INI DAFTAR LENGKAP PEGUNUNGAN DI INDONESIA DARI SUMATERA HINGGA PAPUA

Pegunungan di Indonesia

Sebagai negara kepulauan dan berdiri di atas rangkaian cincin api, Indonesia tentu saja memiliki banyak keistimewaan. Salah satu keistimewaan Indonesia yang mungkin tidak banyak dimiliki negara lainnnya adalah pegunungan, pegunungan di Indonesia adalah kekayaan lain bumi Nusantara yang luar biasa.

Dari Aceh hingga Papua, membentang banyak pegunungan dengan landscape yang luar biasa. Jika dihitung secara sederhana, rangkaian pegunungan di Indonesia setidaknya lebih dari 35 pegunungan. Sungguh jumlah yang menakjubkan untuk sebuah negara yang kaya dan indah.

Lantas, apa sajakah rangkaian pegunungan tersebut?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Lengkap 35 Pegunungan di Indonesia dari Aceh sampai Irian Jaya

Pegunungan di Indonesia

Dengan jumlah pulau yang mencapai ribuan, Indonesia dianugrahi kekayaan alam yang luar biasa di dalamnya. Banyaknya jumlah pegunungan yang dimiliki oleh Indonesia juga menjadi bagian dari kekayaan ini karena, selain menyimpan berbagai kandungan mineral di dalamnya, pegunungan juga menjadi sentral bagi keaneragaman hayati, keindahan topografi, dan sumber penghidupan.

Menarik kemudian jika kamu mencermati lebih jauh daftar pegunungan di Indonesia. Pegunungan di Jawa misalnya jauh lebih banyak dibandingkan pegunungan di Sumatera walaupun secara luas teritori, pulau Jawa jauh lebih kecil daripada pulau Sumatera.

Hal yang sama akan kamu temui ketika mengamati pegunungan di pulau Kalimantan yang jauh lebih sedikit jumlahnya dibandingkan pegunungan di pulau Sulawesi. Sementara jika kamu kembali lagi melihatnya dari perspektif luas wilayah, pulau Kalimantan juga memiliki luas wilayah yang lebih besar daripada pulau Sulawesi.

Nah, sebenarnya pulau mana saja yang dilewati oleh jalur peta pegunungan di Indonesia dan berapa pula jumlahnya?

Berikut daftarnya.

BACA PULA:

Pegunungan di Pulau Sumatera

Pegunungan di Indonesia

Dengan bentuk pulau yang memanjang dan cukup luas, menarik kemudian jika kamu mengetahui bahwa pulau yang indah ini hanya memiliki satu pegunungan di atasnya.

Pegunungan yang ada di Pulau Sumatera adalah Pegunungan Bukit Barisan, ini adalah satu-satunya pegunungan yang ada di pulau Andalas dari ujung Aceh hingga Lampung.

  • Pegunungan Bukit Barisan

Meskipun bukan rangkaian pegunungan tertinggi di Indonesia, Pegunungan Bukit Barisan adalah rumah bagi gunung berapi tertinggi di Nusantara. Di pegunungan ini berdiri gunung Kerinci dengan ketinggian 3.805 meter yang merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatera sekaligus juga yang paling tinggi untuk kategori gunung berapi di seluruh Indonesia.

Panjang Pegunungan Bukit Barisan sendiri adalah 1.650 kilometer yang membentang dari ujung selatan dan barat propinsi Lampung hingga mencapai propinsi aceh.

Pegunungan di Pulau Jawa

Pegunungan di Indonesia

Di antara semua pulau di Indonesia, pulau Jawa adalah yang paling kaya dalam hal jumlah pegunungan yang berdiri di atasnya. Di pulau yang juga menjadi sentral bisnis dan budaya urban ini, tidak kurang dari 15 rangkaian pegunungan membentang dengan berbagai topografi uniknya.

Rangkaian pegunungan tersebut adalah sebagai berikut;

  • Pegunungan Ijen di Jawa Timur

Seperti yang mungkin kamu sudah tahu, Pegunungan Ijen adalah salah satu pegunungan cantik di Indonesia dengan panorama blue fire-nya yang memukau. Selain memiliki gunung Ijen sendiri sebagai center, pegunungan ini juga menjadi rumah bagi bukit-bukit kecil di sekitarnya.

  • Pegunungan Hyang di Jawa Timur

Masih berdiri di propinsi Jawa Timur, Pegunungan Hyang juga menjadi salah satu rangkaian pegunungan yang istimewa. Luas pegunungan ini adalah sekitar 14.177 hektar dan menjadi wilayah dimana gunung Argopuro yang terkenal dengan puncak Rengganisnya berdiri megah.

  • Pegunungan Tengger di Jawa Timur

Nah, yang satu ini pasti sudah sangat akrab dengan kamu, kan?

Pegunungan Tengger adalah salah satu pegunungan terindah di Indonesia dimana raksasa seperti gunung Semeru berada. Pegunungan ini berdiri di atas kabupaten Lumajang, kabupaten Malang dan kabupaten Probolinggo. Luas wilayah pegunungan ini adalah sekitar 50.276 hektar.

  • Pegunungan Anjasmoro - Arjuno – Welirang di Jawa Timur

Pegunungan di Jawa selanjutnya adalah rangkaian pegunungan yang menjadi rumah bagi gunung-gunung indah seperti Arjuno, Welirang dan Anjasmoro. Pegunungan ini sendiri memiliki puncak tertinggi di gunung Arjuno yakni 3.339 meter dari permukaan laut.

  • Pegunungan Sewu di Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur
Pegunungan di Indonesia

Meskipun termasuk dari pegunungan di Jawa Tengah, Pegunungan Sewu juga menjalar hingga Jawa Timur dan Yogyakarta ke arah timur. Pegunungan ini merupakan barisan pegunungan karang di sisi pantai selatan pulau Jawa dan memiliki hampir 40.000 bukit karang di dalamnya.

  • Pegunungan Kendeng di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Mayoritas batuan yang ada di pegunungan Kendeng adalah jenis kapur yang secara dominan membentang dari kota Semarang di Jawa Tengah hingga mencapai beberapa kabupaten di wilayah Jawa Timur.

  • Pegunungan Kapur Utara di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Seperti halnya Pegunungan Kendeng, Pegunungan Kapur Utara juga membentang di wilayah Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Di Jawa Tengah pegunungan ini berdiri di wilayah Pati, sementara di Jawa Timur ia juga menempati beberapa wilayah di kabupaten Lamongan.

  • Pegunungan Menoreh di Jawa Tengah dan Yogyakarta

Jika kamu pernah mengunjungi Candi Borobudur di Jawa Tengah, kamu akan menyaksikan kemegahan bukit di belakangnya yang memanjang dari propinsi Jawa Tengah hingga ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nah, itu adalah pegunungan Menoreh yang juga adalah salah satu pegunungan yang ada di pulau Jawa.

  • Pegunungan Kars Gombong Selatan di Jawa Tengah

Masih di Jawa Tengah, kali ini pegunungan yang ada berbentuk batuan karst yang unik. Meskipun tidak begitu signifikan dalam hal ketinggiannya, namun Pegunungan Karst Gombong Selatan memiliki hal-hal yang memukau di bawah tanahnya. Hal ini misalnya adalah goa dan sungai bawah tanah.

  • Pegunungan Serayu Utara di Jawa Tengah
Pegunungan di Indonesia

Kawasan yang paling menarik dari wilayah pegunungan ini adalah Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau. Kamu pasti pernah mengunjungi tempat ini, kan?

Ada beberapa gunung populer yang terkenal dengan keindahannya di Dieng seperti Puncak Sikunir, Gunung Prau dan lain sebagainya.

  • Pegunungan Serayu Selatan di Jawa Tengah

Meskipun tidak memiliki banyak puncak gunung yang signifikan, namun dari wilayah gunung inilah mengalir sungai Serayu yang menjadi salah satu tempat rafting tebaik di pulau Jawa.

  • Pegunungan Pembarisan di Jawa Tengah

Masih dari Jawa Tengah terdapat juga sebuah rangkaian pegunungan yang disebut dengan Pegunungan Pembarisan, pegunungan ini sendiri berdiri di bagian barat propinsi Jawa Tengah.

  • Pegunungan Selatan Jawa Barat di Jawa Barat
Pegunungan di Indonesia

Pegunungan ini membentang dari Teluk Pelabuhan Ratu sampai dengan pulau Nusa Kambangan. Puncak tertinggi pegunungan ini adalah Gunung Cikuray yang berdiri pada ketinggian hampir 3.000 meter.

  • Pegunungan Bandung di Jawa Barat, Banten dan Jawa Tengah

Beberapa gunung yang populer di pegunungan Bandung misalnya adalah gunung Manglayang, gunung Tangkuban Perahu, gunung Burangrang dan gunung Puntang.

  • Pegunungan Bogor di Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah

Salah satu gunung yang paling terkenal dalam lingkup Pegunungan Bogor adalah Gunung Gede Pangrango. Namun, selain gunung Gede Pangrango, terdapat pula beberapa gunung lain yang tak kalah indah seperti gunung Batu Jonggol, gunung Pancar dan lain sebagainya.

  • Pegunungan Bayah di Banten

Merupakan pegunungan yang terbentuk dari beberapa jenis batuan tua seperti old andesit pada bagian selatan, dan peralihan batuan yang lebih muda pada bagian utaranya.

Pegunungan di Pulau Kalimantan

Pegunungan di Indonesia

Setidaknya terdapat 4 pegunungan yang paling populer di pulau Kalimantan yaitu;

  • Pegunungan Kapuas Hulu di Kalimantan Barat

Ini adalah salah satu pegunungan yang unik di Indonesia. Pegunungan Kapuas Hulu membentang melewati dua negara utama Asia Tenggara yakni Indonesia dan Malaysia. Di Indonesia, pegunungan ini berdiri di atas propinsi Kalimantan Barat, sementara di Malaysia pegunungan ini terletak di negara bagian Serawak.

  • Pegunungan Muller di Kalimantan Barat

Seperti halnya Pegunungan Kapuas Hulu yang masuk pula sebagai salah satu pegunungan Malaysia, Pegunungan Muller pun memiliki sisi yang menarik.

Jika Pegunungan Kapuas Hulu menjadi jembatan penghubung antara Indonesia dan Malaysia, maka Pegunungan Muller menjadi peta penghubung antara propinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Oh ya, nama Muller sendiri diambil dari nama komandan perang Belanda yang tewas dalam pertempuran di wilayah ini.

  • Pegunungan Schwaner di Kalimantan Barat
Pegunungan di Indonesia

Jika Pegunungan Muller berasal dari nama seorang komandan perang Belanda, maka Schwaner adalah nama seorang ahli alam keturunan Belanda pula. Ia menjadi inspirasi dari sebuah pegunungan yang membentang antara propinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

  • Pegunungan Meratus di Kalimantan Selatan

Puncak tertinggi dari pegunungan yang paling terkenal di pulau Kalimantan ini adalah gunung Halau-Halau yang memiliki ketinggian hampir 2.000 meter dari permukaan laut.

Luas bentang Pegunungan Meratus sendiri adalah 600 kilometer dan terletak di wilayah propinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Pegunungan di Pulau Sulawesi

Pegunungan di Indonesia

Pulau Sulawesi adalah rumah bagi banyak sekali pegunungan tinggi. Daftar dari pegunungan tinggi di Pulau Celebes ini adalah sebagai berikut;

  • Pegunungan Tinggi Quarles di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat

Puncak tertinggi dari pegunungan terbesar di Sulawesi ini adalah gunung Gandang Dewata. Di samping memiliki eksotisme pegunungan yang megah, Pegunungan Quarles juga terkenal kaya dengan air terjun yang indah.

  • Pegunungan Tinggi Pompange di Sulawesi Tengah

Dalam bahasa Inggris pegunungan ini disebut sebagai Pompangeo Mountains dan menjadi pegunungan paling terkenal di Sulawesi Tengah. Pegunungan ini menempati tiga kabupaten yakni kabupaten Poso, kabupaten Morowali Utara dan kabupaten Tojo Una-Una.

  • Pegunungan Tinggi Siunandaka di Sulawesi Utara

Pegunungan Siunandaka adalah pegunungan yang paling populer di Sulawesi Utara, pegunungan ini juga terkenal memiliki banyak tempat yang eksotis, lho.

  • Pegunungan Tinggi Penreng
Pegunungan di Indonesia

Titik tertinggi dari pegunungan ini adalah gunung Sojol yang terkenal dengan hutannya yang lebat dan sulit untuk ditembus. Beberapa ekspedisi para pendaki Indonesia pernah mengeksplorasi tempat ini seperti ekspedisi dari Wanadri dan Eiger Indonesia.

  • Pegunungan Tinggi Wajo

Pegunungan Wajo adalah pegunungan yang rendah, bagian tertinggi dari pegunungan di kabupaten Wajo ini bahkan hanya berupa perbukitan dengan ketinggian sekitar 520 meter saja.

  • Pegunungan Tinggi Minahasa

Di kabupaten Sulawesi Utara sendiri terdapat cukup banyak gunung seperti gunung Ambang dan gunung Soputan.

Nah, gunung Soputan sendiri kamu pasti sudah tahu, kan? Ini adalah salah satu gunung yang terkenal cukup sering erupsi dan memiliki volume aktivitas vulkanik yang tinggi.

  • Pegunungan Tinggi Luwu

Pegunungan Luwu juga adalah salah satu pegunungan yang indah si pulau Sulawesi. Di pegunungan ini kamu akan menjumpai gunung Balease yang merupakan salah satu gunung populer tujuan pendakian di pulau Sulawesi.

  • Pegunungan Tinggi Bone di Sulawesi Selatan
Pegunungan di Indonesia

Lokasi antara pegunungan Bone dan pegunungan Luwu yang tidak begitu berjauhan, membuat banyak orang kadang mengidentifikasi dua rantai pegunungan ini sebagai pegunungan yang sama, padahal Pegunungan Bine dan Pegunungan Luwu adalah dua rangkaian pegunungan yang berbeda.

  • Pegunungan Tinggi Bingkoku di Sulawesi Tenggara

Berdiri di atas  wilayah propinsi Sulawesi Tenggara, Pegunungan Bingkoku adalah tempat yang istimewa untuk dikunjungi di Pulau Sulawesi. Bentang alam dari pegunungan juga menjadi tempat yang asyik untuk bertualang.

  • Pegunungan Tinggi Barui

Pagunungan Tinggi Barui adalah pegunungan terakhir di pulau Celebes yang cukup populer dan menjadi salah satu dari rangkaian pegunungan di Indonesia untuk pulau Sulawesi.

Pegunungan di Pulau Irian Jaya atau Papua

Pegunungan di Indonesia

Kamu tentu sudah pasti tahu kan, kalau pegunungan tertinggi di Indonesia adalah di Irian Jaya atau Papua?

Nah, setidaknya ada 5 rangkaian pegunungan di Papua yang paling terkenal. Pegunungan tersebut adalah sebagai berikut;

  • Pegunungan Sudirman

Nama lain dari Pegunungan Sudirman adalah Barisan Sudirman, sementara dalam bahasa asli pegunungan ini disebut sebagai Dugunduguoo atau Barisan Nassau. Di wilayah ini, berdiri Puncak Jaya yang merupakan salah satu puncak tertinggi dunia dengan ketinggian 4.884 meter.

  • Pegunungan Jayawijaya

Ada dua puncak paling dominan di pegunungan ini yaitu Puncak Mandala setinggi 4.760 meter dan Puncak Osua Annin setinggi 4.087 meter. Puncak Mandala sendiri kamu pasti juga sudah tahu, kan? Itu adalah puncak Second Seven Summit untuk wilayah Austronesia.

  • Pegunungan Foja

 

Pegunungan di Indonesia

Terkenal sebagai salah satu pegunungan yang kaya akan keanekargaman hayati, Pegunungan Foja dikenal juga dengan nama Memberamo- Pegunungan Foja. Titik tertinggi pegunungan ini adalah 2.193 meter dan memiliki sebuah sungai yang terkenal bernama Sungai Memberamo.

  • Pegunungan Cycloop

Dari barat ke timur, panjang bentangan Pegunungan Cycloop adalah 36 kilometer. Selain dinamakan Pegunungan Cycloop, pegunungan ini juga dinamakan sebagai Pegunungan Dobonsolo atau Pegunungan Robhong Solo.

  • Pegunungan Maoke

Pegunungan ini membelah pulau Papua pada bagian tenggahnya dari barat ke timur. Pegunungan Maoke sendiri merupakan rangkaian pegunungan besar yang terdiri atas Pegunungan Jayawijaya dan Barisan Sudirman.

BACA JUGA

Pegunungan di Indonesia

Nah, itu adalah daftar lengkap pegunungan di Indonesia yang membentang di seluruh wilayah Nusantara dari Aceh di bagian barat pulau Sumatera, hingga Irian Jaya di bagian timur pulau Papua. Selain sangat kaya akan keanekaragaman hayati, pegunungan ini juga penuh dengan tempat yang indah sebagai tujuan bertualang dan menjelajah.

Sebagai saran terakhir untuk kamu yang mungkin sedang merencanakan petualangan ke pegunungan-pegunungan indah ini, yuk, gunakan selalu produk-produk terbaik dari Akasaka Outdoor, ya.

Dengan performance yang sempurna dalam balutan desain terbaik dan material berkualitas tinggi, Akasaka Outdoor akan membuat hari-hari kamu selalu istimewa.

BUKTIKAN KETANGGUHAN PRODUK AKASAKA OUTDOOR DISINI

Baca Ini Juga Yuk!

AMAZING! INI 11 PUNCAK PEGUNUNGAN ANDES YANG PALING TERKENAL DI DUNIA
AMAZING! INI 11 PUNCAK PEGUNUNGAN ANDES YANG PALING TERKENAL DI DUNIA
Dengan reputasinya sebagai pegunungan terpanjang di dunia, Pegunungan Andes memang layak menjadi rumah bagi banyak puncak gunung yang paling menakjubkan. Kamu akan menemukan kombinasi ketinggian ya...
Read More
INI 7 HAL DI PEGUNUNGAN MERATUS YANG AKAN KAMU DAPAT SAAT MENDAKINYA
INI 7 HAL DI PEGUNUNGAN MERATUS YANG AKAN KAMU DAPAT SAAT MENDAKINYA
Pegunungan Meratus di pulau Kalimantan adalah salah satu pegunungan yang luar biasa. Di tempat ini, kamu dapat menemukan kombinasi hutan tropis yang kaya dengan segala sesuatu yang membuatnya menja...
Read More
7 FAKTA ASYIK FILM GUNUNG TERBARU PRAU FOR YOU, KAMU SUDAH NONTON?
7 FAKTA ASYIK FILM GUNUNG TERBARU PRAU FOR YOU, KAMU SUDAH NONTON?
  Dalam beberapa hari terakhir, media sosial diramaikan dengan kehadiran film gunung terbaru yang berjudul Prau For You. Ini adalah film pendek karya anak bangsa yang ditayangkan di channel youtube...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published