INI 9 GUNUNG ES HIMALAYA YANG PALING TERKENAL DI DUNIA

Gunung Es Himalaya

Ada ratusan gunung es Himalaya yang telah dikenal umum sebagai medan pendakian paling populer di dunia. Di antara jumlah yang ribuan itu, terdapat beberapa di antaranya yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi oleh para pendaki dari berbagai belahan dunia.

Nah, gunung apa saja di Himalaya yang paling terkenal sehingga menarik lebih banyak para pendaki tersebut?

Yuk, simak ulasannya versi Akasaka Journal berikut ini.

9 Puncak Gunung ES Himalaya yang Paling Terkenal dan Paling Banyak Didaki Manusia

Gunung Es Himalaya

Sebagai rumah banyak puncak gunung tertinggi di muka bumi, pegunungan Himalaya telah menjadi kiblat utama aktivitas mountaineering  dunia. Setiap tahun ada ribuan pendaki yang mendatangi tempat ini dan berusaha untuk mencapai puncak impian mereka.

Selain gunung Everest yang menjadi gunung tertinggi di dunia, pegunungan Himalaya juga memiliki banyak gunung lain yang menjadi tujuan utama aktivitas mountaineering. Alasan setiap pendaki untuk mencapai puncak ini masing-masing berbeda. Ada yang memilihnya karena ketinggiannya, karena popularitasnya, karena kesulitan teknisnya, atau karena berbagai hal lain yang menjadi keunggulannya.

Lantas, apa saja sih, puncak-puncak paling ramai dikunjungi di wilayah gletser Himalaya dan gunung-gunungnya?

Berikut ini Akasaka Journal telah memilih 9 gunung paling istimewa untuk kamu ketahui.

BACA PULA:

Gunung Ama Dablam

Gunung Es Himalaya

Ketinggian gunung Ama Dablam adalah 6.812 meter atau 22.349 kaki. Dibandingkan berbagai puncak gunung di seantero Himalaya, atau Nepal khususnya, Ama Dablam dapat dibilang memiliki bentuk yang paling atraktif. Bahkan karena bentuknya yang demikian menarik ini, Ama Dablam kadang juga disebut sebagai Matterhorn-nya Himalaya.

Dalam dunia pendakian gunung, Ama Dablam termasuk salah satu puncak Himalaya yang paling banyak dikunjungi. Popularitas gunung ini menjadi daya tarik bagi banyak para pendaki gunung dunia untuk mencoba menggapai puncaknya. Sejak pertamakali berhasil dipuncaki pada tahun 1961 oleh ekspedisi internasional, Ama Dablam menjadi salah satu gunung es Himalaya yang pecah oleh kehadiran para pendaki.

Ada cukup banyak pendakian di gunung Ama Dablam yang populer. Namun, rata-rata para pendaki yang mengunjungi Ama Dablam adalah para pendaki komersial yang didampingi oleh pemandu profesional. Namun pada tanggal 30 April 1979, pendaki gunung legendaris Jeff Lowe pernah mencapai puncak gunung ini secara solo.

Gunung Imja Tse

Gunung Es Himalaya

Dari Dingboche, gunung Imja Tse terlihat seperti gunung es runtuh yang ada di tengah lautan. Bentuknya yang seperti sebuah pulau jika dilihat dari Dingboche inilah kemudian yang menginspirasi salah satu anggota ekspedisi Inggris untuk menyebut Imja Tse sebagai Island Peak. Dan saat ini, nama Island Peak menjadi sama populernya dengan nama Imja Tse itu sendiri.

Dibandingkan Ama Dablam, Imja Tse atau Island Peak secara teknis dianggap lebih mudah untuk didaki. Bahkan para pendaki dari Indonesia juga sudah sering mendaki ke puncak gunung Himalaya yang satu ini.

Dengan ketinggiannya yang mencapai 6.189 meter, Imja Tse kadang dimanfaatkan pula oleh para pendaki gunung Everest untuk melakukan aklimatisasi sebelum mereka mendaki yang sebenarnya di Everest.

Gunung Cho Oyu

Gunung Es Himalaya

Dalam deretan gunung-gunung yang termasuk dalam Mahkota Himalaya atau fourteen eight thousanders, Cho Oyu adalah satu-satunya gunung delapan ribu meter yang sepenuhnya berdiri di wilayah Tibet. Nah, karena Tibet merupakan salah satu bagian dari Republik Rakyat Tiongkok atau China, maka gunung Cho Oyu juga tentu menjadi satu-satunya gunung yang sepenuhnya masuk dalam wilayah administratif China.

Ketinggian gunung Cho Oyu adalah 8.188 Meter dari permukaan laut. Dengan ketinggian ini, Cho Oyu menduduki peringkat ke-6 dalam urutan gunung-gunung tertinggi di dunia setelah gunung Makalu I. Dalam musim pendakian yang normal, pendakian ke Cho Oyu termasuk salah satu pendakian yang paling banyak diminati oleh para pendaki Himalaya.

Jika diukur dari sisi kesulitan teknis, gunung Cho Oyu termasuk memiliki medan pendakian yang mudah dibandingkan saudara-saudara delapan ribu meternya yang lain. Salah satu pendakian yang cukup terkenal di Cho Oyu adalah yang dilakukan oleh pendaki Jepang bernama Yasushi Yamanoi pada tahun 1994 sebagai first solo ascent.

Gunung Pumori

Gunung Es Himalaya

Apakah kamu percaya bahwa gunung-gunung memang memiliki anak?

Nah, jika kamu penasaran seperti apa anak perempuan dari gunung tertinggi dunia, maka Pumori inilah jawabannya.

Pumori dalam bahasa Sherpa Nepal memiliki arti sebagai ‘Si Anak Perempuan’. Maksudnya tentu saja adalah anak perempuan dari gunung Everest. Meskipun jika kamu mengukur jarak antara Pumori dan Everest, maka ada gletser Himalaya yang membentang sejauh 8 kilometer.

Ketinggian gunung Pumori adalah 7.161 meter dan termasuk salah satu destinasi pendakian di Himalaya yang cukup populer. Bahaya yang paling banyak mengintai para pendaki di Pumori adalah avalanche. Meskipun demikian, pendakian ke Pumori umumnya tidak pernah sepi sepanjang tahun.

Oh ya, tak jauh dari gunung Pumori berdiri pula puncak Kalla Pattar yang lebih rendah. Kalla Pattar memiliki ketinggian 5.643 meter dan puncaknya menjadi tempat favorit untuk memandangi puncak Everest. Dikarenakan rutenya yang cukup mudah, ada banyak pendaki dan turis yang tertarik ke tempat ini setiap tahunnya.

Gunung Annapurna

Gunung Es Himalaya

Kamu pasti sudah familiar dengan nama gunung Annapurna, kan?

Puncak tertinggi dari pegunungan Annapurna adalah 8.091 meter yang ada pada puncak Annapurna 1. Dari sisi kesulitan, gunung Annapurna sama sekali bukan gunung yang mudah.

 Meskipun demikian, di antara 14 puncak Himalaya dengan ketinggian di atas 8.000 meter yang membentang di Himalaya dan Karakoram, gunung Annapurna inilah yang berhasil didaki yang pertamakalinya. First ascent gunung Annapurna I terjadi pada tahun 1950 oleh ekspedisi dari Perancis.

Selain terkenal sebagai salah satu tujuan pendakian yang populer di Himalaya, pegunungan Annapurna juga terkenal sebagai tujuan trekking. Annapurna Circuit telah menjadi tujuan banyak trekker dari seluruh dunia sepanjang tahun. Bahkan pada saat banjir Himalaya beberapa tahun yang lalu, beberapa trekker di Annapurna juga sempat terjebak, lho.

Gunung Manaslu

Gunung Es Himalaya

Gunung selanjutnya di Himalaya yang juga menjadi tujuan pendakian yang populer adalah gunung Manaslu I. Dalam buku Mahkota Himalaya karya Anton Sujarwo yang terbit pada akhir tahun 2018, gunung Manaslu disebut juga sebagai Gunungnya Orang Jepang. Penyebutan ini didasarkan pada fakta sejarah bahwa percobaa dan ekspedisi di gunung ini selalu didominasi oleh orang Jepang sejak awal.

Gunung Manaslu memiliki ketinggian 8.163 meter dan menjadi gunung tertinggi kedelapan di dunia setelah gunung Dhaulagiri I. Di samping terkenal sebagai salah satu gunung Himalaya yang populer untuk tujuan mountaineering , Manaslu juga sama seperti Annapurna yang memiliki medan yang menarik sebagai destinasi trekking kelas dunia.

Gunung Lhotse

Gunung Es Himalaya

Gunung Lhotse adalah gunung tertinggi ke-4 di dunia setelah gunung Everest, gunung K2 dan gunung Kanchenjunga. Ketinggian gunung Lhotse di Himalaya adalah 8.512 meter dan letaknya persis di sebelah gunung Everest.

Tempat berdirinya puncak-puncak populer seperti Lhotse dan Everest adalah tempat gunung Himalaya dimana menjadi lokasi salah satu prestasi terbesar dalam pendakian gunung yang belum tersentuh. Jika kamu pernah mendengar istilah Pendakian Tapak Kuda dimana Everest – Lhotse – Nuptse dirangkai menjadi rute pendakian lintas, maka inilah pencapaian yang belum pernah tersentuh di Himalaya itu.

Gunung Lhotse juga memiliki beberapa puncak lho, Sobat Akasaka.

Selain puncak utama Lhotse dan Lhotse Tsar, ada juga Lhotse Middle yang terkenal karena kesulitannya yang signifikan. Puncak Lhotse Middle sendiri baru berhasil dicapai pada tahun 2001 oleh ekspedisi Rusia.

Gunung Kangchenjunga

Gunung Es Himalaya

Berdiri di negara India dan menjadi gunung es di India yang paling tinggi, Kangchenjunga juga menjadi salah satu gunung tinggi dunia yang paling populer untuk tujuan pendakian gunung. Ketinggian Kangchenjunga adalah 8.586 meter dan menjadi gunung tertinggi ketiga di dunia setelah gunung Everest dan gunung K2 yang ada di Karakoram, Pakistan.

Dalam kepercayaan masyarakat India, gunung Kangchenjunga diyakini menjadi tempat bagi bersemayamnya sejumlah harta karun yang melimpah ruah. Harta-harta ini diyakini oleh masyarakat kaki gunung, akan menjadi penyelamat mereka ketika terjadi bencana luar biasa pada akhir zaman nanti.

Gunung Everest

Gunung Es Himalaya

Nah, ini adalah gunung yang paling menarik di dunia, paling banyak dibicarakan dan paling banyak pula menjadi inspirasi berbagai karya hebat yang dilakukan manusia. Everest yang menjadi gunung paling tinggi di muka bumi, adalah gunung yang juga paling banyak didatangi manusia di Himalaya.

Ketinggian gunung Everest adalah 8.848,86 meter dan menjadi gunung tertinggi di seluruh planet bumi jika itu diukur dari permukaan laut. Akan tetapi jika diukur dari dasar laut, maka Everest masih kalah dengan ketinggian gunung Mauna Kea di kepulauan Hawaii yang memiliki ketinggian 10.2 kilometer.

Oh ya, kamu tahu nggak, mengapa dalam daftar ini gunung K2 tidak ada meskipun ia juga sangat populer sebagai tujuan mountaineering ?

Hal itu karena gunung K2 berdiri di atas pegununungan Karakoram yang secara posisi berbeda dari pegunungan Himalaya dimana gunung Everest, Lhotse, Manaslu dan Annapurna berdiri. Meskipun pada banyak penyebutan yang awam, gunung K2 kadang-kadang diikutkan pula sebagai bagian dari pegunungan raksasa Himalaya.

BACA JUGA:

Gunung Es Himalaya

Nah, itu adalah 9 gunung es Himalaya yang paling terkenal dan menjadi tujuan aktivitas pendakian yang utama. Jika kamu ingin lebih banyak mengetahui tentang dunia mountaineering  dan kisah yang populer tentang dunia pendakian gunung, kamu juga bisa mendapatkan buku-buku yang keren tentang pendakian gunung melalui tautan ini, ya.

Sebagai saran terakhir untuk Sobat Akasaka semua, yuk, gunakan selalu produk-produk terbaik dari Akasaka Outdoor, ya. Dengan kualitas terbaik dan dedikasi yang paling prima, produk Akasaka Outdoor akan menjadikan hari-harimu semakin istimewa dan bergaya.

SEKARANG KLIK DISINI DAN AMBIL KESEMPATANMU MENDAPATKAN PRODUK AKASAKA DENGAN HARGA PALING ISTIMEWA

 

Baca Ini Juga Yuk!

7 PERTIMBANGAN MEMILIH TENDA CAMPING 4 ORANG UNTUK MENDAKI GUNUNG
7 PERTIMBANGAN MEMILIH TENDA CAMPING 4 ORANG UNTUK MENDAKI GUNUNG
Untuk acara berkemah di tepi pantai atau di lokasi perkemahan yang memang sudah populer, tenda camping 4 orang adalah rumah yang sempurna. Dengan tenda ukuran seperti ini, kamu bisa menikmati shelt...
Read More
10 MERK SANDAL GUNUNG TERBAIK DI INDONESIA. ASLI, CADAS ABIS!
10 MERK SANDAL GUNUNG TERBAIK DI INDONESIA. ASLI, CADAS ABIS!
  Jika kamu sedang mencari rekomendasi alas kaki untuk membelah hutan dan gunung di Indonesia, artikel kali ini ditulis spesial untuk kamu. Ada 10 merk sandal gunung terbaik di Indonesia yang bisa...
Read More
7 FILM DOKUMENTER TERBAIK SEPANJANG MASA TENTANG PENDAKIAN GUNUNG
7 FILM DOKUMENTER TERBAIK SEPANJANG MASA TENTANG PENDAKIAN GUNUNG
Sepanjang sejarah perfilman, selalu ada list dimana film dokumenter mencuri banyak perhatian. Daftar film dokumenter terbaik sepanjang masa pun demikian, seringkali menjadi rujukan para penggemar s...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published