kopi sambil membaca buku di teras rumah.

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN ISTIMEWA JAKET JUMPER TERBAIK AKASAKA REID

 

 

 

Baca Ini Juga Yuk!

7 GUNUNG  TERTINGGI DI JAWA PALING POPULER UNTUK TUJUAN PENDAKIAN
7 GUNUNG  TERTINGGI DI JAWA PALING POPULER UNTUK TUJUAN PENDAKIAN
  Sebagai salah satu pulau terpadat di Indonesia, pulau Jawa telah menjadi konsentrasi berbagai macam aktivitas. Termasuk aktivitas hiking atau mendaki gunung. Gunung tertinggi di Jawa seperti Sem...
Read More
5 PEMANDANGAN CANTIK DI DUNIA UNTUK KAMU YANG SEDANG JATUH CINTA
5 PEMANDANGAN CANTIK DI DUNIA UNTUK KAMU YANG SEDANG JATUH CINTA
Akan selalu ada tempat di dunia bagi seseorang yang sedang jatuh cinta untuk mendeskripsikan perasaan mereka. Seperti beberapa pemandangan cantik di dunia yang diukir oleh tangan-tangan semesta, ke...
Read More
5 TEMPAT YANG MENJADI SURGA SEJARAH ROCK CLIMBING DI DUNIA
5 TEMPAT YANG MENJADI SURGA SEJARAH ROCK CLIMBING DI DUNIA
Sebagai seorang petualang, kamu mungkin saja adalah salah satu penggemar dari aktivitas panjat tebing atau rock climbing. Sejarah rock climbing yang bermula dari pegunungan Mont Blanc di Eropa kini...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published