INI DIA 5 HAL MENARIK TENTANG SHELTER BARU DI GUNUNG PRAU

Beberapa orang di media sosial mengemukan ketidaksetujuannya tentang dibangunnya dua buah shelter di gunung Prau, Dieng, Jawa Tengah. Shelter yang difungsikan sebagai musholla dan pos emergency ini dianggap sebagai bagian dari vandalisme puncak Prau. Teman-teman yang tidak setuju itu berpendapat bahwa keasrian Prau dan kecantikannya akan lebih baik jika dibiarkan natural saja tanpa shelter.

Nah, ini kemudian menjadi menarik, tentang bagaimana semestinya kita menanggapi hal yang baru di puncak gunung Prau ini. Tentang seberapa perlukah sebenarnya shelter emergency dan musholla di puncak gunung Prau?

Seberapa Perlukah Musholla dan Emergency Shelter di Gunung Prau?

shelter gunung prau
Source: Tripzilla

Gunung Prau adalah salah satu gunung di pulau Jawa dengan tingkat kunjungan tertinggi. Pada musim-musim pendakian (high season) pendaki yang berkunjung ke gunung yang terkenal sebagai golden sunrise-nya pulau Jawa ini bisa mencapai ribuan. Tidak jarang pula karena membludaknya para pengunjung dan pendaki, viral kemudian berbagai foto yang menunjukkan kepadatan tenda di areal puncak, atau macetnya lintasan pendakian.

Untuk mengakomodasi kunjungan yang tinggi, maka memang dibutuhkan sarana dan prasarana yang mampu memberi kemudahan bagi pengunjung. Termasuk juga di antaranya untuk keperluan ibadah dan emergency.

Terkait dengan shelter yang baru didirikan ini setidaknya ada 5 hal menarik yang mungkin perlu untuk diketahui bersama.

Mempermudah Pendaki Untuk Tetap Beribadah

Apakah jika tidak ada musholla yang didirikan di puncak Gunung Prau Dieng ini maka para pendaki tidak bisa sholat? Tentu saja bisa. Namun dengan adanya shelter yang difungsikan sebagai musholla, setidaknya akan mempermudah para pendaki untuk melakukannya.

Jika sebelumnya para pendaki melakukan sholat dengan duduk di dalam tenda, berdiri di camp ground dengan tiupan angin dingin yang mencucuk tulang, maka adanya musholla membuatnya menjadi lebih baik. Para pendaki wanita pun merasa privasi mereka dalam beribadah lebih terjaga dengan adanya musholla ini.

Emergency Shelter for Emergency Situation

Sebagai shelter emergency yang memang difungsikan sebagai sarana dalam kondisi darurat, maka peran shelter di gunung Prau memang sangat krusial. Adanya shelter akan mempermudah proses penanganan dan juga pertolongan jika terjadi sebuah kondisi yang darurat.

Shelter ini pula dapat dijadikan sebagai base pemantauan para ranger gunung Prau untuk dapat senantiasa memantau aktivitas pendakian di areal puncak. Karena merupakan titik pantau yang strategis, maka seumpama terjadi sebuah keadaan yang membutuhkan kecepatan penanganan, maka prosesnya akan lebih mudah.

Trade Mark Baru Gunung Prau

Harus kita akui bahwa desain hut atau shelter yang dibuat di gunung Prau itu adalah sesuatu yang istimewa. Selain nampak artistik dan simple, kesan natural pun cukup ditonjolkan. Dan hal ini tentu saja dapat menjadi daya tarik lain dari sebuah pendakian ke gunung Prau.

Kemudahan dalam penanganan situasi emergency, sebagai base untuk perlengkapan darurat, dan juga sebagai pusat penyebaran informasi di atas gunung adalah fungsi paling fundamental dari shelter di gunung Prau ini. Namun fungsi estetika dengan menerapkan desain yang menarik juga dapat menjadi nilai plus lain yang justru akan memperkuat daya tarik gunung Prau.

Hasil Mufakat dan Persetujuan Masyarakat

Sebelum shelter ini didirikan, sudah pasti telah terjadi kesepakatan antara pihak inisiator dan juga masyarakat yang mengelola pendakian gunung Prau Wonosobo. Kesepakatan ini selain berbicara ekonomi dan fungsi fundamental, tentu saja tidak akan mengabaikan unsur kelestarian alamnya pula.

Jadi intinya adalah, bahwa kamu yang selama ini khawatir bahwa kehadiran shelter dan musholla di puncak gunung Prau akan membawa dampak yang buruk dan merupakan bentuk vandalisme, nampaknya tidak perlu terlau risau berlebihan. Masyarakat yang telah melakukan agreement pembangunan shelter tentu lebih menyadari segala macam konsekuensinya.

Hal Semacam Ini Terjadi Pada Banyak Gunung

shelter gunung prau
Source: Journey era

Shelter dan musholla (tempat ibadah) di atas gunung bukanlah sesuatu yang baru. Pada banyak gunung dengan intensitas kunjungan yang demikian tinggi, sudah barang tentu fasilitas semacam ini sangat diperlukan.

Pendaki gunung Prau via Patak Banteng dibatasi hanya 1.200 orang untuk satu sessi, jika tidak dibatasi, jumlahnya bahkan bisa berkali lipat lagi. Jumlah yang eksponensial ini tentu saja membutuhkan sistem koordinasi yang sinergi untuk menjaganya tetap aman dan nyaman.

Pada banyak gunung dengan ciri yang sama, shelter pun umum didirikan. Apalagi misalnya jika meluaskan pandangan pada metode pengelolaan wisata gunung luar negeri, maka keberadaan shelter, hut, pondok, refugio atau apa pun sebutannya, adalah sesuatu yang lumrah dan justru mempermudah para pendaki itu sendiri.

Nah sekarang, Sobat Akasaka sendiri bagaimana pendapatnya tentang shelter di gunung Prau?

Oya, sambil berdiskusi dan menyampaikan pendapatnya, jaket terbaru dari Akasaka yang satu ini juga cocok banget lho, di pakai di gunung Prau. Dengan teknologi waterproof, breathable, super comfort dan ultimate performance, jaket terbaik Akasaka ini layak untuk menemani pendakianmu yang penuh semangat.

Jadi, segera diorder saja, ya!

Baca Ini Juga Yuk!

10 JALUR HIKING DI INDONESIA PALING DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU COBA
10 JALUR HIKING DI INDONESIA PALING DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU COBA
Ada banyak jalur hiking di Indonesia yang menjadi favorit para pendaki gunung tanah air. Di antara banyak rute hiking tersebut, ada beberapa yang dianggap sebagai yang terbaik dan istimewa. Sebagai...
Read More
5 REKOMENDASI TERBAIK DALAM MEMILIH SANDAL JEPIT GUNUNG UNTUK PENDAKIAN
5 REKOMENDASI TERBAIK DALAM MEMILIH SANDAL JEPIT GUNUNG UNTUK PENDAKIAN
Banyak pegiat alam atau pendaki gunung yang memilih sandal jepit gunung sebagai pilihan alas kaki mereka dalam bertualang. Dari sekian banyak jenis, merek dan harga, ada beberapa sandal jepit outdo...
Read More
5 GUNUNG TERTINGGI DI INDONESIA DENGAN PEMANDANGAN TERINDAH
5 GUNUNG TERTINGGI DI INDONESIA DENGAN PEMANDANGAN TERINDAH
Jika Sobat Akasaka menelusuri apa sajakah gunung tertinggi di Indonesia, maka secara urutan mungkin hasilnya tidak akan berbeda antara sumber yang satu dengan sumber yang lain. Akan tetapi, jika ke...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published