Ini Daftar 5 Gunung di Jawa Barat yang Bisa Didaki dalam Satu Hari

Jawa Barat memiliki deretan gunung eksotis yang menggoda untuk didaki. Ada beberapa yang memiliki ketinggian di atas 3000 Mdpl seperti Gunung Ciremai (3.078 Mdpl) dan Gunung Pangrango (3.019 Mdpl). Keduanya adalah gunung tertinggi di Jawa Barat.

Sedang di bawah 3000 Mdpl terdapat Gunung Gede (2958 Mdpl) dan Gunung Papandayan (2.665 Mdpl). Bahkan terdapat banyak gunung di bawah 2000 Mdpl seperti Gunung Tampomas (1684 Mdpl), Gunung Tilu (1.076 Mdpl), dan Gunung Batu (875 Mdpl).

Bagi Sobat Akasaka yang hobi mendaki gunung tetapi tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan pendakian atau masih pemula tentu harus memilih gunung yang bisa didaki dalam sehari.

Yang mengejutkan, ternyata sobat tidak perlu memilih gunung terendah agar dapat melalui perjalanan pendakian yang singkat. Selain tentunya jarak dan tempat tinggal Sobat Akasaka juga memengaruhi apakah gunung tersebut bisa didaki dalam sehari bukan?

Ini Deretan Gunung yang Bisa Didaki dalam Sehari

Lalu apa saja daftar gunung yang bisa Sobat Akasaka daki dan hanya membutuhkan waktu sehari saja? Ini daftarnya :

 

Gunung Gede (2.958 Mdpl)


Gunung gede - Ini Daftar 5 Gunung  di  Jawa Barat yang Bisa Didaki dalam Satu Hari - jalanjalankenai.com

 

Pendakian ke puncak Gunung Gede yang menjadi favorit pendaki ini dapat dilakukan dengan beberapa cara. Sebagai pemula Sobat Akasaka disarankan mendaki di pagi hari melalui jalur Cibodas yang cukup landai. Pendakian ini dapat ditempuh selama 6 jam. Pemandangan Gunung Gede sangat keren, apalagi para pendaki dapat menikmati keindahan air terjun Cibeureum, telaga, sumber air panas, serta padang Edelweis.

 

Gunung Papandayan (2.665 Mdpl)


Gunung papandayan - Ini Daftar 5 Gunung  di  Jawa Barat yang Bisa Didaki dalam Satu Hari - 1001wisata.com

 

 

Gunung Papandayan menjadi salah satu gunung favorit di Jawa Barat, terutama bagi pendaki pemula yang tinggal di kawasan Garut dan sekitarnya. Pendakian memerlukan waktu 4 – 5 jam saja dengan alur treking yang naik dan landai. Selain memiliki banyak kawah juga terdapat lapangan Edelweis dan hutan mati yang instagramable.

 

Gunung Burangrang (2.050 Mdpl)


Gunung burangrang - Ini Daftar 5 Gunung  di  Jawa Barat yang Bisa Didaki dalam Satu Hari - id.wikipedia.org

 

Terletak di Bandung Utara berbatasan dengan Purwakarta, Gunung Burangrang merupakan gunung yang asyik untuk dijelajahi. Saat ini tedapat dua rute pilihan menuju puncak, yaitu rute dari Legok Haji dan Purwakarta. Meski demikian, jalur setapaknya yang menanjak cukup memacu adrenalin. Sobat Akasaka bisa menikmati pemandangan negeri di atas awan, bahkan sebelum mencapai puncak. Dari base camp menuju puncak hanya membutuhkan waktu 1.5 - 2 jam saja.

 

Gunung Manglayang (1.818 Mdpl)


Gunung manglayang - Ini Daftar 5 Gunung  di  Jawa Barat yang Bisa Didaki dalam Satu Hari -abigailrental.com

 

Berlokasi di antara Kota Bandung dan Sumedang, Gunung Manglayang dengan ketinggian 1818 Mdpl ini menjadi gunung terendah di kawasan kabupaten Bandung. Gunung ini juga menjadi favorit bagi pendaki pemula meskipun trekingnya dianggap cukup ekstrem karena curam dan berbatu.

Namun, pendakian menuju puncak hanya membutuhkan waktu 3 – 4 jam dan dapat dilakukan melalui jalur bumi perkemahan situs Batu Kuda. Pemandangan dimulai dari hutan pinus yang indah hingga puncak gunung yang dipenuhi pohon berlumut. Di malam hari pendaki bisa menikmati indahnya kelap-kelip lampu kota Bandung.

 

Puncak Lalana (347 Mdpl)


https://ecleciaalphakhairi.wordpress.com/2017/07/01/keindahan-puncak-lalana-bukit-kapur-ciampea-hukum-mendaki-saat-adzan-magrib/

 

Puncak lalana cocok bagi pendaki pemula karena hanya memerlukan waktu kurang dari 2 jam untuk mendak hingga mencapai puncak. Sobat tinggal menuju kantor Kecamatan Ciampea dan melewati jalan raya Cikampak menuju tempat pos pendaftara di Jalan Raya Cibadak Km 14. Puncak Lalana ini memiliki pemandangan indah berupa bebatuan dari karang serta barisan bukit. Sedangkan jalur pendakiannya agak menanjak dan berbatu.

 

Nah, itulah 5 gunung di Jawa Baat yang bisa didaki dalam sehari mulai dari Gunung Gede hingga Puncak Lalana. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

All comments are moderated before being published