INI 9 PEGUNUNGAN DI JAWA YANG WAJIB DIKETAHUI SETIAP PENDAKI

 

pegunungan di jawa

Jika disebut gunung Merapi, gunung Merbabu atau gunung Semeru, tentu kamu sudah tahu, kan? Tetapi bagaimana kalau disebut pegunungan di Jawa seperti Pegunungan Serayu atau Pegunungan Iyang, kamu mungkin akan merasa asing, bukan?

Nah, dalam artikel kali ini Akasaka Journal akan mengajak kamu untuk mengenal 9 pegunungan di pulau Jawa yang sebenarnya banyak tidak diketahui oleh para pendaki gunung sekali pun.

Lantas, apa sajakah pegunungan tersebut?

Yuk, disimak sampai tuntas, ya

9 Pegunungan di Jawa yang Namanya Tidak Terkenal namun Menjadi Rumah Banyak Tempat Eksotis

pegunungan di Jawa

Setidaknya pulau Jawa memiliki 13 pegunungan yang beberapa di antaranya mungkin sudah pernah kamu dengar namanya. Pegunungan Ijen di Jawa Timur adalah salah satu bagian dari Pegunungan di Jawa Timur yang namanya juga menginspirasi nama Gunung Ijen.

Lalu, ada juga Pegunungan Tengger yang tentu sudah sangat akrab di telinga karena di pegunungan inilah gunung tertinggi di Jawa berada. Kemudian, yang juga cukup familiar adalah Pegunungan Sewu yang merupakan deretan pegunungan di pesisir pantai selatan pulau Jawa.

Bagi para pendaki gunung di tanah air, pegunungan-pegunungan berikut ini bisa saja tidak menarik karena jarang didengar namanya. Namun jika kamu sedikit lebih penasaran, kamu akan mendapati bahwa ada beberapa gunung terkenal yang justru mendiami pegunungan-pegunungan ini nantinya.

Sekarang, apa saja pegunungan tersebut dan apa saja hal menarik yang ada di dalamnya?

Berikut informasi selengkapnya.

BACA PULA:

Pegunungan Selatan Jawa Barat

Jika kamu memperhatikan peta gunung di pulau Jawa, Pegunungan Selatan Jawa Barat membentang dari Teluk Pelabuhan Ratu sampai dengan pulau Nusa Kambangan. Berdasarkan data sejarahnya, Pegunungan Selatan Jawa Barat ini terbentuk dari subduksi antara Lempeng Sunda di utara dan Lempeng Indo-Australia di bagian selatan.

Puncak tertinggi di Pegunungan Selatan Jawa Barat adalah Puncak Gunung Cikuray yang memiliki ketinggian 2.821 Mdpl. Puncak Cikuray sendiri secara administratif termasuk dalam wilayah kecamatan Cilawu, kabupaten Garut, Jawa Barat.

Nah, kamu pasti sudah tidak asing dengan Gunung Cikuray, kan?

Selain gunung Cikuray yang populer di Pegunungan Selatan Jawa Barat, ada juga beberapa tempat lain yang cukup terkenal dan termasuk bagian dari pegunungan ini. Beberapa tempat yang cukup terkenal itu misalnya adalah Situ Patenggang dan Gunung Patuha yang terletak di wilayah Ciwidey.

Pegunungan Tengger

Jika nama pegunungan di Jawa Barat diwakili oleh Cikuray pada nomor satu. Maka Pegunungan Tengger di Jawa Timur tentu akan lebih familiar lagi di telinga kamu.

Puncak tertinggi Pegunungan Tengger tentu saja adalah Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 Mdpl. Sebagai pendaki gunung, kamu sudah pasti sudah sangat akrab dengan nama Semeru atau Mahameru, kan? Selain menjadi puncak tertinggi di pulau Jawa, gunung Semeru juga dianggap sebagai salah satu gunung dengan pemandangan paling indah di Indonesia.

Selain disebut sebagai Pegunungan Tengger, wilayah pegunungan di Jawa Timur satu ini biasa pula disebut sebagai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau TNBTS. Luas wilayah TNBTS secara keseluruhan diperkirakan mencapai 50.276 hektare dengan berbagai variasi medan di dalamnya.

Nah, selain gunung Semeru, Pegunungan Tengger juga memiliki banyak nama lain yang juga pastinya kamu kenal, lho. Beberapa di antara yang akrab itu misalnya adalah; Gunung Bromo, Gunung Pananjakan, dan Gunung Batok.

Pegunungan Iyang

Di samping Pegunungan Tengger yang menjadi rumah bagi gunung tertinggi di Jawa, Jawa Timur juga memiliki rantai pegunungan lain yang menjadi rumah bagi gunung dengan jalur hiking terpanjang di pulau Jawa.

Hayo, kamu pasti bisa menebak nama gunung tersebut, kan?

Yap, benar banget.

Gunung Argopuro yang memiliki ketinggian 3.088 Mdpl itu adalah puncak tertinggi di Pegunungan Iyang sekaligus menjadi gunung dengan rute pendakian terpanjang di Jawa.

Selain gunung Argopuro dengan puncak Rengganis dan Telaga Taman Hidupnya yang memikat, Pegunungan Iyang juga diisi oleh gunung-gunung lain seperti; Gunung Iyang, Gunung Krincing, Gunung Panggung, Gunung Siluman dan Gunung Lamongan yang agak jauh ke barat.

Pegunungan Menoreh

Pegunungan di Jawa Tengah pertama yang cukup populer setidaknya bagi wilayah Magelang dan Jogjakarta adalah Pegunungan Menoreh. Nama pegunungan ini yang dianggap unik bahkan menjadi inspirasi bagi nama Kereta Api Menoreh yang melayani rute Pasar Senen – Semarang Tawang.

Pegunungan Menoreh membentang di wilayah timur kabupaten Purworejo, sebagian kabupaten Magelang, dan bagian barat kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagian paling tinggi dari pegunungan ini adalah puncak Gunung Ayamayam yang memiliki ketinggian 1.021 Mdpl.

Nama gunung di pulau Jawa Tengah dengan sebutan Gunung Ayamayam tentu saja terasa asing di telinga banyak pendaki. Namun, di tempat ini juga berdiri satu lokasi wisata yang cukup terkenal bernama Gereja Ayam. Selain itu, tak jauh dari Pegunungan Menoreh juga berdiri bangunan wisata kebanggaan Indonesia yang pastinya sudah kamu tahu yakni; Candi Borobudur.

Oh ya, dari sisi sejarah, Pegunungan Menoreh juga menjadi basis perlawanan pasukan Pangeran Diponegoro saat berperang melawan penjajah Belanda, lho.

Pegunungan Serayu Utara

Dibandingkan sebagai nama pegunungan, Serayu lebih terkenal sebagai sebuah sungai dimana aktivitas olahraga arus deras seperti arung jeram sering dilakukan. Namun jika kamu tahu bahwa Pegunungan Serayu Utara adalah rumah bagi gunung-gunung paling populer di Jawa Tengah, kamu mungkin tidak akan asing lagi nantinya.

Secara administratif, Pegunungan Serayu mencakup banyak wilayah seperti; kabupaten Pekalongan, kabupaten Temanggung, kabupaten Semarang, kabupaten Kendal, kabupaten Batang, kabupaten Banjarnegara bagian utara, kabupaten Wonosobo bagian utara, kabupaten Pemalang, kabupaten Purbalingga, kabupaten Banyumas bagian utara, kabupaten Brebes, dan kabupaten Tegal.

Wuih, luas banget, kan?

Puncak tertinggi dari Pegunungan Serayu Utara adalah Gunung Slamet dengan ketinggiannya 3.428 meter. Pegunungan ini juga menjadi rumah bagi banyak wisata pegunungan di Jawa Tengah seperti Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu dan Gunung Ungaran.

Pegunungan Serayu Selatan

Pegunungan di Jawa Tengah yang satu ini mencakup wilayah di kabupaten Cilacap utara, kabupaten Purworejo, kabupaten Wonosobo Selatan, kabupaten Kebumen, kabupaten Banjarnegara selatan dan, kabupaten Banyumas selatan. Luas wilayah Pegunungan Serayu Selatan kurang lebih membentang sepanjang 101 kilometer dari barat ke timur.

Kamu mungkin lebih banyak akrab dengan pegunungan di Jawa Tengah kecuali di Pegunungan Serayu Selatan ini. Di pegunungan ini kamu akan menjumpai banyak gunung yang namanya terdengar sangat asing bagi para pendaki Indonesia. Beberapa nama yang asing itu misanya adalah; Gunung Midangan, Gunung Rawacacing, Gunung Giyombong, Gunung Memean, Gunung Mantri dan Gunung Gambarjaran.

Titik tertinggi Pegunungan Serayu Selatan terletak pada puncak Gunung Lanang di kabupaten Wonosobo yang memiliki ketinggian 1.102 Mdpl. Sementara untuk sungai yang berhulu di wilayah gunung ini misalnya adalah; Sungai Kemit, Sungai Jatinegar dan Sungai Bogowonto.

Pegunungan Kawasan Karst Gombong Selatan

Di antara semua pegunungan di Jawa, Pegunungan Kawasan Karst Gombong Selatan adalah yang terkecil sekaligus juga yang memiliki puncak paling rendah.

Oh ya, apakah kamu bisa menebak dimana Pegunungan Kawasan Karst Gombong Selatan berada?

Iya, betul sekali. Pegunungan ini terletak di propinsi Jawa Tengah dengan mencakup tiga kecamatan yakni Kecamatan Rowokele, kecamatan Buayan dan kecamatan Ayah. Luas keseluruhan Pegunungan Kawasan Karst Gombong Selatan sekitar 40 kilometer persegi dengan panjang 10 kilometer dan lebar 3 kilometer.

Puncak tertinggi pegunungan yang satu ini ada pada Gunung Dhuwur yang memiliki ketinggian sekitar 500 Mdpl. Meskipun gunungnya terasa jauh lebih rendah dibandingkan pegunungan lainnya di pulau Jawa, namun keunggulan Pegunungan Karst Gombong Selatan ternyata ada di bawah perut buminya.

Setidaknya terdapat 182 gua di pegunungan ini, telaga karst, sungai bawah tanah, mata air dan beberapa air terjun.

Pegunungan Sewu

Ini adalah satu-satunya pegunungan di pulau Jawa yang bentangnya mencakup tiga propinsi sekaligus. Pegunungan Sewu membentang dari kabupaten Tulungagung di Jawa Timur, kabupaten Gunung Kidul di Daerah Istimewa Yogyakarta dan, kabupaten Wonogiri di Jawa Tengah.

Sama seperti Pegunungan Karst Gombong Selatan yang didominasi oleh batuan karst, Pegunungan Sewu juga merupakan kawasan karst yang menjadi batas wilayah sisi selatan laut Jawa dengan daratan-daratan pulau Jawa. Di pegunungan ini, puncak tertinggi yang bisa kamu jumpai hanyalah berada pada ketinggian 300 atau 400 Mdpl saja.

Akan tetapi keunggulan tempat ini adalah pegunungan karst-nya itu sendiri. Setidaknya ada 119 goa lengkap dengan stalaktit dan stalagmit di wilayah ini, sungai bawah tahan, telaga, dan kurang lebih 40.000 bukit karst yang istimewa.

Atas keunikannya itu, tahun 2015, UNESCO menetapkan kawasan Pegunungan Sewu sebagai geopark dunia.

Keren, kan?

Pegunungan Kendeng

Pegunungan terakhir di pulau Jawa yang jarang diketahui oleh para pendaki adalah Pegunungan Kendeng. Meskipun demikian,  luas wilayah pegunungan ini adalah yang terbesar di Jawa dengan panjang hingga 250 kilometer.

Pegunungan Kendeng mendiami wilayah di propinsi Jawa Timur dan juga Jawa Tengah. Pegunungan kapur raksasa ini membujur di sisi utara pulau Jawa. Di Jawa Timur, pegunungan ini mencakup wilayah kabupaten Ngawi, Bojonegoro, Madiun, Nganjuk, Jombang, Lamongan dan juga Mojokerto.

Di Jawa Tengah sendiri, Pegunungan Kendeng termasuk dalam wilayah administratif kabupaten Semarang, Grobogan, Sragen, Blora dan juga kota Salatiga.

Puncak tertinggi Pegunungan Kendeng berada pada angka 897 Mdpl yang terletak di puncak Gunung Pandan di perbatasan kabupaten Bojonegoro, Nganjuk dan Madiun.

BACA JUGA:

Nah, itu adalah 9 pegunungan di Jawa yang sebagian besar di antaranya, jarang sekali diketahui oleh para pendaki. Walau mungkin tentu saja, ada cukup banyak gunung-gunung terkenal yang sering mereka daki yang ternyata berdiri di wilayah pegunungan tersebut.

Oh ya, kamu sendiri bagaimana, sudah pasti pernah mendaki salah satu di antara 9 pegunungan itu, kan?

Nah, supaya pendakian dan petualangan kamu ke berbagai pegunungan di Jawa semakin nyaman dan menyenangkan, yuk, gunakan selalu produk dari Akasaka Outdoor. Ketangguhan dan kenyamanan produk Akasaka yang sudah demikian terkenal, akan membuat langkah bertualangmu menjadi kian tak terlupakan.

DAPATKAN PRODUK TERBARU AKASAKA DISINI SEKARANG

Baca Ini Juga Yuk!

TERNYATA INI 5 FAKTA PENYEBAB TEWASNYA 3 PENDAKI GUNUNG BAWAKARAENG
TERNYATA INI 5 FAKTA PENYEBAB TEWASNYA 3 PENDAKI GUNUNG BAWAKARAENG
Rundung kabar duka kembali menyelimuti dunia pendakian gunung tanah air. Tiga hari yang lalu, bersamaan dengan perayaan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2021, tiga orang...
Read More
AMAZING! INI 11 PUNCAK PEGUNUNGAN ANDES YANG PALING TERKENAL DI DUNIA
AMAZING! INI 11 PUNCAK PEGUNUNGAN ANDES YANG PALING TERKENAL DI DUNIA
Dengan reputasinya sebagai pegunungan terpanjang di dunia, Pegunungan Andes memang layak menjadi rumah bagi banyak puncak gunung yang paling menakjubkan. Kamu akan menemukan kombinasi ketinggian ya...
Read More
INI 7 HAL DI PEGUNUNGAN MERATUS YANG AKAN KAMU DAPAT SAAT MENDAKINYA
INI 7 HAL DI PEGUNUNGAN MERATUS YANG AKAN KAMU DAPAT SAAT MENDAKINYA
Pegunungan Meratus di pulau Kalimantan adalah salah satu pegunungan yang luar biasa. Di tempat ini, kamu dapat menemukan kombinasi hutan tropis yang kaya dengan segala sesuatu yang membuatnya menja...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published