INI 9 TEMPAT TREKKING DI JOGJA YANG PALING ASYIK UNTUK DIJELAJAHI

Tempat Trekking di Jogja

Jogja memang istimewa dalam banyak hal, termasuk sebagai rumah bagi banyak tempat trekking menakjubkan. Untuk kamu yang suka bertualang di alam bebas sambil berolahraga, Akasaka Journal memiliki 9 rekomendasi tempat trekking di Jogja yang wajib untuk kamu kunjungi.

Nah, apa sajakah tempat tersebut?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA:

9 Tempat Trekking di Jogja yang Super Asyik untuk Menikmati Alam Terbuka

Tempat Trekking di Jogja

Untuk kamu yang tinggal di Jogjakarta, atau pun untuk kamu yang pernah mengunjungi kota Jogja, pasti setuju kalau kota ini memang istimewa, bukan?

Setiap sudut kota Jogja akan memberikan kamu kuntum kerinduan di dalam hati. Bukan hanya Malioboro, Pantai Parangtritis, Alun-Alun Kota dan wisata yang sudah populer saja, Jogja juga memiliki banyak tempat rahasia yang super istimewa.

Salah satu minat wisata di Jogja yang semakin bertumbuh adalah wisata alamnya.

Bahkan wisata alam Jogja 2021 menempatkan banyak sekali tempat baru yang menawarkan keindahan alam Yogyakarta. Dari kabupaten Gunung Kidul di Selatan hingga lereng gunung Merapi di kabupaten Sleman, bermunculan destinasi baru dengan panorama alam yang sungguh mengesankan sebagai andalan.

Ada banyak tempat tinggi di Jogja yang kemudian menjelma menjadi tujuan trekking atau hiking yang menarik, khususnya untuk kamu si pecinta alam terbuka di Jogjakarta. Di antara banyak  tempat yang paling menarik tersebut, 7 tempat ini adalah yang sangat layak untuk kamu coba.

Bukit Turgo

Tempat Trekking di Jogja

Bukit Turgo adalah sebuah bukit yang menjadi gardu pandang alami untuk menikmati gunung Merapi. Dari atas Bukit Turgo, kamu dapat menikmati indah dan gagahnya gunung Merapi yang menjulang. Jika cuaca cerah, badan Merapi dengan kepulan asap vulkanik dari puncak kepundannya dapat terlihat jelas dari Bukit Turgo.

Di samping menjadi tempat yang menarik untuk para petualang menikmati pemandangan alam permai Yogyakarta, Bukit Turgo juga menjadi destinasi wisata religi bagi umat islam. Di atas puncak bukit di Jogja yang satu ini, terdapat sebuah makam seorang ulama kharismatik yang dihormati oleh masyarakat Yogyakarta.

Makam ulama yang ada di puncak Bukit Turgo adalah makam Syeikh Jumadil Qubro. Dari kaki bukit hingga ke puncak di mana makam berada, dibutuhkan perjuangan untuk menaiki undakan anak tangga yang cukup banyak jumlahnya.

Nah, dengan keberadaan Makam Syeikh Jumadil Qubro dan pemandangan gunung Merapi yang indah di puncaknya, Bukit Turgo menjadi menarik dijadikan sebagai tempat hiking di Jogja.

Bukit Nglanggeran

Tempat Trekking di Jogja

Nama lain dari Bukit Nglanggeran adalah Gunung Api Purba. Selain menjadi destinasi hiking yang ringan tapi asyik, Bukit Nglanggeran juga menjadi tujuan yang menarik jika kamu adalah penggemar olahraga rock climbing.

Nglanggeran atau Gunung Api Purba memang bukan nama dataran tinggi di Yogyakarta. Namun karena konturnya yang cukup tinggi dan menjulang secara signifikan dibanding wilayah sekitarnya, maka kamu dapat menikmati pemandangan layaknya dataran tinggi dari Bukit Nglanggeran.

Terdapat rute trekking yang menarik di gunung Api Purba ini. Dengan waktu tempuh 30 menit kurang lebih, kamu sudah dapat mencapai puncaknya dan menikmati keindahan Yogyakarta dari tempat tinggi.

Kombinasi bebatuan dan pepohonan di sepanjang rute trekking, membuat Bukit Nglanggeran bisa menjadi destinasi yang menarik untuk kamu jelajahi jika mengunjungi Yogyakarta.

Hutan Pinus Nglinggo

Tempat Trekking di Jogja

Tempat olahraga di Jogja selanjutnya yang bisa direkomendasikan untuk kamu yang suka trekking adalah Hutan Pinus Nglinggo. Hutan Pinus Ngelinggo adalah kawasan wisata alam yang memadukan antara perkebunan teh, hutan pinus dan juga areal hiking yang cukup luas.

Lokasi persis dari Hutan Pinus Nglinggo adalah di desa Nglinggo, Pagerharjo, kecamatan Samigaluh kabupaten Kulon Progo. Dari pusat kota Yogyakarta, kamu hanya butuh sekitar 60 menit untuk mencapai lokasi Hutan Pinus Nglinggo.

Di samping menikmati keindahan alam kabupaten Kulon Progo dengan cara hiking atau trekking, kamu juga dapat menikmati tempat aesthetic di Jogja yang satu ini dengan mobil jeep.  Ada cukup banyak persewaan mobil offroad di sekitar Hutan Pinus Nglinggo yang bisa kamu manfaatkan untuk mengitari wilayah hutan pinus dan perkebunan teh sekaligus.

Air Terjun Sompok

Tempat Trekking di Jogja

Jika lokasi Hutan Pinus Nglinggo ada di kabupaten Kulon Progo, maka Sompok Trekking ini terletak di kabupaten Bantul. Dengan potensi wisata yang dimilikinya, masyarakat desa Sriharjo, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul berinisiatif untuk menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata alam Yogya dengan nama Sompok Trekking.

Ada banyak hal menarik yang bisa kamu nikmati saat mengunjungi Sompok Trekking. Akan tetapi potensi wisata andalan tempat ini memang adalah air terjun Sompok dan perbukitan Sompoknya sendiri.

Kamu yang suka jogging dengan medan yang sedikit beranekaragam, tentu sangat layak untuk mengunjungi Sompok Trekking. Sembari menikmati pagi dengan olahraga yang menyehatkan, kamu akan disuguhi kesejukan air terjun dan perbukitan Sompok yang indah.

Hutan Pinus Pengger

Tempat Trekking di Jogja

Hutan pinus nampaknya memang memiliki ciri khas yang spesial untuk dijadikan sebagai destinasi wisata alam. Menariknya di Jogja, kamu bisa menemukan tempat dengan dominasi hutan pinus sebagai magnet wisatanya pada banyak tempat.

Nah, salah satu hutan pinus terbaik dan sangat rekomended untuk kamu kunjungi adalah Hutan Pinus Pengger. Di hutan pinus yang satu ini, kamu akan mendapati banyak spot wisata yang mengagumkan. Untuk kamu yang suka berswafoto, atau berburu gambar-gambar paling aesthetic di Jogja, Hutan Pinus Pengger ini harus kamu kunjungi.

Hutan Pinus Pengger menyediakan berbagai spot foto yang instagramable dan sangat unik. Meskipun Hutan Pinus Pengger bukan tempat jogging di Jogja, namun untuk mencapai satu spot ke spot yang lainnya kamu diharuskan berjalan kaki.

Nah, alasan inilah yang membuat tempat ini direkomendasikan sebagai salah satu obyek wisata trekking terbaik di Jogja.

Air Terjun Sri Gethuk

Tempat Trekking di Jogja

Tempat yang satu ini sangat menarik, terutama untuk kamu yang berencana untuk berlibur bersama keluarga. Air Terjun Sri Gethuk adalah sebuah destinasi wisata alam di Jogja yang sangat ramah untuk segala usia.

Konsep yang menarik dari Air Terjun Sri Gethuk adalah antara titik keberangkatan atau pintu masuk wisata dengan air terjunnya sendiri dapat ditempuh dengan dua cara; melalui darat atau melalui sungai.

Untuk kamu pecinta trekking, jalur darat sudah pasti adalah yang paling direkomendasikan.

Untuk mencapai air terjun yang menawan ini, kamu akan menyusuri persawahan dan ladang-ladang penduduk dengan pemandangan yang memanjakan mata. Sementara untuk kamu yang ingin menikmati sensasi yang berbeda, kamu bisa melakukannya dengan naik rakit di jalur sungai.

Nah, di lokasi Air Terjun Sri Gethuk-nya sendiri kamu memiliki lebih banyak lagi pilihan menikmati alam Yogyakarta. Kamu misalnya bisa mencoba naik flying fox, rappeling atau pun hanya nyebur di sungai yang berair jernih ini.

Bukit Pengilon

Tempat Trekking di Jogja

Tempat terakhir yang layak direkomendasikan untuk kamu yang menyukai aktivitas hiking dan trekking adalah Bukit Pengilon. Buat kamu yang memimpikan keindahan perbukitan yang permai berpadu dengan pantai dan samudra biru yang luas, Bukit Pengilon akan mewujudkannya untukmu.

Dari atas Bukit Pengilon yang didominasi oleh savana padang rumput hijau, kamu akan disuguhkan pemandangan samudra yang luas. di bawah sana, kamu juga dapat melihat gugusan karang pantai Gunung Kidul yang bergemuruh dihempas gelombang.

Untuk mencapai puncak Bukit Pengilon, kamu harus trekking melewati bukit-bukit kecil melalui sebuah jalan setapak yang aman. Kamu yang ingin camping juga boleh mendirikan tenda di tempat ini. Sensasi angin pantai dan sunset-nya akan membuat kamu serasa tak ingin beranjak dari Bukit Pengilon nantinya.

BACA JUGA:

Tempat Trekking di Jogja

Nah, itu adalah 7 wisata yang dapat kamu jadikan sebagai tempat trekking di Jogja. Kamu tentu saja bisa mengunjungi tempat ini bersama orang-orang tersayang dan menjelajahi setiap sudut keindahannya.

Oh ya, supaya perjalanan trekking di berbagai tempat wisata di Jogja semakin asyik dan mengesankan, tetap gunakan produk Akasaka Outdoor, ya. Kenyamanan dan desainnya yang super oke akan membuat penampilan dan petualangan kamu semakin istimewa di Jogjakarta.

Jadi, langsung saja pilih produk Akasaka yang paling pas buat kamu melalui tautan di bawah ini, ya.

Selamat berbelanja, Sobat Akasaka!

PILIH PENAMPILAN TERBAIKMU BERSAMA AKASAKA OUTDOOR DISINI

Baca Ini Juga Yuk!

7 FILM SUNGAI AMAZON YANG PALING TERKENAL SEPANJANG MASA
7 FILM SUNGAI AMAZON YANG PALING TERKENAL SEPANJANG MASA
Di antara banyak film sungai Amazon yang menuturkan tentang petualangan di hutan hujan tropis yang ganas, Anaconda adalah salah satu yang terkenal. Namun, tahukah kamu kalau selain Anaconda ada ban...
Read More
10 OLAHRAGA VERTICAL PALING EKSTRIM DI MUKA BUMI YANG KAMU WAJIB COBA
10 OLAHRAGA VERTICAL PALING EKSTRIM DI MUKA BUMI YANG KAMU WAJIB COBA
Rock climbing, mendaki gunung, base jumping dan sejenisnya sudah pasti adalah olahraga vertical yang sangat menantang dan ektrim. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa masih banyak jenis olahraga vertica...
Read More
SERAM! INI 9 BUKTI KENGERIAN HUTAN AMAZON YANG PALING MENAKUTKAN
SERAM! INI 9 BUKTI KENGERIAN HUTAN AMAZON YANG PALING MENAKUTKAN
Jika berbicara tentang kengerian hutan Amazon, apa saja yang terbayang dalam benak Sobat Akasaka? Anaconda raksasa, katak beracun, ikan piranha yang ganas, atau buaya ukuran raksasa yang ganas dan ...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published